Kartu grafis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kartu grafis

Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Seringkali, ini dipromosikan sebagai kartu grafis dedikasi atau terpisah, menekankan perbedaan antara ini dan grafis terintegrasi. Pada intinya keduanya adalah unit pemrosesan grafis (GPU), yang merupakan bagian utama yang melakukan perhitungan yang sebenarnya, tetapi tidak boleh bingungkan dengan kartu video secara keseluruhan, meskipun "GPU" sering digunakan untuk merujuk ke kartu video . Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar.

Sebagian besar kartu video tidak terbatas pada output visual sederhana. Video card yang berdedikasi ini sanggup melakukan pemrosesan tambahan. Sebagai contoh, Nvidia dan AMD (sebelumnya ATI) menghasilkan kartu-kartu yang membuat pipeline grafis OpenGL[1] dan DirectX[2] pada level perangkat keras. Pada 2010-an selanjutnya, ada juga kecenderungan untuk menggunakan kemampuan komputasi prosesor grafis untuk menyelesaikan tugas-tugas non-grafis.

Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah AMD, dan NVIDIA. Hardware ini dianggap penting dan krusial bagi komputer generasi terbaru karena Integrated Graphics yang mereka miliki masih kurang kuat untuk menahan grafis 3 dimensi dengan performa yang lancar. Video Card sangat cocok bagi para desainer, gamer, Teknisi, dan para penghobi PC.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "OpenGL Overview". www.opengl.org. Diakses tanggal 2019-11-24. 
  2. ^ Klein, Matt. "What is Direct X 12 and Why is it Important?". How-To Geek (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-24.