Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pizzeria Simulator)
Freddy Fazbear's
Pizzeria Simulator
Header etelase Steam
PublikasiWindows
4 Desember 2017
Android, iOS
13 Agustus 2019
Nintendo Switch, Xbox One
31 Oktober 2020
PlayStation 4
31 Maret 2021
GenreHoror kesintasan, point-and-click, Simulasi bisnis
KarakterMichael Afton, Lefty, Elizabeth Afton / Circus Baby, Ennard, William Afton dan Henry Emily
Latar tempatFive Nights at Freddy's universe
Bahasa
Daftar
Karakteristik teknis
Sistem operasiAndroid dan iOS
PlatformWindows, Android, iOS, Nintendo Switch dan PlayStation 4
MesinClickteam Fusion 2.5
ModePermainan video pemain tunggal
Formatdistribusi digital dan unduhan digital
Metode inputtetikus, papan tombol komputer dan layar sentuh
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangScott Cawthon[a]
PenyuntingScott Cawthon
KomponisLeon Riskin
PenerbitScott Cawthon[a]
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864330
USK
enllaç=d:Q14920392
Informasi tambahan
Situs webscottgames.com
MobyGamesfreddy-fazbears-pizzeria-simulator
Steam738060
IMDB: tt7714290
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
tanpa nilai
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator [b] adalah permainan video horor kesintasan simulasi bisnis tunjuk-dan-klik yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Scott Cawthon. Permainan ini gratis di Game Jolt untuk platform Windows. Dirilis pada tanggal 4 Desember 2017, di Steam dan Game Jolt, ini adalah angsuran utama keenam dari serial permainan video Five Nights at Freddy, permainan ketujuh secara keseluruhan, dan secara kronologis diatur setelah peristiwa permainan ketiga. Awalnya dipasarkan sebagai permainan simulasi di mana pemain mengelola restoran pizza waralaba mereka sendiri, game ini secara bertahap diturunkan untuk melanjutkan konsep pendahulunya untuk bertahan melawan karakter animatronik yang bermusuhan selama beberapa malam berturut-turut.

Permainan ini tidak mendapat banyak ulasan dari para kritikus, meskipun sebagian besar memujinya karena gameplay hibrid dan untuk menyelesaikan masalah terkait pengetahuan waralaba. Versi seluler untuk iOS dan Android berjudul FNaF 6: Pizzeria Simulator dirilis pada 13 Agustus 2019. Berbeda dengan versi PC, rilis seluler yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Clickteam LLC USA, adalah bayar untuk bermain. Nintendo Switch dan Xbox One port dirilis pada 31 Oktober 2020, dengan PlayStation 4 pelabuhan dirilis pada 31 Maret 2021. Pengaya yang direncanakan, Ultimate Custom Night, dirilis sebagai game mandiri pada 27 Juni 2018 sebagai sekuel game utama, Five Nights at Freddy’s: Help Wanted, dirilis pada 28 Mei 2019.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator dimulai sebagai permainan mini 8-bit yang di mana pemain harus mengendalikan Freddy Fazbear dan mendistribusikan pizza ke beberapa anak. Minigame ini akhirnya berakhir dengan kesalahan skrip.

Permainan kemudian beralih ke ruangan gelap di mana pemain menghadapi versi rusak dari Circus Baby animatronik dari Five Nights at Freddy's: Sister Location (sekarang dikenal sebagai "Scrap Baby"). Suara dari kaset mengajari pemain untuk mengamati animatronic dan mendokumentasikan tanggapan mereka terhadap berbagai simulasi audio. Daftar harus diisi dengan pilihan "tidak", "ya" dan "tidak yakin". Pada stimulasi audio ketiga, Scrap Baby berbicara kepada pemain, dengan permainan tiba-tiba melompat ke menu awal permainan.

