Switch (seri web)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Switch
Genre
Pembuat
Pemeran
Lagu penutupJaz – "Dari Mata"
Penata musikRooftopsound
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. musim1
Jmlh. episode13 (daftar episode)
Produksi
ProduserBayu Pontiagust
SinematografiMayk Wongkar
Juru animasiErickson Siregar
PenyuntingBernardes Salvano
Pengaturan kameraMulti-kamera
Durasi20–30 menit
Rumah produksiKalyana Shira Films
Rilis asli
JaringanViu
Format gambar1080p
Rilis14 Agustus (2017-08-14) –
02 November 2017 (2017-11-02)

Switch adalah seri web Indonesia tahun 2017 yang dibuat oleh Nia Dinata bersama Lucky Kuswandi sebagai Viu Original pertama Indonesia. Serial produksi Kalyana Shira Films ini disutradarai oleh Nia Dinata untuk satu episode pilot dan dilanjutkan oleh Pritagita Arianegara. Serial ini dibintangi oleh Tatyana Akman, Karina Salim, dan Morgan Oey sebagai pemeran utama. Switch tayang perdana pada 14 Agustus 2017 di Viu dengan episode baru setiap hari Kamis hingga 2 November 2017 dengan total tiga belas episode.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Emma dan Febby yang memiliki sifat berbeda satu sama lain bekerja sama mendirikan sebuah bioskop alternatif bernama CineSpace. Hingga pada satu malam, sebuah kejadian memaksa mereka untuk menginap di bioskop. Pagi harinya, tubuh mereka tertukar satu sama lain. Kejadian ini memaksa mereka untuk beradaptasi dalam menjalani kehidupan. Emma yang pendiam dengan raga Febby harus mendekati Richard, seorang barista yang ditaksir oleh Febby. Sedangkan Febby dengan raga Emma diharuskan menjalani tes beasiswa serta melakukan pekerjaan Emma yang tidak ia kuasai.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Karina Salim sebagai Emma, pecinta film yang memiliki bioskop alternatif CineSpace. Seorang pendiam yang nantinya bertukar tubuh dengan temannya, Febby
  • Tatyana Akman sebagai Febby, teman Emma dalam menjalankan CineSpace. Gemar tebar pesona dan menyukai Richard di awal, nantinya bertukar tubuh dengan Emma
  • Morgan Oey sebagai Richard, barista di kafe dekat CineSpace yang sebelumnya tinggal di Amerika Serikat
  • Baskoro Adi Wuryanto sebagai Dzikri, dosen dan pengulas film Indonesia yang menyukai Emma dan sering mengunjungi CineSpace
  • Imam Wahyudi sebagai Pak Sur, karyawan CineSpace

Berulang[sunting | sunting sumber]

  • Dina Aryati sebagai Ibu Emma
  • Vincent Tio sebagai Kevin, kakak Richard yang memiliki kafe dekat CineSpace
  • Asmara Abigail sebagai Alexa, mantan kekasih Richard di Amerika Serikat
  • Adella Fauzi sebagai Guru yoga

Bintang tamu[sunting | sunting sumber]

  • Servita Utami sebagai Ibu Febby (Hanya suara; episode 1 dan 2)/Resepsionis (episode 4)
  • Pritagita Arianegara sebagai Pritagita Arianegara, sutradara film Salawaku (episode 3 dan 5)
  • Nia Dinata sebagai Nia Dinata, juri Beasiswa Film (episode 4)
  • Joko Anwar sebagai Joko Anwar, juri Beasiswa Film (episode 4)
  • Nazyra C. Noer sebagai Nazyra C. Noer, juri Beasiswa Film (episode 4)
  • Robby Ertanto sebagai Penonton (episode 1) dan Figuran (episode 13)
  • Lucky Kuswandi sebagai Figuran (episode 13)

Episode[sunting | sunting sumber]

No.SutradaraPenulis skenarioTanggal rilis asli
1Nia DinataLucky Kuswandi & Nia Dinata14 Agustus 2017 (2017-08-14)

Emma dan Febby, dua orang teman yang memiliki sifat berbeda mengelola sebuah bioskop alternatif bernama CineSpace. Emma yang pendiam dan mencintai film bertugas mengerjakan sisi teknis, sedangkan Febby yang mempunyai sifat suka tebar peson bertugas di penerimaan tamu. Mereka berdua masih single walau Febby dengan pesonanya banyak disukai pria dan Emma yang disukai oleh seorang dosen film yang sama-sama menggemari film. Mereka kemudian berkenalan dengan Richard, barista di kedai kopi dekat CineSpace yang baru pulang dari Amerika Serikat. Pesonanya membuat Febby menyukainya. Malam itu, Emma dan Febby terpaksa menginap di CineSpace akibat demo besar di Jakarta. Pagi harinya, sebuah keanehan terjadi. Tubuh Emma dan Febby bertukar satu sama lain.


