Quake II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Quake II
Pengembangid Software
PenerbitActivision
Pengarah
Perancang
Pemrogram
Seniman
KomponisSonic Mayhem
SeriQuake
EngineQuake II engine[2]
Platform
Tanggal rilis
December 9, 1997
  • Microsoft Windows
    • NA: December 9, 1997
    • EU: December 12, 1997[3]
  • Nintendo 64
    • NA: June 30, 1999
  • Mac OS
  • PlayStation
    • NA: September 30, 1999
  • Xbox 360
    • NA: November 18, 2005
    • EU: December 2, 2005
GenreFirst-person shooter
ModeSingle-player, multiplayer

Quake II adalah gim video penembak orang pertama 1997 yang dikembangkan oleh id Software dan diterbitkan oleh Activision . Ini adalah angsuran kedua dari seri Quake, tetapi bukan sekuel langsung Quake. [5] Alur cerita permainan dilanjutkan dalam ekspansi dan Quake IV.

Soundtrack untuk Quake II sebagian besar disediakan oleh Sonic Mayhem, dengan beberapa lagu tambahan oleh Bill Brown ; tema utama juga disusun oleh Bill Brown dan Rob Zombie, dan satu lagu oleh Jer Sypult. Soundtrack untuk versi Nintendo 64 dari permainan ini disusun oleh Aubrey Hodges, dikreditkan sebagai Ken "Razor" Richmond.

Aturan permainan[sunting | sunting sumber]

Quake II adalah penembak orang pertama, di mana pemain menembak musuh dari sudut pandang karakter utama. Gameplaynya sangat mirip dengan yang ditampilkan di Quake, dalam hal gerakan dan kontrol, meskipun kecepatan gerakan pemain telah diperlambat, dan pemain sekarang memiliki kemampuan untuk berjongkok. Gim ini mempertahankan empat dari delapan senjata dari Quake (Shotgun, Super Shotgun, Grenade Launcher, dan Rocket Launcher), meskipun mereka telah didesain ulang secara visual dan dibuat agar berfungsi dengan cara yang sedikit berbeda. Sisa delapan senjata Quake ' Axe, Nailgun, Super Nailgun, dan Thunderbolt) tidak ada di Quake II . Enam senjata yang baru diperkenalkan adalah Blaster, Machine Gun, Chain Gun, Hyperblaster, Railgun, dan BFG 10K. Power up Quad Damage dari Quake hadir di Quake II, dan power-up baru termasuk Ammo Pack, Invulnerability, Bandolier, Enviro-Suit, Rebreather, dan Silencer.

Permainan pemain tunggal menampilkan sejumlah perubahan dari Quake . Pertama, pemain diberikan tujuan berbasis misi yang sesuai dengan alur cerita, termasuk mencuri kepala Komandan Tank untuk membuka pintu dan melakukan serangan udara di bunker. Cutscene CGI digunakan untuk mengilustrasikan kemajuan pemain melalui tujuan utama, meskipun semuanya pada dasarnya adalah potongan video pendek yang sama, menunjukkan gambar karakter pemain yang terkomputerisasi saat ia bergerak melalui level permainan. Tambahan lainnya adalah dimasukkannya tipe karakter yang tidak bermusuhan: rekan karakter pemain yang ditangkap. Akan tetapi, tidak mungkin untuk berinteraksi dengan karakter-karakter ini, karena mereka semua telah dibuat gila oleh para penculik Strogg mereka.

Gim ini memiliki level yang jauh lebih besar daripada Quake, dengan lebih banyak area terbuka yang lebih luas. Ada juga sistem hub yang memungkinkan pemain melakukan perjalanan bolak-balik antar level, yang diperlukan untuk menyelesaikan tujuan tertentu. Beberapa tekstur dan simbol yang muncul dalam permainan sangat mirip dengan beberapa yang ditemukan di Quake . Musuh menunjukkan luka yang terlihat setelah mereka menerima kerusakan.

Multi Pemain[sunting | sunting sumber]

Porsi multi pemain mirip dengan Quake. Ini dapat dimainkan sebagai mode permainan deathmatch gratis untuk semua, versi kooperatif dari permainan pemain tunggal, atau sebagai pertandingan 1 vs 1 yang digunakan dalam turnamen resmi, seperti Liga Profesional Cyberathlete. Itu juga dapat dimainkan dalam mode Capture the Flag (CTF). Game deathmatch diuntungkan dari rilis delapan level yang dirancang khusus yang ditambahkan oleh id Software setelah rilis awal game. Mereka diperkenalkan ke permainan melalui salah satu tambalan awal, yang dirilis secara gratis. Sebelum rilis peta ini, pemain dibatasi untuk memainkan game multipemain pada level pemain tunggal, yang, meskipun berfungsi sebagai level multipemain, tidak dirancang dengan gameplay deathmatch secara khusus.

