Zubin Mehta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Zubin Mehta
ज़ूबिन मेहता
ZubinMehtaMar11.jpg
Zubin Mehta pada Maret 2011
Lahir 29 April 1936 (umur 82)
Bendera India Bombay (sekarang Mumbai), India Inggris (sekarang India)
Pekerjaan Konduktor Musik
Tahun aktif 1958–present
Suami/istri Carmen Lasky (1958 - 1964) bercerai
Nancy Kovack 1969 - sekarang
Anak Mervon Mehta dan Zarina Mehta (dari Carmen Lasky)
Kerabat Mehli Mehta (ayah)
Zarin Mehta (saudara laki-laki)
Situs web http://www.zubinmehta.net

Zubin Mehta (bahasa Hindi: ज़ूबिन मेहता,; lahir 29 April 1936) adalah seorang konduktor musik klasik Barat yang bersuku Parsi India. Dia adalah Direktur Musik Israel Philharmonic Orchestra selamanya dan Konduktor Utama Opera house Valencia. Zubin Mehta juga konduktor kepala di Florence pada festival Maggio Musicale Italia.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Mehta dilahirkan dari sebuah keluarga Parsi di Bombay (sekarang Mumbai), India, putra Mehli Mehta dan Tehmina Mehta. Ayahnya adalah seorang pemain biola dan konduktor serta seorang Pendiri Bombay Symphony Orchestra. Mehta adalah alumnus Sekolah St. Mary, Mumbai, dan St. Xavier, Mumbai. Sementara di sekolah, Mehta diajarkan untuk bermain piano oleh Joseph de Lima, yang adalah guru piano pertamanya. Mehta awalnya dimaksudkan untuk belajar kedokteran, tetapi akhirnya menjadi seorang mahasiswa musik di Wina pada usia 18, di bawah Hans Swarowsky. Juga di akademi yang sama bersama dengan Mehta adalah konduktor Claudio Abbado dan konduktor-pianis Daniel Barenboim.

Pernikahan pertama Mehta adalah dengan seorang penyanyi soprano Kanada Carmen Lasky pada tahun 1958. Mereka memiliki seorang putra, Mervon, dan seorang putri, Zarina. Pada tahun 1964, mereka bercerai.[2] Dua tahun setelah perceraian, Carmen menikah dengan kakak Mehta, Zarin Mehta yang sebelumnya merupakan Direktur Eksekutif New York Philharmonic. Pada bulan Juli tahun 1969, Mehta menikah dengan Nancy Kovack, mantan aktris film dan televisi Amerika.[3] Meskipun Mehta merupakan penduduk tetap Amerika Serikat, tetapi ia tetap mempertahankan kewarganegaraan India-nya.

Karier[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1958, Mehta membuat debut konduktornya di Wina. Pada tahun yang sama ia memenangkan International Conducting Competition di Liverpool dan diangkat sebagai asisten konduktor dari Royal Liverpool Philharmonic. Mehta segera naik peringkat menjadi kepala konduktor ketika ia menjadi Direktur Utama Montreal Symphony Orchestra pada tahun 1960, masa jabat ini ia pegang sampai 1967. Pada tahun 1961, ia diangkat sebagai asisten konduktor dari Los Angeles Philharmonic ; Namun, direktur orkestra musik menunjuk, Georg Solti, yang tidak berkonsultasi pada pengangkatanya, dan kemudian mengundurkan diri sebagai bentuk protes;[4] segera setelah itu, Mehta sendiri menjadi Direktur Musik orkestra, dan memegang jabatan dari tahun 1962 sampai 1978.

Pada tahun 1978 Mehta menjadi Direktur Musik dan Konduktor Kepala New York Philharmonic dan tinggal di sana sampai pengunduran dirinya pada tahun 1991, ia menjadi Direktur terlama pada jabatan itu.

