Roscosmos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Perusahaan Negara untuk Aktivitas Antariksa Roscosmos (bahasa Rusia: Государственная корпорация по космической деятельности «Роскосмос», Gosudarstvyennaya korporaciya po kosmicheskoy dyeyatyel'nosti "Roskosmos"), secara umum dikenal sebagai Roscosmos (bahasa Rusia: Роскосмос) adalah BUMN yang bertanggung jawab untuk program ilmu angkasa Rusia dan riset aeronautika umum.

Roscosmos awalnya merupakan bagian dari Badan Antariksa Federal Rusia (bahasa Rusia: Российское Федеральное космическое агентство, Rossiyskoe federal'noye kosmicheskoye agentstvo) sebelum berkembang dan mengonsolidasikan dirinya pada badan negara tersebut pada 28 Desember 2015 melalui sebuah dekrit presiden, menjadi sebuah badan usaha milik negara antariksa utama Federasi Rusia.[1][2][3] Sebelum 1992, Roscosmos adalah bagian dari Badan Penerbangan dan Antariksa Rusia (bahasa Rusia: Российское авиационно-космическое агентство, Rossiyskoe aviatsionno-kosmicheskoe agentstvo, dikenal sebagai Rosaviakosmos).[2][3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

RKA dibentuk setelah pemecahan bekas Uni Soviet dan pembubaran program luar angkasa Uni Soviet. RKA menggunakan teknologi dan situs peluncuran yang dulunya milik program angkasa Soviet. RKA telah memusatkan kontrol program angkasa masyarakat Rusia, termasuk seluruh penerbangan angkasa berawak dan tak-berawak non militer.

Badan Antariksa Rusia, seperti program angkasa Soviet sebelumnya terhambat oleh kurangnya pendanaan yang telah merumitkan usaha dari misi bulan sampai kerja sama dalam ISS. Namun pada 2005 rangkaian pendanaan masa depan terlihat lebih baik, karena pemerintah Rusia telah menyetujui 425 miliar rubel (sekitar 15 miliar dolar AS) untuk program angkasa Rusia dari 2006-2015 [1]. Pendanaan untuk 2006 akan mencapai 27 miliar rubel (sekitar 900 juta dolar AS).

Program sekarang[sunting | sunting sumber]

Agensi Angkasa Rusia merupakan salah satu partner NASA dalam program Stasiun Angkasa Internasional (ISS). RKA juga menyediakan pariwisata angkasa untuk penumpang yang membayar-biaya kepada ISS melalui perusahaan Space Adventures.

RKA mengoperasikan beberapa program lainnya untuk ilmu bumi, komunikasi, dan riset ilmiah. Proyek masa depan termasuk penerus pesawat angkasa Soyuz "shuttle" Kliper (dibuat dalam kerja sama dengan ESA), misi robot ilmiah ke salah satu bulan planet Mars dan juga penambahan satelit riset mengorbit Bumi.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Markas Badan Penerbangan dan Antariksa Rusia ada di Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan.

RKA dikepalai oleh Anatoly Perminov, yang tugasnya seluruhnya sejalan dengan administrator NASA. RKA mempekerjakan sekitar 300 orang, sebanyak kerja itu dikontrak. Kontraktor utama yang digunakan oleh RKA ialah Kompleks Roket dan Antariksa Energiya, yang memiliki dan mengoperasikan Pusat Kontrol Misi di Korolyov, dan terjadi dalam proyek Stasiun Luar Angkasa Internasional. Tugas Energiya yang sebelumnya adalah mengoperasikan stasiun luar angkasa Mir. Perusahaan itu mengembangkan penggerak Energiya yang kuat yang merupakan kendaraan luncur berat dan digunakan untuk mengorbitkan Buran ke luar angkasa.

Kendali peluncuran[sunting | sunting sumber]

Mitra militer RKA ialah Angkatan Antariksa Militer (VKS). VKS mengendalikan fasilitas luncur Kosmodrom Plesetsk Rusia. RKA dan VKS berbagi kendali atas Kosmodrom Baikonur, di mana RKA membayar kembali VKS untuk biaya sejumlah pengontrol penerbangan selama peluncuran sipil. RKA dan VKS juga berbagi kontrol atas Pusat Pelatihan Antariksawan Yuri Gagarin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]