Pelé

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pele)

Pelé
Pelé pada tahun 1995
LahirEdson Arantes do Nascimento
(1940-10-23)23 Oktober 1940
Três Corações, Minas Gerais, Brasil
Meninggal29 Desember 2022(2022-12-29) (umur 82)
São Paulo, Brasil
Sebab meninggalKegagalan fungsi multiorgan akibat komplikasi kanker usus besar
Tempat pemakamanMemorial Necrópole Ecumênica, São Paulo, Brasil
Pekerjaan
  • Pemain sepak bola
  • Aktivis kemanusiaan
Tinggi1,73 m
Suami/istri
Rosemeri dos Reis Cholbi
(m. 1966; c. 1982)
Assíria Lemos Seixas
(m. 1994; c. 2008)
Marcia Aoki
(m. 2016)
Anak7, termasuk Edinho
Orang tuaJoão Ramos do Nascimento (ayah)

Karier sepak bola
Posisi bermain Penyerang, gelandang serang
Karier junior
1953–1956 Bauru
Karier senior*
Tahun Tim Tampil (Gol)
1956–1974 Santos 583 (569)
1975–1977 New York Cosmos 64 (37)
Total 647 (606)
Tim nasional
1957–1971 Brasil 92 (77)
* Penampilan dan gol di klub senior hanya dihitung dari liga domestik
Menteri Olahraga
Masa jabatan
1 Januari 1995 – 30 April 1998
PresidenFernando Henrique Cardoso
Sebelum
Pendahulu
Jabatan baru
Pengganti
Rafael Greca (1999)
Sebelum

Edson Arantes do Nascimento atau lebih dikenal sebagai Pelé (23 Oktober 1940 – 29 Desember 2022) adalah legenda sepak bola dunia yang berasal dari Brasil. Selama kariernya sebagai pemain, Pele berhasil membawa Brasil menjadi Juara Dunia Piala Dunia FIFA sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1958 di Swedia, tahun 1962 di Chili, dan tahun 1970 di Meksiko. Berkat keberhasilannya tersebut, Brasil berhak atas Piala Jules Rimet. Sering dianggap sebagai pemain terhebat sepanjang masa,[1][2][3][4][5][6][7] Pelé mendapatkan julukan O Rei atau Sang Raja.[8]

Kelahiran dan karier masa muda[sunting | sunting sumber]

Pelé lahir di Três Corações adalah anak pemain sepak bola yang bermain di Fluminense, Dodinho dengan Dona Celeste Arantes. Awalnya dia dipanggil dengan nama Dico tetapi kemudian ia dipanggil sebagai Pelé oleh teman-temannya merujuk pada kiper Vasco da Gama yang merupakan idolanya, Bilé. Pelé hidup dalam kemiskinan di Sao Paulo. Dia mencari uang tambahan sebagai pelayan di kedai teh setempat. Dia kemudian bergabung dengan klub lokal Bauru sejak 1952 namun Pelé tidak mampu membeli sepatu bola. Ia kemudian bermain dengan mengikatkan koran bekas di kakinya sebagai sepatu, dan buah jeruk sebagai bolanya.

Karier klub[sunting | sunting sumber]

Santos[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1956, Pelé mengikuti seleksi pemain sepak bola di klub Santos, sebuah klub kecil di luar Sao Paulo. Pemandu bakat yang melihatnya kemudian berkata kepada Presiden klub bahwa anak 15 tahun yang bernama Pelé akan menjadi "pemain terbaik dunia" Pelé kemudian memulai debutnya di Santos pada 7 September 1957 mencetak 1 gol dalam kemenangan 7-1 melawan Corinthians dalam pertandingan eksebisi. Ketika liga dimulai Pelé telah mendapatkan tempat utama dalam tim senior Santos. Pada akhir musim kompetisi Pelé keluar sebagai top scorer liga pada umur 16 tahun. Hanya dalam tempo singkat, Pelé kemudian dipanggil untuk bergabung dengan skuat tim nasional Brasil. Sesudah penampilannya di Piala Dunia 1962, tim raksasa eropa seperti Real Madrid, Manchester United dan Juventus mulai mengincarnya. Namun hal ini dicegah oleh pemerintah Brasil dengan mengatakan bahwa Pelé adalah bagian dari harta karun negara dan tidak diperbolehkan bermain sepak bola di luar Brasil.