The Israel Philharmonic Orchestra (IPO) menunjuk Mehta menjadi Penasehat Musik pada tahun 1969, Direktur Musik pada tahun 1977, dan menobatkannya menjadi Direktur Musik selamanya pada 1981.[5]

Sejak tahun 1985, Mehta menjadi Konduktur kepala dari Teatro del Maggio Musicale Fiorentino di Florence. Selain itu, dari tahun 1998 hingga 2006, Mehta adalah Direktur Musik dari Bavarian State Opera di Munich. The Munich Philharmonic menobatkannya sebagai Konduktor Kehormatan. Sejak tahun 2005, Mehta telah menjadi konduktor utama (bersama-sama dengan Lorin Maazel) dari Palau de les Arts, gedung opera Ciutat de les Arts i les defisiensi di Valencia, Spanyol.

Mehta menjadi Konduktor di Konser Tahun Baru Wina pada tahun 1990, 1995, 1998, 2007 dan 2015. Dia juga telah membuat rekaman instrumentalis India Ravi Shankar Sitar Concerto No 2, dengan Shankar dan London Philharmonic Orchestra.

1990-an[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1990, ia menjadi konduktor di Orchestra del Maggio Musicale Fiorentino dan Orchestra del Teatro dell'Opera pada konser pertama Three Tenors di Roma, bergabung dengan tenor lagi pada tahun 1994 di Stadion Dodger, Los Angeles. Di antara penampilan - penampilannya ia menjadi konduktor yang paling bersejarah pada 1992 saat produksi Tosca di mana setiap tindakan berlangsung dalam pengaturan yang sebenarnya dan pada saat yang sebenarnya ditentukan dalam skor. Tosca ini dibintangi oleh Catherine Malfitano dalam peran judul, Placido Domingo sebagai Cavaradossi dan Ruggero Raimondi sebagai Baron Scarpia.

Pada bulan Juni tahun 1994, Mehta menjadi konduktor Mozart Requiem, bersama dengan anggota Sarajevo Symphony Orchestra dan paduan suara di reruntuhan Perpustakaan Nasional Sarajevo, dalam konser penggalangan dana untuk para korban konflik bersenjata dan mengingat ribuan orang tewas dalam perang [Yugoslavia]. Pada tanggal 29 Agustus 1999, ia memimpin konser Mahler Symphony No. 2 ( Kebangkitan ), di sekitar Kamp Konsentrasi Buchenwald di kota Weimar, Jerman, dengan kedua anggota Bavarian State Orchestra dan Israel Philharmonic Orchestra, duduk berdampingan satu sama lain. Ia berkeliling negeri asalnya India dan kampung halamannya Mumbai (Bombay) pada tahun 1984, dengan New York Philharmonic, dan lagi pada bulan November-Desember 1994, dengan Israel Philharmonic Orchestra, bersama dengan solois Itzhak Perlman dan Gil Shaham. Pada tahun 1997 dan 1998, Mehta bekerjasama dengan sutradara film Cina Zhang Yimou pada produksi opera Turandot berdasarkan Giacomo Puccini yang mereka ambil untuk Florence, Italia, dan kemudian untuk Beijing, Cina, di mana sebenarnya dipentaskan di Kota Terlarang, dengan lebih dari 300 ekstra dan 300 tentara, selama sembilan pertunjukan . Pembuatan produksi ini dicatat dalam sebuah film dokumenter yang disebut The Turandot Project yang dinarasikan Mehta.

2000-an[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 26 Desember 2005, perayaan pertama Tsunami 2004 di Samudera Hindia , Mehta dan Bavarian State Orchestra tampil untuk pertama kalinya di Chennai (sebelumnya disebut Madras) di Akademi Musik Madras. Konser peringatan Tsunami ini diselenggarakan oleh Konsulat Jerman Madras bersama dengan Max-Mueller Bhavan / Goethe-Institut. 2006 adalah tahun terakhirnya dengan Bavarian State Orchestra. Pada tahun 2011, penampilan Mehta dengan Israel Philharmonic Orchestra di The prom di London terganggu oleh demonstran pro-Palestina.[6]

Pada 7 September 2013, Zubin Mehta muncul dengan Bavarian State Orchestra di sebuah konser khusus bernama Ehsaas e Kashmir yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Jerman di India, di Mughal Gardens, Srinagar. Mehta dan Orkestranya dilaporkan meninggalkan biaya yang biasa mereka untuk konser ini [7]

Gaya Panggung[sunting | sunting sumber]

Mehta menerima pujian di awal kariernya untuk interpretasi dinamis dari penampilan musik simfonik skala besar Anton Bruckner, Richard Strauss, Gustav Mahler dan Franz Schmidt. Gaya Konduktor-nya terkenal sebagai flamboyan, penuh semangat dan kuat.

