Philippine Daily Inquirer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Philippine Daily Inquirer
Philippine Daily Inquirer.jpg
Tipe Surat kabar harian
Format Lembar lebar
Pemilik Philippine Daily Inquirer, Inc.
Pendiri Eugenia D. Apostol
Penerbit Raul C. Pangalanan
Presiden Alexandra Rufino Prieto-Romualdez
Redaksi Jose Ma. D. Nolasco
Redaksi berita Artemio T. Engracia Jr.
Redaksi opini Rosario R. Garcellano
Redaksi olahraga Teddyvic S. Melendres / Francis T.J. Ochoa
Didirikan 9 Desember 1985
Pandangan politik Kiri tengah
Bahasa Inggris
Pusat 1098 Chino Roces Ave. cor Yague and Mascardo Sts. 1204, Makati, Metro Manila, Filipina
Surat kabar saudari Inquirer Bandera
Inquirer Libre
Cebu Daily News
ISSN 0116-0443
Situs web inquirer.net
Negara Filipina
Kota Manila

Philippine Daily Inquirer, lebih dikenal sebagai Inquirer, adalah surat kabar yang diterbitkan di Filipina, dengan sirkulasi harian mencapai 260,000 eksemplar. Surat kabar ini merupakan salah satu surat kabar acuan di Filipina. Surat kabar ini merupakan anggota dari Asia News Network.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

The Philippine Daily Inquirer merupakan harian yang didirikan pada 9 Desember 1985 oleh penerbit Eugenia Apóstol, kolumnis Max Solivén, bersama dengan Betty Go-Belmonte (istri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Feliciano "Sonny" Belmonte) saat hari-hari terakhir rezim diktator Filipina, Ferdinand Marcos, menjadi salah satu dari surat kabar swasta yang didirikan saat rezim Marcos.[1]

The Inquirer kemudian menjadi penerus mingguan Philippine Inquirer,[1] yang didirikan pada tahun 1985 oleh Apostol untuk meliput sidang 25 tentara yang dituduh terlibat dalam pembunuhan pemimpin oposisi tersebut Benigno Aquino, Jr. di Bandar Udara Internasional Manila pada 21 Agustus 1983. Apostol juga menerbitkan Mr & Ms Special Edition, sebuah tabloid mingguan yang beroposisi dengan rezim Marcos.[1]

Era Beltran (1985–89)[sunting | sunting sumber]

Sebagai penerus dari Mr. and Mrs. Special Edition dan mingguan Philippine Inquirer, surat kabar ini didirikan dengan anggaran sebesar 1 juta Peso dan menikmati sirkulasi harian 30,000 di awal penerbitannya. Harian baru itu berlokasi di Star Building berlantai satu di 13th and Railroad streets di Port Area, Manila. Surat kabar tersebut dirilis dengan bantuan 40 editor, reporter, koresponden, fotografer dan pegawai redaksional lainnya yang bekerja di sebuah ruangan berita seluas 100 meter persegi. Kolumnis Louie Beltran dinobatkan sebagai pemimpin redaksi harian tersebut.

Surat kabar ini berperan penting dalam mendokumentasikan kampanye Corazón Aquino selama Pemilihan presiden Filipina 1986 dan, kemudian, Revolusi Kekuatan Rakyat 1986. Slogannya, Balanced News, Fearless Views, dimasukkan ke surat kabar pada bulan Januari 1986 setelah sebuah kontes slogan diadakan pada bulan pertama penerbitan Inquirer.[1]

Pada bulan Juli 1986, pertanyaan tentang keuangan dan divergensi prioritas menyebabkan keretakan di antara para pendiri yang menyebabkan pemisahan Belmonte, Soliven, dan Art Borjal dari Inquirer untuk kemudian mendirikan The Philippine STAR.[2] Karena Belmonte merupakan pemilik Star Building tempat Inquirer berkantor pusat, surat kabar tersebut dipindahkan ke BF Condominium milik Soliven di Aduana Street, Intramuros.[2]

Era Pascual (1989–91)[sunting | sunting sumber]

Pada Februari 1987, Federico D. Pascual, mantan asisten managing editor Daily Express, diangkat sebagai editor eksekutif Inquirer dan diangkat sebagai pemimpin redaksi dua tahun kemudian.[1] Pada masanya ini pada tahun 1990 Inquirer mengambil alih posisi Manila Bulletin sebagai surat kabar terbesar di Filipina dalam hal sirkulasi.

Namun, pada Juli 1990, kantor pusat Inquirer di Intramuros terdampak gempa bumi. Pada 5 Januari 1991, surat kabar ini dipindahkan ke gedung YIC yang berlokasi di sepanjang United Nations Avenue dan Romualdez Street di Malate.