Seperti di Quake, dimungkinkan untuk menyesuaikan cara pemain muncul kepada orang lain dalam game multipemain. Namun, sementara di Quake, satu-satunya pilihan adalah mengubah warna seragam pemain kecuali modifikasi pihak ketiga digunakan, sekarang game ini hadir dengan pilihan tiga model pemain yang berbeda: marinir pria, marinir wanita, dan cyborg pria. ; pilihan model pemain juga mempengaruhi efek ucapan yang akan dibuat oleh karakter pemain, seperti menghembuskan napas saat melompat atau mengerang saat terluka. Setiap model dapat dikustomisasi dari menu dalam game melalui pemilihan kulit yang telah digambar sebelumnya, yang berbeda dalam banyak hal; misalnya warna kulit, gaya kamuflase, dan aplikasi facepaint.

Plot[sunting | sunting sumber]

Quake II terjadi di lingkungan fiksi ilmiah . Dalam permainan pemain tunggal, pemain berperan sebagai Marinir bernama Bitterman yang mengambil bagian dalam "Operasi Alien Overlord", upaya putus asa untuk mencegah invasi alien ke Bumi dengan meluncurkan serangan pre-emptive terhadap planet asal musuh. Peradaban Strogg . Sebagian besar tentara lainnya ditangkap atau dibunuh segera setelah mereka mendekati zona pendaratan yang direncanakan. Bitterman selamat karena kapsul pribadi Marinir lain bertabrakan dengannya saat diluncurkan, menyebabkan dia jatuh jauh dari zona pendaratan. Bitterman berjuang melalui kota Strogg, menghancurkan tujuan strategis di sepanjang jalan, dan akhirnya membunuh pemimpin Strogg, Makron di pangkalan asteroid orbitnya.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Awalnya, Quake II seharusnya menjadi game dan IP yang sama sekali baru; judul seperti "Strogg", "Lock and Load", dan bahkan hanya "Load" dipermainkan pada hari-hari awal pengembangan. Namun setelah beberapa kali gagal, tim di id memutuskan untuk tetap menggunakan 'Quake II' dan meninggalkan tema horor gothic Lovecraftian dari aslinya demi estetika yang lebih sci-fi.

Itu adalah keputusan secara sadar yang mengubah arah Quake II dan kontroversial di dalam perusahaan. Kami tidak senang dengan cerita Quake (Original). John Romero telah pergi, jadi tidak ada yang tersisa untuk mempertahankannya. Kevin Cloud memimpin Quake II dan dia ingin membuatnya berdasarkan cerita.

— Todd Hollenshead[6]

Permainan ini dikembangkan dengan tim 13 orang. [7] Activision memperoleh hak distribusi di seluruh dunia untuk permainan pada Mei 1997. [8] Artis dan salah satu pemilik Adrian Carmack mengatakan bahwa Quake II adalah permainan favoritnya dalam seri karena "itu berbeda dan proyek kohesif". Ini juga merupakan game id Software terakhir yang menampilkan American McGee sebelum dia dipecat tak lama setelah dirilis.

Tidak seperti Quake, di mana pengontrol grafis yang dipercepat perangkat keras hanya didukung dengan tambalan yang lebih baru, Quake II hadir dengan dukungan OpenGL di luar kotak. Unduhan selanjutnya dari id Software menambahkan dukungan untuk 3DNow AMD! set instruksi untuk meningkatkan kinerja pada prosesor K6-2 mereka, dan Rendition merilis penyaji asli untuk chip grafis V1000 mereka. Versi terbaru adalah 3.21. Pembaruan ini mencakup banyak perbaikan bug dan level baru yang dirancang untuk deathmatch multipemain. Versi 3.21, tersedia sebagai kode sumber pada server FTP id Software, tidak memiliki fungsionalitas yang ditingkatkan dibandingkan versi 3.20 dan hanya sedikit modifikasi untuk membuat kompilasi untuk Linux lebih mudah.

Quake II menggunakan model client-server yang ditingkatkan yang diperkenalkan di Quake . Kode game Quake II, yang mendefinisikan semua fungsionalitas untuk senjata, entitas, dan mekanik game, dapat diubah dengan cara apa pun karena id Software menerbitkan kode sumber implementasi mereka sendiri yang disertakan bersama game. Quake II menggunakan fungsionalitas perpustakaan bersama dari sistem operasi untuk memuat perpustakaan permainan saat run-time—inilah cara pembuat mod dapat mengubah permainan dan menyediakan mekanisme permainan yang berbeda, senjata baru, dan banyak lagi. Kode sumber lengkap untuk Quake II versi 3.19 dirilis di bawah ketentuan GNU GPL-2.0-atau-lebih baru pada 22 Desember 2001. Versi 3.21 menyusul kemudian. Versi ramah LCC dirilis pada 1 Januari 2002, oleh seorang modder bernama Major Bitch. [9]

