Daftar layanan Facebook

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari News Feed (Facebook))
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Facebook adalah situs web layanan jaringan sosial yang diluncurkan pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg. Berikut ini adalah daftar fitur perangkat lunak dan teknologi yang dapat ditemukan di situs web Facebook dan aplikasi seluler dan tersedia untuk pengguna situs media sosial.

Struktur Facebook[sunting | sunting sumber]

News Feed[sunting | sunting sumber]

News Feed dan Umpan Berita adalah sistem utama yang digunakan pengguna untuk melihat konten yang diposting di jaringan. Menggunakan metode rahasia (awalnya dikenal sebagai EdgeRank), Facebook memilih beberapa pembaruan untuk ditampilkan kepada pengguna setiap kali mereka mengunjungi feed mereka, dari rata-rata 1.500 pembaruan yang berpotensi dapat mereka terima.[1][2]

Pada tanggal 6 September 2006, Ruchi Sanghvi mengumumkan fitur halaman beranda baru yang disebut Umpan Berita. Awalnya, ketika pengguna masuk ke Facebook, mereka disajikan dengan versi profil mereka yang dapat disesuaikan. Tata letak baru, sebaliknya, membuat halaman beranda alternatif di mana pengguna melihat daftar aktivitas Facebook teman mereka yang terus diperbarui. Umpan Berita menyoroti informasi yang mencakup perubahan profil, acara mendatang, dan ulang tahun, di antara pembaruan lainnya. Ini memungkinkan pelaku spam dan pengguna lain untuk memanipulasi fitur ini dengan membuat acara tidak sah atau memposting ulang tahun palsu untuk menarik perhatian ke profil atau tujuan mereka. News Feed juga menunjukkan percakapan yang terjadi di antara tembok teman pengguna. Bagian integral dari antarmuka Umpan Berita adalah Umpan Mini, aliran berita di halaman profil pengguna yang menampilkan pembaruan tentang pengguna tersebut. Tidak seperti di Umpan Berita, pengguna dapat menghapus acara dari Umpan Mini setelah muncul sehingga tidak lagi terlihat oleh pengunjung profil. Pada tahun 2011 Facebook memperbarui Umpan Berita untuk menampilkan berita utama dan berita terbaru dalam satu umpan, dan opsi untuk menyorot berita untuk menjadikannya berita utama, serta untuk menghapus berita utama. Menanggapi kritik pengguna, Facebook kemudian memperbarui Umpan Berita untuk memungkinkan pengguna melihat berita terbaru terlebih dahulu.

Awalnya, penambahan News Feed ini menimbulkan ketidakpuasan di kalangan pengguna Facebook. Banyak pengguna mengeluh bahwa News Feed terlalu penuh dengan informasi yang berlebihan. Yang lain khawatir bahwa Kabar Berita membuatnya terlalu mudah bagi orang lain untuk melacak aktivitas seperti perubahan dalam status hubungan, acara, dan percakapan dengan pengguna lain. Pelacakan ini sering disebut sebagai "Menguntit Facebook". Menanggapi ketidakpuasan ini, pencipta Mark Zuckerberg mengeluarkan permintaan maaf atas kegagalan situs untuk menyertakan fitur privasi yang dapat disesuaikan yang sesuai. Setelah itu, pengguna dapat mengontrol jenis informasi apa yang dibagikan secara otomatis dengan teman. Saat ini, pengguna mungkin mencegah teman untuk melihat pembaruan tentang beberapa jenis aktivitas pribadi, meskipun acara lain tidak dapat disesuaikan dengan cara ini.

Dengan diperkenalkannya "Facebook Baru" pada awal Februari 2010, muncul desain ulang halaman, beberapa fitur baru, dan perubahan pada News Feed. Pada Umpan pribadi mereka (sekarang terintegrasi dengan Dinding), pengguna diberi opsi untuk menghapus pembaruan dari aplikasi apa pun serta memilih ukuran yang mereka tampilkan di halaman. Selanjutnya, umpan komunitas (berisi tindakan terbaru oleh teman pengguna) berisi opsi untuk langsung memilih apakah akan mendengar lebih banyak atau lebih sedikit tentang teman atau aplikasi tertentu.

Pada 7 Maret 2013, Facebook mengumumkan umpan berita yang didesain ulang.

Teman[sunting | sunting sumber]

"Berteman" dengan seseorang di platform adalah tindakan mengirimkan "permintaan pertemanan" kepada pengguna lain di Facebook. Kedua orang tersebut adalah teman Facebook setelah pihak penerima menerima permintaan pertemanan. Selain menerima permintaan, pengguna memiliki opsi untuk menolak permintaan pertemanan atau menyembunyikannya menggunakan fitur "Jangan Sekarang". Menghapus permintaan pertemanan berarti menghapus permintaan tersebut, tetapi memungkinkan pengirim untuk mengirimnya kembali di masa mendatang. Fitur "Jangan sekarang" menyembunyikan permintaan tetapi tidak menghapusnya, memungkinkan penerima untuk meninjau kembali permintaan tersebut di kemudian hari.

Anda juga bisa menghapus pengguna dari teman-temannya, yang oleh Facebook disebut sebagai "tidak berteman".[3] Banyak pengguna Facebook juga menyebut proses tersebut sebagai "de-friending" (Hapus pertemanan).[4] "Unfriend" (tidak berteman) adalah kata tahun ini New Oxford American Dictionary pada tahun 2009.[5][6] Facebook tidak memberi tahu pengguna jika mereka tidak lagi berteman, tetapi ada skrip yang menyediakan fungsi ini.[7] Ada juga penelitian tentang mengapa pengguna Facebook tidak berteman, yang menemukan bahwa perbedaan, terutama antara usia, dan sedikit persahabatan timbal balik adalah faktor dominan yang berkorelasi dengan tidak berteman, yang semuanya mencerminkan penurunan hubungan dunia fisik.[8]

Profil Facebook juga memiliki fitur privasi lanjutan untuk membatasi konten untuk pengguna tertentu, seperti non-teman atau orang dalam daftar tertentu. Pada satu titik, Facebook telah memperkenalkan "Friend Wheel" untuk memvisualisasikan koneksi yang dimiliki teman pengguna dengan teman lain. Ini dihentikan karena masalah privasi dan perubahan pada API.

Dinding[sunting | sunting sumber]

Dinding adalah ruang profil asli tempat konten pengguna Facebook hingga Desember 2011 ditampilkan. Itu memungkinkan pengeposan pesan, seringkali catatan pendek atau temporal, bagi pengguna untuk melihat sambil menampilkan waktu dan tanggal pesan itu ditulis. Dinding pengguna dapat dilihat oleh siapa saja dengan kemampuan untuk melihat profil lengkapnya, dan kiriman dinding teman muncul di Kabar Berita pengguna. Pada Juli 2007, Facebook mengizinkan pengguna untuk mengirim lampiran ke dinding, sedangkan sebelumnya dinding hanya terbatas pada teks.[9] Pada Mei 2008, The Wall-to-Wall untuk setiap profil dibatasi hanya 40 posting. Facebook kemudian mengizinkan pengguna untuk memasukkan kode HTML dalam kotak yang terpasang di dinding melalui aplikasi seperti Static FBML yang memungkinkan pemasar melacak penggunaan halaman penggemar mereka dengan Google Analytics.

Konsep penandaan dalam pembaruan status, upaya meniru Twitter,[10] mulai 14 September 2009. Ini berarti mencantumkan nama pengguna, merek, acara, atau grup[11] dalam kiriman sedemikian rupa sehingga tertaut ke dinding halaman Facebook yang diberi tag, dan membuat kiriman muncul di umpan berita untuk halaman itu, serta milik teman-teman terpilih.[12] Ini pertama kali dilakukan dengan menggunakan simbol "@" yang diikuti dengan nama orang tersebut. Nanti, ID numerik untuk orang tersebut dapat digunakan. Secara visual, ini ditampilkan dengan teks tebal.[13] Di awal tahun 2011, pemberian tag pada komentar telah ditambahkan.

Selain postingan oleh pengguna lain, Dinding juga menampilkan peristiwa lain yang terjadi pada profil pengguna. Ini termasuk ketika informasi diubah, ketika mereka mengubah gambar profil mereka, dan ketika mereka terhubung dengan orang baru, antara lain.

Dinding telah diganti dengan tata letak profil Garis Waktu, yang diperkenalkan pada Desember 2011.

Linimasa[sunting | sunting sumber]

Pada September 2011, Facebook memperkenalkan "Timeline" di konferensi pengembang, yang dimaksudkan untuk mengubah profil pengguna untuk menampilkan konten berdasarkan tahun, bulan dan tanggal. Foto "Sampul" diperkenalkan, menempati sebagian besar bagian atas halaman, dan tampilan informasi pribadi yang didesain ulang seperti teman, suka, dan foto muncul di sisi kiri, sementara posting cerita muncul di sisi kanan. Desain baru ini memperkenalkan ukuran fleksibel untuk postingan cerita di feed, bersama dengan lokasi dan penempatan foto yang lebih menonjol. Timeline juga mendorong scrolling, dengan terus memuat postingan cerita masa lalu pengguna.[14][15][16] Linimasa mulai diluncurkan secara bertahap kepada pengguna di Selandia Baru mulai 7 Desember 2011,[17] dan secara resmi tersedia untuk semua pengguna di seluruh dunia pada tanggal 15 Desember.[18][19] Pada Januari, peralihan ke Timeline menjadi wajib bagi semua pengguna.[20][21] Pada Februari 2012, Linimasa tersedia untuk Halaman Facebook.[22]

Suka dan Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Tombol "suka" di Facebook

Tombol suka, pertama kali diaktifkan pada 9 Februari 2009,[23] memungkinkan pengguna untuk dengan mudah berinteraksi dengan pembaruan status, komentar, foto, tautan yang dibagikan oleh teman, video, dan iklan. Setelah diklik oleh pengguna, konten yang ditunjuk muncul di News Feed teman pengguna tersebut,[24][25] dan tombol tersebut juga menampilkan jumlah pengguna lain yang menyukai konten tersebut, termasuk daftar lengkap atau sebagian dari pengguna tersebut.[26] Tombol suka diperpanjang ke komentar pada Juni 2010.[27] Setelah pengujian ekstensif[28] dan bertahun-tahun pertanyaan dari publik tentang apakah mereka berniat untuk memasukkan tombol "Tidak Suka",[29] Facebook secara resmi meluncurkan "Tanggapan" kepada pengguna di seluruh dunia pada 24 Februari 2016, memungkinkan pengguna menekan lama tombol suka untuk opsi menggunakan salah satu dari lima emosi yang telah ditentukan, termasuk "Super", "Haha", "Wow" , "Sedih", atau "Marah".[28][30] tanggapan juga diperpanjang hingga komentar pada Mei 2017.[31][32]

Komentar[sunting | sunting sumber]

Untuk menandai ulang tahun ke 30 GIF, Facebook telah memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna menambahkan GIF ke komentar. Fitur yang ditunggu-tunggu ini dapat diakses menggunakan tombol GIF yang terletak di samping alat pilih emoji. Pengguna dapat memilih dari GIF yang tersedia yang bersumber dari mitra GIF Facebook, tetapi tidak dapat mengunggah GIF lainnya.

