Mobile Legends: Bang Bang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Mobile Legends: Bang Bang
Mobilelegends.png
Pengembang Moonton
Penerbit Moonton
Platform IOS, Android
Tanggal rilis

Androidserver Tiongkok, Indonesia 11 Juli 2016

iOSserver global 9 November 2016
Genre Arena pertarungan daring multipemain

Mobile Legends: Bang Bang adalah sebuah permainan piranti bergerak berjenis MOBA yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton.[1]

Alur permainan

Mobile Legends: Bang Bang adalah sebuah permainan MOBA yang dirancang untuk ponsel. Kedua tim lawan berjuang untuk mencapai dan menghancurkan basis musuh sambil mempertahankan basis mereka sendiri untuk mengendalikan jalan setapak, tiga "jalur" yang dikenal sebagai "top", "middle" dan "bottom", yang menghubungkan basis-basis.[2]

Di masing-masing tim, ada lima pemain yang masing-masing mengendalikan avatar, yang dikenal sebagai "hero", dari perangkat mereka sendiri. Karakter terkontrol komputer yang lebih lemah, yang disebut "minions", bertelur di basis tim dan mengikuti tiga jalur ke basis tim lawan, melawan musuh dan menara.[3]

Kontroversi hak cipta

Riot Games, perusahaan yang mengembangkan dan menerbitkan permainan PC League of Legends, mengajukan gugatan pada tanggal 11 Juli 2017 terhadap pengembang Mobile Legends: Bang Bang yaitu Shanghai Moonton Technology ke Pengadilan Negeri California karena telah melanggar beberapa merek dagang dalam permainan tersebut.[4] Gugatan tersebut didasarkan atas dugaan pelanggaran atas kekayaan intelektual oleh Moonton, para pengacara Riot Games menuturkan dalam gugatan mereka, bahwa Moonton melakukan pelanggaran atas kekayaan intelektual melalui permainan video yang mereka kembangkan, yaitu Magic Rush: Heroes Mobile, Legends: 5v5 MOBA (nama terdahulu Mobile Legends: Bang Bang), dan Mobile Legends: Bang Bang.[5] Pelanggaran tersebut, antara lain, mengenai aspek logo, karakter, rancangan peta, rancangan hero, dan rancangan monster.[6] Mereka pun melengkapi surat gugatan dengan ilustrasi untuk memperlihatkan aspek-aspek pelanggaran kekayaan intelektual yang dilakukan Moonton[7].

Moonton kemudian merilis sebuah pernyataan pada hari yang sama melalui halaman Facebook yang mengklaim bahwa "hak ciptanya telah terdaftar dan dilindungi di banyak negara di seluruh dunia". Selanjutnya diklaim bahwa Moonton memiliki hak kekayaan intelektual dan mengancam tindakan hukum terhadap media dan pesaing karena menyebarkan informasi palsu tentang Moonton dan permainannya.[8][9]

Referensi

  1. ^ Suckley, Matt (8 Maret 2018). "Mobile Legends is quietly out-grossing Arena of Valor in many countries". Pocket Gamer. Diakses tanggal 8 Maret 2018. 
  2. ^ Fauzi, Moch Prima (12 Juni 2017). "Tips dan Trik Bermain 'Mobile Legends: Bang Bang'". Okezone.com. Diakses tanggal 11 Juli 2017. 
  3. ^ Khalid, Umair (19 Juni 2017). "Mobile Legends Jungle Guide – Jungling Tips, Best Junglers, Monster Respawns, Buffs, How to Farm Jungle". SegmentNext. Diakses tanggal 11 Juli 2017. 
  4. ^ "'League of Legends' creator sues 'Mobile Legends' developer for copyright infringement". Inquirer.net. 11 Juli 2017. Diakses tanggal 11 Juli 2017. 
  5. ^ "Mobile Legends Digugat Atas Tudingan Menjiplak Riot Games". Pikiran Rakyat. 12 Juli 2017. Diakses tanggal 12 Juli 2017. 
  6. ^ "Riot is suing a mobile game company for copyright infringement, and it's definitely not hard to see why" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 11 Juli 2017. 
  7. ^ TechNode (11 Juli 2017). "Gugatan Riot Games Ancam Keberadaan Mobile Legends: Bang Bang". Wikiba.asia. Diakses tanggal 11 Juli 2017. 
  8. ^ "Mobile Legends: Bang bang". Mobile Legends on Facebook (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 25 Agustus 2017. 
  9. ^ "Mobile Legends Dev Releases Statement Re: Riot Suing Mobile Legends". YugaTech. 12 Juli 2017. Diakses tanggal 25 Agustus 2017. 

Pranala luar