Sejak rilis kode sumber Quake II, beberapa pembaruan dari proyek pihak ketiga ke mesin permainan telah dibuat; yang paling menonjol di antaranya adalah proyek yang berfokus pada peningkatan grafis pada gim seperti "Yamagi Quake II", Quake2maX, EGL, Quake II Evolved, dan KMQuake II yang paling terkenal. Rilis sumber juga mengungkapkan banyak kelemahan keamanan [10] yang dapat mengakibatkan kompromi jarak jauh dari klien dan server Quake II . Karena id Software tidak lagi memelihara Quake II, sebagian besar mesin pihak ketiga menyertakan perbaikan untuk bug ini. Patch tidak resmi 3.24 yang memperbaiki bug dan hanya menambahkan sedikit tweak direkomendasikan untuk Quake II murni, karena tidak dimaksudkan untuk menambahkan fitur baru atau menjadi mod mesin dengan sendirinya. [11] Modifikasi mesin sisi server paling populer untuk multipemain, R1Q2, umumnya direkomendasikan sebagai pengganti rilis 3.20 untuk klien dan server. Pada Juli 2003, Vertigo Software merilis port Quake II untuk Microsoft . Platform .NET, menggunakan Managed C++, yang disebut Quake II . BERSIH . [12] Ini menjadi aplikasi poster untuk bahasa tersebut, menampilkan interoperabilitas yang kuat antara . .NET dan kode C++ standar. Itu tetap menjadi salah satu unduhan teratas di situs web Visual C++ . Pada Mei 2004, Bytonic Software merilis port Quake II (disebut Jake2 ) yang ditulis dalam Java menggunakan JOGL . Pada tahun 2010 Google porting Jake2 ke HTML5, berjalan di Safari dan Chrome . [13]

Mesin game Quake II ' lisensi populer dan menjadi dasar untuk beberapa game komersial dan gratis, seperti CodeRED: Alien Arena, War§ow, SiN, Anachronox, Heretic II, Daikatana, Soldier of Fortune, Kingpin: Life of Crime, dan UFO: Invasi Alien . Video game Valve tahun 1998 Half-Life menggunakan mesin Quake II selama tahap pengembangan awal. Namun, versi final berjalan pada versi mesin Quake yang dimodifikasi, GoldSrc, dengan sejumlah kecil kode Quake II.

Ports[sunting | sunting sumber]

Ports of Quake II dirilis pada tahun 1999 di konsol video game Nintendo 64 (porting oleh Raster Productions) dan PlayStation (porting oleh HammerHead).  Dalam kedua kasus, gameplay inti sebagian besar identik; namun, perubahan dilakukan pada urutan permainan dan multipemain layar grafik terpisah menggantikan jaringan atau permainan Internet. Port Macintosh dikembangkan oleh Logicware dan dirilis pada Juli 1999. Quake II: Colossus ( Quake II dengan kedua add-on resmi) di-porting ke Linux oleh id Software dan diterbitkan oleh Macmillan Digital Publishing pada tahun 1999.  Be Inc secara resmi mem-porting Quake II: Colossus ke BeOS untuk menguji akselerasi OpenGL mereka pada tahun 1999, dan menyediakan file game untuk diunduh gratis di kemudian hari—CD penginstalan Windows, Macintosh, atau Linux diperlukan untuk menginstal permainan, dengan add-on resmi menjadi opsional.

Versi PlayStation berisi versi singkat dari Unit 1, 3, 6, 7, 8, dan 10 dari versi PC, didesain ulang untuk memenuhi batasan teknis konsol. [14] [15] Misalnya, banyak koridor pendek seperti airlock ditambahkan ke peta untuk menyediakan jeda pemuatan di dalam area yang berdekatan dalam versi PC. Selain itu, bagian dari misi pertama port N64 digunakan sebagai prolog. Beberapa tipe musuh dihilangkan dan dua musuh baru ditambahkan: Arachnid, cyborg laba-laba manusia dengan lengan railgun kembar, dan Guardian, musuh bos bipedal. Menyimpan game hanya dimungkinkan antara level dan di pos pemeriksaan tingkat menengah tempat game dimuat, sementara dalam versi PC game dapat disimpan dan dimuat kapan saja. Gim ini mendukung periferal tetikus PlayStation untuk memberikan paritas yang lebih besar dengan gim versi PC. Musik yang digunakan di port ini adalah kombinasi dari skor musik asli Quake II dan trek dari paket misi versi PC, sedangkan adegan pembuka dan penutup diambil dari paket ekspansi Ground Zero.