Permainan kemudian berubah menjadi simulasi bisnis, yang di mana pemain membeli dekorasi untuk restoran fiksi mereka dan menempatkannya di sekitar restoran. Membeli barang-barang ini dapat meningkatkan atmosfer, standar kesehatan/keselamatan dan hiburan, dengan kemungkinan juga memberikan pendapatan tambahan. Namun, banyak dari barang-barang ini juga dapat meningkatkan risiko pertanggungjawaban dan menimbulkan tuntutan hukum yang dapat diperjuangkan atau diselesaikan, yang keduanya membutuhkan biaya. Tawaran sponsor dapat diterima untuk mendapatkan uang, tetapi dapat menyebabkan gangguan audio dan visual bagi pemain di kemudian hari. Permainan arcade yang ditempatkan di restoran juga dapat berinteraksi untuk memainkan minigame, meningkatkan "Faz-Points" mereka. Faz-Points adalah poin dalam game yang diperoleh setiap kali pemain memainkan minigame atau membeli item baru dan meletakkannya di restoran pizza. Untuk setiap 1000 poin yang bertambah, pemain mendapatkan $100. Beberapa minigame seperti, "Fruity Maze", "Midnight Motorist", dan "Security Puppet" memiliki kisahnya sendiri di dalam game utama yang semuanya terhubung dengan salah satu pendiri Fazbear Entertainment dan tokoh antagonis dalam serial ini, William Afton.

Bagian selanjutnya dari permainan ini adalah pemain menggunakan komputer untuk menyelesaikan berbagai tugas untuk memelihara restoran. Namun, setiap animatronik yang berkeliaran di restoran akan mencoba menyerang pemain. Mereka dapat dihentikan dengan menyorotkan senter pemain ke lubang ventilasi atau dengan menggunakan audio untuk memancing animatronik. Pemain dapat menggunakan jaringan detektor gerakan untuk melacak pergerakan animatronik dari satu lokasi ke lokasi lain. Pemain juga dapat menggunakan ventilasi senyap untuk mengurangi kebisingan, tetapi hanya salah satu sistem dari detektor gerakan, pemikat audio dan ventilasi senyap yang dapat digunakan. Tidak seperti game sebelumnya dalam seri ini, keempat animatronik dalam game ini (Scrap Baby, Molten Freddy, Scraptrap, dan Lefty) memiliki perilaku yang sama dan tidak memiliki mekanisme yang berbeda. Pemain dapat meng-upgrade peralatan kantor untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi tingkat kebisingan. Pemain juga dapat mematikan komputer untuk sementara waktu atau beralih ke sistem ventilasi sekunder yang bekerja lebih tenang, tetapi tidak seefektif dalam mengontrol suhu lingkungan. Setiap sponsor yang diterima akan menyebabkan iklan yang keras diputar secara acak di komputer, menarik animatronik dan membuat pemain tidak dapat mendengarnya atau melakukan apa pun selama beberapa detik, hingga iklan dilewati. Bagian ini berakhir ketika tugas harian selesai dan komputer dimatikan.

Setelah menyelesaikan manajemen, pemain akan diarahkan ke segmen penyelamatan, di mana animatronik akan disajikan dalam pengaturan yang sama dengan Scrap Baby. Setiap hari, salah satu dari empat animatronik akan ditawarkan untuk diselamatkan dengan harga masing-masing. Sama seperti pengaturan sebelumnya, pemain harus mencentang daftar centang. Tidak seperti pengaturan sebelumnya, animatronik hanya bergerak ketika pemain melihat ke bawah pada daftar periksa. Jika pemain merasa animatronik tersebut akan menakut-nakuti mereka, mereka dapat menundukkannya dengan menggunakan penyetrum. Namun, animatronik akan kehilangan nilainya jika disetrum lebih dari tiga kali, sehingga mengurangi jumlah keuntungan yang dapat diperoleh darinya. Jika pemain berhasil dalam bagian permainan ini, mereka mendapatkan hadiah uang tunai. Jika tidak berhasil, tidak ada hadiah uang tunai yang akan diperoleh. Terlepas dari keberhasilannya, animatronik akan segera berfungsi sebagai ancaman di bagian manajemen. Di sisi lain, pemain dapat menolak untuk menyelamatkan animatronik dan membuangnya, yang mengarah ke akhir cerita alternatif. Jika animatronik telah masuk melalui item yang ditandai sebelum segmen penyelamatannya, maka potongan akan muncul, dengan satu-satunya pilihan adalah membuangnya.