Berbagai Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pada upacara pemberian Israel Prize pada tahun 1991, Mehta dianugerahi hadiah khusus sebagai pengakuan atas pengabdian yang unik ke Israel dan Israel Philharmonic Orchestra. Pada tahun 1995, ia menerima Penghargaan Wolf dalam bidang seni. Pada tahun 1999, Mehta dinobatkan dengan "Lifetime Achievement Peace dan Toleransi Award" dari PBB.

Pemerintah India memberi Mehta penghaargaan pada tahun 1966 yaitu Padma Bhushan dan pada tahun 2001 dengan penghargaan sipil tertinggi kedua India, Padma Vibhushan.[8]

Pada bulan September tahun 2006 Kennedy Center mengumumkan Mehta sebagai salah satu penerima Kennedy Center Honors pada tahun itu, yang diberikan pada 2 Desember 2006.

Pada tanggal 3 Februari 2007, Mehta menjadi penerima Kedua Tahunan Bridgebuilder Award di Loyola Marymount University. Pada tahun 2007 ia menerima penghargaan bergengsi Dan David Prize. Konduktor Karl Bohm memberikan Mehta Nikisch Ring - Vienna Philharmonic Ring of Honor.

Mehta adalah warga kehormatan di Florence dan Tel Aviv. Ia menjadi anggota kehormatan dari Vienna State Opera pada tahun 1997. Pada tahun 2001 ia dianugerahkan gelar "Konduktor Kehormatan" dari Vienna Philharmonic dan pada tahun 2004 Munich Philharmonic kepadanya penghargaan yang sama, seperti yang dilakukan Los Angeles Philharmonic dan Teatro del Maggio Musicale Fiorentino pada tahun 2006. Pada akhir masa jabatannya dengan State Opera Bavaria ia diangkat sebagai Konduktor Kehormatan dari Bavarian State Orchestra dan Kehormatan Anggota Negara Opera Bavaria, dan Gesellschaft der Musikfreunde, Wien, menunjuk dia anggota kehormatan pada bulan November 2007.

Pada bulan Oktober 2008, Mehta menerima Praemium Imperiale (Pernghargaan Budaya Dunia di Pada Peringatan Kekaisaraan Nya Yang Mulia Pangeran Takamatsu) di Jepang.

Pada 1 Maret 2011, Mehta menerima bintang ke 2434 di Hollywood Walk of Fame. Pada tanggal 2 Oktober 2011 ia menerima Echo Klassik di Berlin, untuk jasanya sepanjang hidupnya [9]. Pada 6 September 2013, Presiden India Pranab Mukherjee memberikan kepadanya Penghargaan Tagore 2013 untuk kontribusi luar biasa ke arah harmoni budaya.[10]

Film[sunting | sunting sumber]

Hidup Mehta telah didokumentasikan dalam 'Film' karya Terry Sanders yaitu 'Portrait of Zubin Mehta' '. Sebuah film dokumenter tentang Mehta, Zubin and I , diproduksi oleh cucu dari seorang pemain harpa Israel yang bermain dengan Israel Philharmonic Orchestra. Pembuat film bergabung orkestra pada tur Mumbai dan bertemu dengan dia selama dua wawancara, di India dan Tel Aviv.[11] Dalam film dokumenter karya Christopher Nupen tahun 1969' 'The Trout' 'tentang kinerja Schubert Trout Quintet di London berdasarkan Jacqueline du Pré, Daniel Barenboim , Pinchas Zukerman dan Itzhak Perlman, Mehta memainkan ganda bass.[12]

Proyek pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2009, Mehta mendirikan Mifneh (Bahasa Ibrani untuk "perubahan"), sebuah program pendidikan musik untuk Israel-Arab, bekerja sama dengan Bank Leumi dan Arab-Israel Bank. Tiga sekolah, di Shfaram, di Lembah Yizreel dan Nazaret, yang mengambil bagian dalam proyek percontohan.[13] Dia dan saudaranya Zarin merupakan Dewan Penasehat Yayasan Mehli Mehta.[14]

Referensi[sunting | sunting sumber]