Raymond Massey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Raymond Massey
Raymond Massey 1961 (cropped).JPG
Massey dalam foto publisitas untuk Adventures in Paradise, Mei 1961
LahirRaymond Hart Massey
(1896-08-30)30 Agustus 1896
Toronto, Kanada
Meninggal29 Juli 1983(1983-07-29) (umur 86)
Los Angeles, California, A.S.
Tempat peristirahatanBeaverdale Memorial Park di New Haven, Connecticut
AlmamaterUniversity of Toronto
Balliol College, Oxford
PekerjaanActor
Tahun aktif1918–1973
Partai politikRepublik
Suami/istriMargery Fremantle
(k. 1921; c. 1929)

Adrianne Allen
(k. 1929; c. 1939)

Dorothy Whitney
(k. 1939; w. 1982)
Anak Pernikahan dengan Margery Fremantle:

Pernikahan dengan Adrianne Allen:

Raymond Hart Massey (lahir di Toronto, Kanada, 30 Agustus 1896 – meninggal di Los Angeles, Amerika Serikat, 29 Juli 1983 pada umur 86 tahun) adalah seorang bintang film dan sandiwara berkebangsaan Amerika Serikat.

[1] [2] Selain di Amerika Serikat, Raymond Massey juga sudah memiliki pengalaman di panggung sandiwara Inggris.[1] Ia menyelesaikan studi perguruan tinggi di Universitas Toronto dan juga Balliol College di Oxford.[2] Ketika Perang Dunia I pecah, ia bergabung dalam Artileri Lapangan Kanada dan melakukan tugasnya di Prancis.[2] Penampilan pertamanya sebagai seorang pemain sandiwara dilakukan kala itu, ketika ia berada di Siberia melakukan kewajibannya sebagai Tentara Amerika.[2] Setelah Perang Dunia I usai, ia kembali ke Kanada dan mulai membuka bisnis tetapi tidak berhasil.[2] Akhirnya ia bergabung dengan Teater Everyman di London pada tahun 1922.[2] Semenjak itu, karier aktingnya semakin moncer, ditandai dengan penandatanganan kontrak 5 tahun dirinya dengan Alexander Korda.[2] Karier aktingnya yang semakin gemilang ini juga membuat pangkat militer dalam Angkatan Militer Kanada hangus pada tahun 1943.[2] Beberapa film terkenal yang dibintanginya antara lain serial televisi Dr. Kildare, serta film-film layar lebar seperti The Scarlet Pimpernel (1934), The Prisonder of Zenda (1937), Santa Fe trail (1940), The Woman in the window (1944), Barricade (1950), East of Eden (1955), dan Kenna's Gold (1960).[1]

Ia menikah dengan seorang perempuan Amerika Serikat yang bernama Dorothy.[2] Dalam perkembangan selanjutnya juga ia mendapatkan kewarganegaraan Amerika Serikat sesuai dengan asal dari ibu dan juga neneknya.[2] Ia bukanlah seorang traveler karena ia sangat membenci lautan dan pesawat terbang.[2] Namun ia adalah pemain olahraga yang cukup baik, terutama di dalam golf dan memancing.[2] Ia juga memiliki hobi membaca literatur-literatur yang baik.[2]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Massey lahir di Toronto, Ontario, putra Anna (née Vincent), yang kelahiran Amerika, dan Chester Daniel Massey, pemilik perusahaan Massey-Harris Tractor, dan putra Hart Massey dan cucu pendiri Daniel Massey.Cabangnya dari keluarga Massey beremigrasi ke Kanada dari New England beberapa tahun sebelum Perang 1812, nenek moyang mereka bermigrasi dari Inggris ke koloni Massachusetts pada 1630-an. Dia menghadiri sekolah menengah sebentar di Upper Canada College sebelum pindah ke Appleby College di Oakville, Ontario, dan mengambil beberapa program di University of Toronto, di mana dia adalah anggota aktif dari Masyarakat Kappa Alpha.

Perang Dunia Pertama[sunting | sunting sumber]

Saat pecahnya Perang Dunia I, Massey bergabung dengan Tentara Kanada, melayani dengan artileri di Front Barat. Letnan Massey kembali ke Kanada setelah terluka dalam aksi di Prancis pada tahun 1916, dan terlibat sebagai instruktur militer bagi para pejabat Amerika di Universitas Yale. Pada tahun 1918, ia melayani di Siberia selama intervensi Sekutu dalam Perang Saudara Rusia, di mana ia membuat penampilan panggung pertamanya, menghibur pasukan Amerika pada tugas pendudukan.

