Ub Iwerks

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ub Iwerks
Ub-iwerks.jpg
Sebuah potret diri Ub Iwerks (circa 1929) dan karakter ciptaan terkenalnya, Miki Tikus
LahirUbbe Eert Iwerks
(1901-03-24)24 Maret 1901
Kansas City, Missouri, Amerika Serikat
Meninggal7 Juli 1971(1971-07-07) (umur 70)
Burbank, California, Amerika Serikat
PekerjaanAnimator, kartunis, produser film, teknisi efek khusus
Tahun aktif1920–1965
AnakDon Iwerks
David Iwerks

Ub Iwerks (lahir Ubbe Eert Iwerks, 24 Maret 1901 – 7 Juli 1971) adalah seorang animator, kartunis, desainer karakter, penemu, dan teknisi efek khusus asal Amerika yang ikut menciptakan Oswald the Lucky Rabbit dan Mickey Mouse bersama Walt Disney. Ia memenangkan beberapa penghargaan Academy Awards selama bekerja untuk Disney.

Ia lahir di Kansas City, Missouri. Ayahnya, Eert Ubbe Iwerks, pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1869 dari desa Uttum di Frisia Timur (barat laut Jerman, sekarang bagian dari kotamadya Krummhörn). Nama lengkap Ub dapat dilihat pada karya film-film pendeknya "Alice". Beberapa tahun kemudian, ia menyederhanakan namanya menjadi "Ub Iwerks", terkadang ditulis "U. B. Iwerks".[1]

Ub Iwerks adalah ayah dari seorang legenda Disney Don Iwerks dan David L. Iwerks, serta kakek dari produser film dokumenter Leslie Iwerks, Chris, Larry, John, dan Kathie Iwerks.

Karier[sunting | sunting sumber]

Iwerks dianggap oleh banyak orang sebagai teman tertua Walt Disney, dan menghabiskan sebagian besar kariernya dengan Disney. Keduanya bertemu pada tahun 1919 saat bekerja untuk Pesmen-Rubin Art Studio di Kansas City,[2] dan kemudian memulai bisnis seni komersial mereka sendiri bersama-sama.[3] Disney dan Iwerks kemudian bekerja sebagai ilustrator untuk perusahaan surat kabar Kansas City Slide[4] (yang kemudian diberi nama The Kansas City Film Ad Company).[5] Saat bekerja untuk Kansas City Film Ad Company, Disney memutuskan untuk mengambil pekerjaan di bidang animasi,[6] dan Iwerks segera bergabung dengannya.

Dia jawab untuk gaya khas yang paling awal Disney animasi kartun s, dan ini juga bertanggungjawab untuk membuat Mickey Mouse. Pada tahun 1922, ketika Walt mulai laugh-O-Gram nya serial kartun, Iwerks bergabung dengannya sebagai kepala animator. Studio tersebut bangkrut, tetapi, dan pada tahun 1923 Iwerks diikuti Disney pindah ke Los Angeles untuk bekerja pada sebuah seri baru kartun yang dikenal sebagai "tombol Alice Comedies" yang memiliki live action dicampur dengan animasi. Setelah akhir seri ini, Disney meminta Iwerks untuk datang dengan karakter baru. Yang pertama Oswald the Lucky Rabbit adalah animasi seluruhnya oleh Ub Iwerks. Setelah kartun pertama, Oswald didesain ulang pada desakan Universal, yang setuju untuk mendistribusikan seri baru kartun pada tahun 1927.

Pada musim semi tahun 1928, Disney kehilangan kontrol karakter Oswald, dan banyak stafnya dipekerjakan pergi; Disney meninggalkan Universal segera setelah itu. Dia berjanji tidak akan bekerja dengan karakter dia tidak memiliki lagi.[7] Disney Ub Iwerks tanya, yang tinggal di, untuk mulai menyusun ide-ide karakter baru. Iwerks berusaha sketsa katak, anjing, dan kucing, tetapi tidak satupun dari ini menghimbau kepada Disney. Seekor sapi betina dan kuda jantan diciptakan saat ini oleh Iwerks, tetapi juga ditolak. Mereka kemudian akan muncul sebagai Klarabela dan Karel Kuda.[8] Ub Iwerks akhirnya mendapat inspirasi dari sebuah gambar tua. Pada tahun 1925, Hugh Harman menggambar beberapa sketsa tikus di sekitar foto Walt Disney. Ini Ub Iwerks terinspirasi untuk membuat sebuah karakter tikus baru untuk Disney, akhirnya disebut Mickey Mouse.[9]

