Rajinikanth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rajinikanth
Kochadaiiyaan Rajini.jpg
Rajinikanth pada perilisan album soundtrack Kochadaiiyaan (2014)
LahirShivaji Rao Gaekwad
12 Desember 1950 (umur 68)
Bangalore, Negara Bagian Mysore, India
(sekarang di Karnataka, India)
Tempat tinggalChennai, Tamil Nadu, India
KebangsaanIndia
PekerjaanAktor film, produser, penulis latar, penyanyi playback.
Tahun aktif1975–sekarang
Suami/istriLatha Rangachari
(1981–sekarang)
Anak
Kerabatlihat Silsilah Rajinikanth
PenghargaanIND Padma Vibhushan BAR.png Padma Vibhushan (2016)
IND Padma Bhushan BAR.png Padma Bhushan (2000)

Rajinikanth (lahir dengan nama Shivaji Rao Gaekwad pada 12 Desember 1950) adalah seorang aktor film India yang utamanya berkarya dalam industri film Tamil. Ia juga berakting dalam film-film Bollywood, Telugu, Kannada, Malayalam, Hollywood dan Bengali.

Setelah meraih 26 crore (setara dengan Kesalahan ekspresi: Kata "atau" tak dikenal, or US$8,7 juta pada tahun 2017) untuk perannya dalam Sivaji (2007), ia merupakan aktor berbiaya tertinggi di Asia setelah Jackie Chan pada masa itu. Ketika berkarya dalam industri film regional India lainnya, Rajinikanth juga tampil dalam perfilman negara lainnya, termasuk Amerika Serikat. Pada 2014, Rajinikanth telah memenangkan enam Penghargaan Film Negara Bagian Tamil Nadu—empat Penghargaan Aktor Terbaik dan dua Penghargaan Khusus untuk Aktor Terbaik—dan sebuah Penghargaan Aktor Tamil Terbaik Filmfare. Selain berakting, ia juga berkarya sebagai produser dan penulis latar. Selain berkarier film, ia juga merupakan seorang filantropis, spiritualis, dan berpengaruh dalam politik Dravida.

Pemerintah India memberikannya Padma Bhushan pada 2000 dan Padma Vibhushan pada 2016 untuk jasa-jasanya dalam bidang seni rupa. Di Festival Film Internasional India ke-45 (2014), ia dihargai dengan "Penghargaan Sentenari untuk Tokoh Film India Tahun Ini".

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]