Berbagi Suami

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Berbagi Suami
Berbagisuami.jpg
Poster
Sutradara Nia Dinata
Produser Elza Hidayat
Claud Kunetz
Constantin Papadimitriou
Penulis Nia Dinata
Narator Jajang C. Noer
Shanty
Dominique
Pemeran Jajang C. Noer
El Manik
Shanty
Lukman Sardi
Dominique
Tio Pakusadewo
Musik Aghi Narottama
Bemby Gusti
Ramondo Gascaro
Sinematografi Ipung Rahmat Syaiful
Penyunting Yoga Krispatama
Studio Kalyana Shira Films
WallWorks
Distributor Kalyana Shira Films
Tanggal rilis 23 Maret 2006
Durasi 105 Menit
Negara Indonesia
Bahasa Indonesia
Penghargaan
Festival Film Indonesia 2006

Berbagi Suami (judul rilis internasional: Love For Share) adalah sebuah film drama Indonesia yang disutradarai Nia Dinata dan dibintangi Jajang C. Noer, Shanty, Rieke Diah Pitaloka, El Manik, Ira Maya Sopha, Tio Pakusadewo, Wingky Wiryawan, Nungki Kusumastuti, Lukman Sardi dan Dominique Agisca Diyose. Film ini dirilis pada 23 Maret 2006.

Bintang-bintang lainnya yang muncul sebagai pemeran pembantu ialah Aming, Maudy Koesnaedi, Alvin Adam, Erwin Parengkuan dan Lula Kamal.

Film ini bercerita tentang tiga wanita dari kebudayaan berbeda namun sama-sama mempunyai suami yang melakukan poligami. Dalam proses pembuatannya, film ini melalui proses pengamatan dan riset. Film ini adalah kisah poligami dari sudut pandang perempuan.

Plot[sunting | sunting sumber]

Cerita Salma

Salma (Jajang C. Noer) adalah perempuan yang berhasil hidup dalam strata sosial yang tinggi dan mengecap kebahagiannya berprofesi sebagai seorang dokter. Suaminya, Pak Haji Ali Imron (El Manik) adalah seorang pengusaha besar yang terjun ke ranah politik. Ali sangat gemar melakukan poligami, hingga ia mempunyai banyak istri muda seperti Indri (Nungki Kusumastuti) dan Ima (Atiqah Hasiholan). Dalam lubuk hatinya, Salma sendiri kurang menyukai kebiasaan suaminya, namun ia lebih memilih diam dan menjadi istri tua. Anak Salma yang kini sudah dewasa, Nadine (Winky Wiryawan) adalah alasan Salma menjalani kehidupan poligaminya. Namun Nadine malah menjadi anak yang menentang hal tersebut. Akhirnya, Ali terkena stroke dan lumpuh. Nadine yang menjaga Ali dirumahnya, mendengar pesan terakhir dari ayahnya, agar tidak boleh mempunyai istri lebih dari satu. Nadine yang sejak mengerti keadaan orangtuanya marah kepada ayahnya, kini bisa memaafkannya. Alipun meninggal dengan damai. Saat pemakaman, ternyata Ali masih mempunyai seorang istri muda berusia remaja (Laudya Chintya Bella). Nadine, yang dulu menolak ikut membantu tsunami di Aceh bersama ayahnya, dan Nadine kini memilih menjadi relawan langsung untuk membantu mencari korban yang hilang.

Cerita Siti

Siti (Shanty) adalah seorang gadis Jawa yang dibawa dari kampung ke Jakarta oleh Pak Liknya (Lukman Sardi). Keinginan Siti ke Jakarta adalah untuk kursus kecantikan. Di kampung, Pak Lik selalu bergaya seakan ia adalah orang penting di industri perfilman di Jakarta karena foto-foto Pak Lik bersama aktor-aktor terkenal. Kenyataannya, ia hanyalah sopir studio film dengan perolehan gaji yang pas-pasan. Siti harus menghadapi kenyataan ketika ia dipersunting Pak Liknya yang padahal sudah beristri dua, Sri (Ria Irawan) dan Dwi (Rieke Diah Pitaloka). Siti terpaksa melambatkan cita-citanya dengan merawat anak-anak dari Sri dan Dwi yang jumlahnya sangat banyak. Pak Lik dikirim pergi ke Aceh untuk peliputan dokumentasi akibat tsunami disana, selama itu, Siti dan Dwi menjalani hubungan lesbian dan keteguhan untuk ingin keluar dari rumah tersebut dengan membawa dua anak. Siti yang belum sempat hamil, mengantar Sri ke dokter kandungan yang memberitakan bahwa Sri terkena gonorhea akibat suaminya. Hal itu membuat Siti dan Dwi semakin yakin untuk kabur. Beberapa hari setelah Pak Lik pulang dari Aceh membawa seorang istri baru bernama Santi, pada dini hari Dwi dan Siti pergi.