Beberapa pertama Mickey Mouse dan kartun Silly Symphonies yang dianimasikan hampir seluruhnya oleh Iwerks. Namun, karena Iwerks mulai menarik lebih banyak kartun setiap hari, ia segera menemukan dirinya tidak mampu mengatasi bawah komando keras Disney;[10] Iwerks juga merasa ia tidak mendapatkan kredit yang ia pantas untuk menggambar semua kartun Walt sukses.[11] Akhirnya, Iwerks dan Disney memiliki jatuh keluar, persahabatan mereka dan kemitraan kerja diputus ketika Iwerks menerima kontrak dengan Disney pesaing pat Powers untuk meninggalkan Disney dan memulai sebuah studio animasi di bawah namanya sendiri. (Powers dan Disney memiliki sebelumnya jatuh-out atas penggunaan Disney Powers Cinephone suara-on-film sistem-benar disalin oleh Powers dari deForest Phonofilm tanpa kredit-dalam kartun Disney awal.)

Sinbad si Pelaut (film tahun 1935)

The Iwerks Studio dibuka pada tahun 1930. Pendukung keuangan yang dipimpin oleh Pat Powers menduga bahwa Iwerks bertanggung jawab untuk banyak keberhasilan awal Disney. Namun, sementara animasi untuk waktu menderita di Disney dari keberangkatan Iwerks ', segera rebound seperti Disney membawa berbakat animator muda baru.

Meskipun kontrak dengan MGM untuk mendistribusikan kartun, dan pengenalan karakter baru bernama "FLIP THE FROG", dan kemudian "Willie Whopper", Studio Iwerks tidak pernah sukses komersial utama dan gagal untuk menyaingi baik Disney atau Fleischer Studios. Flip & Willie kartun kemudian didistribusikan di pasar Home-Film oleh Film resmi pada tahun 1940-an. Dari 1933-1936 ia menghasilkan serangkaian celana pendek (independen didistribusikan, bukan bagian dari kesepakatan MGM) di Cinecolor, bernama ComiColor Kartun. Seri ComiColor difokuskan pada dongeng dengan tidak ada karakter melanjutkan atau bintang. Kemudian pada tahun 1940-an seri ini akan menerima distribusi rumah-film by the Castle Films. Cinecolor menghasilkan cetak 16mm untuk Castle Film dengan Red emulsi di satu sisi dan biru emulsi di sisi lain. Kemudian di Blackhawk film 1970 dirilis ini untuk digunakan di rumah, tapi kali ini menggunakan stok film Eastmancolor konvensional. Mereka sekarang tersedia di DVD. Pada tahun 1936 pendukung menarik dukungan keuangan dari Studio Iwerks, dan dilipat segera setelah.

Pada tahun 1937, leon Schlesinger Productions Iwerks dikontrak untuk menghasilkan empat Looney Tunes shorts dibintangi Porky Pig dan Gabby Kambing. Iwerks mengarahkan dua celana pendek, sementara mantan animator Schlesinger Robert Clampett dipromosikan menjadi direktur dan disutradarai dua celana pendek lain sebelum ia dan unitnya kembali ke tempat Schlesinger utama. Iwerks kemudian melakukan pekerjaan kontrak untuk Screen Gems (kemudian Columbia Pictures 'divisi kartun) sebelum kembali bekerja untuk Disney pada tahun 1940.

Setelah kembali ke studio Disney, Iwerks terutama bekerja pada pengembangan efek visual khusus. Dia dikreditkan dengan mengembangkan proses untuk menggabungkan live action dan animasi yang digunakan dalam Song of the South (1946), serta xerografik proses diadaptasi untuk animasi cel. Dia juga bekerja di WED Enterprises, sekarang Walt Disney Imagineering, membantu untuk mengembangkan banyak Disney atraksi taman selama 1960-an. Iwerks tidak efek khusus bekerja di luar studio juga, termasuk nya academy Award dinominasikan untuk prestasi Alfred Hitchcock 's the Birds (1963).