Pelé saat menendang bola pada tahun 1960

Trofi pertama untuk Pelé bersama Santos adalah Campeonato Paulista atau juara liga di mana Pelé secara menakjubkan keluar sebagai pancetak gol terbanyak dengan 56 gol, sebuah rekor yang tetap bertahan sampai sekarang. Setahun kemudian O Rei mempersembahkan trofi Torneio Rio-São Paulo di mana Santos mengalahkan Vasco da Gama 3-0. Sayangnya Santos tidak mampu mempertahankan trofi Campeonato Paulista. Pada 1960 Pelé berhasil membawa Santos memenangkan trofi Campeonato Paulista akan tetapi kalah dalam Torneio Rio-São Paulo. Pelé menyelesaikan kompetisi dengan mencetak 47 gol. Sepanjang kariernya di Santos Pelé telah mempersembahkan 10 trofi Campeonato Paulista, 4 trofi Torneio Rio-São Paulo, 5 trofi Taca Brazil, 1 trofi Recopa Int. dan trofi Torneio Roberto Gomes Pedrosa. Santos kemudian berpartisipasi dalam Copa Libertadores, turnamen paling bergengsi di Amerika Selatan, di mana Pelé berhasil membawa Santos meraih trofi tersebut 2 kali pada tahun 1962 dan 1963 dan menjadi Top Skorer turnamen pada 1965.[9][10][11] Pelé juga mengantarkan Santos menjuarai Piala Interkontinental yang sekarang menjadi turnamen Piala Dunia Antarklub pada tahun 1962 mengalahkan Benfica 3-2 dan 4-2 dan 1963, mengalahkan AC Milan 2-4, 4-2 dan play-off 1-0. Pada 19 November 1969 Pelé mencetak gol ke 1.000-nya untuk Santos. Gol itu dicetak Pelé ketika berhadapan dengan Vasco da Gama lewat tendangan penalti. Penampilan Pelé bersama Santos telah membuatnya berkeliling dunia dalam berbagai laga eksebisi. Salah satunya pada 1967 di mana Santos bersama Pelé tampil di Nigeria di tengah-tengah perang saudara. Tampilnya Pelé membuat perang tersebut mengalami gencatan senjata selama 48 jam agar rakyat bisa menyaksikan Pelé tampil dalam laga eksebisi di Lagos, Nigeria.

Pelé kemudian pensiun sebagai pemain Santos pada tahun 1972. Selama 17 tahun kariernya bersama Santos Pelé telah mengoleksi total 1.115 penampilan dan mencetak 1.091 gol. Ini merupakan sebuah rekor klub.

New York Cosmos[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1974, Pelé tampil sebagai duta sepak bola untuk Amerika Serikat dalam rangka memopulerkan sepak bola bersama dengan Franz Beckenbauer dan Johan Cruyff. Pelé bergabung dengan klub New York Cosmos. Walaupun telah berumur 34 tahun, namun kemampuan Pelé masih memukau. Dia bahkan mengantarkan New York Cosmos menjadi juara NASL (North American Soccer League) pada tahun ketiga nya. Total Pelé tampil dalam 107 pertandingan dan mencetak 64 gol.

Karier internasional[sunting | sunting sumber]

Karier Pelé bersama Brasil dimulai pada 7 Juli 1957 di mana Brasil kalah oleh Argentina 2-1. Pelé mencetak salah satu gol dalam pertandingan itu pada usia 16 tahun 9 bulan, sebuah rekor untuk Brasil sebagai pemain termuda yang pernah tampil untuk Brasil.

Piala Dunia 1958[sunting | sunting sumber]

Pelé menangis ketika meraih gelar Piala Dunia pertama.

