Oxford

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Letak Oxford di Inggris.

Oxford adalah sebuah kota dan distrik non-metropolitan di Oxfordshire, Inggris. Menurut sensus tahun 2001, penduduknya berjumlah 134.248 jiwa. Luas Oxford adalah 45,59 km². Di Oxford terdapat Universitas Oxford, yang merupakan universitas tertua di kawasan-kawasan berbahasa Inggris.

Kota ini terletak sekitar 90 km dari London dan dialiri Sungai Thames. Ditetapkan secara resmi sebagai kota pada tahun 1542, Oxford pertama kali dimukimi pada masa Anglo-Saxon dan awalnya dikenal dengan nama "Oxenaforda". Catatan sejarah pertama yang menyebut kota ini adalah Anglo-Saxon Chronicle yang terbit tahun 912. Nama Universitas Oxford sendiri pertama kali disebut pada abad ke-12.

Pada awal abad ke-20 Oxford mengalami perkembangan jumlah penduduk dan industri yang pesat, dan industri penerbitan dan percetakan telah terbentuk dengan baik pada tahun 1920-an. Pada saat yang sama industri pembuatan mobil dimulai dan pada tahun 1970-an, sebelah barat telah menjadi kawasan permobilan sedangkan sebelah timur merupakan kawasan universitas. Saat ini industri mobil terkonsentrasi di kawasan Cowley yang memproduksi BMW MINI.

Salah satu klub sepak bola yang berasal dari Oxford adalah Tytherington Rocks F.C.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]