Untuk menyelesaikan permainan, pemain harus bertahan hidup selama enam hari enam malam. Beberapa akhir cerita yang berbeda mungkin terjadi, tergantung pada faktor-faktor seperti tingkat perbaikan yang dilakukan pada restoran pizza, jumlah tuntutan hukum yang diajukan terhadap restoran pizza oleh pelanggan, dan apakah pemain menyelamatkan setiap animatronik atau tidak, di antara kondisi lainnya.

Alur permainan[sunting | sunting sumber]

Karakter pemain adalah franchisor baru dari Fazbear Entertainment Inc., yang bermarkas kembali, dengan kantor pusat di Washington County, Utah. Setelah berinvestasi di restoran, pemain tersisa dengan $100 untuk membelanjakan tempat baru mereka. Setelah malam pertama, mereka didorong untuk mempersiapkan diri untuk "uji terakhir" mereka, yang merupakan pesta besar pada hari Sabtu. Di bawah bimbingan "Tutorial Unit", kecerdasan buatan restoran, pemain berinvestasi dalam berbagai rekvis, animatronik, dan sponsor untuk menambah dan mendanai restoran.

Selain menjalankan restoran, pemain, di bawah kewajiban "Paragraf 4", juga harus memeriksa pemeliharaan pada akhir setiap hari dengan empat animatronik yang dimiliki dan rusak: Scrap Baby, yang merupakan Circus Baby yang dibangun kembali dari sisa-sisa setelah dikeluarkan dari Ennard setelah peristiwa permainan sebelumnya; Molten Freddy, sisa-sisa Ennard dengan Funtime Freddy sebagai kepala utamanya; Lefty, seekor beruang hitam misterius animatronic; dan Springtrap (disingkat "Scraptrap"), kostum Spring Bonnie yang sudah habis yang berisi tubuh jenazah pembunuh berantai dan co-pendiri Fazbear William Afton, yang selamat dari kehancuran Fazbear's Fright. Pemain dapat menyelesaikan pemeliharaan di bawah bimbingan misterius "Cassette Man" sebelum menyelamatkan animatronik, atau melemparkannya kembali ke luar, kecuali mereka telah menyelinap ke pizza melalui objek diskon yang sebelumnya dibeli. Pemain dibiarkan bertahan setiap malam saat animatronik yang diselamatkan mencoba membunuh mereka.

Akhiran[sunting | sunting sumber]

Total ada tujuh akhiran yang tersedia untuk game ini, dengan semua kecuali satu yang memberi pemain sertifikat di layar judul.

