Turandot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Libretto, 1926

Turandot (UK /ˈtjʊər.ən.dɒt/ atau US /ˈtʊr.ən.dɑːt/; pengucapan bahasa Italia: [turanˈdɔt]) adalah sebuah opera tiga bagian karya Giacomo Puccini, yang diselesaikan oleh Franco Alfano, dan dibuat dalam bentuk libretto dalam bahasa Italia oleh Giuseppe Adami dan Renato Simoni.

Meskipun minat pertama Puccini terhadap subyek tersebut didasarkan pada bacaannya dari adaptasi drama tahun 1801 buatan Friedrich Schiller, karyanya hampir sepenuhnya didasarkan pada teks yang lebih awal Turandot karya Carlo Gozzi. Cerita aslinya didasarkan pada Turan-Dokht (putri Turan) dari epik Haft Peykar (The Seven Beauties), karya penyair Persia abad ke-12 Nizami.[1] Cerita opera tersebut berlatar belakang Tiongkok dan melibatkan Pangeran Calaf, yang jatuh cinta dengan Putri Turandot. Agar diberi ijin untuk menikahinya, seorang pelayan telah menyiapkan tiga teka-teki; jawaban yang salah akan mengakibatkan kematian. Calaf berhasil menyelesaikan ujian tersebut, namun Turandot masih menolak menikahinya. Sang pangeran menawarkannya sebuah jalan: jika sang putri dapat mengetahui namanya sebelum keesokan harinya, sang pangeran akan mati.

Opera tersebut belum rampung pada masa kematian Puccini pada 1924, dan diselesaikan oleh Franco Alfano pada 1926. Pementasan pertamanya diadakan di Teatro alla Scala, Milan pada 25 April 1926 dan dipimpin oleh Arturo Toscanini. Pementasannya hanya menggunakan musik Puccini dan tidak memakai penambahan dari lfano. Pementasan pertama opera yang diselesaikan oleh Alfano adalah pada keesokan malamnya, 26 April, meskipun masih diperdebatkan apakah hal tersebut dilakukan oleh Toscanini lagi atau oleh Ettore Panizza.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan

Citations

Sumber

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Maehder, Jürgen (de), Turandot-Studien, Deutsche Oper Berlin, Beiträge zum Musiktheater VI, Spielzeit 1986/87, pp. 157–87.
  • Maehder dan Sylvano Bussotti, Turandot, Pisa: Giardini, 1983.
  • Maehder (dengan Kii-Ming Lo), Puccini's Turandot – Tong hua, xi ju, ge ju, Taipei (Gao Tan Publishing) 1998, 287 pp.
  • Maehder, "Puccini's Turandot – A Fragment", in Nicholas John (ed.), Turandot, London: John Calder / New York: Riverrun, 1984, pp. 35–53.
  • Maehder, "Studi sul carattere di frammento della Turandot di Giacomo Puccini", in Quaderni Pucciniani 2/1985, Milano: Istituto di Studi Pucciniani, 1986, pp. 79–163.
  • Maehder, "La trasformazione interrotta della principessa. Studi sul contributo di Franco Alfano alla partitura di Turandot", in Jürgen Maehder (ed.), Esotismo e colore locale nell'opera di Puccini, Pisa (Giardini) 1985, pp. 143–70.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]