Versi PlayStation menggunakan mesin baru yang dikembangkan oleh HammerHead untuk proyek PlayStation mereka di masa depan [16] dan berjalan pada resolusi 512x240 pada 30 frame per detik. [17] Pengembang ingin mempertahankan keseimbangan visual dengan versi PC dan menghindari trik seperti penggunaan kabut lingkungan. Lampu berwarna untuk level dan musuh, dan sorotan kuning untuk tembakan dan ledakan, dibawa dari versi PC, dengan tambahan efek suar lensa yang terletak di sekitar sumber cahaya pada peta cahaya asli. Tidak ada skybox ; sebagai gantinya, "langit" ungu bertekstur datar Gouraud digambar di langit-langit. Gim ini menggunakan partikel untuk membuat darah, puing-puing, dan sinar pistol rel analog dengan versi PC.

Ada juga mode multipemain layar terpisah untuk dua hingga empat pemain (permainan empat pemain dimungkinkan menggunakan Multi-tap PlayStation). Satu-satunya avatar pemain yang tersedia adalah versi modifikasi dari avatar pemain pria dari versi PC, perbedaan yang paling mencolok adalah penambahan helm. Pemain hanya dapat menyesuaikan warna baju besi avatar mereka dan mengubah nama mereka. Dua belas level multipemain yang ditampilkan unik untuk versi PlayStation, tanpa ada peta multipemain PC yang dibawa.

Versi Nintendo 64 memiliki level pemain tunggal dan peta multipemain yang sangat berbeda, dan menampilkan dukungan multipemain hingga empat pemain. Versi ini juga memiliki efek pencahayaan baru, sebagian besar terlihat dalam tembakan, dan juga menggunakan Pak Ekspansi untuk detail grafis tambahan. Port ini juga menampilkan soundtrack yang sama sekali baru, sebagian besar terdiri dari potongan ambient gelap, disusun oleh Aubrey Hodges.

Port Quake II disertakan dengan Quake 4 untuk Xbox 360 pada disk bonus. Ini adalah port langsung dari game asli, dengan beberapa peningkatan grafis. [18] Port ini memungkinkan permainan System Link hingga enam belas pemain, layar terbagi untuk empat pemain, dan permainan kooperatif dalam pemain tunggal hingga enam belas pemain atau empat pemain dengan layar terpisah saja.

Tidak resmi[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Desember 2018, programmer Polandia Krzysztof Kondrak merilis kode sumber Quake 2 v3.21 asli dengan dukungan Vulkan ditambahkan. Port, yang disebut vkQuake2, tersedia di bawah GPLv2.[19][20]

Mod[sunting | sunting sumber]

Seperti Quake asli, Quake II dirancang untuk memungkinkan pemain membuat konten khusus dengan mudah. Sejumlah besar mod, peta, grafik seperti model dan skin pemain, dan efek suara dibuat dan didistribusikan kepada orang lain secara gratis melalui Internet. Situs web populer seperti PlanetQuake dan Telefragged memungkinkan pemain untuk mendapatkan akses ke konten khusus. Peningkatan lain dari Quake adalah lebih mudah untuk memilih model pemain kustom, skin, dan efek suara karena dapat dipilih dari menu dalam game.

Mod untuk game ini termasuk Action Quake dari tahun 1999. Simon Quirk dari PC Gaming World menulis ' game tersebut, "Tim Action Quake menginginkan konversi total Quake II multipemain saja di mana strategi, akurasi, dan pertarungan yang tampak keren akan mendominasi." [21]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Quake II dirilis pada 9 Desember 1997, di Amerika Serikat (satu hari lebih pendek dari rilis Doom empat tahun sebelumnya) dan pada 12 Desember di Eropa. Terlepas dari judulnya, Quake II adalah sekuel dari Quake asli hanya dalam nama. Skenario, musuh, dan tema sepenuhnya terpisah dan tidak jatuh ke dalam kontinuitas yang sama seperti Quake . id awalnya ingin mengaturnya secara terpisah dari Quake, tetapi karena alasan hukum (sebagian besar nama yang disarankan sudah diambil), mereka memutuskan untuk menggunakan judul kerja.  Quake II juga diadopsi sebagai nama untuk meningkatkan popularitas Quake menurut Jennell Jaquays.[22] Quake II telah dirilis di Steam, tetapi versi ini tidak menyertakan soundtrack. Gim ini dirilis pada disk bonus yang disertakan dengan Quake 4 Edisi Khusus untuk PC, bersama dengan kedua paket ekspansi. Versi ini juga tidak memiliki soundtrack. Quake II juga tersedia pada disk bonus dengan Quake 4 versi Xbox 360. Versi ini adalah port langsung yang menampilkan soundtrack asli dan peta multipemain.

Pada tahun 2015, Quake II: Quad Damage, bundel yang berisi game asli dengan paket misi telah dirilis di GOG.com, tetapi tidak seperti rilis sebelumnya, yang ini berisi peluncur baru yang dapat disesuaikan dan soundtrack resmi dalam format OGG yang dibuat memungkinkan untuk dimainkan dalam game, menjadikannya satu-satunya rilis digital yang menyertakan musik.