Dia lulus dari Balliol College, Oxford. Dia kemudian bekerja di bisnis keluarga, menjual peralatan pertanian, tetapi dia tertarik ke teater. Dia meyakinkan keluarganya yang enggan untuk mengizinkannya mengejar karier ini.

Karier akting[sunting | sunting sumber]

Dia pertama kali muncul di panggung London pada tahun 1922, di Eugene O'Neill 's In the Zone.Menurut berita kematiannya di The New York Times, ia muncul dalam "beberapa lusin drama dan mengarahkan banyak orang lain" di Inggris selama dekade berikutnya, dan The Washington Post memuji dia dengan pertunjukan di lebih dari 80 drama, termasuk Pygmalion dengan Gertrude Lawrence; Ethan Frome dengan Ruth Gordon; dan George Bernard Shaw bekerja The Doctor's Dilemma dan Candida dengan Katharine Cornell. Pada tahun 1929, ia memimpin pemutaran perdana The Silver Tassie di London. Dia menerima penilaian buruk dalam debutnya di Broadway dalam produksi Hamlet yang tidak lazim pada tahun 1931.

Film pertamanya ada di High Treason (1928). Pada tahun 1931, ia memainkan Sherlock Holmes di The Speckled Band, versi film suara pertama dari cerita tersebut. Pada tahun 1934, ia bermain sebagai penjahat di The Scarlet Pimpernel, dan pada tahun 1936, ia membintangi Things to Come, sebuah film yang diadaptasi oleh HG Wells dari novel spekulatifnya sendiri, The Shape of Things to Come (1933). Pada 1944, Massey memainkan jaksa distrik di film klasik Fritz Lang noir The Woman in the Window, yang dibintangi oleh Edward G. Robinson dan Joan Bennett . Dia menggambarkan karakter Perang Revolusi Amerika Abraham Farlan, yang membenci Inggris karena membuatnya menjadi korban perang itu, dalam film tahun 1946, A Matter of Life and Death (berjudul Stairway to Heaven in the US).

Raymond Massey dalam produksi Broadway Abe Lincoln in Illinois (1938)

Meskipun menjadi orang Kanada, Massey menjadi terkenal karena memainkan tokoh-tokoh sejarah Amerika yang tipikal. Dia bermain abolisionis / pemberontak John Brown dalam dua film: Santa Fe Trail (1940) dan lagi dalam anggaran rendah Seven Angry Men (1955). Karakter Brown digambarkan sebagai orang gila bermata liar di Santa Fe Trail, sedangkan dia adalah karakter yang bermaksud baik tetapi salah arah di Seven Angry Men yang lebih simpatik. Massey mencetak kemenangan besar di Broadway dalam karya Robert E. Sherwood, Pulitzer Prize, yang memenangkan Abe Lincoln di Illinois meski ada keberatan tentang Lincoln yang digambarkan oleh seorang Kanada. Dia mengulangi perannya dalam versi film 1940, yang ia dinominasikan untuk Academy Award untuk Aktor Terbaik . Massey sekali lagi menggambarkan Lincoln di Hari Lincoln Ditembak di Ford Star Jubilee (1956), penampilan tanpa kata-kata di How the West Was Won (1962), dan dua adaptasi TV dari Abe Lincoln di Illinois yang disiarkan pada 1950 dan 1951. Dia pernah mengeluh bercanda bahwa dia adalah "satu-satunya aktor yang pernah menjadi typecast sebagai presiden." Persiapannya untuk peran itu sangat rinci dan obsesif bahwa satu orang berkomentar bahwa Massey tidak akan puas dengan peniruan Lincolnnya sampai seseorang membunuhnya. Di panggung dalam pembacaan dramatis Stephen Vincent Benét's John Brown's Body (1953), Massey, selain menceritakan bersama Tyrone Power dan Judith Anderson, mengambil peran baik John Brown dan Lincoln.

Raymond Massey memainkan layar Kanada hanya sekali dalam 49th Parallel (1941).

Selama Perang Dunia II, ia bekerja sama dengan Katharine Cornell dan aktor-aktor terkemuka lainnya dalam kebangkitan kembali Shaw's Candida untuk mendapatkan dana Darurat Darat dan Lembaga Bantuan Angkatan Laut.

