Novorossiya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Peta Novorossiya (Rusia Baru) sekitar tahun 1897.

Novorossiya (Rusia: Новоро́ссия; IPA: [nəvɐˈrosʲɪjə] ( simak); bahasa Rumania: Noua Rusie), secara harfiah berarti Rusia Baru) adalah istilah historis yang mengacu kepada wilayah di sebelah utara Laut Hitam (kini bagian dari Ukraina). Wilayah ini didirikan sebagai provinsi baru Kekaisaran Rusia (Novorosiiskaia guberniia) pada tahun 1764 dari wilayah perbatasan militer dan sebagian sebagian wilayah Hetmanat selatan.[1] Provinsi ini diperluas dengan mengambil alih wilayah Sich Zaporizhia pada tahun 1775. Wilayah-wilayah yang pernah dianggap sebagai bagian dari Novorossiya adalah wilayah Bessarabia Moldavia, Prychornomoria (pesisir Laut Hitam), Zaporizhia, Tavria, Pryazovia (pesisir Laut Azov), Krimea, dataran Nogai di Sungai Kuban, dan wilayah Circassia.

Wilayah ini menjadi bagian dari Kekaisaran Rusia hingga negara tersebut mengalami keruntuhan akibat Revolusi Februari pada awal Maret 1917. Kemudian, wilayah ini sempat menjadi bagian dari Republik Rusia yang berumur pendek. Pada tahun 1918, Novorossiya menjadi wilayah Negara Ukraina dan Republik Soviet Ukraina, dan dari tahun 1918 hingga 1920 sempat dikendalikan oleh pergerakan Putih anti-Bolshevik yang disebut Rusia Selatan. Namun, setelah pergerakan ini berhasil dikalahkan oleh Uni Soviet, wilayah Novorossiya jatuh ke tangan Republik Sosialis Soviet Ukraina semenjak tahun 1922.

Semenjak pembubaran Uni Soviet pada tahun 1991, telah dilakukan beberapa upaya untuk mendirikan kembali Novorossiya, salah satunya adalah gerakan separatis pro-Rusia yang mencoba mendirikan Negara Federal Novorossiya, sehingga memicu Perang di Donbass.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Magocsi, Paul R. "A History of Ukraine: The Land and Its Peoples," hlm. 284.