John Robert Schrieffer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Robert Schrieffer)

John Robert Schrieffer
Lahir(1931-05-31)31 Mei 1931
Oak Park, Illinois, Amerika Serikat
Meninggal27 Juli 2019(2019-07-27) (umur 88)
Tallahassee, Florida, Amerika Serikat
KebangsaanAmerika
AlmamaterInstitut Teknologi Massachusetts
Universitas Illinois di Urbana–Champaign
PenghargaanNational Medal of Science (1983)
Nobel Fisika (1972)
Penghargaan Comstock dalam bidang Fisika (1968)
Karier ilmiah
BidangFisika
InstitusiUniversitas Pennsylvania
Universitas California, Santa Barbara
Universitas Florida
Universitas Negeri Florida
Universitas Birmingham
Pembimbing doktoralJohn Bardeen

John Robert Schrieffer (31 Mei 1931 – 27 Juli 2019) ialah fisikawan Amerika Serikat.

Robert Schrieffer menerima gelar sarjana dari Institut Teknologi Massachusetts pada tahun 1953 dan gelar doktor dari University of Illinois pada tahun 1957. Ketika masuk Universitas Illinois, ia segera memulai penelitian dengan Profesor John Bardeen. Setelah bekerja pada masalah konduksi listrik di permukaan semikonduktor, Schrieffer menghabiskan waktu setahun di laboratorium, menerapkan beberapa masalah permukaan. Pada tahun ketiga studi pascasarjana, ia bergabung dengan Bardeen dan Leon Neil Cooper dalam mengembangkan teori superkonduktivitas, yang mengangkat disertas doktoralnya. Bardeen, Cooper dan Schrieffer dianugerahi Nobel Fisika pada tahun 1972 untuk teori superkonduktivitas yang mereka kembangkan bersama, yang biasa disebut sebagai teori BCS.

Dr. Schrieffer menduduki jabatan ketua sarjana unggulan dengan Sistem Universitas Negeri Florida. Sejak Januari 1992, ia menjadi guru besar fisika di Florida State University dan University of Florida. Ia juga bertindak sebagai ketua ilmuwan di National High Magnetic Field Laboratory. Penelitian Dr. Schrieffer dipusatkan pada teori superkonduktivitas suhu tinggi dan magnetisme dalam sistem benda padat.

Schrieffer dijatuhi hukuman dua tahun penjara pada 6 November 2005 karena terlibat kecelakaan bermotor yang menewaskan satu orang, dan melukai tujuh orang lainnya. Pada saat kecelakaan, surat izin mengemudinya sedang dalam penangguhan dan ia dikatakan mengantuk ketika di belakang kemudi. Kecelakaan itu terjadi di Orcutt, California pada 24 September 2004, dan Schrieffer dipenjara di Lembaga Pemasyarakatan Richard J. Donovan di Rock Mountain dekat San Diego, California.[1]

Schrieffer meninggal dunia pada 27 Juli 2019 di Tallahassee, Florida, pada usia 88 tahun.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]