Liktor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Koin emas dari daerah Dacia, dibuat oleh Coson, dengan gambar seorang Konsul dan dua orang Liktor.

Liktor (bahasa Inggris: Lictor, kemungkinan berasal dari kata pada bahasa Latin: Ligare; arti: yang mengikat) adalah istilah pangkat pegawai dalam masa Romawi yang merupakan pengawal bagi raja yang memegang tahta/ imperium. Liktor dipekerjakan sejak zaman Kerajaan Romawi, dan menurut sejarawan Romawi Titus Livius atau Livy, kebiasaan tersebut mungkin sudah ada sejak zaman dahulu, pada masa peradaban Etruskan[1].

Asal[sunting | sunting sumber]

Sebuah fasces yang menjadi lambang dari seorang Liktor.

Menurut Livy, liktor diperkenalkan oleh raja pertama Roma, Romulus, yang menunjuk 12 orang sebagai perwakilan dirinya. Pernyataan Livy mengacu pada dua tradisi yang bersaing karena Romulus yang memilih jumlah liktor tersebut. Versi pertama adalah bahwa 12 adalah jumlah burung yang muncul di Augury, yang telah menunjuk agar tahta kerajaan diserahkan kepada Romulus. Versi kedua, yang disetujui oleh Livy, adalah bahwa jumlah liktor diadopsi dari metode raja Etruscan, yang memiliki satu liktor yang ditunjuk dari masing-masing 12 negara bagian mereka[2] .

Persyaratan[sunting | sunting sumber]

Awalnya, liktor dipilih dari pleb (pegawai rekrutan baru pemerintah), tapi menurut sebagian besar sejarah Romawi, pemilihannya bebas di kalangan masyarakat. Centurions dari legiun juga secara otomatis memenuhi syarat untuk menjadi pejuang saat pensiun dari tentara[3]. Bagaimanapun, mereka haruslah warga negara Romawi, karena mereka memakai togas ketika berada di Roma. Seorang liktor harus menjadi orang yang sangat kuat, mampu melakukan pekerjaan fisik. Para liktor menjadi pengecualian dari dinas militer, dan memperoleh gaji tetap (600 sester, pada masa awal Kekaisaran), dan diselenggarakan di sebuah perusahaan. Biasanya, mereka secara pribadi dipilih oleh raja yang seharusnya mereka layani, tapi mungkin juga mereka dipilih oleh masyarakat.

Liktor bekerjasama dengan Comitia Curiata dan, mungkin, pada awalnya dipilih dari setiap kuria, karena pada awalnya ada 30 kuria dan 30 liktor (24 untuk dua Konsul dan enam untuk Pretor utama masing-masing konsul).

Tugas[sunting | sunting sumber]

Romawi Kuno
Roman SPQR banner.svg

Artikel ini adalah bagian dari seri:
Politik dan pemerintahan
Romawi Kuno


Periode

Kerajaan Romawi
753 SM509 SM
Republik Romawi
508 SM27 SM
Kekaisaran Romawi
27 SM seterusnya
Principatus
Dominatus
Tetrarki

Konstitusi Romawi

Konstitusi Kerajaan Romawi
Konstitusi Republik Romawi
Konstitusi Kekaisaran Romawi
Konstitusi Kekaisaran Romawi terakhir
Sejarah konstitusi Romawi
Senat
Majelis legislatif
Hakim eksekutif

Hakim
Hakim luar biasa
Gelar dan Penghormatan
Kaisar
Hukum dan preseden

Negara lain · Atlas
 Portal politik

Tugas utama Liktor adalah hadir sebagai pengawal bagi raja yang memegang imperium. Mereka membawa batang berhias yang disebut fasces dan, di luar pomerium (wilayah teritorial kekuasaan), fasces dilengkapi dengan mata kapak yang melambangkan kekuatan seorang Liktor untuk melakukan hukuman mati. Liktor yang mendampingi Diktator memiliki kapak bahkan di dalam pomerium. Mereka mengikuti sang raja ke manapun ia pergi, termasuk Forum, rumah, kuil, dan bak mandi pribadinya. Liktor diatur dalam barisan terurut di depannya, dengan primus liktor (liktor utama) langsung di depannya, menunggu perintah. Jika ada kerumunan orang, para liktor membuka jalan dan menjaga keamanan tuan mereka, menyingkirkannya kecuali matrik Romawi, yang mendapat kehormatan khusus. Mereka juga harus berdiri di samping raja setiap kali ia berbicara kepada orang banyak. Magistrat hanya bisa memberi dispensasi kepada mereka jika mereka mengunjungi kota bebas atau menangani hakim dengan status yang lebih tinggi. Liktor juga memiliki tugas hukum dan pidana; mereka bisa, atas perintah tuan mereka, menangkap warga negara Romawi dan menghukum mereka. Seorang Vestal Virgin diberikan sebuah lakban oleh para Liktor saat kehadirannya dibutuhkan pada sebuah upacara publik.

Tingkatan imperium dari raja Romawi dilambangkan dengan jumlah liktor yang mendampinginya:

Terkadang, Liktor dianggap berasal dari warga negara yang datang pada acara-acara khusus, seperti pemakaman atau reuni politik, sebagai penghormatan terhadap kota.

Liktor kuriatus[sunting | sunting sumber]

Liktor kuriatus atau Liktor kuriati dalam bentuk jamak (Bahasa Latin: lictor curiatus (tunggal), lictor curiati (jamak)) adalah liktor khusus yang tidak membawa tongkat atau fasces dan tugas utamanya berkaitan dengan hal-hal yang bersifat religius. Ada sekitar 30 dari mereka, melayani perintah Pontifex Maximus, imam besar Roma. Mereka hadir pada saat pengorbanan dimana mereka membawa atau menggiring hewan kurban ke altar. Vestal Virgin, flamines (pastor), dan pendeta berpangkat tinggi lainnya berhak dikawal dan dilindungi oleh Liktor kuriati. Pada masa Kekaisaran, wanita dari keluarga kerajaan biasanya diikuti oleh dua jenis liktor ini. Tokoh-tokoh kuriatus juga bertanggung jawab untuk memanggil Comitia Curiata (Majelis Umum) dan untuk menjaga ketertiban selama prosedur yang diberikan[4].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Upenn: Kamus Istilah Yunani dan Romawi Kuno, Liktor
  2. ^ Livy. The History of Rome by Titus Livius: Books Nine to Twenty-Six, trans. D. Spillan and Cyrus Edmonds. York Street, Covent Garden, London: Henry G. Bohn, 1868. 1.8
  3. ^ The Legions of Rome, Stephen Dando-Collins, pp41, Quercus (December 2010)
  4. ^ Penelope Chicago: Tentang Liktor pada Masa Romawi (Bahasa Inggris)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]