Pesan dan kotak masuk[sunting | sunting sumber]

Facebook Messenger adalah layanan pesan instan dan aplikasi perangkat lunak. Awalnya dikembangkan sebagai Obrolan Facebook pada tahun 2008,[33] perusahaan mengubah layanan perpesanannya pada tahun 2010,[34] dan kemudian merilis aplikasi mandiri iOS dan Android pada Agustus 2011.[35] Selama bertahun-tahun, Facebook telah merilis aplikasi baru di berbagai sistem operasi yang berbeda,[36][37][38] meluncurkan antarmuka situs web khusus,[39] dan memisahkan fungsionalitas pengiriman pesan dari aplikasi Facebook utama, yang mengharuskan pengguna mengunduh aplikasi mandiri.[40]

Facebook Messenger memungkinkan pengguna Facebook saling mengirim pesan. Melengkapi percakapan biasa, Messenger memungkinkan pengguna melakukan panggilan suara[41] dan video calls[42] keduanya dalam interaksi satu-ke-satu[43] dan dalam percakapan grup.[44] Aplikasi Android-nya memiliki dukungan terintegrasi untuk SMS[45] dan "Chat Heads", yang merupakan ikon foto profil bulat yang muncul di layar terlepas dari aplikasi apa yang dibuka,[46] sementara kedua aplikasi mendukung banyak akun,[47] percakapan dengan enkripsi end-to-end opsional,[48] dan memainkan "Game Instan", yang merupakan game pilihan yang terintegrasi dengan Messenger.[49] Some features, including sending money[50] dan meminta transportasi[51] terbatas di Amerika Serikat.[50] Facebook telah menambahkan "Messenger Day", sebuah fitur yang memungkinkan pengguna berbagi foto dan video dalam format cerita dengan semua teman mereka dengan konten menghilang setelah 24 jam;[52] Tanggapan, yang memungkinkan pengguna mengetuk dan menahan pesan untuk menambahkan reaksi melalui emoji;[53] dan Mentions (sebutan), yang memungkinkan pengguna dalam percakapan grup ketik @ untuk memberikan pemberitahuan kepada pengguna tertentu.[53]

Pada Maret 2015, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan mulai membiarkan bisnis dan pengguna berinteraksi melalui Messenger dengan fitur-fitur seperti melacak pembelian dan menerima pemberitahuan, dan berinteraksi dengan perwakilan layanan pelanggan. Ia juga mengumumkan bahwa pengembang pihak ketiga dapat mengintegrasikan aplikasi mereka ke Messenger, membiarkan pengguna memasuki aplikasi saat berada di dalam Messenger dan secara opsional membagikan detail dari aplikasi ke dalam obrolan.[54] Pada bulan April 2016, memperkenalkan API bagi pengembang untuk membangun chatbots ke Messenger, untuk penggunaan seperti penerbit berita yang membuat bot untuk memberikan berita kepada pengguna melalui layanan,[55] dan pada April 2017, ini mengaktifkan asisten virtual M untuk pengguna di AS, yang memindai obrolan untuk kata kunci dan menyarankan tindakan yang relevan, seperti sistem pembayarannya untuk pengguna yang menyebutkan uang.[56][57] Selain itu, Facebook memperluas penggunaan bot, memasukkan chatbot grup ke Messenger sebagai "Ekstensi Obrolan", menambahkan tab "Penemuan" untuk menemukan bot, dan mengaktifkan kode QR bermerek khusus yang, saat dipindai, membawa pengguna ke bot tertentu.[58]

Pada Agustus 2018, Facebook menghentikan kemampuan pengguna untuk memposting ke Linimasa mereka menggunakan SMS.

Notifikasi[sunting | sunting sumber]

Notifikasi memberi tahu pengguna bahwa ada sesuatu yang telah ditambahkan ke halaman profilnya. Contohnya termasuk: pesan yang dibagikan di dinding pengguna atau komentar pada gambar pengguna atau pada gambar yang sebelumnya dikomentari oleh pengguna. Awalnya, notifikasi untuk acara dibatasi satu per acara; ini akhirnya dikelompokkan berdasarkan kategori. Misalnya, 10 pengguna yang menyukai gambar pengguna sekarang dihitung untuk satu notifikasi, sedangkan pada tahap sebelumnya, ini akan dihitung untuk sepuluh notifikasi terpisah. Jumlah notifikasi dapat diubah di bagian pengaturan, hingga maksimum 99. Ada penghitung notifikasi berwarna merah di bagian atas halaman, yang jika diklik akan menampilkan yang terbaru.

Grup[sunting | sunting sumber]

Papan iklan manusia di Festival Multikultural Nasional mengiklankan Canberra di city News Feed

Grup Facebook dapat dibuat oleh pengguna individu. Grup memungkinkan anggota untuk memposting konten seperti tautan, media, pertanyaan, acara, dokumen yang dapat diedit, dan komentar pada item ini.

Grup digunakan untuk kolaborasi dan memungkinkan diskusi, acara, dan berbagai aktivitas lainnya. Mereka adalah cara yang memungkinkan sejumlah orang berkumpul secara online untuk berbagi informasi dan mendiskusikan topik tertentu. Mereka semakin banyak digunakan oleh klub, perusahaan, dan organisasi sektor publik untuk terlibat dengan pemangku kepentingan, baik itu anggota masyarakat, karyawan, anggota, pengguna jasa, pemegang saham, atau pelanggan. Grup dapat memiliki tiga tingkat pengaturan privasi yang berbeda:

  • "Publik" berarti grup, anggotanya, dan komentar mereka dapat dilihat oleh publik (termasuk non-anggota) tetapi mereka tidak dapat berinteraksi tanpa bergabung.
  • "Pribadi" berarti tidak ada yang dapat dilihat oleh publik kecuali ada anggota yang secara khusus mengundang pengguna lain untuk bergabung dengan grup.[59]

Sebelumnya, pada Oktober 2010, ada grup versi 0 (lawas) dan versi 1 (saat ini).[60] Versi 1 atau grup "baru" dapat berisi nama grup di URL mereka jika alamat email grup ditetapkan. Grup tidak memiliki RSS feed untuk mengekspor dinding atau daftar anggota, seperti yang dimiliki Halaman atau Acara, tetapi pihak ketiga menyediakan layanan tersebut jika grup diatur ke pengaturan privasi "Publik". Semua grup sejak itu telah dimigrasi ke satu desain.[61]

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

acara[sunting | sunting sumber]

Acara Facebook adalah cara anggota memberi tahu teman tentang acara mendatang di komunitas mereka dan mengatur pertemuan sosial. Acara membutuhkan nama acara, jaringan, nama host, jenis acara, waktu mulai, lokasi, dan daftar tamu teman yang diundang. Acara bisa publik atau pribadi. Acara pribadi tidak dapat ditemukan dalam pencarian dan hanya dengan undangan. Orang yang belum diundang tidak dapat melihat deskripsi, Dinding, atau foto acara Pribadi. Mereka juga tidak akan melihat cerita Umpan tentang acara tersebut. Saat menyiapkan acara, pengguna dapat memilih untuk mengizinkan teman mengupload foto atau video. Perhatikan bahwa tidak seperti peristiwa dunia nyata, semua peristiwa diperlakukan sebagai entitas yang terpisah (ketika kenyataannya adalah beberapa peristiwa duduk di dalam peristiwa lain, pergi ke satu peristiwa akan menghalangi peristiwa lain, dan seterusnya).

Pada Februari 2011, Facebook mulai menggunakan mikroformat hCalendar untuk menandai acara, dan mikroformat hCard untuk tempat acara, memungkinkan ekstraksi detail ke kalender atau pemetaan pengguna sendiri aplikasi. Pihak ketiga memfasilitasi acara untuk diekspor dari halaman Facebook ke format iCalendar.[62]

Marketplace[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2007, Facebook memperkenalkan Facebook Marketplace, yang memungkinkan pengguna untuk mengirim iklan baris dalam penjualan, perumahan, dan kategori pekerjaan[63] Namun, fitur tersebut tidak pernah mendapatkan daya tarik, dan pada tahun 2009, kontrol dipindahkan ke Oodle, platform yang mendukung fungsionalitas tersebut. Fitur tersebut akhirnya ditutup pada tahun 2014.[63] Pada bulan Oktober 2016, Facebook mengumumkan Marketplace baru, mengutip pertumbuhan grup Facebook "beli dan jual" yang terorganisir, dan memberikan versi baru keunggulan yang lebih tinggi di aplikasi Facebook utama, mengambil posisi navigasi yang sebelumnya dipegang oleh Facebook Messenger. [63][64]

Menurut data internal Facebook dari 2019, Marketplace dulunya hanya berupa C2C platform tapi sekarang ada yang utama B2C kesempatan bagi pengecer AS. [65]

Notes[sunting | sunting sumber]

Facebook Notes diperkenalkan pada 22 Agustus 2006, sebagai platform blog yang menawarkan kepada pengguna kemampuan untuk menulis catatan, melampirkan foto, dan secara opsional mengimpor entri blog dari sumber eksternal.[66]

Bentuk penggunaan fitur Catatan yang paling dikenal adalah meme Internet "25 Random Things About Me", yang melibatkan penulisan 25 hal tentang pengguna yang belum diketahui oleh teman-temannya dan menggunakan fungsi tag untuk meminta 25 teman melakukan sama. Tren ini menjadi populer pada Februari 2009, dengan The New York Times membahas lonjakannya yang tiba-tiba, mencatat bahwa hampir lima juta catatan dibuat untuk tujuan tersebut, penggandaan penggunaan fitur pada minggu sebelumnya dan lebih besar dari minggu lainnya. dalam sejarah Facebook.[67]

Pada September 2015, fitur Notes mendapat pembaruan, menghadirkan fitur tambahan, seperti menambahkan foto sampul dan caption, kemampuan untuk mengubah ukuran foto, dan opsi format teks.[68]

Places[sunting | sunting sumber]

Facebook mengumumkan Places pada 18 Agustus 2010. Ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna memeriksa Facebook menggunakan perangkat seluler untuk memberi tahu teman pengguna di mana mereka berada saat ini.[69]

Pada November 2010, Facebook mengumumkan "Deals", bagian dari penawaran Places, yang memungkinkan pengguna untuk check-in dari restoran, supermarket, bar, dan kedai kopi menggunakan aplikasi di perangkat seluler dan kemudian mendapatkan diskon, kupon, dan barang dagangan gratis. Fitur ini dipasarkan sebagai versi digital dari kartu loyalitas atau kupon yang memberi hadiah kepada pelanggan atas perilaku pembelian yang setia.[70]

Pada 10 Oktober 2010, Places tersedia juga di BlackBerry,[71] iPhone, dan Android. Pengguna lain, termasuk pengguna Windows Mobile, harus menggunakan HTML5 browser untuk menggunakan Places melalui Facebook Touch Site.[72]

Facebook Places dilaporkan telah dihentikan pada 24 Agustus 2011,[73] tetapi diluncurkan kembali pada November 2014, sekarang termasuk gambar sampul, bagian penemuan, halaman landing kota / kategori, integrasi yang lebih dalam dengan API Lokasi, kueri Penelusuran Grafik, dan konten buatan pengguna.[74]

Platform[sunting | sunting sumber]

Platform Facebook menyediakan seperangkat API dan alat yang memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk berintegrasi dengan "grafik terbuka", baik melalui aplikasi di Facebook.com atau situs web dan perangkat eksternal. Diluncurkan pada 24 Mei 2007, Platform Facebook telah berkembang dari memungkinkan pengembangan hanya di Facebook.com menjadi yang juga mendukung integrasi di seluruh web dan perangkat.

Statistik Platform Facebook per Mei 2010:

  • Lebih dari satu juta pengembang dan pengusaha dari lebih dari 180 negara
  • Lebih dari 550.000 aplikasi aktif saat ini di Platform Facebook
  • Setiap bulan, lebih dari 70% pengguna Facebook terlibat dengan aplikasi Platform
  • Lebih dari 250.000 situs web telah terintegrasi dengan Platform Facebook
  • Lebih dari 100 juta pengguna Facebook terlibat dengan Facebook di situs web eksternal setiap bulan

Pada tanggal 29 Agustus 2007, Facebook mengubah cara mengukur popularitas aplikasi, untuk memberikan perhatian pada aplikasi yang lebih menarik, menyusul kritik bahwa peringkat aplikasi hanya berdasarkan jumlah orang yang telah menginstal aplikasi memberikan keuntungan bagi yang sangat viral, namun aplikasi tidak berguna. Blog teknologi Valleywag telah mengkritik Aplikasi Facebook, melabelinya sebagai "tumpah ruahnya ketidakbergunaan". Yang lain menyerukan untuk membatasi aplikasi pihak ketiga sehingga "pengalaman pengguna" Facebook tidak menurun.

