A World Without

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
A World Without
SutradaraNia Dinata
ProduserWilza Lubis
Ditulis oleh
Pemeran
Penata musik
SinematograferAnggi Frisca
PenyuntingAline Jusria
Perusahaan
produksi
DistributorNetflix
Tanggal rilis
  • 14 Oktober 2021 (2021-10-14) (Indonesia)
Durasi106 menit
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia

A World Without adalah sebuah film drama misteri cerita seru Indonesia tahun 2021 yang disutradarai oleh Nia Dinata dan ditulis oleh Lucky Kuswandi. Film ini merupakan film orisinal kedua yang diproduksi sendiri oleh Netflix Indonesia, setelah A Perfect Fit. Film ini akan ditayangkan secara global di Netflix pada 14 Oktober 2021.[1][2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Ketiga sahabat Salina (Amanda Rawles), Tara (Asmara Abigail, dan Ulfah (Maizura) baru saja bergabung di sebuah organisasi eksklusif bernama The Light. Organisasi yang berawal dari sistem perjodohan (Matchmaking) ini berkembang jadi pusat pelatihan anak-anak remaja selama setahun, sebelum akhirnya dinikahkan dengan jodoh yang tepat menurut sistem tersebut di usia mereka yang ke-17 dan tinggal bersama di apartemen yang telah disediakan. Seluruh anggota diharuskan untuk tinggal di asrama dan tidak boleh bertemu dan berhubungan dengan lawan jenis, kecuali untuk keperluan aktivitas pengembangan mereka. Organisasi ini digawangi oleh Ali Khan (Chicco Jerikho) yang dipanggil "Yang Istimewa" dan istrinya Sofia (Ayushita), yang tengah berjuang untuk hamil setelah kematian anak mereka yang pertama.

Salina bergabung dengan tim pembuat konten dan menjadi dekat dengan seorang remaja laki-laki bernama Hafiz. Mereka diam-diam bertemu dengan memanfaatkan pekerjaan mereka dan mencari tempat tanpa kamera pengawas. Tara bergabung dengan merk tata rias Sofia dan dengan latar belakangnya sebagai influencer, ia diajak untuk mengembangkan produk baru merk tersebut. Ulfah bergabung dengan usaha toko The Light, Light Mart dan bermaksud membuka cabang baru. Di selang itu, Salina juga diberi kepercayaan untuk membantu pembuatan film dokumenter tentang Ali.

Di hari ulang tahunnya yang ke-17, Ulfah dinikahkan dengan Hafiz (Jerome Kurnia). Meski Hafiz masih menyukai Salina, ia mengiyakan pernikahan tersebut dan menjalaninya tanpa merasa adanya kecocokan. Tak lama setelah itu, Ulfah hamil. Sementara itu, Salina dan Tara yang kerap bertemu dengan Ali menyadari pria tersebut suka menyentuh tubuh mereka secara tidak wajar. Namun, Salina beranggapan itu hanya gestur keramahan saja. Di salah satu syuting dokumenter tentang proses sistem matchmaking, Salina merekam diskusi Ali dan Sofia tentang Tara yang sulit dijodohkan karena lebih matang dari remaja sepantarannya. Akhirnya, Tara dinikahkan dengan Aditya (Richard Kyle) yang berusia 8 tahun lebih tua, dan merupakan anak Pak Frans (Willem Bevers), seorang politisi dan investor awal The Light. Keanehan terus muncul saat Salina tak sengaja merekam Pak Frans yang memberikan sekoper uang pada Ali dan Sofia seusai perkawinan Tara dan Aditya.

Beberapa hari kemudian, Sofia mengalami keguguran saat Ali dan Salina tengah melakukan wawancara. Sofia merasa tidak kuat lagi untuk mengandung, dan meminta Ali untuk menikahi Salina. Salina ketakutan dan mulai mencari tahu informasi lain dari The Light. Seorang anak laki-laki bernama Arya Teja kabur dan menghilang dari The Light, dan tak ada informasi tentang teman-temannya yang masuk ke organisasi bersamanya. Sementara itu, Tara yang dipaksa berhubungan badan dengan orang lain oleh sang suami, menjadi trauma dan ingin melapor ke polisi.

Keesokan harinya, Salina bermaksud mengajak kabur Tara dan Ulfah. Salina ingin mengajak Ulfah, namun hubungannya dengan Hafiz diketahui oleh Ulfah dan membuatnya marah, serta Hafiz ditangkap karena dilaporkan berselingkuh oleh Ulfah. Tara yang menemui Sofia untuk membicarakan kejadian yang ia alami, justru tidak ditanggapi dan mengabaikan seluruh ceritanya. Salina datang menemui mereka berdua, dan Sofia meminta Tara untuk memberikan perawatan wajah pada Salina untuk mempersiapkan pernikahannya dengan Ali. Diam-diam, Salina merekam seluruh pembicaraan tersebut.

Saat melakukan perawatan, Salina dan Tara berhasil kabur dari komplek The Light bersama Ulfah yang akhirnya mencabut laporannya dan berpisah dengan Hafiz yang kembali ke tempat tinggal mereka. Saat mereka bertiga berada di jalan, Ulfah mengalami kontraksi dan terpaksa melahirkan di jalan dibantu oleh seorang nenek yang lewat. Sementara itu, Salina mengirimkan video wawancaranya kepada Hafiz untuk disunting dan diunggah ke Internet. Ali dan Sofia menyadari kaburnya Salina dan berusaha mencari mereka, namun nihil. Video hasil wawancara Salina pun berhasil diunggah dan segera memancing banyak reaksi negatif. Saat tim keamanan mencari Hafiz di tempat tinggalnya, ia sudah menghilang.

Salina, Tara, dan Ulfah beserta anaknya yang dinamai Padma, akhirnya berhasil masuk ke jalan raya dan merayakan kebebasan mereka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Nia Dinata kembali membuat film berjudul A World Without setelah Ini Kisah Tiga Dara yang tayang pada tahun 2016 lalu. Film ini diumumkan pada 23 September 2021 bersamaan dengan teaser trailer dan pemeran. Lucky Kuswandi yang juga menulis bersama Nia Dinata ini merupakan sosok dibalik film Arisan! 2 sebagai penata gambar dan Ali & Ratu Ratu Queens sebagai sutradara.

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Film ini ditayangkan secara global di Netflix pada 14 Oktober 2021.[2]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Nia Dinata mengumumkan bahwa film A World Without akan dirilis di Netflix sebagai film orisinal Netflix Indonesia kedua setelah A Perfect Fit yang disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu. Saat itu juga mereka mengeluarkan teaser berdurasi satu menit.[3] Trailer resmi film ini diunggah pada 7 Oktober 2021.[4]

Teaser dan trailer resmi film ini juga diunggah oleh Netflix Asia pada waktu yang bersamaan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Janati, Firda (23 September 2021). Maharani, Dian, ed. "Netflix Segera Hadirkan Film A World Without, Disutradarai Nia Dinata". Kompas.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 September 2021. Diakses tanggal 23 September 2021. 
  2. ^ a b KapanLagi, Tim Editor (24 September 2021). "Akan Tayang di Netflix, Film 'A World Without' Ungkap Misteri dan Konspirasi Organisasi The Light". KapanLagi. Diakses tanggal 24 September 2021. [pranala nonaktif permanen]
  3. ^ PramborsFM. "Netflix Rilis Teaser "A World Without", Film Penuh Misteri dari Indonesia | PramborsFM". prambors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-07. [pranala nonaktif permanen]
  4. ^ Indonesia, Netflix (7 Oktober 2021). "A World Without | Trailer Resmi | Netflix". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]