Massey menggambarkan Jonathan Brewster dalam versi film Arsenic and Old Lace. Karakter telah diciptakan oleh Boris Karloff untuk versi panggung, dan lelucon dalam bermain dan film adalah kemiripan karakter untuk Karloff. Meskipun film ini dirilis pada tahun 1944, ia ditembak pada tahun 1941, di mana waktu Karloff masih dikontrak untuk drama Broadway dan tidak dapat dirilis untuk pembuatan film (tidak seperti biayanya Josephine Hull, Jean Adair dan John Alexander). Massey dan Karloff telah tampil bersama sebelumnya dalam film ketegangan James Whale, The Old Dark House (1932).

Massey bergabung kembali dengan Tentara Kanada untuk Perang Dunia II, melayani sebagai mayor di cabang adjutant general Angkatan Darat Kanada, meskipun ia akhirnya dibebaskan dari layanan dan kembali berakting.

Setelah perang, Massey menjadi warga negara Amerika. Peran filmnya yang tak terlupakan setelah Perang Dunia II termasuk suami Joan Crawford selama peran nominasi Oscar di Possessed (1947) dan taipan penerbitan Gail Wynand di The Fountainhead (1949), dengan Patricia Neal dan Gary Cooper. Pada tahun 1955, ia membintangi East of Eden sebagai Adam Trask, ayah dari Cal, dimainkan oleh James Dean, dan Aron, dimainkan oleh Richard Davalos.

Massey menjadi terkenal di televisi pada 1950-an dan 1960-an. Dia berperan pada tahun 1960 sebagai Sir Oliver Garnett dalam episode "Trunk Full of Dreams" dari seri Riverboat NBC.

Massey dikenang sebagai Dr. Gillespie dalam serial populer NBC 1961-1966, Dr. Kildare, dengan Richard Chamberlain dalam peran utama. Massey dan putranya Daniel berperan sebagai ayah dan anak di The Queen's Guards (1961).

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Massey menikah tiga kali.

  • Margery Fremantle dari 1921 hingga 1929 (perceraian); mereka punya satu anak, arsitek Geoffrey Massey.
  • Adrianne Allen dari 1929 hingga 1939 (perceraian); Allen adalah seorang aktris panggung di London dan di Broadway. Mereka memiliki dua anak yang mengikutinya untuk berakting: Anna Massey dan Daniel Massey.
  • Dorothy Whitney dari 1939 sampai kematiannya pada tahun 1982.

Sikapnya yang menonjol dan perceraian dari Adrianne Allen adalah inspirasi untuk naskah Ruth Gordon dan Garson Kanin untuk film Adam's Rib (1949), yang dibintangi Katharine Hepburn dan Spencer Tracy, dan memang Massey menikahi pengacara yang mewakili dia di pengadilan, Dorothy Whitney, sementara mantan istrinya, Allen, menikahi pengacara lawan, William Dwight Whitney.

Saudara laki-laki Raymond Massey adalah Vincent Massey, gubernur Kanada kelahiran Kanada pertama. Raymond Massey juga berkecimpung dalam politik, muncul dalam iklan televisi pada tahun 1964 untuk mendukung calon presiden dari Partai Republik yang konservatif, Barry Goldwater dari Arizona. Massey mencela Presiden AS Lyndon B. Johnson untuk strategi "tidak menang" dalam Perang Vietnam, menunjukkan bahwa Goldwater akan mengejar strategi agresif dan memenangkan perang dengan cepat. (Johnson, yang mengalahkan Goldwater, kemudian memperluas perang tanpa berhasil.)