Iwerks karya paling terkenal di luar menciptakan dan menjiwai Mickey Mouse adalah Balik Katak dari studio sendiri. Iwerks dikenal untuk bekerja puasanya pada gambar dan animasi dan rasa aneh humor. Animator Chuck Jones, yang bekerja untuk studio Iwerks 'di masa mudanya, mengatakan "Iwerks adalah edan dieja terbalik." Ub Iwerks meninggal pada tahun 1971 dari miokard infark di Burbank, California, berusia 70.

Sebuah film dokumenter, The Hand Behind Mouse: The Ub Iwerks Cerita dirilis pada tahun 1999, diikuti dengan buku yang ditulis oleh Leslie Iwerks dan John Kenworthy pada tahun 2001. Film dokumenter, yang diciptakan oleh Iwerks 'cucu Leslie Iwerks, dirilis sebagai bagian dari the Walt Disney Treasures, seri Gelombang VII (disc dua Petualangan Oswald the Lucky Rabbit koleksi).

Pengaruh dan Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Sebuah potret diri Iwerks langka ditemukan di dalam tempat sampah di sebuah studio animasi di Burbank. Potret tersebut telah diselamatkan dan kini menjadi bagian dari arsip ASIFA-Hollywood di Burbank, California.
  • Setelah Perang Dunia II, gaya animasi Iwerks pada karya awalnya banyak ditiru oleh mangaka legendaris Osamu Tezuka dan Shotaro Ishinomori.
  • Iwerks Entertainment, sebuah perusahaan film didirikan pada tahun 1985 untuk menghormati Ub Iwerks.
  • 1986 karakter DC Comics dinamai Doctor Ub'x untuk menghormatinya.
  • Pada tahun 1989, Iwerks diangkat menjadi Disney Legend.
  • Di dalam film The Ren dan Stimpy Show episode "Superstitious Stimpy," Stimpy menyebut nama Ub Iwerks dalam nyanyiannya.
  • Pada tahun 1996, alur cerita utama film The Simpsons episode "The Day the Violence Dead" menggambarkan hubungan Iwerks bersama Walt Disney saat masih muda.
  • Pada tahun 2005, di film The Fairly OddParents episode "The Good Old Days," Timmy dan kakeknya Pappy dibawa ke dunia bergaya kartun lawas Disney. Di dalamnya, terdapat perempatan jalan yang masing-masing jalan bernama "Ub" dan "Iwerks".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ For example in the opening credits of Little Black Sambo (1935).
  2. ^ Neal Gabler, "Walt Disney:The Triumph of the American Imagination" (2006), p. 46.
  3. ^ Neal Gabler, "Walt Disney:The Triumph of the American Imagination" (2006), p. 47-50.
  4. ^ Neal Gabler, "Walt Disney:The Triumph of the American Imagination" (2006), p. 50.
  5. ^ Neal Gabler, "Walt Disney:The Triumph of the American Imagination" (2006), p. 56.
  6. ^ Neal Gabler, "Walt Disney:The Triumph of the American Imagination" (2006), p. 58.
  7. ^ Neal Gabler, "Walt Disney:The Triumph of the American Imagination" (2006), p. 109.
  8. ^ Kenworthy, John; The Hand Behind the Mouse, Disney Editions: New York, 2001. p. 53.
  9. ^ Kenworthy, John; The Hand Behind the Mouse, Disney Editions: New York, 2001. p. 54.
  10. ^ Neal Gabler, "Walt Disney:The Triumph of the American Imagination" (2006), p. 143.
  11. ^ Neal Gabler, "Walt Disney:The Triumph of the American Imagination" (2006), p. 144.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Leslie Iwerks & John Kenworthy, The Hand Behind The Mouse (Disney Editions, 2001) dan dokumentasi dengan tajuk yang sama (DVD, 1999).
  • Leonard Maltin, Of Mice and Magic: A History of American Animated Cartoons (Penguin Books, 1987)
  • Jeff Lenburg, The Great Cartoon Directors (Da Capo Press, 1993)
  • Marc Eliot, Walt Disney: Hollywood's Dark Prince (Citadel Press, 1994)
  • Yashwant Rajankar Walt Disney: The Ultimate Fantasy (Rajhans Prakashan, May 2008), sebuah buku dalam bahasa Marathi

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Iwerks