  • Jika pemain telah berinvestasi di restoran tetapi tidak memiliki keempat animatronik yang dapat diselamatkan di restorannya pada hari Sabtu, mereka akan dipecat dari pekerjaan oleh Cassette Man. Ini adalah satu-satunya akhiran yang tidak mendapatkan pemain sertifikat.
  • Mediocrity - Jika pemain tidak mendapatkan Faz-Point pada hari Sabtu, dicapai dengan tidak menempatkan item, tidak meningkatkan lantai pizza, dan tidak bermain permainan mini, mereka akan dipecat dan ditegur oleh Unit Tutorial karena kemalasannya. Hal ini menghasilkan pemain memiliki "Certificate of Mediocrity".
  • Insanity - Jika pemain membeli arsip data Egg Baby, mereka dapat menemukan cetakan di komputer mereka dan file audio yang direkam oleh Cassette Man, yang diduga menjadi Henry Emily, pendiri kedua Fazbear Entertainment. Dia menyesali tindakan Afton dan kepuasan dirinya sendiri dalam mereka, sebelum mendiskusikan rencananya untuk membebaskan semua jiwa hilang yang terperangkap dalam animatronik.[c] Untuk menutupi penemuan mereka, pemain kemudian dianggap gila oleh Unit Tutorial dan dipecat. Hal ini menghasilkan pemain memiliki "Certificate of Insanity".
  • Blacklist - Jika restoran pemain memiliki risiko tanggung jawab 50 atau lebih pada hari Sabtu, mereka akan ditegur oleh Unit Tutorial karena ketidaktahuan mereka dan dipecat. Ini memberi pemain sertifikat "You Have Been Blacklisted".
  • Bankrupt - Jika pemain berakhir dalam utang saat bertarung atau menyelesaikan gugatan, mereka akan dipecat oleh Unit Tutorial karena menjadi "tujuan hilang". Hal ini menghasilkan pemain "Certificate of Bankruptcy".
  • Completion - Jika pemain telah menyelamatkan semua animatronik dan mencapai malam terakhir, Scrap Baby memberitahu pemain bahwa mereka telah ditipu untuk memberinya "hadiah" dengan mengumpulkan semua jiwa di satu tempat dan bahwa dia akan membuat ayahnya (William) bangga. Namun, Henry memotong perkataan dia dan mengungkapkan bahwa ia telah membangun restoran untuk menjebak semua animatronik di dalamnya. Dia kemudian mulai membakarnya untuk mengakhiri warisan pembunuh Afton dan Freddy Fazbear's Pizza, dan untuk membebaskan roh-roh di dalam animatronik, termasuk putri William Elizabeth di dalam Scrap Baby, putrinya sendiri Charlie di dalam Boneka (dari Five Nights at Freddy's 2) yang ditangkap oleh Lefty, dan roh-roh korban lainnya Afton di dalam Molten Freddy. Setelah mengejek "teman lama"nya Afton, Henry tetap di gedung terbakar untuk mati bersama animatronik. Dia juga mengakui bahwa pemain juga telah memutuskan untuk tinggal dan mati di api, yang berarti bahwa karakter pemain adalah putra William dan kakak Elizabeth Michael (protagonis dari Sister Location). Setelah mencapai akhir ini, pemain disambut oleh Unit Tutorial untuk menyelesaikan minggu kerja dan diberitahu bahwa Fazbear tidak akan lagi menjadi entitas perusahaan. Hal ini memberi pemain "Certificate of Completion".
    • Lorekeeper - Jika pemain telah menemukan akhir rahasia dalam "Fruity Maze", "Midnight Motorist", dan "Security Puppet" mini game, ilustrasi dari kuburan damai akan muncul di akhir permainan, yang memiliki enam batu pengker dengan nama-nama anak-anak yang menjadi korban Afton. Setiap permainan dimana ketiga akhir permainan rahasia akan mendapatkan pemain sertifikat "You Are the Lorekeeper".

Pengembangan dan perilisan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juni 2017, Cawthon mengisyaratkan pengembangan game utama keenam dalam seri ini, dengan teaser di scottgames.com[1] yang menunjukkan gambar yang tampak seperti Circus Baby dari Five Nights at Freddy's: Sister Location, tetapi kemudian mengumumkannya keputusan untuk membatalkan permainan dan sebagai gantinya mengembangkan angsuran terpisah yang mirip dengan FNaF World seperti "taipan restoran pizza".[2] Teaser untuk game baru mulai muncul di situs Cawthon pada akhir tahun 2017. Pada tanggal 4 Desember 2017, Cawthon merilis Simulator Pizzeria Freddy Fazbear di Steam sebagai freeware, yang oleh penggemar dianggap sebagai game yang dia rujuk sebelumnya.[3][4] Pada bulan Februari 2018, Scott Cawthon mengumumkan bahwa dia akan mengembangkan pembaruan untuk game tersebut yang akan menampilkan lebih dari lima puluh animatronik: ini kemudian menjadi game terpisah bernama Ultimate Custom Night (2018).[5]

