'Umar Khayyam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Umar Khayyam)

'Umar Khayyām
عمر خیّام
Lahir18 Mei[1] 1048[2]
Naisabur, Khorasan
Meninggal4 Desember[1] 1131 (umur 83)[2]
Naisabur, Khorasan
AliranMatematika Islam, puisi Persia, filsafat Persia
Minat utama
Matematika, astronomi, Avicennisme, puisi

'Umar Khayyam (/kˈjɑːm, kˈjæm/; Persia: عمر خیّام [oˈmæɾ xæjˈjɒːm]; 18 Mei 1048 – 4 Desember 1131) adalah seorang polimatik, matematikawan, astronom, filsuf, dan penyair Persia.[3][4][5][6] Ia lahir di Naisabur, di timur laut Persia, dan hidup sezaman dengan pemerintahan Seljuk sekitar masa Perang Salib Pertama.

Sebagai seorang matematikawan, dia paling terkenal karena karyanya pada klasifikasi dan solusi persamaan kubik, di mana dia memberikan solusi geometris dengan perpotongan kerucut.[7] Khayyam juga berkontribusi pada pemahaman aksioma paralel.[8]:284 Sebagai seorang astronom, ia merancang kalender Jalali, kalender matahari dengan siklus interkalasi 33 tahun yang sangat tepat[9][10]:659 yang memberikan dasar untuk kalender Persia yang masih digunakan setelah hampir satu milenium.

Ada tradisi mengaitkan puisi dengan 'Umar Khayyam, ditulis dalam bentuk sajak empat baris (rubāʿiyāt رباعیات). Puisi ini dikenal luas di dunia pembaca bahasa Inggris dalam terjemahan oleh Edward FitzGerald (Rubaiyat Omar Khayyam, 1859), yang menikmati kesuksesan besar dalam Orientalisme fin de siècle.

Sang astronom[sunting | sunting sumber]

Pada 1073, Malik-Syah, penguasa Isfahan, mengundang Khayyam untuk membangun dan bekerja pada sebuah observatorium, bersama-sama dengan sejumlah ilmuwan terkemuka lainnya. Akhirnya, Khayyam dengan sangat akurat (mengoreksi hingga enam digit di belakang koma) mengukur lamanya satu tahun sebagai 365,24219858156 hari.

Ia terkenal di Persia dan dunia Islam karena observasi astronominya. Ia pernah membuat sebuah peta bintang (yang kini lenyap) di angkasa.

'Umar Khayyam dan Islam[sunting | sunting sumber]

Filsafat 'Umar Khayyam agak berbeda dengan dogma-dogma umum Islam. Tidak jelas apakah ia percaya akan kehadiran Allah atau tidak, namun ia menolak pemahaman bahwa setiap kejadian dan fenomena adalah akibat dari campur tangan ilahi. Ia pun tidak percaya akan Hari Kiamat atau ganjaran serta hukuman setelah kematian. Sebaliknya, ia mendukung pandangan bahwa hukum-hukum alam menjelaskan semua fenomena dari kehidupan yang teramati. Para pejabat keagamaan berulang kali meminta dia menjelaskan pandangan-pandangannya yang berbeda tentang Islam. Khayyām akhirnya naik haji ke Mekkah untuk membuktikan bahwa ia adalah seorang muslim.

'Umar Khayyam, penulis dan penyair[sunting | sunting sumber]

'Umar Khayyam kini terkenal bukan hanya keberhasilan ilmiahnya, tetapi karena karya-karya sastranya. Ia diyakini telah menulis sekitar seribu puisi 400 baris. Di dunia berbahasa Inggris, ia paling dikenal karena Rubaiyat 'Umar Khayyam dalam terjemahan bahasa Inggris oleh Edward Fitzgerald (1809-1883).

Orang lain juga telah menerbitkan terjemahan-terjemahan sebagian dari rubáiyátnya (rubáiyát berarti "kuatrain"), tetapi terjemahan Fitzgeraldlah yang paling terkenal. Ada banyak pula terjemahan karya ini dalam bahasa-bahasa lain.

Aneka ragam[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Omar Khayyam (Persian poet and astronomer)". Britannica.com. Diakses tanggal 30 Mei 2012. 
  2. ^ a b Seyyed Hossein Nasr and Mehdi Aminrazavi. An Anthology of Philosophy in Persia, Vol. 1: From Zoroaster to 'Umar Khayyam, I.B. Tauris in association with The Institute of Ismaili Studies, 2007.
  3. ^ Al-Khalili, Jim (30 September 2010). Pathfinders: The Golden Age of Arabic Science (dalam bahasa Inggris). Penguin UK. ISBN 978-0-14-196501-7. Later, al-Karkhi, Ibn-Tahir and the great Ibn al-Haytham in the tenth/eleventh century took it further by considering cubic and quartic equations, followed by the Persian mathematician and poet Omar Khayyam in the eleventh century 
  4. ^ Rosenfeld, B. A.; Fouchécour, Ch-H. De (24 April 2012). "ʿUmar K̲h̲ayyam". Encyclopaedia of Islam, Second Edition (dalam bahasa Inggris). 
  5. ^ "Omar Khayyam | Persian poet and astronomer". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 13 July 2018. Omar Khayyam, Arabic in full Ghiyāth al-Dīn Abū al-Fatḥ ʿUmar ibn Ibrāhīm al-Nīsābūrī al-Khayyāmī, (born May 18, 1048, Neyshābūr [also spelled Nīshāpūr], Khorāsān [now Iran] – died December 4, 1131, Neyshābūr), Persian mathematician, astronomer, and poet 
  6. ^ Multiple Authors. "Khayyam, Omar". Encyclopædia Iranica Online. Diakses tanggal 5 Oktober 2017. 
  7. ^ John J. O'Connor and Edmund F. Robertson. 'Umar Khayyam di MacTutor archive.
  8. ^ Struik, D. (1958). “Omar Khayyam, mathematician”. The Mathematics Teacher, 51(4), 280–285.
  9. ^ Dengan kesalahan satu hari yang terakumulasi selama 5.000 tahun, kalender itu lebih tepat daripada kalender Gregorius, yang memiliki kesalahan satu hari dalam 3.330 tahun dalam kalender Gregorius (Aminrazavi 2007:200).
  10. ^ The Cambridge History of Iran, Volume 4. Cambridge University Press (1975): Richard Nelson Frye

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • E.G. Browne. Literary History of Persia. (Empat jilid, 2,256 halaman, ditulis dalam 25 tahun). 1998. ISBN 0-7007-0406-X
  • Jan Rypka, History of Iranian Literature. Reidel Publishing Company. ASIN B-000-6BXVT-K

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]