Pengakuan internasional terhadap Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhansk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ukraina dari 2014 hingga 2022:
     Dikontrol oleh Republik Rakyat Donetsk
     Diklaim oleh Republik Rakyat Donetsk (yaitu, Oblast Donetsk)
     Dikontrol oleh Republik Rakyat Luhansk
     Diklaim oleh Republik Rakyat Luhansk (yaitu, Oblast Luhansk)
     Dianeksasi oleh Rusia (yaitu, Krimea)
Vladimir Putin menandatangani dekrit presiden yang mengakui DPR dan LPR dan perjanjian persahabatan, kerja sama dan saling membantu, 21 Februari 2022
Dekrit presiden No. 71 (kiri) dan No. 72 (kanan), mengakui kemerdekaan DPR dan LPR.

Dari April 2014 hingga September 2022, Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR) mengklaim menjadi negara merdeka. Kedaulatan mereka diakui oleh pemerintah Ossetia Selatan pada 2014, Rusia dan pemerintah Abkhazia pada Februari 2022,[1][2] Suriah pada Juni 2022[3][4] dan Korea Utara pada Juli 2022.[5]

Pemerintah pro-Rusia di dua daerah di Donbas, sebuah wilayah historis di Ukraina paling timur, awalnya mendeklarasikan kemerdekaan sebagai respons dari Revolusi Maidan pada 2014. Mereka didukung oleh Rusia, yang menyediakan persenjataan dan pendanaan untuk mereka, menyebabkan berlarut-larutnya Perang di Donbas. Kesepakatan Minsk bertujuan mencapai solusi untuk perang tersebut dan mempertahankan integritas teritorial Ukraina, tetapi hanya menghasilkan gencatan senjata.

Pada 24 Februari 2022, Rusia menginvasi Ukraina, hanya beberapa hari setelah mengakui DPR dan LPR, mengutip Ukraina tidak mematuhi Kesepakatan Minsk, beserta alasan-alasan lainnya. Pada 30 September 2022, Rusia secara resmi menganeksasi kedua wilayah berserta dua lainnya]]. Akibatnya, DPR dan LPR membatalkan klaim sebagai negara merdeka, dan kini menganggap dirinya sebagai bagian dari Rusia.

Perserikatan Bangsa-Bangsa dan sebagian besar komunitas internasional secara konsisten mengutuk klaim kemerdekaan DPR dan LPR di awal, tetap sama setelah aneksasi. Kedua peristiwa merupakan ilegal di bawah interpretasi arus utama terkait hukum internasional, yang menurut mereka teritori tersebut seharusnya milik Ukraina.

Peta situasi diplomatik internasional terkait republik rakyat Donetsk dan Luhansk.
  Pengakuan resmi terhadap republik rakyat Donetsk dan Luhansk
  Dukungan untuk pengakuan Rusia terhadap kemerdekaan republik
  Dukungan untuk integritas teritorial Ukraina, tetapi tidak mengutuk pengakuan Rusia
  Mengutuk pengakuan Rusia terhadap kemerdekaan

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Russia recognizes Ukraine separatist regions as independent states". BBC News. 21 February 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 February 2022. Diakses tanggal 21 February 2022. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :3
  3. ^ "Syrian Government Recognizes Pro-Russian LPR/DPR Ukrainian Separatist States". 29 June 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 July 2022. Diakses tanggal 29 June 2022. 
  4. ^ "Syria recognizes independence, sovereignty of Donetsk, Luhansk -state news agency". Reuters. 29 June 2022. 
  5. ^ "Ukraine cuts N Korea ties over recognition of separatist regions". Al Jazeera. 13 July 2022. Diakses tanggal 13 July 2022. 

Templat:Hubungan luar negeri Republik Rakyat Donetsk Templat:Hubungan luar negeri Republik Rakyat Luhansk Templat:Hubungan Rusia dengan Ukraina