Wikipedia:Arsip halaman utama/2022/03/26

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Dewa Osiris, Anubis, dan Horus.

Agama Mesir Kuno adalah bentuk kepercayaan dan ritual politeisme nan kompleks yang melekat pada masyarakat Mesir Kuno. Agama ini berpusat pada interaksi orang-orang Mesir dengan dewa-dewi yang mereka yakini muncul dan mengendalikan kekuatan alam. Ritual-ritual seperti doa dan pemberian persembahan merupakan upaya agar mendapat pertolongan dari para dewa. Praktik keagamaan formal tertumpu pada firaun, sang penguasa Mesir yang dipercaya memiliki kekuatan suci karena kedudukannya. (Selengkapnya...)

Peristiwa terkini

PenyakitVirusKronologiMenurut lokasiVaksinKematianPortal
Wikipedia tidak memberikan nasihat medis.
Saluran siaga Covid-19 Indonesia adalah 119 psw 9 / 021-5210411 / 081212123119
Dennis Sullivan pada 2007
Dennis Sullivan

Tahukah Anda

  • "... bahwa ulama Ahmad ibn Abi Jum'ah pernah mengeluarkan fatwa melonggarkan kewajiban ibadah bagi yang umat Islam yang terancam pada masa krisis pemaksaan agama di Spanyol?"
  • "... bahwa pada tahun 2012, sekelompok ahli neurosains menandatangani Deklarasi Kesadaran Cambridge yang "dengan tegas" menekankan bahwa "manusia bukan satu-satunya yang memiliki substrat-substrat neurologis yang menghasilkan kesadaran"? Mereka juga menyatakan bahwa "Hewan-hewan non-manusia, termasuk semua mamalia dan burung, dan banyak makhluk lain, termasuk gurita, juga memiliki substrat-substrat neural tersebut"?"
  • "... bahwa berkat kepemimpinannya selama Perang Dunia I, Philippe Pétain (gambar) dianggap sebagai pahlawan Prancis, tetapi karena tindakannya yang bekerja sama dengan Jerman Nazi selama Perang Dunia II, ia kemudian diadili dan divonis dihukum mati karena pengkhianatan, yang kemudian diringankan menjadi penjara seumur hidup oleh Charles de Gaulle?"
  • "... bahwa air di Bangladesh sering terkontaminasi dengan arsenik karena kandungan arsenik yang tinggi pada tanah? Akibatnya, lebih dari 77 juta orang terpapar racun arsenik."

Hari ini dalam sejarah

26 Maret: Hari Kemerdekaan Bangladesh (1971)

{{{title}}}
Boris Yeltsin

Tanggal lain: 25 Maret 26 Maret 27 Maret

Hari ini tanggal 26 Maret 2022 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Burung Phoenicurus ochruros di taman Puri Seehof di dekat kota Bamberg, Jerman
Burung Phoenicurus ochruros di taman Puri Seehof di dekat kota Bamberg, Jerman
(ukuran asli: 2.403 × 1.802 piksel, 1,73 MB)

Oleh: Ermell
Lisensi: CC BY-SA 4.0