Terutama mencoba membuat aplikasi viral adalah metode yang telah digunakan oleh banyak pengembang aplikasi Facebook. Universitas Stanford bahkan menawarkan kelas pada musim gugur 2007, berjudul, Ilmu Komputer (CS) 377W: "Membuat Aplikasi Web yang Menarik Menggunakan Metrik dan Pembelajaran di Facebook". Banyak aplikasi yang dibuat oleh kelas tersebut sangat sukses, dan berada di antara aplikasi Facebook teratas, dengan beberapa mencapai lebih dari 3,5 juta pengguna dalam sebulan.

Facebook Questions[sunting | sunting sumber]

Pada Mei 2010, Facebook mulai menguji Questions, yang diharapkan dapat bersaing dengan layanan seperti Yahoo! Answers.[75]

Pada tanggal 24 Maret 2011, Facebook mengumumkan bahwa produk barunya, Pertanyaan Facebook, memfasilitasi jawaban pendek seperti jajak pendapat selain tanggapan jangka panjang, dan juga menautkan langsung ke item yang relevan di direktori "halaman penggemar" Facebook.[76]

Foto[sunting | sunting sumber]

Facebook memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto, dan menambahkannya ke album. Pada bulan Desember 2010, perusahaan mengaktifkan teknologi pengenalan wajah, membantu pengguna mengidentifikasi orang untuk diberi tag di foto yang diupload.[77] Pada Mei 2011, Facebook meluncurkan fitur untuk menandai halaman Facebook tertentu di foto, termasuk merek, produk, dan perusahaan.[78] Di perangkat seluler, Facebook memperkenalkan filter foto pada Agustus 2011.[79]

Pada Mei 2016, Facebook mulai mengizinkan pengguna untuk mengunggah dan melihat foto 360 derajat. Pengguna seluler akan menggerakkan perangkatnya untuk menavigasi lingkungan, sementara pengguna situs web harus mengeklik dan menyeret.[80][81]

Menurut Facebook pada 2010, ada lebih dari 50 miliar foto disimpan di layanan tersebut.[82]

Video[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Mei 2007, Facebook secara resmi meluncurkan platform videonya, yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah video yang direkam atau video streaming langsung dari webcam mereka. Layanan ini mendukung kemampuan untuk "menandai" teman dengan cara yang mirip dengan foto.[83] Pada bulan Desember 2014, Facebook mulai meluncurkan fungsionalitas untuk Halaman bisnis untuk menyematkan ("Fitur") video ke bagian atas tab Video mereka.[84]

Pada Januari 2015, Facebook menerbitkan laporan yang merinci pertumbuhan signifikan dalam penayangan video di platform, secara khusus menyoroti fakta bahwa Facebook telah melihat rata-rata satu miliar penayangan video setiap hari sejak Juni 2014.[85]

Pada September 2015, Facebook mengumumkan akan mulai menampilkan jumlah penayangan video yang diposting secara publik.[86] Beberapa minggu kemudian, perusahaan mengumumkan bahwa pengguna akan dapat melihat video 360 derajat. Di situs web, pengguna dapat mengeklik untuk mengubah perspektif, sedangkan pengguna seluler dapat secara fisik menggerakkan perangkat mereka untuk berinteraksi dengan ruang virtual. Hasilnya adalah kerja sama antara Facebook dan divisi Oculus.[87][88][89]

Streaming Langsung[sunting | sunting sumber]

Pada Agustus 2015, Facebook mulai mengizinkan pengguna untuk video Streaming langsung. Aliran muncul di News Feed, dan pengguna dapat mengomentarinya secara waktu nyata. Siaran langsung secara otomatis disimpan sebagai posting video ke halaman streamer. Fitur tersebut diposisikan sebagai pesaing layanan seperti Meerkat dan Periscope.[90][91]

Fitur ini awalnya hanya tersedia untuk figur publik yang diverifikasi melalui aplikasi Facebook Mentions (yang juga eksklusif untuk pengguna ini).[90][92] Streaming langsung mulai diluncurkan untuk penggunaan publik pada Januari 2016, dimulai dengan aplikasi Facebook iOS di Amerika Serikat.[93][94]

Pada April 2016, Facebook meluncurkan live-streaming API, yang bertujuan untuk memungkinkan pengembang menggunakan perangkat apa pun, termasuk kamera video profesional dan drone, untuk diintegrasikan dengan live- platform streaming video.[95][96] Facebook juga memperbarui aplikasi selulernya untuk menyediakan bagian khusus untuk menampilkan siaran langsung terkini dan terkini.[97] Untuk mendorong penerapannya, Facebook memberikan insentif kepada penerbit dan selebriti untuk melakukan siaran langsung, termasuk hadiah uang.[98][99]

Pada Maret 2017, Facebook memperluas dukungan streaming langsung ke PC.[100][101] Pada bulan Mei, Facebook Live diperbarui di iOS untuk memungkinkan dua pengguna melakukan streaming langsung bersama,[102] dan bulan berikutnya, Facebook menambahkan dukungan untuk Caption penutup untuk video langsung. Ini terbatas pada standar CEA-608, perbedaan penting dari teks tertutup otomatis yang tersedia untuk video Halaman yang direkam dan kemudian diunggah, karena kesulitan dalam mengadaptasi standar yang sama pada skala di real-latensi rendah real- sifat waktu untuk konten langsung.[103][104]

Pada akhir 2017, Facebook Live diperbarui untuk menawarkan dukungan untuk streaming langsung game Facebook Messenger.[105][106]

Penggunaan kontroversial[sunting | sunting sumber]

Facebook Live digunakan oleh para pelaku insiden penyiksaan Chicago 2017, di mana empat orang dewasa muda berkulit hitam menculik dan menyiksa seorang pria kulit putih cacat mental.[107] Keempatnya didakwa dengan kejahatan rasial.[108] Facebook Live juga digunakan oleh pelaku penembakan di masjid Christchurch di Christchurch, Selandia Baru untuk menyiarkan serangan di Masjid Al Noor dan Linwood Islamic Center, yang menewaskan 51 orang dan melukai 50 lainnya. Video ini telah ditonton lebih dari 4.000 kali dan 200 orang menontonnya secara langsung.[109][110] Because of this, Facebook announced it would be considering restrictions on the service.[111] Layanan tersebut juga digunakan untuk menyiarkan penyanderaan dalam penembakan Nakhon Ratchasima.[112]

Facebook Paper[sunting | sunting sumber]

Pada minggu yang sama dengan ulang tahun kesepuluh, Facebook meluncurkan aplikasi Paper iPhone. Aplikasi ini terdiri dari dua fitur utama: Pertama, News Feed Facebook lebih grafis, karena aplikasi menggunakan teknologi seperti foto layar penuh dan cuplikan video. Konten diatur di bawah judul seperti "Pembuat" dan "Planet"; kedua, Paper memungkinkan pengguna untuk mengirim status, foto, dan "cerita" ke Facebook yang telah dijelaskan sebagai desain yang berbeda dan lebih berfokus pada presentasi.[113]

Facebook Mentions[sunting | sunting sumber]

Facebook Mentions, awalnya merupakan aplikasi khusus iOS, dirilis oleh perusahaan pada tahun 2014. Aplikasi ini memungkinkan tokoh masyarakat dengan akun terverifikasi untuk terlibat dengan basis penggemar masing-masing dalam pengalaman yang lebih terkonsentrasi.[114][115] Aplikasi tersebut telah diuji dengan selebriti terpilih selama hampir setahun sebelum diluncurkan.[116] Pada September 2015, Facebook memperluas ketersediaan aplikasi Sebutan untuk jurnalis dan halaman terverifikasi lainnya, dan juga memberi pengguna aplikasi kemampuan untuk memposting secara eksklusif ke pengikut Facebook mereka daripada pengikut dan teman. Pembaruan juga mengaktifkan fungsi streaming langsung pertama melalui Facebook Live.[117] Facebook Mentions tersedia di Android pada Januari 2016.[118][119] Pada bulan Desember 2016, Facebook Live on Mentions menerima beberapa pembaruan, termasuk alat moderasi komentar, kustomisasi tampilan siaran, dan fitur pengeditan untuk menghapus rekaman yang tidak perlu di awal atau akhir siaran.[120][121][122]

Facebook Moments[sunting | sunting sumber]

Facebook Moments adalah aplikasi berbagi foto pribadi yang diluncurkan oleh Facebook pada 2015 tetapi dihentikan pada 25 Februari 2019.[123] Aplikasi ini didukung oleh teknologi pengenalan wajah Facebook untuk mengelompokkan foto dan memungkinkan pengguna membagikannya dengan mudah.[124]

Facebook Gaming[sunting | sunting sumber]

Pada 2018, Facebook meluncurkan Facebook Gaming secara resmi pada 1 Juni 2018 dengan kumpulan streamer game termasuk Darkness429, Stonemountain64, ThePoolshark, and Alodia Gosiengfiao.[125][126][127]

Facebook Gaming atau fb.gg adalah pandangan Facebook tentang streaming langsung game tempat gamer dan penggemar berinteraksi. Facebook meluncurkannya sebagai tab di aplikasi Facebook dan aplikasi mandiri.[128] Ini juga memiliki fitur Hadiah Dalam-aliran di mana pemirsa diberikan hadiah dalam game sambil menonton streaming dengan Mobile Legends: Bang Bang sebagai bagian dari perintis fitur seperti yang disebutkan oleh Jack Li, seorang Facebook Gaming perwakilannya, pada Moonton Epicon yang diadakan pada 18 Juli 2019 lalu.[129] Layanan ini menjadi sukses di Asia Tenggara dan telah menghasilkan selebriti internet seperti ChooxTv di Filipina.[130] Itu telah menjadi mitra streaming resmi untuk MSC 2019 dan acara esports Mobile Legends lainnya. Setelah pesaingnya Youtube gaming menjadi partner resmi untuk Kejuaraan Dunia M1 Mobile Legends: Bang Bang, IGN SEA melaporkan dalam sebuah artikel yang sekarang telah dihapus bahwa Facebook Gaming tidak mengizinkan streamernya untuk pergi ke acara tersebut.[131][132]

Pada tahun 2019, Jeremy "DisguisedToast" Wang masuk ke Facebook Gaming sebagai langkah mengejutkan dari Twitch.[133] Segera setelah itu, Facebook menandatangani Super Smash Bros. bintang streamer Gonzalo "ZeRo" Barrios.[134]

Pada tanggal 18 Februari 2020, Ronda Rousey melakukan streaming langsung pertamanya di Facebook Gaming, mengumumkan bahwa dia akan melakukan streaming sekali seminggu. Rincian kontraknya tidak diungkapkan.[135]

Pada 20 April 2020, Facebook meluncurkan aplikasi gimnya ke lebih banyak negara. Aplikasi ini sebenarnya rencananya rilis pada Juni 2020, namun dirilis lebih awal setelah melihat permintaan komunitas.[136][137]

Pada 22 Juni 2020, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan layanan streaming Mixer, dan mengalihkan pengguna (termasuk streamer yang bermitra) ke Facebook Gaming. Sebagai gantinya, akan ada integrasi dengan Facebook Gaming dan layanan xCloud cloud gaming Microsoft yang akan datang.[138]

Fitur umum[sunting | sunting sumber]

Teks/jenis dinamis Facebook[sunting | sunting sumber]

Pada November 2015, Facebook membuat perubahan pada pembaruan status hanya teks di Timeline untuk memungkinkan ukuran teks yang dapat disesuaikan (teks dinamis) pada aplikasi seluler.[139]

Kredit[sunting | sunting sumber]