Massey meninggal karena pneumonia di Los Angeles, California pada 29 Juli 1983, sebulan sebelum dia akan berubah 87. Itu adalah hari yang sama dengan kematian David Niven, yang telah membintangi dirinya di The Prisoner of Zenda dan Masalah Hidup dan Mati. Massey dimakamkan di New Haven, Connecticut's Beaverdale Memorial Park.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
1928 High Treason Anggota Dewan Negara Federasi Tidak terakreditasi
1929 The Crooked Billet Peran yang belum ditentukan Tidak terakreditasi
1931 The Speckled Band Sherlock Holmes
1932 The Face at the Window Paul le Gros
The Old Dark House Philip Waverton
1934 The Scarlet Pimpernel Citizen Chauvelin
1936 Things to Come John Cabal / Oswald Cabal
1937 Fire Over England Philip II of Spain
Dreaming Lips Miguel del Vayo
Under the Red Robe Cardinal Richelieu
The Prisoner of Zenda Black Michael
The Hurricane Governor Eugene De Laage
1938 The Drum Prince Ghul
Black Limelight Peter Charrington
1940 Abe Lincoln in Illinois Abraham Lincoln Nominasi — Academy Award for Best Actor
Santa Fe Trail John Brown
1941 49th Parallel Andy Brock
Dangerously They Live Dr. Ingersoll
1942 Reap the Wild Wind King Cutler
Desperate Journey Mayor Otto Baumeister
1943 Action in the North Atlantic Capt. Steve Jarvis
1944 Arsenic and Old Lace Jonathan Brewster
The Woman in the Window Dist. Atty. Frank Lalor
1945 Hotel Berlin Arnim von Dahnwitz
God Is My Co-Pilot Mayor Jenderal Claire L. Chennault
1946 A Matter of Life and Death Abraham Farlan
1947 Possessed Dean Graham
Mourning Becomes Electra Brig. Gen. Ezra Mannon
1949 The Fountainhead Gail Wynand
Roseanna McCoy Old Randall McCoy
1950 Chain Lightning Leland Willis
Barricade Boss Kruger
Dallas Will Marlow
1951 Sugarfoot Jacob Stint
David and Bathsheba Nathan
Come Fill the Cup John Ives
1952 Carson City A. J. "Big" Jack Davis
1953 The Desert Song Sheik Yousseff
1955 Prince of Players Junius Brutus Booth
Battle Cry Mayor Jenderal Snipes
East of Eden Adam Trask
Seven Angry Men John Brown
1958 The Naked and the Dead Jenderal Cummings
1959 Alfred Hitchcock Presents Kolonel Archie Dittman Musim 5, episode 11, "Road Hog"
1961 The Great Impostor Abbott Donner
The Fiercest Heart Willem Prinsloo
The Queen's Guards Capt. Fellowes
1962 How the West Was Won Abraham Lincoln
1969 Mackenna's Gold Sang Pengkhotbah
1971-1972 Night Gallery Kolonel Archie Dittman
Dokter Glendon
Musim 1, episode 4, segmen kedua: "Clean Kills and Other Trophies"
Musim 3, episode 4: "Rare Objects"
1973 The President's Plane Is Missing Sekretaris Negara Freeman Sharkey

Penampilan radio[sunting | sunting sumber]

Tahun Program Episode/sumber
1941 Philip Morris Playhouse Wuthering Heights[3]
1942 Philip Morris Playhouse The Man Who Played God [4]
1945 Inner Sanctum Mystery Death Across the Board[5]
1952 Cavalcade of America With Malice Towards None[6]
1952 The Endless Frontier Only One to a Customer[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c (Indonesia) Shaadily, Hassan. Ensiklopedia Indonesia Jilid 4. Jakarta: Ichtiar Baru dan Van Hoeve.
  2. ^ a b c d e f g h i j k l m (Inggris) "Raymond Massey Biography". 
  3. ^ "Raymond Massey and Sylvia Sidney in 'Wuthering Heights'". Harrisburg Telegraph. October 11, 1941. hlm. 26. Diakses tanggal July 21, 2015 – via Newspapers.com.  publikasi akses terbuka - bebas untuk dibuka
  4. ^ "The Short and Long of Radio". The Evening News. April 17, 1942. hlm. 16. Diakses tanggal August 1, 2015 – via Newspapers.com.  publikasi akses terbuka - bebas untuk dibuka
  5. ^ "Radio's Golden Age". Nostalgia Digest. 37 (1): 40. Winter 2011. 
  6. ^ Kirby, Walter (February 10, 1952). "Better Radio Programs for the Week". The Decatur Daily Review. hlm. 38. Diakses tanggal June 2, 2015 – via Newspapers.com.  publikasi akses terbuka - bebas untuk dibuka
  7. ^ Kirby, Walter (February 17, 1952). "Better Radio Programs for the Week". The Decatur Daily Review. hlm. 40. Diakses tanggal June 1, 2015 – via Newspapers.com.  publikasi akses terbuka - bebas untuk dibuka

Pranala luar[sunting | sunting sumber]