Pertandingan pertama Pelé dalam piala dunia adalah melawan Uni Soviet. Ia adalah pemain termuda dalam turnamen itu. Pelé kemudian mencetak gol pertama untuk Brasil ketika melawan Tim nasional Wales yang mengantarkan Brasil ke semifinal melawan Prancis. Pada babak pertama Brasil telah unggul 2-1, kemudian Pelé mencetak hattrick, menjadi pemain termuda pertama yang melakukannya. Brasil unggul 5-1 atas Prancis. Pada final melawan tuan rumah Swedia, Pelé menjadi orang termuda yang pernah tampil dalam final Piala Dunia dalam usia 17 tahun 249 hari. Dia mencetak 2 gol pada pertandingan itu, salah satunya di daulat sebagai salah satu gol terindah dalam sejarah Piala Dunia, sebuah lob melewati kepala bek Swedia dan disusul oleh tendangan keras terarah ke arah gawang Swedia yang dijaga oleh Kalle Svensson. Pertandingan itu sendiri dimenangi oleh Brasil 5-2. Pelé kemudian menjadi runner-up top scorer dalam turnamen tersebut, di bawah Just Fontaine dengan 6 gol. Brasil pun meraih trofi Piala Dunia nya yang pertama dalam sejarah.[12]

Piala Dunia 1962[sunting | sunting sumber]

Pelé memulai pertandingan melawan Mexico di mana Pelé memberi 1 assist dan kemudian mencetak gol kedua setelah melewati 4 pemain Mexico. Pertandingan itu sendiri berkesudahan 2-0. Sayangnya ia cedera ketika melawan Cekoslowakia. Hal ini membuat Pelé absen sepanjang turnamen, perannya dalam tim Brasil digantikan oleh Garrincha yang berhasil membawa Brasil meraih gelar Piala Dunia ke duanya.

Piala Dunia 1966[sunting | sunting sumber]

Turnamen ini dimulai dengan kontroversi di mana Pelé menjadi target tekel-tekel brutal nan menyakitkan oleh pemain Bulgaria dan Portugal. Saat itu pergantian pemain belum diperbolehkan dalam pertandingan. Brasil kemudian tersingkir di babak awal. Pelé kemudian bersumpah untuk tidak lagi berpartisipasi dalam Piala Dunia. Ia kemudian mengubah keputusannya itu. Inggris kemudian memenangkan gelar Piala Dunia mereka yang pertama.

Piala Dunia 1970[sunting | sunting sumber]

Pelé dipanggil untuk memperkuat tim Brasil pada 1969, namun ia menolaknya. Setahun kemudian ia kemudaian menyetujuinya dengan bermain untuk tim Brasil selama Piala Dunia 1970 dengan mencetak 6 gol. Tim Brasil saat itu disebut-sebut sebagai tim terbaik sepanjang masa dengan Pelé, Rivelino, Jairzinho, Tostão, Gérson, Carlos Alberto Torres dan Clodoaldo sebagai anggotanya. Pertandingan pertama Brasil berhadapan dengan Cekoslowakia dengan skor akhir 4-1. Brasil kemudian berhadapan dengan juara bertahan Inggris di mana Pelé hampir mencetak gol pertama lewat sundulan ke tiang jauh akan tetapi secara luar biasa diselamatkan oleh kiper Inggris, Gordon Banks. Pertandingan itu sendiri dimenangkan oleh Brasil 1-0. Lawan berikutnya Rumania pun kalah oleh Seleção 3-2 di mana Pelé mencetak gol pembuka lewat tendangan bebas. Peru adalah lawan Brasil berikutnya dengan bintang mudanya Teófilo Cubillas, Seleção kembali melaju lewat kemenangan 4-2 di mana Pelé memberikan assist kepada Tostão untuk mencetak gol ke-3 bagi Brasil . Semifinal mempertemukan Brasil dengan Uruguay untuk pertama kalinya sejak final Piala Dunia 1950 di Brasil di mana Uruguay menghadirkan kedukaan yang mendalam untuk rakyat Brasil. Pertandingan yang penuh emosi bagi rakyat Brasil dimenangkan oleh Seleção 3-1. Italia adalah lawan Seleção di partai final di mana Pelé mencetak gol pembuka laga. Brasil pun menyelesaikan pertandingan dengan keunggulan 4-1 di mana gol terakhir menunjukkan dominasi Brasil dalam pertandingan ini. Bola yang di bawa pelan dari daerah pertahanan sendiri berhasil disarangkan ke gawang Italia tanpa bisa disentuh sekali pun oleh para pemain Italia. Pelé menyelesaikan turnamen dengan mencetak 6 gol. Trofi Jules Rimet pun menjadi milik Brasil selamanya. Selama berkostum Seleção, Pelé tampil sebanyak 92 kali dengan mencetak 77 gol (rekor gol terbanyak untuk Brasil sampai saat ini).

