Interkosmos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Interkosmos.svg

Interkosmos (Rusia: Интеркосмос) adalah program luar angkasa Soviet, dirancang untuk memberikan negara-negara bersahabat dengan akses Uni Soviet untuk misi ruang angkasa berawak dan tak berawak.

Program ini mencakup negara-negara sekutu timur-Eropa dari Pakta Warsawa, Comecon, dan negara-negara sosialis lainnya seperti Afghanistan, Kuba, Mongolia, dan Vietnam. Selain negara-negara non-blok seperti India dan Suriah tidak berpartisipasi, dan bahkan paruh waktu NATO-anggota Prancis berkontribusi Interkosmos, yang merupakan refleksi dari politik selama Perang Dingin.

Setelah Uji Proyek Apollo-Soyuz, bahkan ada pembicaraan antara NASA dan Intercosmos pada tahun 1970 tentang program "Shuttle-Salyut" untuk terbang misi Space Shuttle ke stasiun ruang angkasa Salyut, dengan pembicaraan kemudian pada 1980-an bahkan mempertimbangkan penerbangan masa depan angkutan Soviet dari program Buran ke stasiun antariksa AS masa depan. Sedangkan program Shuttle-Salyut tidak pernah terwujud selama keberadaan program Soviet Intercosmos, setelah pembubaran Uni Soviet Shuttle-Mir Program akan mengikuti jejak ini dan membuka jalan ke Stasiun Antariksa Internasional.

Dimulai pada April 1967 dengan misi satelit penelitian tak berawak, misi berawak pertama terjadi pada bulan Februari 1978 misi Interkosmos diaktifkan 14 kosmonot non-Soviet untuk berpartisipasi dalam penerbangan angkasa Soyuz antara tahun 1978 dan 1988. Program ini bertanggung jawab untuk mengirimkan ke ruang warga pertama dari negara selain Amerika Serikat atau Uni Soviet; Vladimír Remek Cekoslowakia. Interkosmos juga mengakibatkan orang pertama kulit hitam dan Hispanik di ruang angkasa, Arnaldo Tamayo Méndez Kuba, dan orang Asia pertama di ruang angkasa, Pham Tuan dari Vietnam. Dari negara-negara yang terlibat, hanya Bulgaria mengirim dua kosmonot di ruang angkasa.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]