Watch Dogs

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Watch Dogs
Publikasi
May 27, 2014
  • Win, PS3, PS4, 360, XB1
    • WW: May 27, 2014
    Wii U
    • NA: November 18, 2014
    • AU: November 20, 2014
    • EU: November 21, 2014
GenreAction-adventure
KarakterAiden Pearce
Bahasa
Karakteristik teknis
PlatformPlayStation 4, Xbox One, Xbox 360, PlayStation 3, Windows dan Wii U
MesinDisrupt (en)
Modepermainan video multipemain dan Permainan video pemain tunggal
Formatcakram optis, distribusi digital dan unduhan digital
Metode inputgamepad
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangUbisoft Montreal[a]
PenyuntingUbisoft
PengarahJonathan Morin
ProdusenDominic Guay
PenulisKevin Shortt
DesainerDanny Bélanger
KomponisBrian Reitzell
PenerbitUbisoft
ProgrammerPatrice Zink
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864331
PEGI
enllaç=d:Q14915517
USK
enllaç=d:Q14920394
CERO
enllaç=d:Q14870299
Informasi tambahan
Situs webubisoft.com… (Inggris)
MobyGameswatch_dogs, watch_dogs-complete-edition, watch_dogs-dedsec-edition, watch_dogs-ps4-exclusive-edition dan watch_dogs-special-edition
Steam243470
IMDB: tt2190152
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Watch Dogs (gaya tulisan WATCH_DOGS) adalah sebuah permainan video aksi petualangan yang dikembangkan oleh Ubisoft Montreal dan diterbitkan oleh Ubisoft. Permainan ini dirilis untuk Microsoft Windows, PlayStation 3, PlayStation 4, Xbox 360, Xbox One, dan Wii U pada tahun 2014. Bersetting versi fiksi kota Chicago, alur ceritanya mengikuti seorang Peretas bernama Aiden Pearce yang balas dendam setelah tragedi pembunuhan keponakannya. Game ini dimainkan dari perspektif orang ketiga, dan dunia dinavigasi dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan. Mode permainan video pemain jamak memungkinkan hingga delapan pemain untuk terlibat dalam kerja sama dan atau gameplay kompetitif.

Pengembangan game dimulai pada 2009, dan berlanjut selama lebih dari lima tahun. Tugas dibagikan oleh banyak studio Ubisoft di seluruh dunia, dengan lebih dari seribu orang terlibat. Pengembang mengunjungi Chicago untuk melakukan penelitian lapangan pada pengaturan, dan menggunakan bahasa daerah untuk keaslian. Fitur peretasan dibuat setelah berkonsultasi dengan perusahaan keamanan cyber Kaspersky Lab, dan sistem kontrol dalam game didasarkan pada SCADA. Skor tersebut disusun oleh Brian Reitzell, yang memasukkannya dengan krautrock.

Menyusul pengumumannya pada Juni 2012, Watch Dogs secara luas diperkenalkan. Setelah dirilis, game ini menerima masukan yang terpolarisasi; pujian diarahkan pada gameplay, misi, desain dunia terbuka, sistem pertempuran, elemen peretasan, dan variasi misi, sementara kritikan disampaikan tentang perbedaan dalam kualitas grafis antara pemasaran dan permainan nyata, bersama dengan plot dan protagonis yang kurang diterima dengan baik. 'Watch Dogs' adalah game dengan kesuksesan komersial, memecahkan rekor penjualan hari pertama terbesar dari game Ubisoft dan menjadi game dengan peluncuran terbesar kekayaan intelektual baru di Inggris pada saat itu. Gim ini telah mengirimkan lebih dari 10 juta kopi; sekuelnya, Watch Dogs 2, dirilis pada November 2016. Game ketiga, Watch Dogs: Legion, sedang dikembangkan.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada Oktober 2012, peretas Aiden Pearce bersama mentor sekaligus mitranya, Damien Brenks, melakukan perampokan bank elektronik di Hotel "kelas atas" Merlaut di Chicago dan memicu alarm diam yang ditetapkan oleh peretas lain. Brenks mencoba menemukan peretas, menyerahkan dirinya sendiri dan membiarkan Pearce pergi. Khawatir akan keluarganya, Pearce mengantar mereka ke tempat yang aman dengan alasan perjalanan kejutan ke negara itu. Di tengah jalan, pembunuh bayaran, Maurice Vega, menembakkan tembakan yang menabrak mobil keluarga tersebut; Keponakan Pearce, Lena, mengalami koma dan mati. Sebelas bulan kemudian, Pearce melacak Vega di stadion baseball di distrik Parker Square di Chicago. Setelah interogasi sia-sia tentang kontraktor Vega, ia meninggalkan Vega di tangan rekannya, fixer Jordi Chin. Saat menyelidiki, Brenks mendekati Pearce dengan permintaan untuk menemukan peretas lain dari pekerjaan Merlaut. Pearce menolak, dan Brenks membalas dengan menculik adik perempuannya, yang memaksa Pearce untuk memenuhi tuntutan Brenks. Dengan bantuan Clara Lille, anggota sindikat peretasan DedSec, Pearce melacak peretas kedua — seorang pemimpin geng dan veteran Tentara Delford 'Irak'— Wade dan memperoleh sampel data dari server Wade. Dia dan Lille menemukan bahwa Wade memiliki informasi tentang hampir setiap warga di Chicago yang dapat melindungi gengnya dari pihak berwenang.

