Vostok (wahana antariksa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Vostok (Восток, "Timur") adalah sejenis pesawat luar angkasa yang dibangun program luar angkasa Uni Soviet untuk penerbangan luar angkasa berawak.

Vostok terdiri dari modul penurunan bulat (massa 2,46 ton, diameter 2,3 meter), yang berisi para kosmonot, peralatan dan sistem pintu darurat, dan sebuah modul peralatan berbentuk kerucut (massa 2,27 ton, panjang 2,25 m, lebar 2,43 m), ayng berisi pelontar (propellant) dan sistem mesin Vostok. Saat reentry, para kosmonot akan dilontarkan keluar dari pesawat pada ketinggian sekitar 7.000 m dan turun dengan parasut, sementara kapsulnya akan mendarat terpisah.

Pesawat Vostok awalnya dirancang sebagai platform kamera (untuk program satelit mata-mata Soviet yang pertama Zenit) dan juga sebagai pesawat berawak. Rancangan dwifungsi ini terbukti penting dalam memberikan dukungan kepada Partai Komunis terhadap program ini. Rancangan dasar Vostok telah bertahan dan digunakan selama empat puluh tahun, dan secara perlahan-lahan diadaptasikan untuk berbagai jenis satelit tak berawak.

Rancangan modul penurunan digunakan ulang, dalam bentuk yang banyak berubah, oleh program Voskhod.

Ada beberapa model Vostok sebelum versi berawaknya:

  • Vostok 1K - pesawat konsep. Digunakan untuk mencoba sistem-sistem dasar dan membuktikan konsep.
  • Vostok 2K - pesawat pencitraan foto dan intelijen sinyal. Dinamakan ulang Zenit-2.
  • Vostok 3K - Pesawat berawak.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]