Cerita Ming

Ming (Dominique) adalah seorang gadis berusia 19 tahun yang bekerja disebuah restoran bebek Koh Abun (Tio Pakusadewo), sang koki dan pemilik restoran. Koh Abun mempunyai istri bernama Cik Linda (Ira Maya Sopha) yang menjadi pengurus keuangan restoran dan dianggap Koh Abun sebagai pembawa hoki bagi dirinya. Kehadiran Ming sebagai pelayan restoran menambah pelanggan restoran bebek yang sedari dulu memang sudah laris, kesuksesan restoran itu disimpan oleh Cik Linda yang pelit, sehingga kendati restoran ini menghasilkan laba yang sangat besar, segala pernak-pernik restoran masih seperti dulu. Kecantikan Ming membuat banyak lelaki terpesona termasuk Koh Abun dan teman Ming yang berprofesi sebagai sutradara, Firman (Reuben Elishama). Akhirnya Koh Abun tidak tahan dan berniat menikahi Ming, namun setelah menikah dengan siasat, Koh Abun tidak berani mengatakan yang sebenarnya kepada Cik Linda. Ming diberikan fasilitas berupa apartemen dan mobil, disamping itu, Ming menggunakan semuanya untuk mengejar cita-citanya sebagai seorang aktris. Ming tenggelam dalam kehidupan rumah tangganya, apalagi setelah Cik Linda pergi sementara ke Amerika untuk mengunjungi anak-anaknya yang sekolah disana. Firman mendatangi Ming dan berkata bahwa jalan hidup Ming masih panjang dan tidak pantas untuk langsung hidup enak. Firman menawari Ming untuk belajar akting dan mengikuti casting dalam film panjang perdana Firman. Ming menyetujuinya dan belajar mengimbangi sebagai istri simpanan dan calon aktris. Disuatu pagi, ia dilabrak oleh Cik Linda dan anak-anaknya yang baru pulang dari Amerika. Ternyata, sikap Ming dan Koh Abun yang mesra, dicurigai banyak pihak dan semua orang sudah menyangka. Akhirnya, Koh Abun pindah ke Amerika sekeluarga karena Green Card yang lama mereka ajukan lolos. Segala aset Ming dijual karena semuanya beratasnamakan Koh Abun. Ming diberikan sejumlah uang untuk membantu masa depannya. Mingpun membeli sebuah rumah kontrakan sekaligus mengawali masa depannya yang baru.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film Berbagi Suami terbagi dalam tiga segmen cerita yaitu cerita Salma, cerita Siti dan cerita Ming. Berbagi Suami adalah tuturan para perempuan yang menjalani kehidupan dipoligami dari kalangan usia, sosial dan etnis yang berbeda: Salma yang diperankan Jajang C Noer mewakili kalangan berpendidikan dengan strata sosial yang tinggi, berprofesi sebagai dokter, berlatar kultur Betawi di usia 50-an, bersuamikan pengusaha yang terjun ke dunia politik. Siti yang diperankan Shanty adalah perempuan dari pelosok Jawa, yang usianya mendekati 30-an; dan Ming yang diperankan Dominique, gadis keturunan Tionghoa yang berusia 19 tahun.

Ketiganya pernah bertemu meski tidak terlalu saling mengenal, namun mereka mengalami kondisi yang mirip: dipoligami. Berbagi Suami adalah penuturan Salma, Siti dan Ming tentang hidup dalam poligami.

Siti yang diperankan Shanty dijadikan istri ketiga oleh Pak Liknya

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Kameo

Hubungan Antar Cerita[sunting | sunting sumber]

  • Salma
    • Salma dan Siti: Salma adalah dokter yang memeriksa kandungan Sri yang diantar Siti.
    • Salma dan Ming: Salma sekeluarga adalah pelanggan tetap restoran bebek Koh Abun
  • Siti
    • Siti dan Salma: Siti mengantarkan Sri ke dokter kandungan, dokter itu adalah Salma
    • Siti dan Ming: Saat Dwi kabur membawa anaknya, Ming datang memberikan boneka. Lalu, rumah kontrakan Ming yang baru berdekatan dengan rumah Pak Lik.
  • Ming
    • Ming dan Salma: Ming mengenali Salma sekeluarga sebagai pelanggan tetap restoran.
    • Ming dan Siti: Rumah kontrakan baru Ming dekat dengan rumah Pak Lik. Ming memberikan boneka kepada anak Dwi saat Dwi dan anak-anak kabur.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Berbagi Suami diproduksi Kalyana Shira Film yang berkolaborasi dengan rumah produksi asal Perancis, WallWorks. Pekerja film yang terlibat adalah Ipung Rachmat Syaiful sebagai director of photography, Yoga K. Koesprapto sebagai editor, Wencislaus sebagai art director dan Claude Kunetz sebagai co-producer dari WallWorks Perancis.

Sementara untuk album lagu tema, Kalyana Shira Films bekerjasama dengan Aksara Records lewat grup musik Sore dan White Shoes & The Couples Company yang menggarap lagu serta scoring film ini.

Penghargaan dan Piala Citra[sunting | sunting sumber]

Film ini mendapatkan penghargaan Golden Orchid Award sebagai Best Foreign Language Film dalam Festival Film Hawaii, Amerika Serikat dan juga "Movie of the Year"[1] dari Guardians e-Awards pada tahun 2007, berdampingan dengan Nagabonar Jadi 2.

  • FFI 2006 - Pemeran Pembantu Pria Terbaik (El Manik)
  • FFI 2006 - Tata Artistik Terbaik
  • Nominasi Piala Citra - Sutradara
  • Nominasi Piala Citra - Pemeran Utama Wanita (Jajang C Noer, Shanty)
  • Nominasi Piala Citra - Pemeran Pembantu Pria (Ruben Elishama)
  • Nominasi Piala Citra - Pemeran Pembantu Wanita (Ira Maya Sopha, Ria Irawan, Rieke Diah Pitaloka)
  • Nominasi Piala Citra - Skenario Asli
  • Nominasi Piala Citra - Sinematografi
  • Nominasi Piala Citra - Penyunting Gambar

Album lagu tema film[sunting | sunting sumber]

OST. Berbagi Suami adalah album kompilasi yang dirilis di bawah label Aksara Records pada tahun 2006 untuk mengiringi film Berbagi Suami, dengan didukung grup musik indie seperti Sore (grup musik).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]