Negara Federal Novorossiya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Negara Federal Novorossiya

  • Федеративное государство Новороссия (ru)

  • Федеративна держава Новоросія (uk)
Wilayah yang dikuasai Negara Federal Novorossiya (hijau tua) di Oblast Donetsk dan Luhansk(hijau muda)
Ibu kota Donetsk
Bahasa resmi Rusia, Ukraina[2]
Keanggotaan
Pemerintahan Konfederasi sementara
Konfederasi antara Donetsk dan Lugansk
 -  Dideklarasikan 24 Mei 2014 

Negara Federal Novorossiya atau Serikat Republik Rakyat (bahasa Rusia: Федеративное государство Новороссия; Союз Народных Республик; Federativnoye Gosudarstvo Novorossiya, bahasa Ukraina: Федеративна держава Новоросія; Союз Народних Республік), secara harfiah diterjemahkan menjadi Rusia Baru, adalah sebuah konfederasi yang mengklaim Oblast Donetsk dan Lugansk di Ukraina timur. Konfederasi ini terdiri dari Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Lugansk. Novorossiya dideklarasikan berdiri pada 22 Mei 2014, dan perjanjian ditandatangani oleh pemimpin kedua republik pada 24 Mei.[3][4] Pada 24 Juni, pemimpin dari "Dewan Tertinggi" kedua republik menyatakan penggabungan konstitusi dan pendirian Novorossiya secara resmi sebagai "Serikat Republik Rakyat".[5]

Baik Novorossiya maupun kedua republik anggotanya tidak diakui oleh negara-negara lain yang berdaulat, Novorossiya hanya diakui oleh Ossetia Selatan, Nagorno-Karabakh, dan Transnistria.

Militer[sunting | sunting sumber]

Angkatan Bersenjata Novorossiya telah berpartisipasi dalam Perang Saudara Ukraina kurang lebih 1 tahun terhitung dari awalnya Krisis Euromaidan di Mulai di Ukrania

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Утверждён официальный флаг Новороссии. Ранее он уже получил народное признание, а теперь и государственное" (dalam bahasa Russian). Novosti Donetskoy Respubliki. 31 Mei 2014. Diakses tanggal 31 Mei 2014.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  2. ^ The Constitution of the People's Republic Donetsk. News of the Donetsk Republic
  3. ^ Babiak, Mat (22 May 2014). "Welcome to New Russia". Ukrainian Policy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 June 2014. Diakses tanggal 26 May 2014. 
  4. ^ "Donetsk, Lugansk People's Republics unite in Novorossiya". Voice of Russia. 24 May 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 June 2014. Diakses tanggal 26 May 2014. 
  5. ^ Babiak, Mat (24 June 2014). "Terrorist organizations declare New Russian "Union of People's Republics"". Euromaidan Press. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]