Pada 13 Agustus 2019, port iOS dan Android berbayar diterbitkan oleh Clickteam dengan judul FNaF 6: Pizzeria Simulator .[6] Clickteam kemudian merilis port untuk Nintendo Switch, Xbox One dan PlayStation 4.[7]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator tidak menerima banyak ulasan dari para kritikus.[8] TouchArcade memberikan permainan tiga setengah bintang dan memuji gameplay hibrida sebagai "menikmati rumus FNAF dengan beberapa elemen tambahan", bertentangan dengan sekuel sebelumnya, yang dianggap "tidak terinspirasi".[9] Sementara memuji kemampuan Pizzeria Simulator untuk menimbulkan ketakutan dan ketegangan, Rock Paper Shotgun mengatakan bahwa rilis gratisnya dibenarkan karena "tidak menunjukkan kualitas atau panjangnya [...] tetapi itu berarti bahwa Cawthon dapat lolos dari mengelabui pemain" dengan menggambarkan permainan sebagai spin-off raksasa pizza.[10] IGN memasukkan game ini ke dalam daftar "18 Game Horror Terbaik 2017".[11] CD-Action Polandia menggambarkan permainan sebagai "pemerintah yang lemah tetapi FNAF yang cukup layak".

CBR dan 'GameCrate' mencatat "kekuasaan mendalam": GameCrate menggambarkan permainan sebagai "harus dimainkan" mutlak bagi penggemar karena mengikat "semua ujung longgar" dalam cerita seri, tetapi mencatat bahwa pengetahuan hanya dapat diakses dengan risiko peningkatan kesulitan. Mereka juga memuji permainan sebagai "sebenarnya menyenangkan" dan mengamati bagaimana segmen sebelumnya mempengaruhi kesulitan permainan horor kesintasan setiap malam.[8][12]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Clickteam LLC USA developed and published the mobile versions, titled FNaF 6: Pizzeria Simulator.
  2. ^ The game is referred to as Five Nights at Freddy's 6 within the final title cards.
  3. ^ Henry was originally introduced as a character in the non-canon novel, Five Nights at Freddy's: The Silver Eyes.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "scottgames.com". 
  2. ^ "Five Nights at Freddy's 6 Announced, Then Cancelled by Creator". Shacknews. 3 Juli 2017. Diakses tanggal 18 Desember 2017. 
  3. ^ McWhertor, Michael (December 4, 2017). "Surprise Five Nights at Freddy's spinoff hits Steam — and it's free". Polygon. Diakses tanggal December 18, 2017. 
  4. ^ "Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator is out now". PC Gamer. Diakses tanggal December 18, 2017. 
  5. ^ Groux, Christopher (February 21, 2018). "Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator Update Adds Custom Night To FNaF 6". Player.One. Diakses tanggal February 25, 2018. 
  6. ^ Nelson, Jared (August 13, 2019). "'Five Nights at Freddy's 6: Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator' Now Available on Mobile". TouchArcade. Diakses tanggal February 23, 2023. 
  7. ^ Romano, Sal (March 31, 2021). "Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator now available for PS4, Xbox One, and Switch". Gematsu. Diakses tanggal February 23, 2022. 
  8. ^ a b Magee, Grace (March 7, 2022). "Five Nights At Freddy's: Every Game Ranked According to Metacritic". CBR. Diakses tanggal February 23, 2023. 
  9. ^ Lazarides, Tasos (December 5, 2017). "'Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator' Is 'FNAF 6' in Disguise". TouchArcade. Diakses tanggal February 23, 2023. 
  10. ^ Brown, Fraser (December 5, 2017). "Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator is free and not what it seems". Rock Paper Shotgun. Diakses tanggal December 18, 2017. 
  11. ^ "18 Best Horror Games of 2017". IGN. December 18, 2017. Diakses tanggal January 17, 2021. 
  12. ^ D'Argenio, Angelo M. (December 7, 2017). "Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator is a must-play game for Five Nights At Freddy's Fans". GameCrate. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 9, 2021. Diakses tanggal March 21, 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]