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 21 Desember 2022, Rumah Sakit Albert Einstein tempat Pelé dirawat, menyatakan bahwa tumornya telah berkembang dan dia memerlukan "perawatan yang lebih baik terkait disfungsi ginjal dan jantung".[13] Pelé meninggal pada tanggal 29 Desember 2022, pada usia 82 tahun, karena kegagalan fungsi multiorgan, dan komplikasi dari kanker usus besar.[14][15]

Ucapan berduka muncul dari berbagai pihak termasuk Neymar, Cristiano Ronaldo, Kylian Mbappé dan Lionel Messi, tokoh olahraga besar lainnya dan para pemimpin dunia.[16][17][18] Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, mengumumkan masa berkabung nasional selama tiga hari.[19] Patung Kristus Penebus dan Stadion Maracanã dinyalakan untuk menghormati Pelé, begitu pula di Stadion Wembley, London.[20] Pemakaman akan diadakan di Stadion Santos pada tanggal 2 dan 3 Januari 2023.[21][22] Setelah pemakaman, Pelé akan dimakamkan di Memorial Necrópole Ecumênica.[23]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Negara[sunting | sunting sumber]

Brasil Brazil

Klub[sunting | sunting sumber]

Brasil Santos

Amerika Serikat New York Cosmos

  • North American Soccer League, Soccer Bowl (1): 1977
  • North American Soccer League, Atlantic Conference Championship (1): 1977

Total, Pelé berhasil meraih 40 titel resmi.[33][34]

Individu[sunting | sunting sumber]

[35]

  • Brasil Santos
  • Brasil Brazil
    • Pencetak Gol Terbanyak Copa América (1): 1959.[37]
    • Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Tim Nasional Sepak Bola Brazil, 77 goals
  • Pemain Muda Terbaik Piala Dunia:[38]
    • Juara (1): 1958
  • Silver Boot Piala Dunia: 1958[38]
  • Silver Ball Piala Dunia FIFA: 1958[38]
  • Golden Ball (Pemain Terbaik) Piala Dunia:[39]
    • Juara (1): 1970
  • Pemain Terbaik Copa America: 1959[40]
  • Pencetak Gol Tersukses pada Divisi Utama se-Dunia: 541 gol[41]
  • Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa dalam hitungan tahun kalender: 127 gol(1959)[42]
  • Rekor dunia hat trick terbanyak: 92[42][43]
  • BBC Sports Personality of the Year Overseas Personality:
    • Juara (1): 1970
  • BBC Sports Personality of the Year Lifetime Achievement Award:
    • Juara (1): 2005
  • Greatest football player to have ever played the game, oleh Golden Foot: 2012[44][45]
  • Athlete of the Century, oleh Reuters News Agency: 1999
  • Athlete of the Century, dipilih oleh International Olympic Committee: 1999
  • Athlete of the Century, dipilih oleh junalis seluruh dunia, polling oleh harian Prancis L'Equipe: 1981
  • Pemain Terbaik Amerika Selatan: 1973[46]
  • Dilantik National Soccer Hall of Fame Amerika pada 1993.[47]
  • Knight Commander of the Order of the British Empire: 1997
  • Pada tahun 1989, Korea Utara mencetak prangko bergambar Pelé.[48]
  • UNICEF Football Player of the Century: 1999
  • Salah satu dari 100 "Orang Paling Penting pada Abad ke-20" majalah TIME: 1999[49]
  • Player of the Century FIFA: 2000[50] Diego Maradona [51][52]
  • Football Player of the Century, dipilih oleh France Football's Golden Ball Winners: 1999[53]
  • Football Player of the Century, oleh IFFHS: 1999
  • South America Football Player of the Century, oleh IFFHS: 1999
  • Laureus World Sports Awards, Penghargaan Lifetime Achievement dari Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela: 2000
  • Honoris Causa dari Universitas Edinburgh: 2012[54]
  • Hadiah dari French Academy of Sports: 1971
  • Red Medal of Paris, oleh City Hall of the French Capital: 1971
  • Sword of Soccer Honor, oleh English Soccer Annual (orang non-British pertama yang mendapat penghargaan ini): 1966
  • Knight of the Legion d’Honneur of France, oleh Pemerintah Prancis: 1963[55]