Penampilan tamu: Robby Ertanto sebagai Penonton
2Pritagita ArianegaraLucky Kuswandi & Nia Dinata17 Agustus 2017 (2017-08-17)
Kejadian pertukaran tubuh malam hari itu membuat Emma dan Febby panik. Walau begitu, mereka memutuskan untuk merahasiakan kejadian itu supaya tidak menimbulkan kepanikan di orang-orang sekitar. Emma yang pendiam harus mengerjakan tugas-tugas Febby dimana memaksa ia bertemu orang banyak, begitupun Febby yang harus mengerjakan tugas teknis yang tidak ia kuasai. Sembari itu, mereka terus mencari cara untuk kembali ke tubuh masing-masing, salah satunya bertemu seorang guru yoga.
3Pritagita ArianegaraLucky Kuswandi & Nia Dinata24 Agustus 2017 (2017-08-24)

Febby dan Emma menemui guru yoga untuk menanyakan solusi atas kejadian pertukaran tubuh yang mereka alami. Namun, guru yoga tersebut menyarankan mereka untuk menunggu dan menjalankan peran sesuai raga masing-masing. Di tengah itu, Richard menunjukkan ketertarikannya pada Febby tanpa ia ketahui bahwa jiwa dalam tubuh tersebut adalah Emma. Febby yang sejak awal tertarik pada Richard meminta Emma untuk terus mendekati Richard dengan tubuhnya.


Penampilan tamu: Pritagita Arianegara sebagai Sutradara film Salawaku (diri sendiri)
4Pritagita ArianegaraLucky Kuswandi & Nia Dinata31 Agustus 2017 (2017-08-31)

Febby dengan tubuh Emma harus melaksanakan wawancara beasiswa kuliah film ke Korea Selatan seperti yang telah diimpikan Emma sejak lama. Febby (jiwa Emma) yang ragu atas kemampuan temannya memaksa ia untuk menghafal seluruh jawaban. Namun, untuk mentaati perintahnya, Emma (jiwa Febby) meminta Febby (jiwa Emma) untuk terus mendekati Richard dengan sebuah kencan. Wawancara tersebut tanpa diduga berhasil dilalui Emma (jiwa Febby) dengan baik, walau awalnya cukup berantakan.


Penampilan tamu: Joko Anwar, Nia Dinata, Nazyra C. Noer sebagai Juri Beasiswa
5Pritagita ArianegaraLucky Kuswandi & Nia Dinata7 September 2017 (2017-09-07)

Ditengah hubungan Febby (jiwa Emma) dengan Richard yang semakin dekat, Alexa mantan Richard saat di Amerika Serikat datang untuk meminta Richard balikan. Emma (jiwa Febby) terus mendesak Febby (jiwa Emma) untuk berhati-hati atas niat Alexa. Terlebih ketika Alexa datang mengunjungi CineSpace dan membuat keributan pasca penayangan film.