Gim ini juga telah disertakan dalam kompilasi resmi berikut:

  • Quake II: Quad Damage – berisi Quake II dan ketiga paket ekspansi resmi.[23]
  • Quake II: Colossus – kompilasi untuk Linux yang berisi Quake II dan kedua paket misi.[24]
  • Ultimate Quake – kompilasi termasuk trilogi Quake asli.[25]

Quake II RTX[sunting | sunting sumber]

Versi remaster dari gim ini, berjudul Quake II RTX diumumkan oleh Nvidia pada Maret 2019 [26] dan dirilis pada 6 Juni untuk Windows dan Linux di Steam . Versi remaster ini memerlukan Nvidia RTX atau GPU AMD Radeon RX 6000 series untuk memanfaatkan fungsionalitas ray-tracing perangkat keras kartu ini, tetapi penggantian perangkat lunak tersedia untuk kartu grafis yang cukup cepat. [27] [28] Gim ini, disediakan secara gratis, mencakup tiga level yang ada dalam demo Quake II asli, tetapi dapat digunakan untuk memainkan gim penuh jika file datanya tersedia. Tidak seperti di kebanyakan game, ray tracing digunakan secara luas di sini untuk pencahayaan, pantulan, dll. Ini hanya mungkin karena permintaan perangkat keras Quake II yang rendah.

Ekspansi[sunting | sunting sumber]

Paket Misi Quake II: The Reckoning[sunting | sunting sumber]

Paket Misi Quake II: The Reckoning adalah paket ekspansi resmi pertama, dirilis pada 30 Mei 1998. Ini dikembangkan oleh Xatrix Entertainment . [29] Pertama kali diumumkan pada bulan Januari 1998, [30] [29] ini menampilkan delapan belas level pemain tunggal baru, enam level deathmatch baru, tiga senjata baru (Ion Ripper, Phalanx Particle Cannon, dan Trap), power-up baru, dua musuh baru, tujuh versi modifikasi dari musuh yang ada, dan lima trek musik baru. Alur cerita mengikuti Joker, seorang anggota pasukan elit marinir dalam misi untuk menyusup ke markas Strogg di salah satu bulan Stroggos dan menghancurkan armada Strogg, yang bersiap untuk menyerang. Kecelakaan Joker mendarat di rawa-rawa di luar kompleks tempat pasukannya menunggu. Dia melakukan perjalanan melalui rawa-rawa dan melewati pertahanan luar senyawa dan masuk melalui gerbang utama, menemukan pasukannya tepat pada waktunya untuk menyaksikan mereka dieksekusi oleh pasukan Strogg. Selanjutnya, Joker melarikan diri sendiri ke kilang bahan bakar di mana ia membantu Angkatan Udara menghancurkan semua produksi bahan bakar, kemudian menyusup ke pelabuhan antariksa Strogg, menaiki kapal kargo dan mencapai Pangkalan Bulan, menghancurkannya dan armada Strogg. Khususnya, bagian dari permainan yang berlangsung di Pangkalan Bulan memiliki gravitasi rendah, sesuatu yang sebelumnya digunakan pada satu tingkat rahasia dari Quake asli.

The Reckoning menerima tinjauan yang beragam. Ini memegang 69,50% dari Gamerankings dan GameSpot dengan skor 7,4/10. [31] [32]

Paket Misi Quake II: Ground Zero[sunting | sunting sumber]

Paket Misi Quake II: Ground Zero adalah paket ekspansi resmi kedua, dirilis pada 11 September 1998. [33] Ini dikembangkan oleh Rogue Entertainment . [34] Muncul dengan empat belas level pemain tunggal baru, sepuluh peta multipemain baru, lima trek musik tambahan, lima musuh baru, tujuh peningkatan kekuatan baru, dan lima senjata baru. [35] [36] [37] Dalam cerita ekspansi, Sumur Gravitasi telah menjebak Armada Bumi di orbit di atas planet Stroggos. Salah satu marinir yang berhasil mendarat, Stepchild, sekarang harus pergi ke Sumur Gravitasi untuk menghancurkannya dan membebaskan armada di atas dan melumpuhkan seluruh pertahanan planet ini.