Facebook Kredit adalah mata uang virtual yang dapat digunakan pengguna untuk membeli hadiah, dan barang virtual di banyak game dan aplikasi di platform Facebook. Mulai Juli 2010, pengguna Facebook dapat membeli kredit Facebook dalam Dolar Australia, Pound sterling, Dolar Kanada, peso Chili, peso Kolombia, Krone Denmark, Euro, dolar Hong Kong, yen Jepang, krone Norwegia, krona Swedia, franc Swiss, Turki lira, Dolar Amerika Serikat, dan Bolivar Venezuela. Kredit Facebook dapat digunakan di banyak game populer seperti Happy Aquarium, Happy Island, Zoo Paradise, Happy Pets, Hello City, It Girl, FarmVille, dan Mafia Wars.[140]

Fitur Ponsel[sunting | sunting sumber]

Meskipun seperti semua aplikasi situs web lainnya, Facebook hadir di smartphone seperti yang disebutkan tetapi juga hadir untuk ponsel berfitur. Seperti yang dikatakan perusahaan bahwa ponsel berfitur mendominasi pasar ponsel Amerika, maka sebuah aplikasi juga dibuat secara eksklusif untuk tujuan ini.[141]

Mesin Pencari Grafik[sunting | sunting sumber]

Dirilis pada Juli 2013, Mesin pencari Grafik memungkinkan pengguna menelusuri dalam jaringan teman mereka untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan bahasa alami seperti, "Film yang disukai teman saya yang The Hobbit disukai" dan menerima jawaban langsung, bukan daftar situs web yang biasanya disediakan mesin pencari.[142][143]

IPv6[sunting | sunting sumber]

Menurut laporan bulan Juni 2010 oleh Network World, Facebook mengatakan bahwa mereka menawarkan dukungan "eksperimental, non-produksi" untuk IPv6, peningkatan yang telah lama diantisipasi ke protokol komunikasi. Berita tentang dukungan IPv6 Facebook diharapkan; Facebook mengatakan kepada 'Network World' pada Februari 2010, bahwa mereka berencana untuk mendukung permintaan pengguna IPv6 asli "pada pertengahan tahun ini".[144]

Dalam presentasi di Google IPv6 Implementors Conference, insinyur jaringan Facebook mengatakan "mudah membuat situs tersedia di v6". Facebook mengatakan telah menyebarkan dukungan IPv4 dan IPv6 tumpukan ganda pada routernya, dan tidak membuat perubahan pada hostnya untuk mendukung IPv6. Facebook juga mengatakan pihaknya mendukung mekanisme enkapsulasi yang muncul yang dikenal sebagai Locator/Identifier Separation Protocol (LISP), yang memisahkan alamat Internet dari pengidentifikasi titik akhir untuk meningkatkan skalabilitas penerapan IPv6. "Facebook adalah situs Web besar pertama di LISP (v4 dan v6)", kata insinyur Facebook selama presentasi mereka.[butuh rujukan] Facebook mengatakan bahwa menggunakan LISP memungkinkan mereka untuk menyebarkan layanan IPv6 dengan cepat tanpa biaya tambahan. Layanan IPv6 Facebook tersedia di www.v6.facebook.com m.v6.facebook.com, www.lisp6.facebook.com and m.lisp6.facebook.com.[144] Selain itu, Facebook mengaktifkan IPv6 pada nama domain utamanya selama World IPv6 Launch.

Dengarkan dengan Teman[sunting | sunting sumber]

Dengarkan dengan Teman memungkinkan pengguna Facebook mendengarkan musik dan mendiskusikan lagu menggunakan Obrolan Facebook dengan teman secara bersamaan. Pengguna juga dapat mendengarkan dalam satu grup sementara satu teman bertindak sebagai DJ. Hingga 50 teman dapat mendengarkan lagu yang sama pada waktu yang sama, dan mengobrol tentangnya. Setiap kali pengguna mulai mendengarkan musik dengan seorang teman, sebuah "cerita akan diposting ke / teman-temannya" ticker dan / atau feed berita. Pengguna akan memiliki kendali atas siapa yang dapat melihat ketika mereka mendengarkan dengan seorang teman melalui halaman Pengaturan Aplikasi mereka setelah menginstal aplikasi musik yang kompatibel.[145] Fitur ini awalnya didukung melalui Audizer.com, tetapi mulai Agustus 2012, layanan dihentikan dan halaman pembuka Facebook / Audizer telah dialihkan ke Facebook.com.[146]

Mood faces[sunting | sunting sumber]

Facebook chat mendukung banyak emotikon, seperti (^^^) untuk hiu. Baru-baru ini, Anda juga dapat memposting gambar animasi yang lebih besar melalui sistem emosi bawaan Facebook.

  • Pada suatu waktu, memasukkan Kode Konami diikuti dengan Enter di beranda menyebabkan serangkaian lingkaran bergaya pijar lensa ditampilkan saat mengklik, mengetik, atau menggulir.[147]
  • Menanyakan "bagaimana babby terbentuk?" dengan fitur Pertanyaan yang dirilis 23 September 2010, akan Rickroll pengguna.
  • Seorang pengguna dapat mengubah bahasanya menjadi Leet Speak, bahasa Pirate, dan bahasa Inggris terbalik.
  • Memasukkan @[x:y] menyelesaikan nama pengguna, di mana x adalah positif integer dan y adalah 0 atau 1. Misalnya, @[4:0] memutuskan "Mark Zuckerberg".

Ponsel[sunting | sunting sumber]

Pada sebuah acara di bulan April 2013, Mark Zuckerberg mengumumkan fitur "Rumah" berbasis Android baru, yang akan menampilkan konten dari halaman Facebook pengguna di halaman beranda ponsel mereka, tanpa harus membuka aplikasi.[148]

Colekan dan Salam [sunting | sunting sumber]

Sejak awal Facebook, pengguna memiliki kemampuan untuk "mencolek" pengguna lain. Fitur tersebut, tujuan sebenarnya tidak pernah dijelaskan secara resmi oleh perusahaan, berfungsi sebagai cara cepat untuk menarik perhatian pengguna lain.[149] Dalam artikel opini tahun 2007 di The Guardian, Facebook menjelaskan pertanyaan tentang "mencolek" bahwa "Saat kami membuat mencolek, kami pikir akan keren jika memiliki fitur tanpa tujuan tertentu. ...Orang-orang menafsirkan poke dengan berbagai cara, dan kami mendorong Anda untuk menemukan arti Anda sendiri. "[150] Fitur tersebut tidak pernah dihapus dari Facebook; pada Desember 2017, perusahaan memberi tombol tersebut penempatan yang jauh lebih menonjol di profil pengguna,[151] bersama dengan bentuk baru interaksi cepat, termasuk "pelukan", "kedipan mata", dan "high-five", semuanya disebut sebagai "Salam".[152]

Integrasi smartphone[sunting | sunting sumber]

Banyak smartphone menawarkan akses ke layanan Facebook baik melalui browser web masing-masing atau melalui aplikasi seluler. Situs web yang kompatibel dengan iPhone diluncurkan pada Agustus 2007, diikuti oleh aplikasi khusus iOS pada Juli 2008.[153] Situs web seluler awal sangat terbatas dalam kumpulan fiturnya, hanya mendapatkan kemampuan untuk mengirim komentar pada akhir 2008, setahun setelah peluncuran.[154] Pada tahun 2009, perusahaan lain telah mengembangkan aplikasi seluler Facebook untuk perangkat Nokia, HTC, LG, Motorola, Samsung, Sony Ericsson, dan Windows Mobile, meskipun sebagian besar basis pengguna Facebook masih menggunakan situs web seluler asli.[154] Selama awal kesuksesan toko aplikasi, Facebook bertaruh pada gagasan halaman web universal daripada sistem operasi tertentu, memilih untuk mempertahankan fokus utamanya pada situs selulernya. CEO Mark Zuckerberg mengatakan Fortune bahwa keputusan seperti itu "mungkin salah satu kesalahan terbesar yang pernah kami buat".[154] Sementara aplikasi mendapat kritik yang signifikan untuk bug software dan crash, Facebook memulai inisiatif "Facebook for Every Phone" pada Januari 2011, merancang aplikasi untuk sejumlah besar ponsel berfitur. Seiring Android dan iOS semakin populer, Facebook mengalihkan fokusnya, membuat aplikasi khusus untuk setiap platform. Namun, Facebook masih belum sepenuhnya yakin, menggunakan solusi "hybrid" dari kode komputasi asli sebagai semacam "bingkai foto" untuk situs web selulernya. Mashable menggambarkannya sebagai "mimpi buruk satu ukuran untuk semua".[154] Pada bulan Oktober 2011, Facebook memperbarui aplikasi iOS-nya dengan dukungan untuk iPad, menambahkan foto yang lebih besar dan mengaktifkan lebih banyak fungsi, termasuk kemampuan untuk mengirim pembaruan status dan foto.[154] Akhirnya, pada tahun 2012, perusahaan meluncurkan kembali aplikasi Android dan iOS-nya, mengutamakan seluler dan menggunakan semua sumber dayanya untuk membuat pengalaman yang dioptimalkan untuk ponsel cerdas, termasuk peningkatan kecepatan yang signifikan.[154] Pada tahun-tahun berikutnya, perusahaan tersebut semakin memperluas rangkaian fitur aplikasinya, mendedikasikan lebih banyak sumber daya dan melihat basis pengguna bergeser dari web seluler ke aplikasinya.[154]

Perusahaan pihak ketiga juga membuat aplikasi Facebook untuk platform mereka. Microsoft mengembangkan aplikasi Facebook untuk platform Windows Phone 7 mereka pada bulan Februari 2012,[155] Nokia menawarkan aplikasi Facebook di Ovi Store untuk Nokia perangkat S60 pada bulan Juni 2009,[156] sementara BlackBerry juga menawarkan aplikasi Facebook untuk platform perangkat lunaknya pada September 2012.[157]

Penggalangan dana[sunting | sunting sumber]

Pada Desember 2013, Facebook mengaktifkan tombol "Donasi" untuk amal dan organisasi nonprofit untuk mengumpulkan uang.[158] Kira-kira dua tahun kemudian, perusahaan merilis fitur penggalangan dana baru, yang secara eksklusif memungkinkan lembaga nonprofit untuk menyiapkan halaman kampanye dan mengumpulkan pembayaran.[159][160] Ini diperluas pada Juni 2016, ketika siapa pun dapat menyiapkan penggalangan dana atas nama organisasi nirlaba,[161] dan diperluas lagi pada Maret 2017 untuk menawarkan kepada pengguna pribadi di Amerika Serikat kemampuan untuk mengumpulkan uang, serta untuk Halaman Facebook untuk menambahkan tombol "Donasi" ke Streaming video Langsung Facebook[162][163] In May, fundraisers were expanded with support for communities and sports teams,[164] dan kemudian, pada bulan September, diperluas secara internasional untuk amal di Eropa.[165]

Pembaruan status[sunting | sunting sumber]

"Pembaruan status" (juga disebut sebagai "status") memungkinkan pengguna memposting pesan untuk dibaca teman mereka. Selanjutnya, teman dapat menanggapi dengan komentar mereka sendiri, serta mengklik tombol "Suka". Pembaruan terbaru pengguna muncul di bagian atas Linimasa/Dinding mereka dan juga dicatat di bagian "Baru Diperbarui" pada daftar teman pengguna. Awalnya, tujuan fitur ini adalah untuk memungkinkan pengguna memberi tahu teman mereka tentang "status" mereka saat ini, termasuk perasaan, keberadaan, atau tindakan, di mana Facebook meminta pembaruan status dengan "Nama Pengguna adalah" ... dan pengguna diisi sisanya. Fitur ini pertama kali tersedia pada September 2006, meskipun pada 13 Desember 2007, persyaratan untuk memulai pembaruan status dengan adalah telah dihapus.[166]

Pembaruan adalah diikuti dengan "Apa yang Anda lakukan sekarang?" pertanyaan pembaruan status; pada Maret 2009, pertanyaannya diubah menjadi "Apa yang Anda pikirkan?"[167] Pada tahun 2009, Facebook menambahkan fitur untuk menandai teman tertentu (atau grup, dll.) Dalam pembaruan status seseorang dengan menambahkan karakter @ sebelum nama mereka, mengubah nama teman menjadi tautan ke profil mereka dan menyertakan pesan di dinding teman. Pemberian tag telah diperbarui untuk mengenali nama teman dengan mengetiknya ke dalam status sementara daftar teman yang namanya cocok dengan huruf yang dimasukkan muncul. Sebagian besar pembaruan yang diposting lucu dan sebagai hasilnya, banyak aplikasi, situs web, dan buku bermunculan untuk membantu pengguna memperbarui milik mereka sendiri.

