Perdagangan Romawi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah fresko Romawi dari Pompeii, tertanggal abad ke-1 Masehi, menggambarkan seorang Maenad mengenakan busana sutra, Museum Arkeologi Nasional Napoli; sutra datang dari dinasti Han Tiongkok sepanjang Jalur Sutra, sebuah komoditas dagang bernilai di dunia Romawi, sementara perangkat kaca Romawi dibawa ke Tiongkok Han melalui darat dan laut.[1]

Perdagangan Kekaisaran Romawi adalah sebuah sektor utama dari ekonomi Romawi pada awal zaman Republik dan sepanjang sebagian besar periode kekaisaran. Mode dan tren dalam historiografi dan budaya populer menunjukkan dasar ekonomi dalam hal lingua franca Latin dan pengeksploitasian legiun-legiun Romawi. Bahasa dan legiun didukung oleh perdagangan sementara pada saat yang sama menjadi bagian dari timbal baliknya. Bangsa Romawi adalah pengusaha dan berumur panjang karena perdagangan komersial mereka.

Meskipun dalam teori para anggota Senat Romawi dan putra-putra mereka terbatas saat melakukan perdagangan,[2] para anggota ordo Equestrian terlibat dalam bisnis, disamping nilai-nilai kelas atas memberikan mereka kesempatan militer dan kegiatan waktu luang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ An, Jiayao. (2002), "When Glass Was Treasured in China," in Annette L. Juliano and Judith A. Lerner (eds), Silk Road Studies VII: Nomads, Traders, and Holy Men Along China's Silk Road, 79–94, Turnhout: Brepols Publishers, ISBN 2503521789, pp 83-84.
  2. ^ Livy, The History of Rome 21.63

Pranala luar[sunting | sunting sumber]