Ground Zero menerima ulasan rata-rata hingga beragam. Ini memegang 65,40% dari Gamerankings . [38] [39] Patrick Baggatta dari IGN memberikan ekspansi 7.5/10, menggambarkannya mirip dengan aslinya, tetapi terkadang memperhatikan desain peta yang membingungkan. [40] Elliott Chin dari GameSpot memberikan game ini 7.9/10, dengan alasan layak untuk ekspansi dan memuji monster dan AI yang ditingkatkan. [41] Johnny B. dari Game Revolution menilai ekspansi D+, dengan alasan desain level yang buruk dan beberapa tambahan pada game aslinya, dan mencatat gameplay power-up multipemain sebagai satu-satunya fitur yang menyenangkan. [42]

Quake II Netpack I: Ekstremitas[sunting | sunting sumber]

Quake II Netpack I: Extremities berisi, antara lain, 11 mod game dan 12 peta deathmatch. [43]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Penjualan[sunting | sunting sumber]

Quake II memasuki peringkat penjualan game komputer bulanan PC Data di #2 untuk Desember 1997, di belakang Riven . [44] Penjualan game di Amerika Serikat saja mencapai 240.913 eksemplar pada akhir tahun 1997, [45] setelah dirilis pada tanggal 9 Desember.[butuh rujukan] Menurut Data PC, itu adalah permainan komputer terlaris ke-22 di negara itu tahun 1997. [45] Tahun berikutnya, Quake II mengamankan tempat kelima di tangga lagu PC Data untuk Januari dan Februari 1998, [46] [47] kemudian turun ke #8 di bulan Maret dan #9 di bulan April. [47] [48] Itu tetap di 20 teratas Data PC selama dua bulan, [49] sebelum keluar pada Juli 1998. [50] Quake II melampaui 850.000 unit yang dikirim ke pengecer pada Mei 1998, [51] dan 900.000 pada Juni. [52]

Menurut Data PC, Quake II adalah game komputer terlaris ke-14 di Amerika Serikat selama periode Januari–November 1998. [53] Itu akhirnya mengamankan tempat ke-15 untuk setahun penuh, dengan penjualan 279.536 eksemplar dan pendapatan $ 12,6 juta. [54] GameDaily melaporkan pada Januari 1999 ' penjualan Quake II di Amerika Serikat telah mencapai 550.000 unit; [55] jumlah ini naik menjadi 610.000 unit pada bulan Desember tahun itu. [56] Di seluruh dunia, Quake II terjual lebih dari 1 juta kopi pada tahun 2002. [57]

Ulasan kritis[sunting | sunting sumber]

Penerimaan
Nilai agregat
AgregatorNilai
GameRankings87% (PC)[58]
81% (N64)[59]
80% (PS)[60]
Nilai ulasan
PublikasiNilai
AllGame4/5 stars (PC)[61]
CVG3/5 stars (PC)[62]
GameFan248/300 (N64)[63]
GameSpot9.0/10 (PC)[64]
Next Generation4/5 stars (PC, N64)[65][66]
PC PowerPlay94%[69]
Macworld4/5 stars[67]
The Sydney Morning Herald4.5/5[68]

Quake II menerima ulasan yang umumnya positif di semua platform.

Next Generation meninjau versi PC dari game tersebut dan menyatakan bahwa "secara keseluruhan, id harus dipuji atas kemajuan teknologinya dan peningkatan dalam desain level pemain tunggalnya, tetapi terserah kepada perancang mod untuk menyediakan yang diperlukan tambahan pada game multipemain untuk membuatnya menonjol dari Quake ." [65] GamePro mengatakan bahwa game itu "menghidupi hype-nya yang sangat tinggi." Memuji levelnya yang saling berhubungan, senjata baru, desain musuh, soundtrack, dan kemampuan untuk bermain sebagai karakter wanita dalam mode multipemain (yang mereka sebut "anggukan terlambat untuk jumlah QuakeGrrls yang terus bertambah"), mereka memberikannya nilai sempurna 5.0 dari 5 di keempat kategori (grafik, suara, kontrol, dan funfactor).

Di situs web ulasan agregat GameRankings, versi PC memegang 87%, Nintendo 64 versi 81%, dan versi PlayStation 80%. Editor AllGame Michael L. House menyatakan, "keindahan Quake II bukan pada game single-player, melainkan pada fitur multi-player." Editor GameSpot Vince Broady menggambarkan Quake II sebagai "satu-satunya penembak orang pertama yang membuat Quake asli sepenuhnya usang."

Daniel Erickson mengulas versi game N64 untuk Next Generation, dan menyatakan bahwa "penembak orang pertama yang bagus dengan mode multipemain yang hebat; GoldenEye bukan lagi satu-satunya game di kota ini".[66]

Quake II memenangkan penghargaan "Best Shoot-'Em-Up" Macworld ' 1999, dan Christopher Breen dari majalah menulis: "Baik dalam mode single-player atau multiplayer, untuk kepuasan carnage-through-corridor-carnage, Quake II adalah suatu keharusan -memiliki." Itu juga memenangkan penghargaan "Action Game of the Year ' tahun 1997 dari Computer Gaming World . Para editor menulis bahwa "untuk aksi yang memompa adrenalin, mendalam, dan langsung memuaskan, Quake II adalah pemenangnya. Tidak ada permainan yang membuat kami terburu-buru seperti yang dilakukan Quake II ".