Sebuah konsensus media dan ahli sepak bola sepakat menempatkan Pelé sebagai pemain sepak bola terbaik sepanjang masa.[56]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ knight, Rob (2018-05-27). "Pelé voted greatest footballer of all time". The Independent (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-23. 
  2. ^ Chakraborty, Sushan. "10 greatest football players of all time". www.sportskeeda.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-23. 
  3. ^ Mahmood, Zahid (2018-06-12). "Vincent Kompany: 'Pele is the greatest player of all time'". CNN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-23. 
  4. ^ Subramanian, Vishal. ""An unbelievable player" - Manchester United legend Bryan Robson names the greatest footballer he's seen". www.sportskeeda.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-23. 
  5. ^ Benedict, Oreva (2022-12-19). "Pele is still the GOAT ahead of Messi, Ronaldo - Oliseh - Kemi Filani News". Kemi Filani (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-23. 
  6. ^ "Ex-England ace Reid believes Pele is the greatest of all time". www.myinfo.com.gh (dalam bahasa Inggris). 2022-12-21. Diakses tanggal 2023-01-23. 
  7. ^ "César Luis Menotti: "Pelé fue el más grande de todos"". Crónica (dalam bahasa Spanyol). 2022-12-29. Diakses tanggal 2023-01-23. 
  8. ^ Bhattacharjee, Dr Ratan (2022-12-30). "O Rei Pelé: The King of Soccer is 'Eternal'". NORTHEAST NOW (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-23. 
  9. ^ a b "Intercontinental Cups 1962 and 1963". FIFA.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-07. Diakses tanggal 19 November 2012. 
  10. ^ "Pele's Santos go global". FIFA.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-05-24. Diakses tanggal 19 November 2012. 
  11. ^ (Spanyol) "Competiciones, Copa Santander Libertadores". CONMEBOL. 18 May 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-05-12. Diakses tanggal 18 May 2010. 
  12. ^ Messi vs Pele: Siapa yang lebih baik?
  13. ^ "Pele's cancer has advanced, says hospital". BBC Sport (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 21 December 2022. 
  14. ^ "Brazilian football legend Pele dies at age 82". www.aljazeera.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 30 December 2022. 
  15. ^ "Brazilian football icon Pele has died at the age of 82". Sky News. 29 December 2022. Diakses tanggal 29 December 2022. 
  16. ^ "Pele: Neymar, Kylian Mbappe and Cristiano Ronaldo among those paying tribute". BBC. Diakses tanggal 29 December 2022. 
  17. ^ "Pele dies - live updates: Pele's final message to the world as tributes pour in from sporting royalty". Sky News. Diakses tanggal 30 December 2022. 
  18. ^ "'Your legacy will be eternal': sporting world pays tribute to Brazilian legend Pele". Reuters News. Diakses tanggal 30 December 2022. 
  19. ^ "Brazil starts three days of mourning as country lights up in memory of Pelé". ITV News (dalam bahasa Inggris). 30 December 2022. Diakses tanggal 30 December 2022. 
  20. ^ "Wembley arch lit up in Brazil colours in tribute to Pele". The Independent. 2022-12-29. Diakses tanggal 2022-12-30. 
  21. ^ "'Pelé is eternal!': Tributes pour in from soccer stars, world leaders". The Washington Post. Diakses tanggal 30 December 2022. 
  22. ^ "Pele's funeral and burial to take place in hometown Santos". AP NEWS (dalam bahasa Inggris). 29 December 2022. Diakses tanggal 30 December 2022. 