Berlangganan[sunting | sunting sumber]

Pada September 2011, Facebook meluncurkan tombol "Berlangganan", yang memungkinkan pengguna untuk mengikuti pembaruan publik dari orang-orang tanpa memerlukan koneksi pertemanan Facebook.[168][169] Fitur ini diperluas ke Halaman pada Juli 2012,[170] dan cerita di News Feed pada Agustus 2012.[171]

Ticker[sunting | sunting sumber]

Pada September 2011, Facebook meluncurkan "Ticker", umpan yang terus diperbarui di sisi kanan layar yang menunjukkan aktivitas teman, termasuk "suka", pembaruan status, dan komentar.[172] Umpan tersebut dikritik oleh pengguna karena menawarkan cara yang tenang untuk mengikuti setiap gerakan pengguna, mendorong perusahaan untuk mempertimbangkan untuk menghapusnya dalam desain ulang Maret 2013, meskipun tidak pernah melakukannya.[173] Pada Desember 2017, perusahaan secara resmi mengakhiri fitur "Ticker", meskipun secara diam-diam dan tanpa pengumuman atau penjelasan.[174][175]

Penyingkat URL[sunting | sunting sumber]

Mulai Juni 2009, Facebook mengizinkan pengguna memilih nama pengguna khusus untuk profil mereka, memungkinkan mereka untuk berbagi tautan dengan alamat URL www.facebook.com/username mereka sendiri.[176] Namun, ada batasan nama pengguna yang dapat digunakan, termasuk hanya karakter alfanumerik (AZ, 0–9), panjang lebih dari lima karakter, hanya satu nama pengguna yang unik untuk profil tersebut, dan harus mematuhi Pernyataan Hak Facebook dan Perjanjian tanggung jawab.[177] Desember berikutnya, Facebook meluncurkan penyingkat URL sendiri berdasarkan nama domain FB.me.[178][179]

Akun terverifikasi[sunting | sunting sumber]

TechCrunch melaporkan pada Februari 2012 bahwa Facebook akan memperkenalkan konsep "Akun Terverifikasi", yang menunjukkan halaman resmi untuk tokoh masyarakat. Halaman semacam itu menjadi lebih menonjol dalam daftar saran "Orang yang Berlangganan". Orang dengan nama panggung yang sudah mapan, seperti Stefani Germanotta yang dikenal sebagai Lady Gaga, juga dapat memilih untuk menggunakan nama panggung khusus mereka untuk profil mereka, dengan nama sebenarnya di halaman "Tentang" di profil. Namun pada saat itu, fitur tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda visual yang berbeda dari halaman lain.[180][181] Pada Mei 2013, konsep tersebut diperbarui untuk menyertakan lencana tanda centang biru untuk menyoroti status Terverifikasi akun tersebut.[182][183] Pada bulan Oktober 2015, Facebook memperkenalkan sistem verifikasi "lencana abu-abu" untuk bisnis lokal dengan alamat fisik, dengan warna abu-abu dimaksudkan untuk membedakan dari tanda centang biru tipikal yang ditetapkan untuk selebriti, tokoh masyarakat, tim olahraga, dan organisasi media.[184]

Dukungan hash-tagging[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juni 2013, Facebook memperkenalkan dukungannya untuk hashtag yang dapat diklik untuk membantu pengguna mencari topik yang sedang aktif dibahas di jejaring sosial.[185][186]

Impressum[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2014, beberapa administrator halaman di Italia mulai diminta untuk menambahkan impressionum ke halaman Facebook mereka, yang dideskripsikan sebagai "pernyataan yang diamanatkan secara hukum tentang kepemilikan dan kepenulisan dokumen".[187]

Tor hidden service[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Oktober 2014, Facebook mengumumkan bahwa pengguna dapat terhubung ke situs web melalui Tor hidden service menggunakan Tor browser dan dienkripsi menggunakan SSL.[188][189] Announcing the feature, Facebook engineer Alec Muffett said that "Mengumumkan fitur tersebut, insinyur Facebook Alec Muffett mengatakan bahwa "Alamat bawang Facebook menyediakan cara untuk mengakses Facebook melalui Tor tanpa kehilangan perlindungan kriptografi yang disediakan oleh awan Tor. [...] Ini menyediakan komunikasi ujung ke ujung. , dari browser Anda langsung ke pusat data Facebook."[188][189]

"Say Thanks"[sunting | sunting sumber]

Pada November 2014, Facebook memperkenalkan "Say Thanks", sebuah pengalaman yang memungkinkan pengguna membuat kartu ucapan video yang dipersonalisasi untuk teman-temannya di Facebook.[190]

Call-to-Action button[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Desember 2014, Facebook mengumumkan bahwa Halaman yang dijalankan oleh bisnis dapat menampilkan apa yang disebut "Call-to-Action button" di samping tombol suka halaman. "Call-to-Action" adalah tombol yang dapat disesuaikan yang memungkinkan administrator halaman menambahkan tautan eksternal untuk memudahkan akses pengunjung ke tujuan utama bisnis, dengan opsi mulai dari "Pesan Sekarang", "Hubungi Kami", "Gunakan Aplikasi", "Mainkan Game" , "Belanja Sekarang", "Daftar", dan "Tonton Video".[191] Awalnya hanya diluncurkan di Amerika Serikat, fitur ini diperluas secara internasional pada Februari 2015.[192]

Tunda[sunting | sunting sumber]

Pada September 2017, Facebook mulai menguji tombol "Tunda", yang memungkinkan pengguna berhenti mengikuti teman untuk sementara selama 24 jam, 7 hari, atau 30 hari.[193][194] Pada bulan Desember berikutnya, fitur tersebut diaktifkan untuk semua pengguna, meskipun periode berhenti mengikuti sementara khusus selama 30 hari.[195][196]

"Tahukah Anda?" kuesioner sosial[sunting | sunting sumber]

Menanggapi penurunan penggunaan pembaruan status di Facebook, perusahaan mulai mengaktifkan "Tahukah Anda?" kuesioner sosial pada bulan Desember 2017. Fitur, yang meminta pengguna menjawab pertanyaan yang kemudian dibagikan sebagai pembaruan status, mencakup pertanyaan seperti "Kekuatan super yang paling saya inginkan adalah ...", "Hal pertama yang akan saya lakukan setelah menang lotere adalah ... ", dan" Kenikmatan bersalah yang ingin saya akui adalah ... "[197][198]

Arsip musik Sound Collection[sunting | sunting sumber]

Pada Desember 2017, Facebook mengumumkan "Sound Collection"; arsip soundtrack dan efek audio bebas hak cipta dan pembayaran yang dapat digunakan penggunanya dalam video mereka.[199][200]

Aktivitas Di Luar Facebook[sunting | sunting sumber]

Dalam posting blog 20 Agustus, Chief Privacy Officer Facebook Erin Egan, dan Direktur Manajemen Produk David Baser, mengumumkan "Aktivitas Di Luar Facebook", yang akan dirilis di Irlandia, Korea Selatan, dan Spanyol, sebelum diluncurkan secara global.[201] Egan dan Baser menjelaskan bahwa dengan fitur tersebut, "Anda dapat:

  • Lihat ringkasan informasi yang dikirimkan oleh aplikasi dan situs lain ke Facebook melalui alat bisnis online kami, seperti Facebook Pixel atau Login Facebook
  • Putuskan sambungan informasi ini dari akun Anda jika Anda mau; dan
  • Pilih untuk memutuskan aktivitas di luar Facebook di masa mendatang dari akun Anda. Anda dapat melakukan ini untuk semua aktivitas Anda di luar Facebook, atau hanya untuk aplikasi dan situs web tertentu. "

Postingan blogpost di situs web Rekayasa Facebook mengatakan bahwa, meskipun pengguna dapat "Memilih untuk memutuskan aktivitas di luar Facebook di masa mendatang" dari akun mereka, akan ada jendela 48 jam di mana data dari situs web lain akan tetap ditautkan ke akun tersebut..."[202] During the 48-hour window when incoming off-Facebook data is still linked to your account, "it may be used for measurement purposes and to make improvements to our ads systems".[203]

Keamanan[sunting | sunting sumber]

Pada 12 Mei 2011, Facebook mengumumkan bahwa mereka meluncurkan beberapa fitur keamanan baru yang dirancang untuk melindungi pengguna dari malware dan akun mereka dibajak.[204]

Facebook akan menampilkan peringatan ketika pengguna akan ditipu oleh clickjacking dan serangan skrip lintas situs di mana mereka mengira mereka mengikuti tautan ke berita yang menarik atau mengambil tindakan untuk melihat video dan malah berakhir dengan mengirim spam ke teman-teman mereka.[204]

Facebook juga menawarkan otentikasi dua faktor yang disebut "persetujuan masuk", yang, jika diaktifkan, akan meminta pengguna untuk memasukkan kode setiap kali mereka masuk ke situs dari perangkat baru atau yang tidak dikenal. Kode tersebut dikirim melalui pesan teks ke ponsel pengguna.[204]

Facebook bermitra dengan layanan penjelajahan aman gratis Web of Trust untuk memberi pengguna Facebook lebih banyak informasi tentang situs-situs yang mereka tautkan dari jejaring sosial. Saat pengguna mengklik link yang berpotensi berbahaya, kotak peringatan akan muncul yang memberikan lebih banyak informasi tentang mengapa situs tersebut mungkin berbahaya. Pengguna dapat mengabaikan peringatan tersebut atau kembali ke halaman sebelumnya.[204]

Fitur yang telah dihapus[sunting | sunting sumber]

Email[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Februari 2010, TechCrunch melaporkan bahwa Facebook sedang bekerja untuk menulis ulang layanan perpesanannya untuk mengubahnya menjadi "produk email web berfitur lengkap", yang dijuluki "Proyek Titan".[205] Fitur tersebut, yang secara tidak resmi dijuluki sebagai "Gmail killer" secara internal, diluncurkan pada tanggal 15 November 2010,[206] dan memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara langsung satu sama lain melalui Facebook menggunakan beberapa metode berbeda. Pengguna dapat membuat sendiri "username@facebook.com" alamat email untuk berkomunikasi, menggunakan pesan teks, atau melalui situs web Facebook atau obrolan pesan instan aplikasi seluler. Semua pesan berada dalam satu utas di kotak masuk terpadu.[207] Layanan email dihentikan pada Februari 2014 karena serapannya yang rendah.[208][209]

FBML[sunting | sunting sumber]

Facebook Markup Language (FBML) dianggap sebagai versi HTML Facebook sendiri. Meskipun banyak dari tag HTML dapat digunakan di FBML, ada juga tag penting yang tidak dapat digunakan seperti HTML, HEAD, dan BODY. Selain itu, JavaScript tidak dapat digunakan dengan FBML.

Menurut laman Pengembang Facebook Markup Language (FBML), FBML sekarang sudah tidak digunakan lagi. Tidak ada fitur baru yang akan ditambahkan ke FBML dan pengembang disarankan untuk mengembangkan aplikasi baru yang memanfaatkan HTML, JavaScript dan CSS. Dukungan FBML berakhir 1 Januari 2012, dan FBML tidak lagi berfungsi sejak 1 Juni 2012.