Pada tahun 1998, PC Gamer mendeklarasikannya sebagai game komputer terbaik ke-3 yang pernah dirilis, dan editor menyebutnya "id's gun-happy masterpiece adalah penembak paling sensasional dan halus yang pernah ada, dan salah satu game terbaik dari jenis apa pun yang pernah dibuat".[70]

Pada tahun 1999, Generasi Berikutnya mendaftarkan Quake 2 sebagai nomor 5 di "50 Game Teratas Sepanjang Masa" mereka, dengan berkomentar bahwa, " Gempa 2 adalah standar untuk pemotretan multipemain, dan kami belum melihat "Pembunuh gempa " yang dapat mempertahankan kami dari kembali ke multiplayer Quake selama lebih dari satu bulan atau lebih".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fragmaster. "An Interview with id Software's John Cash". quakewiki.net. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  2. ^ Perry, Douglass. "THE REAL QUAKE II INTERVIEW". IGN.com. IGN.com. Diakses tanggal 10 February 2018. 
  3. ^ "blue's Quake Rag - Nov. 29-Dec. 5, 1997 News". Blue's News. December 1997. Diakses tanggal October 2, 2019. 
    Quake II in the UK December 12: "id CEO Todd Hollenshead updated his .plan to announce that the expected shelf date for Quake II in the UK is December 12."
  4. ^ "MacQuake II Available". Blue's News. July 1, 1999. Diakses tanggal October 3, 2019. 
  5. ^ Lien, Tracey (2012-12-07). "Quake 2 turns 15-years-old today". Polygon. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  6. ^ Retro Gamer (2016). "20 Years of Quake". Retro Gamer (154): 18, 27. 
  7. ^ "Wizards of Id". The Sydney Morning Herald. December 13, 1997. hlm. 193. Diakses tanggal August 17, 2021. 
  8. ^ Lee, Helen (May 30, 1997). "Activision Gets Quake II". GameSpot. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 19, 1998. Diakses tanggal July 25, 2022. 
  9. ^ Thompson, Pete. "Quake II Engine Source for LCC Compiler". Diarsipkan dari versi asli tanggal October 14, 2012. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  10. ^ R1CH. "List of vulnerabilities in Quake II 3.20 (Server)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-10-03. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  11. ^ knightmare (2012-07-19). "Quake2 3.24 Unofficial Patch: Released!". The Quake2 Café. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  12. ^ "Vertigo: Quake II .NET". Vertigo Software, Inc. July 2003. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 17, 2008. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  13. ^ Ramsdale, Chris (2010-04-01). "Look ma, no plugin!". Google Web Toolkit. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  14. ^ Perry, Douglass (1998-11-25). "Exclusive Quake II Interview". IGN. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  15. ^ Perry, Douglass (1998-12-30). "The Real Quake II Interview". IGN. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  16. ^ Perry, Douglass (1998-12-30). "The Real Quake II Interview". IGN. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  17. ^ Perry, Douglass (1998-11-25). "Exclusive Quake II Interview". IGN. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  18. ^ Linneman, John (2015-02-15). "Quake 2 on Xbox 360: the first console HD remaster". Eurogamer. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  19. ^ Kondrak, Krzysztof (December 20, 2018). "Quake 2 Gets A Vulkan Renderer 21 Years After Release - Phoronix". phoronix.com. Diakses tanggal 2018-12-20. 
  20. ^ "vkQuake2 on GitHub". GitHub. December 5, 2019. 
  21. ^ Quirk, Simon (August 19, 1999). "Action Quake Review". PC Gaming World. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 5, 2000. 
  22. ^ "The Unofficial Quake II FAQ". 1998-10-10. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-04-12. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  23. ^ "Quake II: Quad Damage". MobyGames. 1999. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  24. ^ "Quake II: Colossus". MobyGames. 1999. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  25. ^ "Ultimate Quake". MobyGames. 2001-09-25. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  26. ^ "Quake II RTX: Re-Engineering a Classic with Ray Tracing Effects on Vulkan". NVIDIA. 
  27. ^ Burnes, Andrew (May 27, 2019). "Quake II RTX Available On Windows and Linux June 6th". Nvidia. Diakses tanggal June 6, 2019. 
  28. ^ McWhertor, Michael (May 27, 2019). "Quake 2 with ray-tracing support coming June 6, for free". Polygon. Diakses tanggal June 6, 2019. 
  29. ^ a b Saltzman, Marc (January 13, 1998). "Quake II Mission Pack Revealed". gamecenter.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 21, 1998. Diakses tanggal July 13, 2019. 
  30. ^ Mullen, Micheal (January 12, 1998). "Activision Announces Quake II Mission Pack". GameSpot. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 31, 2000. Diakses tanggal August 30, 2022. 
  31. ^ "Video Game Reviews, Articles, Trailers and more - Metacritic". 
