Al-Isfizari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Abū Ḥātim al-Muẓaffar al-Isfazārī (Arab: المظفر الاسفزاري) adalah seorang matematikawan dan astronom Muslim Persia dari Balkh, Khurasan (sekarang Afghanistan). Karya utamanya termasuk teks tentang teori keseimbangan baja dengan lengan yang tidak sama, dan ringkasan Elemen Euclid, teks tentang pengukuran geometri. Terkait karya Al-Isfazārī tentang ringkasan Elemen Euclid, ia meringkas karya dari seorang ilmuwan di bidang geometri bernama Euclid.

Elemen Euclid sendiri adalah buku ajar 13 jilid dalam matematika dan geometri yang ditulis oleh matematikawan Yunani Euklides di Iskandariyah, Mesir, pada awal abad ke-3 SM. Buku ini adalah kumpulan definisi, dalil, proposisi, dan pembuktian matematika dari proposisi tersebut. Selain terkenal dengan ringkasan Elemen Euclid, ia juga menulis tentang risalah meteorologi dalam bahasa Persia.

Ia juga menulis risalah tentang meteorologi dalam bahasa Persia. Ia sezaman dengan Umar al-Khayyam dan Abd al-Raḥmān al-Khāzin. Korpus mekanika Al-Isfazārī terdiri dari dua set teks, yang telah diterbitkan oleh Yayasan Warisan Islam Al-Furqan. Menurut Ibn al-Athir dan Qutb al-Din al-Shirazi, ia dulu bekerja di observatorium Seljuq di Isfahan. Nezami Aruzi bertemu dengannya di Balkh pada tahun 1112 atau 1113.

Karya utamanya berjudul Irshād dhawī al-cirfān ilā ṣinācat al-qaffān (Membimbing para pemilik pembelajaran dalam seni pembuatan baja), teks yang relatif panjang tentang teori keseimbangan baja dengan lengan yang tidak sama.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]