Lite[sunting | sunting sumber]

Pada Agustus 2009, Facebook mengumumkan peluncuran versi "lite" dari situs tersebut, yang dioptimalkan untuk pengguna dengan koneksi Internet yang lambat atau terputus-putus. Facebook Lite menawarkan lebih sedikit layanan, mengecualikan sebagian besar aplikasi pihak ketiga dan membutuhkan lebih sedikit bandwidth[210] Versi beta dari antarmuka slimmed-down dirilis pertama kali untuk penguji yang diundang[211] sebelum peluncuran yang lebih luas di seluruh pengguna di Amerika Serikat, Kanada, dan India.[210] Diumumkan pada tanggal 20 April 2010, bahwa dukungan untuk layanan "ringan" telah berakhir dan bahwa pengguna akan dialihkan kembali ke situs web Facebook dengan konten normal dan lengkap. Layanan itu hanya beroperasi selama delapan bulan.

Pada bulan Juni 2015, fitur ini diperkenalkan kembali sebagai aplikasi dengan ukuran total kurang dari 1MB, terutama berfokus pada pasar di mana akses internet lambat atau terbatas.[212]

Deals[sunting | sunting sumber]

Facebook mengumumkan program percontohan yang disebut Deals, yang menawarkan kupon dan diskon online dari bisnis lokal, di sebuah acara di kantor Palo Alto pada 3 November 2010.[213]

Penawaran diluncurkan pada 25 April 2011, di lima kota - Atlanta, Austin, Dallas, San Diego, dan San Francisco - dengan harapan untuk berkembang. Penawaran baru ini merupakan pesaing langsung situs perdagangan sosial lainnya seperti LivingSocial dan Groupon untuk kupon online dan penawaran-of-the-day. Pengguna Facebook dapat menggunakan Facebook Credits untuk membeli voucher yang dapat ditukar dengan barang dan layanan nyata[214][215]

Penawaran diperluas ke Charlotte, St. Louis dan Minneapolis pada akhir Juni 2011.[216]