Ketika mereka menemukan data terenkripsi di luar kemampuan Lille, dia memberitahu Pearce untuk menemukan Raymond 'T-Bone' Kenney, yang peretasannya menyebabkan Pemadaman di Amerika Serikat Wilayah Timur Laut tahun 2003 yang mengarah pada implementasi sistem operasi ctOS. Setelah bertemu Pearce dan menyelesaikan beberapa tugas untuknya, Kenney setuju untuk membantu mengenkripsi data. Pearce menyerang kompleks Wade, dan mengunduh data servernya. Wade berhadapan dengannya, tetapi Pearce membunuhnya dan meninggalkan kompleks. Peretas lain, JB "Defalt" Markowicz, menyusup ke sistem mereka, mencuri informasi dan menghapusnya dari server mereka. Markowicz meninggalkan rekaman yang mengungkapkan keterlibatan Lille dalam menemukan Pearce dan Brenks selama pekerjaan Merlaut, yang mengakibatkan kematian keponakan Pearce. Pearce dengan marah memberitahu Lille untuk pergi. Ketika pihak berwenang kemudian menangkap Brenks karena hilangnya data server, ia memberi tahu mereka identitas Pearce. Pearce dan Kenney menemukan dan merubuhkan Markowicz, kemudian mengambil datanya.

Pearce menemukan di mana saudara perempuannya ditahan, membebaskannya, dan mereka pergi ke tukang gadai terdekat untuk keselamatan. Kenney menemukan kontraktor yang memerintahkan pembunuhan di Pearce yang akhirnya membunuh Lena: Dermot "Lucky" Quinn, bos Gerombolan Irlandia yang memiliki Hotel Merlaut. Pearce menghadapi Quinn, mematikan alat pacu jantung dengan meretasnya. Quinn yang sekarat mengatakan bahwa dia memerintahkan pembunuhan itu karena dia pikir Pearce sedang mencari rekaman video rahasia Wali kota Donovan Rushmore (dengan siapa Quinn dikaitkan), yang secara tidak sengaja membunuh sekretarisnya ketika dia mengancam untuk mengungkapkan urusannya dengan Quinn. Setelah Quinn meninggal, Pearce berlari ke Lille (yang disergap dan ditembak mati oleh pasukan Brenks). Pearce mengunggah video Wali kota Rushmore, mendorongnya untuk bunuh diri. Dia mencoba menemukan Brenks, yang telah membuka kunci CTO (memberinya akses ke kota). Pearce menginfeksi ctOS dengan virus yang mematikan sistem, menyebabkan pemadaman di seluruh kota. Dengan demikian ia dapat mencapai Brenks, yang bersembunyi di mercusuar. Chin tiba, mengaku sebagai pegawai Brenks, tetapi Pearce melukainya dan membunuh mantan mentornya. Chin memanggil Pearce untuk terakhir kalinya untuk memberitahunya di mana Vega disimpan; Pearce pergi ke sana, dan memutuskan nasibnya.

Adaptasi dan sekuel lainnya[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juni 2013, Variety melaporkan bahwa Ubisoft Motion Pictures sedang merencanakan untuk membuat sebuah film adaptasi dari game ini.[3] Pada bulan Agustus, Sony Pictures Entertainment dan New Regency diumumkan untuk bermitra dengan Ubisoft Motion Pictures pada proyek tersebut.[4] Paul Wernick dan Rhett Reese kemudian ditugaskan untuk menulis film.[5] Sekuelnya, Watch Dogs 2, dirilis pada November 2016.[6] Sekuel dari Watch Dogs 2, Watch Dogs: Legion, diperkenalkan oleh Ubisoft di Twitter menjelang pengumuman E3 2019 nya.[7] Serial animasi juga sedang dalam pengembangan.[8]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pekerjaan tambahan oleh Ubisoft Reflections, Ubisoft Paris, Ubisoft Quebec, dan Ubisoft Bucharest;[1] Ubisoft Reflections menyumbang hampir sembilan puluh anggota stafnya.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Brightman, James (May 15, 2014). "Watch Dogs becomes Ubisoft's most pre-ordered new IP". GamesIndustry.biz. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 1, 2014. 
  2. ^ Weber, Rachel (February 28, 2013). "On Reflections: First interview with the Ubisoft studio's new MD". GamesIndustry.biz. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 26, 2015. 
  3. ^ Graser, Marc (June 12, 2013). "Ubisoft To Make Movies Based on 'Watch Dogs,' 'Far Cry,' 'Rabbids' (EXCLUSIVE)". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 25, 2016. 
  4. ^ Kain, Erik (August 20, 2013). "Sony And Ubisoft Team Up On 'Watch Dogs' Feature Film". Forbes. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 12, 2017. 
  5. ^ Fleming Jr, Mike (April 24, 2014). "'Zombieland' Scribes Wernick & Reese To Script Ubisoft's 'Watch Dogs' For Sony & New Regency: Video". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 9, 2018. 
  6. ^ Phillips, Tom (June 7, 2016). "Watch Dogs 2 launches November, set in San Francisco". Eurogamer. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 7, 2016. 
  7. ^ Webster, Andrew (June 5, 2019). "Ubisoft teases Watch Dogs Legion ahead of E3". The Verge. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 5, 2019. 
  8. ^ Shanley, Patrick (October 10, 2019). "Ubisoft Planning Animated TV Adaptations of Popular Game Franchises (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 10, 2019. 

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]