Penampilan tamu: Pritagita Arianegara sebagai Sutradara film Salawaku (diri sendiri)
6Pritagita ArianegaraLucky Kuswandi, Nia Dinata, Isyana Artharini, Miftahul Jannah, Hestin Nurindah Lestari, Nadya Ratu Santoso, Reinhard Samuel Maychaelson14 September 2017 (2017-09-14)
Emma dan Febby semakin curiga atas tujuan Alexa. Richard datang untuk minta maaf atas keributan di CineSpace semalam. Kemudian, Febby (jiwa Emma) dan Richard terus menjalin hubungan yang semakin lama semakin dekat. Di samping itu, Pak Sur mulai menaruh kecurigaan terhadap Emma dan Febby. Ia menyelidiki secara diam-diam terkait keahlian masing-masing yang cukup membuktikan bahwa jiwa mereka tertukar.
7Pritagita ArianegaraLucky Kuswandi, Nia Dinata, Isyana Artharini, Miftahul Jannah, Hestin Nurindah Lestari, Nadya Ratu Santoso, Reinhard Samuel Maychaelson21 September 2017 (2017-09-21)
Alexa menawarkan endore pada Emma (jiwa Febby) yang kemudian tawaran tersebut ia terima. Saat pemotretan, Alexa membocorkan rahasia Rihcard bahwa ia dulunya ketergantungan obat akibat kematian ibunya. Ia juga memberitahu bahwa dirinya dan Richard baru putus di malam setelah keributan di CineSpace. Di samping itu, Richard dan Febby (jiwa Emma) sudah resmi sebagai kekasih.
8Pritagita ArianegaraIsyana Artharini, Miftahul Jannah, Hestin Nurindah Lestari, Nadya Ratu Santoso, Reinhard Samuel Maychaelson28 September 2017 (2017-09-28)
Momen jadian Febby (jiwa Emma) dengan Richard diketahui oleh Emma (jiwa Febby). Rahasia yang dimiliki Richard membuat ia ragu akan keputusannya untuk meminta Febby (jiwa Emma) mendekati Richard dan memintanya untuk berhenti. Namun, hubungan antara Febby (jiwa Emma) dan Richard sudah terlalu dalam. Alexa terus memanasi Emma (jiwa Febby) agar meminta Febby (jiwa Emma) menjauh dari Richard. Bahkan ia membuat tuduhan-tuduhan yang membuat Emma (jiwa Febby) takut bila Febby (jiwa Emma) terus bersama Richard dan tubuhnya suatu saat kembali. Hal ini membuat hubugan Febby dan Emma merenggang. Sedangkan, Pak Sur mengaku pada Febby (jiwa Emma) bahwa ia telah mengetahui tentang kejadian pertukaran tubuh tersebut.
9Pritagita ArianegaraLucky Kuswandi, Nia Dinata, Nadya Ratu Santoso5 Oktober 2017 (2017-10-05)
Pertengkaran Febby dan Emma semakin menjadi. Mereka saling membuat satu sama lain panas. Febby (jiwa Emma) yang terus menunjukkan kedekatan dengan Richard membuat Emma (jiwa Febby) memanfaatkan Dzikri untuk membuat Febby (jiwa Emma) panas. Mereka berdua resmi jadian dan menyebarkannya melalui sosial media. Pak Sur kemudian juga mengaku pada Emma (jiwa Febby) bahwa ia telah mengetahui tentang pertukaran tubuh tersebut. Di tengah pertengkaran itu, Emma (jiwa Febby) mendapat kabar bahwa beasiswa Emma ke Korea diterima.
10Pritagita ArianegaraLucky Kuswandi, Nia Dinata, Miftahul Jannah12 Oktober 2017 (2017-10-12)
Pertengkaran Febby dan Emma yang terus berlanjut, membuat Pak Sur, Richard, dan Dzikri merasa terganggu. Pak Sur menjalankan rencana untuk menyelesaikan pertengkaran Febby dan Emma. Ia mengurung mereka berdua dalam CineSpace secara diam-diam. Rencana Pak Sur untuk membuat mereka berbaikan pun berhasil. Namun, gedung CineSpace yang masih terkunci membuat mereka terpaksa kembali menginap di tempat tersebut berdua. Hal yang sama, pagi harinya, mereka telah kembali ke tubuhnya masing-masing.
11Pritagita ArianegaraLucky Kuswandi, Nia Dinata, Isyana Artharini19 Oktober 2017 (2017-10-19)
Pasca kembalinya mereka ke tubuh masing-masing, Emma terus dimintai komitmen oleh Dzikri untuk melangkah ke jenjang serius. Risih dengan hal tersebut, Emma pun mengakhiri status pacarannya dengan Dzikri. Di samping itu, ia juga harus menghadapi kenyataan bahwa Richard semakin dekat dengan Febby, walau Febby terus menuntut kejelasan terkait masa lalu Richard yang ketergantungan obat.
12Pritagita ArianegaraLucky Kuswandi, Nia Dinata, Hestin Nurindah Lestari26 Oktober 2017 (2017-10-26)
Richard merasa familiar dengan kebiasaan dan sifat Emma, sementara ia melihat perubahan sifat yang amat drastis pada diri Febby. Perubahan sifat ini membuat Febby dan Richard sering bertengkar, terutama perihal Febby yang sering membagikan kedekatan mereka ke media sosial. Sementara Emma sedang disibukkan dengan persiapan kuliahnya ke Korea. Ia juga membuka lowongan untuk menggantikan posisinya di CineSpace.
13Pritagita ArianegaraLucky Kuswandi, Nia Dinata, Reinhard Samuel Maychaelson2 November 2017 (2017-11-02)
Menjelang kepergian Emma ke Korea, Pak Sur, Febby, dan Emma menghabiskan hari bersama-sama. Febby juga mengadakan pesta perpisahan untuk Emma. Di tengah pesta, Richard dan Febby mengakhiri hubungan mereka secara baik-baik. Richard kemudian mendekati Emma, walau awalnya Emma tidak mengetahui bahwa Richard dan Febby telah putus. Lalu Dzikri yang sebelumnya patah hati dengan Emma juga bertemu dengan perempuan baru yang kemudian dekat dengannya. Dua tahun setelahnya, Febby telah jadian dengan Kevin, kakak dari Richard yang memiliki sifat kurang lebih sama dengan Febby. Sementara Emma yang baru kembali dari Korea bertemu dengan Richard dan menunjukkan bahwa mereka telah memiliki kedekatan.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Dalam mengembangkan layanannya di Indonesia, Viu memiliki rencana untuk memperbanyak konten lokal dengan memproduksi seri web Viu Original. Seri web Viu Original pertama yang dipersiapkan ini adalah hasil kerjasama produksi dengan Kalyana Shira Films.[1]