Facebook menutup program Deals pada 26 Agustus 2011, mendeskripsikan produk sebagai "tes."[217]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Meyer, Robinson. "Everything We Know About Facebook's Secret Mood Manipulation Experiment". The Atlantic. 
  2. ^ "Facebook for Business". Facebook for Business (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-12-03. 
  3. ^ "How do I unfriend or delete a friend?". Facebook. 
  4. ^ GALANES, PHILIP (May 21, 2009). "De-Friend Me? I Don't Think So". The New York Times. Diakses tanggal Nov 5, 2010. 
  5. ^ "Unfriend" is Oxford Dictionary's Word of the Year mashable.com 2009/11/16
  6. ^ HEUSSNER, KI MAE (Nov 17, 2009). "'Unfriend' or 'Defriend?' Facebook Fans Debate". ABC News. Diakses tanggal Nov 5, 2010. 
  7. ^ "FB Purity v9.0: Deleted Friend Alerts, Friend Whitelist, Chronological Newsfeed Sorting". Nov 14, 2013. Diakses tanggal Nov 24, 2014. 
  8. ^ Quercia, Daniele; Bodaghi, Mansoureh; Crowcroft, Jon (2012). "Loosing "Friends" on Facebook" (PDF). ACM WebSci. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal October 23, 2017. 
  9. ^ Der, Kevin. "Facebook is off-the-wall". Diakses tanggal 2007-07-30. 
  10. ^ Parr, Ben (2009-09-10). "BREAKING: Facebook Introduces @Mentions in Status Updates". Mashable. Diakses tanggal 2013-08-07. 
  11. ^ Ostrow, Adam (2009-09-14). "BREAKING: Facebook's @Mentions Feature Is Live". Mashable. Diakses tanggal 2013-08-07. 
  12. ^ Luck, Carolyn. "How to Tag Someone in a Sentence on Facebook". The Arizona Republic. Demand Media. Diakses tanggal 2013-07-26. 
  13. ^ Gilbert, Jason (2011-12-02). "Facebook Trick Lets You Tag Photos With Any Name You Want To – ANY Name At All". Huffington Post. Diakses tanggal 2013-07-26. 
  14. ^ Schulman, Jacob (September 22, 2011). "Facebook Timeline preview and photos: a personal tour". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal December 7, 2017. 
  15. ^ Messieh, Nancy (December 15, 2011). "New to Facebook's Timeline? This is what you need to know". The Next Web. Diakses tanggal December 7, 2017. 
  16. ^ Constine, Josh (September 23, 2011). "How to Use the Facebook Timeline: A Complete Walk-Through of the Redesigned Profile". Adweek. Beringer Capital. Diakses tanggal December 7, 2017. 
  17. ^ Russell, Jon (December 7, 2011). "Facebook's Timeline is rolling out now, starting in New Zealand". The Next Web. Diakses tanggal December 7, 2017. 
  18. ^ Tsukayama, Hayley (December 15, 2011). "Facebook releases the Timeline for everyone". The Washington Post. Diakses tanggal December 7, 2017. 
  19. ^ Bryant, Martin (December 15, 2011). "Facebook Timeline is now available worldwide". The Next Web. Diakses tanggal December 7, 2017. 
  20. ^ Carey, Amanda (January 25, 2012). "Facebook to Require New Timeline Profile". ABC News. American Broadcasting Company. Diakses tanggal December 7, 2017. 
  21. ^ Fox, Zoe (January 25, 2012). "Ready or not, you're getting Facebook Timeline". CNN. Turner Broadcasting System. Diakses tanggal December 7, 2017. 
  22. ^ Whitney, Lance (February 29, 2012). "Facebook launches Timeline for Pages". CNET. CBS Interactive. Diakses tanggal December 7, 2017. 
  23. ^ Kincaid, Jason (February 9, 2009). "Facebook Activates "Like" Button; FriendFeed Tires Of Sincere Flattery". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal May 31, 2017. 
  24. ^ Mangalindan, JP (April 21, 2015). "Facebook Likes don't go as far as they used to in News Feed update". Mashable. Diakses tanggal May 31, 2017. 
  25. ^ Constine, Josh (September 6, 2016). "How Facebook News Feed Works". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal May 31, 2017. 
  26. ^ "Like and React to Posts". Facebook Help Center. Facebook. Diakses tanggal May 31, 2017. 
  27. ^ Albanesius, Chloe (June 17, 2010). "Facebook Adds Ability to 'Like' Comments". PC Magazine. Ziff Davis. Diakses tanggal May 31, 2017. 
  28. ^ a b Newton, Casey (February 24, 2016). "Facebook rolls out expanded Like button reactions around the world". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal May 31, 2017. 
  29. ^ Johnston, Chris (December 12, 2014). "No dislike button for Facebook, declares Zuckerberg". The Guardian. Guardian Media Group. Diakses tanggal May 31, 2017. 
  30. ^ Stinson, Liz (February 24, 2016). "Facebook Reactions, the Totally Redesigned Like Button, Is Here". Wired. Condé Nast. Diakses tanggal May 31, 2017. 
  31. ^ Garun, Natt (May 3, 2017). "Facebook reactions have now infiltrated comments". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal May 31, 2017. 
  32. ^ Cohen, David (May 3, 2017). "Facebook Just Extended Reactions to Comments". Adweek. Beringer Capital. Diakses tanggal May 31, 2017. 
  33. ^ Hendrickson, Mark (April 6, 2008). "Facebook Chat Launches, For Some". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  34. ^ Siegler, MG (November 15, 2010). "Facebook's Modern Messaging System: Seamless, History, And A Social Inbox". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  35. ^ Kincaid, Jason (August 9, 2011). "Facebook Launches Standalone iPhone/Android Messenger App (And It's Beluga)". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  36. ^ Protalinski, Emil (October 19, 2011). "Facebook Messenger version 1.5 is out: BlackBerry, iOS 5 support". ZDNet. CBS Interactive. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  37. ^ Fingas, Jon (March 4, 2014). "Facebook Messenger arrives for Windows Phone sans voice features". Engadget. AOL. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  38. ^ F., Adnan (July 13, 2015). "Official Facebook Messenger and Instagram apps arrive for Samsung Z1". SamMobile. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  39. ^ Welch, Chris (April 8, 2015). "Facebook launches standalone Messenger for web browsers". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  40. ^ Hamburger, Ellis (April 9, 2014). "Facebook will turn off messaging in its mobile app, forcing you to download Messenger". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  41. ^ Hamburger, Ellis (January 16, 2013). "Facebook launches free calling for all iPhone users in the US". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  42. ^ Constine, Josh (April 27, 2015). "Facebook Messenger Launches Free VOIP Video Calls Over Cellular And Wi-Fi". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  43. ^ King, Hope (April 27, 2015). "Facebook Messenger now lets you make video calls". CNN. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  44. ^ Statt, Nick (December 19, 2016). "Facebook Messenger now lets you video chat with up to 50 people". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  45. ^ Arthur, Charles (December 4, 2012). "Facebook turns Messenger into a text message killer". The Guardian. Guardian Media Group. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  46. ^ "Chat Heads come to Facebook Messenger for Android". The Verge. Vox Media. April 12, 2013. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  47. ^ Perez, Sarah (February 11, 2016). "Facebook Tests SMS Integration In Messenger, Launches Support For Multiple Accounts". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  48. ^ Greenberg, Andy (October 4, 2016). "You Can All Finally Encrypt Facebook Messenger, So Do It". Wired. Condé Nast. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  49. ^ Constine, Josh (November 29, 2016). "Facebook Messenger launches Instant Games". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  50. ^ a b Constine, Josh (March 17, 2015). "Facebook Introduces Free Friend-To-Friend Payments Through Messages". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  51. ^ Hawkins, Andrew J. (December 16, 2015). "Facebook Messenger now lets you hail an Uber car". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  52. ^ Vincent, James (March 9, 2017). "Facebook's Snapchat stories clone, Messenger Day, is now rolling out globally". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  53. ^ a b Vincent, James (March 23, 2017). "Facebook Messenger gets reactions for individual messages and @ notifications". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  54. ^ King, Hope (March 25, 2015). "7 big changes coming to Facebook". CNN. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  55. ^ Newton, Casey (April 12, 2016). "Facebook launches a bot platform for Messenger". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  56. ^ Statt, Nick (April 6, 2017). "Facebook's AI assistant will now offer suggestions inside Messenger". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  57. ^ Constine, Josh (April 6, 2017). "Facebook Messenger's AI 'M' suggests features to use based on your convos". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  58. ^ Constine, Josh (April 18, 2017). "Facebook Messenger launches group bots and bot discovery tab". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 2, 2017. 
  59. ^ "What are the privacy options for groups?". Facebook Help Center. 
  60. ^ "New Groups: Stay Closer to Groups of People in Your Life". Facebook. Diakses tanggal 2013-06-14. 
  61. ^ "Facebook Migrations: Removing 'version' field for Groups". Facebook. Diakses tanggal 2016-02-09. 
  62. ^ "Twitter". Twitter. Diakses tanggal 2013-06-14. 
  63. ^ a b c Constine, Josh (October 3, 2016). "Facebook launches Marketplace, a friendlier Craigslist". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 4, 2017. 
  64. ^ Heath, Alex (October 3, 2016). "Facebook wants to replace Craigslist and eBay with a new section in its app". Business Insider. Axel Springer SE. Diakses tanggal June 4, 2017. 
  65. ^ "Facebook Marketplace is open for businesses selling new products". Marketing Land. 2020-05-27. Diakses tanggal 2020-08-23. 
  66. ^ Cashmore, Pete (August 22, 2006). "Facebook Notes – Facebook Adds Blogs". Mashable. Diakses tanggal June 4, 2017. 
  67. ^ Quenqua, Douglas (February 4, 2009). "Ah, Yes, More About Me? Here Are '25 Random Things'". The New York Times. Diakses tanggal June 4, 2017. 
  68. ^ Kokalitcheva, Kia (September 25, 2015). "Facebook Notes are finally pretty enough to use". Fortune. Diakses tanggal June 4, 2017. 
  69. ^ Sharon, Michael Eyal (2010-08-18). "Who, What, When, and Now...Where". Facebook. Diakses tanggal 2010-08-19. 
  70. ^ "Facebook Ads Provide 'Deals' for Local Merchants, Marketers". Diakses tanggal November 4, 2010. 
  71. ^ DISQUS, Blackberry (2010-11-10). "Facebook Places Now Available For BlackBerry!". Blackberry. Diakses tanggal 2010-12-09. 
  72. ^ Codepad Team, MinaSolution (2010-11-10). "Facebook Places on Windows Mobile". MinaSolution. Diakses tanggal 2010-12-09. 
  73. ^ Biddle, Sam. "Facebook Just Killed Places". Gizmodo. Diakses tanggal 26 April 2019. 
  74. ^ "Facebook Launches New Places Directory". Search Engine Land. 12 November 2014. Diakses tanggal 26 April 2019. 
  75. ^ "Are Questions The "Future Of Facebook"?". TechCrunch. Retrieved July 4, 2010.
  76. ^ Caroline McCarthy, cnet.com. "Facebook fine-tunes its Questions product". March 24, 2011. Retrieved March 25, 2011.
  77. ^ Kincaid, Jason (December 15, 2010). "Facebook Uses Face Recognition To Help Tag Photos". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 15, 2017. 
  78. ^ Rao, Leena (May 11, 2011). "Facebook Now Allows You To Tag Pages In Photos". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 15, 2017. 
  79. ^ Bilton, Nick (August 24, 2011). "Facebook Targets Instagram With Photo Filters". Bits. The New York Times. Diakses tanggal June 15, 2017. 
  80. ^ Statt, Nick (May 11, 2016). "Facebook is bringing 360-degree photos to the News Feed". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal June 15, 2017. 
  81. ^ Bell, Karissa (May 11, 2016). "360-degree photos are coming to Facebook's News Feed". Mashable. Diakses tanggal June 15, 2017. 
  82. ^ Johnson, Robert (July 21, 2010). "Scaling Facebook to 500 Million Users and Beyond". Facebook. Diakses tanggal June 15, 2017. 
  83. ^ Cashmore, Pete (May 25, 2007). "Facebook Video Launches: YouTube Beware!". Mashable. Diakses tanggal June 15, 2017. 
  84. ^ Constine, Josh (December 24, 2014). "Facebook Challenges YouTube Channels With New Features For Pages". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 15, 2017. 
  85. ^ Dredge, Stuart (January 8, 2015). "Facebook trumpets video growth as it prepares to take on YouTube". The Guardian. Guardian Media Group. Diakses tanggal June 15, 2017. 
  86. ^ Constine, Josh (September 7, 2014). "Facebook Highlights Its 1-Billion-Video-Views-Per-Day Reach By Adding View Counts". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 16, 2017. 
  87. ^ Newton, Casey (September 23, 2015). "Facebook brings 360-degree video to the News Feed with help from Oculus". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal June 15, 2017. 
  88. ^ Constine, Josh (September 23, 2015). "Facebook Brings VR-Style 360-Degree Video To News Feed". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 15, 2017. 
  89. ^ Greenberg, Julia (September 23, 2015). "Facebook Debuts 360 Video With an Immersive Star Wars Clip". Wired. Condé Nast. Diakses tanggal June 15, 2017. 
  90. ^ a b Constine, Josh (August 5, 2015). "Facebook Launches "Live" Streaming Video Feature, But Only For Celebrities". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 8, 2017. 
  91. ^ Newton, Casey (August 5, 2015). "Facebook introduces Live for Mentions, a live-streaming tool for celebrities only". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal June 8, 2017. 
  92. ^ Russell, Jon. "Facebook's 'Mentions' App For Celebrities And Other Verified Users Comes To Android". TechCrunch (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-12-27. 
  93. ^ Constine, Josh (January 28, 2016). "Facebook Takes On Periscope By Giving Live Streaming To All U.S. iPhoners". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 8, 2017. 
  94. ^ Newton, Casey (January 28, 2016). "Facebook rolls out live video streaming to everyone in the United States". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal June 8, 2017. 
  95. ^ Wagner, Kurt (April 12, 2016). "Facebook Wants You Streaming Live Video From Whatever Device You Choose". Recode. Vox Media. Diakses tanggal June 8, 2017. 
  96. ^ Ha, Anthony (April 12, 2016). "Facebook Live opens to developers, starting with Livestream, DJI and others". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 8, 2017. 
  97. ^ Wagner, Kurt (April 6, 2016). "Facebook revamps its app and puts live video front and center". Recode. Vox Media. Diakses tanggal June 8, 2017. 
  98. ^ Wagner, Kurt (April 6, 2016). "It's Not Just Celebrities – Facebook Is Paying Media Companies to Make Live Video, Too". Recode. Vox Media. Diakses tanggal June 8, 2017. 
  99. ^ Wagner, Kurt (April 18, 2016). "How Will Facebook Make Money Off Live Video? Just Look at TV". Recode. Vox Media. Diakses tanggal June 8, 2017. 
  100. ^ Gartenberg, Chaim (March 22, 2017). "Facebook now lets you broadcast live video from a PC". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal June 8, 2017. 
  101. ^ Constine, Josh (March 22, 2017). "Facebook Live adds PC game and desktop live streaming". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 8, 2017. 
  102. ^ Garun, Natt (May 23, 2017). "Facebook Live now lets you add a friend to live stream together". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  103. ^ Constine, Josh (June 6, 2017). "Facebook Live gets accessible with third-party closed captioning". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 6, 2017. 
  104. ^ Johnson, Khari (June 6, 2017). "Facebook Live videos now feature closed captioning". VentureBeat. Diakses tanggal June 6, 2017. 
  105. ^ Moon, Mariella (December 7, 2017). "Facebook Live can now broadcast Messenger games". Engadget. Oath Inc. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  106. ^ Webster, Andrew (December 7, 2017). "Facebook is bringing live-streaming and video chats to its Instant Games platform". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  107. ^ "4 Charged With Hate Crimes Over Beating Live-Streamed On Facebook". NPR.org. Diakses tanggal 26 April 2019. 
  108. ^ Smith, Mitch; Davey, Monica (5 January 2017). "4 Black Suspects Charged in Videotaped Beating of White Teenager in Chicago". Diakses tanggal 26 April 2019 – via NYTimes.com. 
  109. ^ Roose, Kevin (March 15, 2019). "A Mass Murder of, and for, the Internet". The New York Times. Diakses tanggal March 30, 2019. 
  110. ^ "Facebook: New Zealand attack video viewed 4,000 times". BBC News. March 19, 2019. Diakses tanggal March 30, 2019. 