  32. ^ "Quake II Mission Pack: The Reckoning". 
  33. ^ "Quake II Mission Pack: Ground Zero for Windows (1998)". 
  34. ^ "Quake II Mission Pack: Ground Zero". GameSpot. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  35. ^ Baggatta, Patrick (1998-10-19). "Quake II: Ground Zero". IGN. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  36. ^ Chin, Elliott (1998-09-30). "Quake II Mission Pack: Ground Zero Review". GameSpot. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  37. ^ Johnny B. (1998-09-01). ""It's Christmas at Ground Zero" Review". Game Revolution. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  38. ^ "Video Game Reviews, Articles, Trailers and more - Metacritic". 
  39. ^ "Quake II Mission Pack: Ground Zero". 
  40. ^ Baggatta, Patrick (1998-10-19). "Quake II: Ground Zero". IGN. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  41. ^ Chin, Elliott (1998-09-30). "Quake II Mission Pack: Ground Zero Review". GameSpot. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  42. ^ Johnny B. (1998-09-01). ""It's Christmas at Ground Zero" Review". Game Revolution. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  43. ^ Sluggo (1998-12-13). "The Unofficial Quake II: Extremities FAQ". quakewiki.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 15, 2017. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  44. ^ Ocampo, Jason (January 20, 1998). "December's hottest games". Computer Games Strategy Plus. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 2, 2005. 
  45. ^ a b Staff (April 1998). "The Best-Selling Games of 1997". PC Gamer US. 5 (4): 44. 
  46. ^ Computer Gaming World.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  47. ^ a b Ocampo, Jason (April 21, 1998). "Do the PC Data figures prove lower is better?". Computer Games Strategy Plus. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 6, 2005. 
  48. ^ Ocampo, Jason (May 13, 1998). "The top selling games of April, according to PC Data". Computer Games Strategy Plus. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 8, 2005. 
  49. ^ Ocampo, Jason (July 21, 1998). "StarCraft scores a hat trick with its third month at No. 1". Computer Games Strategy Plus. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 2, 2005. 
  50. ^ Ocampo, Jason (August 18, 1998). "SWAT 2 debuts at No. 5". Computer Games Strategy Plus. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 6, 2005. 
  51. ^ Billboard. Vol. 110.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  52. ^ Ocampo, Jason (June 26, 1998). "Activision notes more than 900,000 copies of PC version have shipped". Computer Games Strategy Plus. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 15, 2005. 
  53. ^ IGN Staff (January 4, 1999). "Best Selling Games of 1998". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 1, 2000. Diakses tanggal May 13, 2020. 
  54. ^ Staff (April 1999). "The Numbers Game". PC Gamer US. 6 (4): 50. 
  55. ^ Staff (January 1999). "GameDAILY Interviews ION Storm's John Romero". GameDaily. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 25, 2001. Diakses tanggal May 13, 2020. 
  56. ^ Ajami, Amer (December 13, 1999). "Quake III Sales Through the Roof". GameSpot. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 4, 2000. 
  57. ^ "id Software Background". id Software. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 11, 2002. 
  58. ^ "Quake II for PC". GameRankings. CBS Interactive. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  59. ^ "Quake II for Nintendo 64". GameRankings. CBS Interactive. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  60. ^ "Quake II for PlayStation". GameRankings. CBS Interactive. Diakses tanggal 2017-11-15. 
  61. ^ House, Michael L. "Quake II Review". AllGame. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-11. 
  62. ^ Lomas, Ev (August 1998). "Quake 2: The Reckoning". Computer and Video Games. No. 201. hlm. 63. 
  63. ^ GameFan, volume 7, issue 7 (July 1999), pages 12 & 66–67
  64. ^ Broady, Vince. "Quake II Review". GameSpot. Diakses tanggal May 19, 2017. 
  65. ^ a b "Finals". Next Generation. No. 39. Imagine Media. March 1998. hlm. 118. 
  66. ^ a b Erickson, Daniel (October 1999). "Finals". Next Generation. Vol. 2 no. 2. Imagine Media. hlm. 108–109. 
  67. ^ Breen, Christopher (December 1999). "1999 Macworld Game Hall Of Fame". Macworld. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 11, 2001. 
  68. ^ Clarke, Stuart (October 23, 1999). "Quake makes the break". Smh.com.au. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 2, 2000. Diakses tanggal March 27, 2022. 
  69. ^ Sharpe, Peter (February 1998). "Quake II". PC PowerPlay (21): 56–59. 
  70. ^ The PC Gamer Editors (October 1998). "The 50 Best Games Ever". PC Gamer US. 5: 86, 87, 89, 90, 92, 98, 101, 102, 109, 110, 113, 114, 117, 118, 125, 126, 129, 130.