Nia Dinata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nia Dinata
Nia Dinata on Festival Film Indonesia 2015.jpg
Nia di acara Festival Film Indonesia 2015
Nama lahir Nurkurniati Aisyah Dewi[1]
Lahir 4 Maret 1969 (umur 51)
Pekerjaan Sutradara
Produser
Tahun aktif 2002 - sekarang
Hubungan Otto Iskandardinata (kakek)
Pasangan Constantine Papadimitriou
Anak Ioannis
Gibran
Orang tua Dicky Iskandar Dinata

Nia Iskandar Dinata (lahir di Jakarta, 4 Maret 1969; umur 51 tahun) adalah seorang sutradara Indonesia.[2][3] Perempuan berdarah Sunda dan Minang ini[4] adalah cucu dari pahlawan nasional Otto Iskandardinata[1] dan putri dari Dicky Iskandardinata.

Karier[sunting | sunting sumber]

Nia pada tahun 2010.

Awal karier sutradara wanita ini berangkat dari pembuat klip video dan film iklan. Pada awal tahun 2000, Nia mendirikan perusahaan film independen Kalyana Shira Film. Ia lalu menjadi sutradara film Ca Bau Kan (2002) yang diangkat dari novel dengan judul sama karya novelis Remy Sylado. Setting cerita terjadi pada tahun 1930-an, menceritakan kisah tokoh pejuang berkebangsaan Tionghoa. Film ini mendapat berbagai penghargaan dari berbagai festival internasional.

Pada tahun 2004, dia menyutradarai film Arisan! sangat sukses dari penjualannya yang bagus dan komentar kritikus. Film ini mendapat banyak penghargaan, termasuk dari Festival Film Indonesia dan MTV Movie Awards. Karya berikutnya yang juga mendapat pujian dari kritikus film adalah Berbagi Suami, film yang membahas mengenai poligami dalam tiga segmen serta melibatkan banyak pemain film/teater kawakan, seperti Ria Irawan, Jajang C. Noer, dan Tio Pakusadewo.

Selain sebagai sutradara film, Nia juga pernah terlibat di dunia tari. Salah satu kiprahnya di bidang seni tari adalah ketika ia berkolaborasi dengan maestro tari Tom Ibnur, di mana Nia menjadi penulis naskah dalam karya tari Padusi yang mengangkat legenda perempuan Minangkabau. Karya yang melibatkan nama-nama besar, seperti Ine Febriyanti, Jajang C. Noer, Niniek L. Karim, Arswendy Nasution dan Marissa Anita, serta 50 penari dan musisi yang disutradarai Rama Soeprapto itu kemudian dipentaskan di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.[5]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Seri Web[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan pengakuan[sunting | sunting sumber]

Nia bersama Jajang C. Noer (kiri) di acara Festival Film Internasional Hawaii.

Jane Perlez dari New York Times menggambarkan Nia sebagai "pembuat film pendatang baru yang sangat berbakat" di Indonesia pada tahun 2006.[6] Dua film yang ia sutradarai (Ca-bau-kan dan Berbagi Suami) serta satu film yang ia produseri (Biola Tak Berdawai) diajukan sebagai perwakilan Indonesia untuk Film Internasional Terbaik pada Academy Award.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki
Bibliografi


Pranala luar[sunting | sunting sumber]