  111. ^ Guynn, Jessica (March 29, 2019). "Facebook to restrict Facebook Live after New Zealand mosque shootings, Sheryl Sandberg says". USA Today. Diakses tanggal March 30, 2019. 
  112. ^ "Commandos kill soldier after Korat shooting rampage - 20 Dead". The Bangkok Post. 10 February 2020. 
  113. ^ Meyer, Robinson (3 February 2014). "The Quiet Upheaval of Facebook's New iPhone App". The Atlantic. Diakses tanggal 4 February 2014. 
  114. ^ Etherington, Darrell (July 17, 2014). "Facebook Launches 'Mentions,' The Exclusive FB App For Playing The Fame Game". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 16, 2017. 
  115. ^ Robertson, Adi (July 17, 2014). "Facebook has released Mentions, an iOS app only for celebrities". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal June 16, 2017. 
  116. ^ Isaac, Mike (August 13, 2013). "Fame On: Facebook Testing VIP-Only App". All Things Digital. Dow Jones & Company. Diakses tanggal June 16, 2017. 
  117. ^ Constine, Josh (September 10, 2015). "Facebook Gives Verified Profiles Its Mentions App With "Live" Streaming And Posts Just To Followers". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 16, 2017. 
  118. ^ Russell, Jon (January 11, 2016). "Facebook's 'Mentions' App For Celebrities And Other Verified Users Comes To Android". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 16, 2017. 
  119. ^ Li, Abner (January 12, 2016). "Facebook launches Mentions for verified public figures on Android". 9to5Google. Diakses tanggal June 16, 2017. 
  120. ^ Cohen, David (December 22, 2016). "Facebook Live Updates for Facebook Mentions". Adweek. Beringer Capital. Diakses tanggal June 16, 2017. 
  121. ^ Shah, Saqib (December 22, 2015). "Facebook Mentions app for celebrities gets exclusive live video features". Digital Trends. Diakses tanggal June 16, 2017. 
  122. ^ Yeung, Ken (December 21, 2016). "Facebook Mentions brings new tools for social media managers: mod tools and controls for Live". VentureBeat. Diakses tanggal June 16, 2017. 
  123. ^ Nieva, Richard (January 24, 2019). "Facebook is shutting down its Moments app". CNET. 
  124. ^ Kelion, Leo (May 10, 2016). "Facebook Moments facial-recognition app launches in Europe". BBC. 
  125. ^ "Facebook launches Fb.gg gaming video hub to compete with Twitch". TechCrunch (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-19. 
  126. ^ "Facebook is expected to launch its game-streaming platform and Twitch competitor at E3 2018- Technology News, Firstpost". Tech2. 2018-06-08. Diakses tanggal 2020-02-19. 
  127. ^ "Facebook launching new Gaming Tab". GamesIndustry.biz (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-19. 
  128. ^ Perez, Sarah (March 15, 2019). "In a challenge to Twitch and YouTube, Facebook adds 'Gaming' to its main navigation". TechCrunch. 
  129. ^ "New Game, Major Update - World Championship and more revealed in MOONTON Epicon 2019: The Future Begins Global Conference". ABS-CBN Sports. Jul 24, 2019. 
  130. ^ Reyes, Maouie. "9 streamers you should follow on Facebook Gaming". spin.ph. 
  131. ^ "Facebook Gaming forbids creators from attending Mobile Legends World Championship". udou. 
  132. ^ "Facebook discourages gaming creators from promoting Mobile Legends World Championship M1". IGN Southeast Asia. 
  133. ^ Reyes, Mariel Soto. "Twitch just lost another star streamer, this time to Facebook Gaming". Business Insider. Diakses tanggal 2020-02-19. 
  134. ^ "ZeRo latest to leave Twitch; will stream for Facebook". ESPN.com (dalam bahasa Inggris). 2019-12-02. Diakses tanggal 2020-02-06. 
  135. ^ Barrabi, Thomas (2020-02-14). "Ronda Rousey lands Facebook Gaming streaming deal". FOXBusiness (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-22. 
  136. ^ "Facebook launched a dedicated app 'Facebook Gaming' to take on Twitch and YouTube". Androidical (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-05-04. 
  137. ^ "Facebook to Introduce an App for Gaming". NYTimes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-05-04. 
  138. ^ Warren, Tom (2020-06-22). "Microsoft is shutting down Mixer and partnering with Facebook Gaming". The Verge (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-06-22. 
  139. ^ "Facebook Accessibility". Facebook. Facebook Accessibility. Diakses tanggal 12 November 2016. 
  140. ^ Takahashi, Dean (June 29, 2010). "Social game firm Crowdstar embraces Facebook Credits in five-year agreement". venturebeat.com. Diakses tanggal July 13, 2010. 
  141. ^ "Facebook App for feature phones". Axetue. Diakses tanggal 26 April 2019. 
  142. ^ Facebook ‘Graph Search’ now available, July 12, 2013, by CNN Wire
  143. ^ "Facebook Announces Its Third Pillar 'Graph Search' That Gives You Answers, Not Links Like Google". TechCrunch. 15 January 2013. Diakses tanggal 16 January 2013. 
  144. ^ a b Duffy Marsan, Carolyn (June 11, 2010). "Facebook adds IPv6 support". Network World. Diakses tanggal June 28, 2010. 
  145. ^ "Facebook Launches New Feature 'Listen With Friends'". EF News International. January 13, 2012. 
  146. ^ "Facebook – Log In or Sign Up". Facebook (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-02-27. 
  147. ^ "The Konami Code Strikes Again: Facebook Adds Some Flare". techcrunch.com. May 8, 2009. Diakses tanggal December 24, 2010. 
  148. ^ "Facebook unveils 'Home' for Android". 3 News NZ. April 5, 2013. 
  149. ^ Wickman, Forrest (February 4, 2014). "What Was "Poking"?". Slate. The Slate Group. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  150. ^ Taylor, Ros (August 30, 2007). "Companions through the ages". The Guardian. Guardian Media Group. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  151. ^ Perez, Sarah (December 11, 2017). "Facebook is trying to make the Poke happen again". TechCrunch. Oath Inc. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  152. ^ Ghoshal, Abhimanyu (December 7, 2017). "Facebook's new 'Greetings' buttons are like Pokes on steroids". The Next Web. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  153. ^ Arthur, Charles (February 3, 2014). "Facebook's mobile journey has only just begun, but already makes money". The Guardian. Guardian Media Group. Diakses tanggal December 7, 2017. 
  154. ^ a b c d e f g Casti, Taylor (August 1, 2013). "The Evolution of Facebook Mobile". Mashable. Diakses tanggal December 7, 2017. 
  155. ^ Protalinski, Emil (February 14, 2012). "Facebook for Windows Phone version 2.3 is out". ZDNet. CBS Interactive. Diakses tanggal December 7, 2017. 
  156. ^ Holliday, Matt (June 3, 2009). "Nokia Adds Facebook to the Ovi App Store". Adweek. Beringer Capital. Diakses tanggal December 7, 2017. 
  157. ^ Protalinski, Emil (September 13, 2012). "RIM updates Facebook for BlackBerry with refreshed icons, enhanced birthday alerts, Event support". The Next Web. Diakses tanggal December 7, 2017. 
  158. ^ Constine, Josh (December 16, 2013). "Facebook Launches "Donate" Button For Non-Profits That Also Collects Billing Info For Itself". TechCrunch. Oath Inc. Diakses tanggal December 13, 2017. 
  159. ^ Constine, Josh (November 18, 2015). "Wait, Did Facebook Just Build A Kickstarter Competitor?". TechCrunch. Oath Inc. Diakses tanggal December 13, 2017. 
  160. ^ Zillman, Claire (November 18, 2015). "With New 'Donate' Button, Facebook Vies to Become Hub for Charitable Giving". Fortune. Diakses tanggal December 13, 2017. 
  161. ^ Dickey, Megan Rose (June 30, 2016). "Facebook now lets you fundraise on behalf of non-profit organizations". TechCrunch. Oath Inc. Diakses tanggal December 13, 2017. 
  162. ^ Perez, Sarah (March 30, 2017). "Facebook introduces personal fundraising tools, donate buttons in Facebook Live for Pages". TechCrunch. Oath Inc. Diakses tanggal December 13, 2017. 
  163. ^ Yurieff, Kaya (March 30, 2017). "Facebook launches personal fundraising tool". CNN. Turner Broadcasting System. Diakses tanggal December 13, 2017. 
  164. ^ Perez, Sarah (May 24, 2017). "Facebook's personal fundraisers exit beta, now support raising money for sports teams & communities". TechCrunch. Oath Inc. Diakses tanggal December 13, 2017. 
  165. ^ Dudman, Jane (September 12, 2017). "Facebook to roll out donate buttons to UK and European users". The Guardian. Guardian Media Group. Diakses tanggal December 13, 2017. 
  166. ^ Ramadge, Andrew (2007-11-26). "Facebook is... reconsidering the word is". Diakses tanggal 2007-12-13. 
  167. ^ Suddath, Claire (2009-03-13). "Facebook Wants to Read Your Mind". Time. Diakses tanggal 2010-02-24. 
  168. ^ Kincaid, Jason (September 14, 2011). "Facebook Launches Twitter-Like 'Subscriptions', Lets You Share With Unlimited Users". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  169. ^ Parr, Ben (September 14, 2011). "Facebook Launches Subscribe Button for Following Anyone's Public Updates". Mashable. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  170. ^ Darwell, Brittany (July 24, 2012). "Facebook tests subscribe button for pages to make it easier for users to receive updates without clicking Like". Adweek. Beringer Capital. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  171. ^ Darwell, Brittany (August 22, 2012). "Facebook adds 'subscribe to page' button to News Feed stories". Adweek. Beringer Capital. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  172. ^ Kincaid, Jason (September 20, 2011). "Facebook News Feed Gets Smarter— And The Ticker Makes Its Big Debut". TechCrunch. Oath Inc. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  173. ^ Constine, Josh (March 8, 2013). "Facebook Redesign Kills Ticker, Almost". TechCrunch. Oath Inc. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  174. ^ Lunden, Ingrid (December 10, 2017). "Time's up for the Ticker? Facebook appears to axe feed for tracking your friends' activity". TechCrunch. Oath Inc. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  175. ^ Dent, Steve (December 11, 2017). "Facebook's 'ticker,' aka creeper feed, is no more". Engadget. Oath Inc. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  176. ^ Parr, Ben (June 9, 2009). "Facebook to Launch Vanity URLs for All". Mashable. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  177. ^ "What are the guidelines around creating a custom username for my Page or profile?". Facebook Help Center. Facebook. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  178. ^ Parr, Ben (December 14, 2009). "fb.me: Facebook Now Has Its Own URL Shortener". Mashable. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  179. ^ Eldon, Eric (December 14, 2009). "Facebook Testing New URL Shortener, fb.me". Adweek. Beringer Capital. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  180. ^ Constine, Josh (February 15, 2012). "Facebook Launches Verified Accounts and Pseudonyms". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  181. ^ Protalinski, Emil (February 15, 2012). "Facebook to launch verified accounts, pseudonyms". ZDNet. CBS Interactive. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  182. ^ Etherington, Darrell (May 29, 2013). "Facebook Unveils Verified Pages And Profiles, Takes A Page From Twitter's Playbook". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  183. ^ Seifert, Dan (May 29, 2013). "Facebook launches verified pages and profiles for prominent public figures and brands". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  184. ^ Beck, Martin (October 6, 2015). "New: Facebook Is Rolling Out Verified Badges For Local Business Pages". Marketing Land. Diakses tanggal December 7, 2017. 
  185. ^ Warman, Matt (June 13, 2013). "Facebook hashtags #introduced". The Telegraph. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  186. ^ Warren, Christina (June 12, 2013). "Facebook Finally Gets Hashtag Support". Mashable. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  187. ^ Cohen, David (March 27, 2014). "'Impressum' Added To Facebook Page Descriptions For Some Pages In Italy?". Adweek. Beringer Capital. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  188. ^ a b Lemos, Robert (October 31, 2014). "Facebook offers hidden service to Tor users". Ars Technica. Condé Nast. Diakses tanggal June 14, 2017. 
  189. ^ a b Duckett, Chris (October 31, 2014). "Facebook sets up hidden service for Tor users". ZDNet. CBS Interactive. Diakses tanggal June 14, 2017. 
  190. ^ Dredge, Stuart (November 13, 2014). "Facebook's Say Thanks: shared social celebration from clowns to sausages". The Guardian. Guardian Media Group. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  191. ^ Cohen, David (December 11, 2014). "Facebook Debuts Call-to-Action Buttons for Pages". Adweek. Beringer Capital. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  192. ^ "How to Get the Most out of Your Facebook Page's Call to Action Button". Adweek. Beringer Capital. February 25, 2015. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  193. ^ Constine, Josh (September 14, 2017). "Facebook 'Snooze' button temporarily hides people in your feed". TechCrunch. Oath Inc. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  194. ^ Welch, Chris (September 14, 2017). "Facebook is testing a snooze feature that temporarily mutes your friends". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  195. ^ Perez, Sarah (December 15, 2017). "Facebook adds a Snooze button for muting people, groups and Pages for 30 days". TechCrunch. Oath Inc. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  196. ^ Garun, Natt (December 15, 2017). "Facebook's new Snooze button can mute annoying friends for 30 days". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  197. ^ Matney, Lucas (December 5, 2017). "As tbh popularity wanes, Facebook launches 'Did You Know' social questionnaire". TechCrunch. Oath Inc. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  198. ^ Moon, Mariella (December 6, 2017). "Facebook is asking random questions to learn more about you". Engadget. Oath Inc. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  199. ^ Perez, Sarah; Constine, Josh (December 8, 2017). "Facebook Sound Collection lets you add no-name music to videos". TechCrunch. Oath Inc. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  200. ^ Seppala, Timothy J. (December 8, 2017). "Facebook adds a sound and music library you can use for video". Engadget. Oath Inc. Diakses tanggal December 15, 2017. 
  201. ^ "Now You Can See and Control the Data That Apps and Websites Share With Facebook | Facebook Newsroom" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-19. 
  202. ^ "Redesigning our systems for Off-Facebook Activity". Facebook Engineering (dalam bahasa Inggris). 2019-08-20. Diakses tanggal 2019-09-19. 
  203. ^ "What is off-Facebook activity? | Facebook Help Center". Facebook. Diakses tanggal 2019-09-19. 
  204. ^ a b c d Mills, Elinor (May 12, 2011). "Facebook adds new user security features". CBS News. Diakses tanggal March 16, 2015. 
  205. ^ Arrington, Michael (February 5, 2010). "Facebook's Project Titan: A Full Featured Webmail Product". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 4, 2017. 
  206. ^ Kincaid, Jason (November 11, 2010). "Facebook's Gmail Killer, Project Titan, Is Coming On Monday". TechCrunch. AOL. Diakses tanggal June 4, 2017. 
  207. ^ Gabbatt, Adam; Arthur, Charles (November 15, 2010). "Facebook mail: it might kill Gmail, but 'it's not email'". The Guardian. Guardian Media Group. Diakses tanggal March 23, 2017. 
  208. ^ Hamburger, Ellis (February 24, 2014). "Facebook retires its troubled @facebook.com email service". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal June 4, 2017. 
  209. ^ Yeung, Ken (February 24, 2014). "Facebook ends its @facebook.com email address service, citing low usage by users". The Next Web. Diakses tanggal June 4, 2017. 
  210. ^ a b "Facebook slims down to Facebook Lite". BBC. September 11, 2009. Diakses tanggal September 12, 2009. 
  211. ^ Parr, Ben (2009-08-12). "Facebook Lite: The Early Details and Screenshots". Mashable.com. Diakses tanggal 2010-03-23. 
  212. ^ "Company Info – Facebook Newsroom". Diakses tanggal 26 April 2019. 
  213. ^ Siegler, MG (3 November 2010). "The Other Location Shoe Drops: Facebook Deals. Will It Discount Rivals?". TechCrunch. Diakses tanggal 7 October 2019. 
  214. ^ Helft, Miguel (April 25, 2011). "Facebook Is Latest Rival to Groupon and LivingSocial". The New York Times. Diakses tanggal 2011-04-26. 
  215. ^ Cheredar, Tom (April 25, 2011). "Facebook launches Deals against Groupon and LivingSocial in five major cities". VentureBeat. Diakses tanggal 2011-04-26. 
  216. ^ Indvik, Lauren (29 June 2011). "Facebook Deals Expands to 3 More Cities". Mashable. Diakses tanggal 7 October 2019. 
  217. ^ Barr, Alistair (26 August 2011). "Facebook ending Deals product after four-month test". Reuters. Diakses tanggal 7 October 2019.