  23. ^ Pedroso, Camilo Rocha,George Ramsay,Tara John,Flora Charner,Rodrigo (29 December 2022). "Brazilian soccer legend Pelé dies at 82". CNN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 30 December 2022. 
  24. ^ http://www.rsssf.com/miscellaneous/pele-intlg.html
  25. ^ a b http://www.rsssf.com/tableso/ocruz.html
  26. ^ http://www.rsssf.com/tableso/ohiggins.html
  27. ^ http://www.rsssf.com/tablesa/atlantico.html
  28. ^ a b http://www.rsssf.com/sacups/supcopa68.html
  29. ^ Pelé – Títulos Diarsipkan 2011-07-18 di Wayback Machine. Santos Futebol Clube. Retrieved 6 May 2011
  30. ^ The 1964 Torneio Rio-São Paulo was held jointly with Botafogo.
  31. ^ "Santos Futebol Clube – Site Oficial". Santos.globo.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-01-29. Diakses tanggal 12 June 2010. 
  32. ^ The 1973 Paulista was held jointly with Portuguesa.
  33. ^ http://www.santosfc.com.br/pele/conteudo.asp?id=27678[pranala nonaktif permanen]
  34. ^ http://www.campeoesdofutebol.com.br/pele_titulos.html
  35. ^ Pelé: ENGLAND ARE WORLD CUP THREAT, Sportinglife.com. Retrieved 27 March 2007.
  36. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-01-12. Diakses tanggal 2013-03-23. 
  37. ^ South American Championship 1959, Scorers' List RSSSF. Retrieved 6 May 2011
  38. ^ a b c 1958 FIFA World Cup Sweden Diarsipkan 2013-05-13 di Wayback Machine. FIFA.com. Retrieved 6 May 2011
  39. ^ Pelé – I was there Diarsipkan 2012-03-28 di Wayback Machine. FIFA. Retrieved 5 May 2011
  40. ^ http://www.rsssf.com/tabless/sachampfulltrivia.html#best-players
  41. ^ Ingo Faulhaber. "IFFHS". Iffhs.de. Diakses tanggal 19 November 2012. 
  42. ^ a b "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-02. Diakses tanggal 2013-03-23. 
  43. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-12-11. Diakses tanggal 2013-03-23. 
  44. ^ http://goldenfoot.com/pele-the-king-to-be-crowned-in-monte-carlo-at-10th-edition-of-the-golden-foot-awards Diarsipkan 2013-01-15 di Wayback Machine. <Golden Foot. Retrieved 8 January 2013/
  45. ^ To Honour Football's greatest player: "O Rey" Pelé Diarsipkan 2013-01-20 di Wayback Machine. Golden Foot. Retrieved 8 January 2013 /
  46. ^ South American Player of the Year 1973 RSSSF. Retrieved 6 May 2011
  47. ^ "Hall of Famer Spotlight ... Pelé". Soccerhall.com. Diakses tanggal 12 June 2010. 
  48. ^ USSR Philately (dalam bahasa Russian). Moscow (1): 1. 1990. ISSN 0130—5689 Periksa nilai |issn= (bantuan).  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan) – photo of this postage stamp
  49. ^ Henry Kissinger (14 June 1999) Time 100 – PELE: The Phenomenon Diarsipkan 2009-04-21 di Wayback Machine. Time. Retrieved 22 May 2010
  50. ^ "PELÉ (Edson Arantes do Nascimento) - The King of football". FIFA.com. In section 'Individual' of the right hand sidebar: FIFA. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-02-22. Diakses tanggal 17 May 2012. 
  51. ^ The 20th century boys BBC Sport. Retrieved 6 May 2011
  52. ^ Split Decision – Pele, Maradona each win FIFA century awards after feud Diarsipkan 2012-05-24 di Archive.is CNN Sports Illustrated. Retrieved 6 May 2011
  53. ^ France Football's Football Player of the Century Retrieved 1 May 2011
  54. ^ "Pelé to receive honorary degree" (Siaran pers). Universitas Edinburgh. 6 August 2012. Diakses tanggal 9 August 2012. 
  55. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-07-05. Diakses tanggal 2013-03-23. 
  56. ^ "The Best of the Best". RecSportSoccerStatisticsFoundation. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]