Cerita seri web ini ditulis oleh lima orang pemenang ajang Viu Female Story Festival 2017, kompetisi penulisan naskah film tentang kisah perempuan Indonesia yang diadakan dari Maret sampai Mei 2017. Lima episode awal dikerjakan oleh Lucky Kuswandi dan Nia Dinata, lalu tiga episode berikutnya dikerjakan oleh kelima pemenang sebagai ko-penulis. Lima episode terakhir masing-masing dikerjakan secara bergantian, satu episode satu penulis.[2][3]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Seri web ini ditayangkan perdana di layanan video Viu sebagai Viu Original pertama Indonesia pada 14 Agustus 2017, dengan turut menggelar gala premiere di Djakarta Theater XXI.[4] Selain tayang di Indonesia, seri web ini juga ditayangkan di Viu Malaysia.[5] Episode baru serial ini tayang seminggu sekali setiap hari Kamis hingga episode ke-tiga belas pada 2 November 2017.[3] Seri web ini juga ditayangkan di layanan Vidio mulai bulan Oktober 2017.[6]

Pimpinan pemasaran Viu Indonesia, Myra Suraryo mengumumkan bahwa seri web Switch telah ditonton oleh tujuh juta pengguna terhitung pada tanggal 22 November 2017.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yuniar, Nanien (15 Agustus 2017). Sari, Heppy Ratna, ed. ""Switch", drama seri perempuan dari Nia Dinata". Antaranews. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 Mei 2020. Diakses tanggal 15 Januari 2022. 
  2. ^ Mawaddha, Ramdha (16 Juni 2017). "Drama Seri Switch, Libatkan 5 Penulis Muda Indonesia". Bisnis Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Oktober 2017. Diakses tanggal 15 Januari 2022. 
  3. ^ a b Oktaviani, Melati Salamatunnisa (22 Agustus 2017). "SWITCH, Serial Muda-Mudi Masa Kini Dari VIU". Media Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Januari 2022. Diakses tanggal 15 Januari 2022. 
  4. ^ Dante, Valerie (15 Agustus 2017). "Menyimak keseharian millenial yang tak biasa lewat serial 'SWITCH'". Rappler. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Januari 2022. Diakses tanggal 15 Januari 2022. 
  5. ^ Damayanti, Vini (15 Agustus 2017). "SWITCH, Drama Seri Viu Original Indonesia Resmi Dirilis dan Akan Tayang Juga di Malaysia!". Femina. Diakses tanggal 15 Januari 2022. 
  6. ^ Hens, Henry (3 November 2017). "Usai Viu, Giliran Vidio.com Tayangkan Serial Switch". Fimela. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Januari 2022. Diakses tanggal 15 Januari 2022. 
  7. ^ Wirastama, Purba (22 November 2017). "Viu Klaim Serial Switch Raih 7 Juta Penonton". Medcom. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Januari 2022. Diakses tanggal 15 Januari 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]