Era Nolasco (2016–sekarang)[sunting | sunting sumber]

Pada 2 Februari 2016, Inquirer menunjuk managing editor Jose Ma. Nolasco sebagai editor eksekutif, posisi teratas surat kabar tersebut, menggantikan posisi "editor utama" yang telah digunakan oleh Inquirer selama lebih dari tiga dekade.[3]

Nolasco adalah editor redaksi PDI selama 24 tahun, dan ia adalah bagian dari batch pertama reporter Inquirer saat surat kabar ini memulai publikasinya pada tahun 1985.

Pada tanggal 6 Oktober 2016, Inquirer meluncurkan "pemikiran ulang" tentang versi cetak dan digitalnya yang telah ada dengan merombak desain dan situs surat kabarnya, Inquirer.net serta peluncuran "My Inquirer" yang menggabungkan platform Inquirer di media cetak, desktop, telepon pintar, tablet, dan jam tangan pintar. Desain ulang tersebut dilakukan bekerjasama dengan Dr. Mario Garcia dari Garcia Media.

Filipino of the Year[sunting | sunting sumber]

The Philippine Daily Inquirer setiap tahun memberikan gelar Filipino of the Year, menghormati orang Filipina yang telah memberikan dampak paling positif bagi kehidupan bangsa.[4][5]

Penerima[sunting | sunting sumber]

The Inquirer Group[sunting | sunting sumber]

The Inquirer Group adalah grup perusahaan di bawah naungan PDI.

Surat kabar[sunting | sunting sumber]

Majalah[sunting | sunting sumber]

Hinge Inquirer Publications (HIP), sebelumnya Hinge Media Inc. (HMI), didirikan tahun 2003.

  • F&B World
  • MultiSport
  • Cocoon
  • Look
  • Baking Press
  • Turista
  • Game!
  • Scout
  • PBA Life
  • Baby
  • Northern Living
  • Southern Living
  • Cebu Living
  • Makati Leads
  • Soul BGC
  • Inquirer RED

Inquirer.net[sunting | sunting sumber]

Inquirer Interactive Inc., lebih dikenal sebagai Inquirer.net, adalah situs web resmi Philippine Daily Inquirer. Situs web ini memberikan liputan komprehensif tentang berita lokal dan internasional dengan berbagai cakupan: Berita, Hiburan, Gaya Hidup, Teknologi, Bisnis, Global, dan Olahraga yang baru saja diluncurkan kembali, yang mencakup situs resmi Asosiasi Bola Basket Filipina.[6][7]

Megamobile[sunting | sunting sumber]

Didirikan tahun 2005, Megamobile adalah perusahaan solusi daring, mudah-alih (mobile) dan outdoor dari Inquirer Group. Di antara layanannya adalah pengembangan aplikasi mudah-alih, periklanan digital, layanan nilai tambah seluler dan layanan suara.

Megamobile adalah pengembang aplikasi mudah-alih berikut ini:

Radyo Inquirer dan Inquirer 990 Television[sunting | sunting sumber]

Radyo Inquirer (DZIQ 990 kHz Manila) adalah stasiun radio Philippine Daily Inquirer (lisensi oleh TransRadio Broadcasting Corporation), dengan tim siarannya yang semi-independen dari tim editorial utama karena kebanyakan dari anggota tim tersebut terdiri dari orang-orang di bidang radio. Siaran terestrial pertamanya dilakukan pada tanggal 16 Agustus 2010 bersama kolumnis Inquirer Ramon Tulfo dan veteran penyiaran Jay Sonza yang mewartakan daftar penyiar untuk stasiun baru tersebut.

Inquirer 990 Television adalah saluran berita radio televisi Philippine Daily Inquirer yang saat ini bersiaran dengan televisi terestrial digital. Program dari umpan radio utama disiarkan bersamaan di saluran televisi. Inquirer 990 TV juga memproduksi program TV yang hanya menyiarkan siaran televisi seperti "Radyo Inquirer 990 Special Report" dan "Health TV Embassy".

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e "History". The Philippine Daily Inquirer. Diakses tanggal 6 Mei 2013. 
  2. ^ a b Yu, Doreen (28 Juli 2011). "The beginnings of The Philippine Star". The Philippine Star. Diakses tanggal 6 Mei 2014. 
  3. ^ "Nolasco appointed PDI executive editor". Philippine Daily Inquirer. Diakses tanggal 3 Februari 2016. 
  4. ^ Philippine Daily Inquirer, 28 Januari 2007, hlm. 1
  5. ^ "History of the Filipino of the Year award". 19 Januari 2014. Diakses tanggal 25 Desember 2015. 
  6. ^ Google (9 September 2012). "Banner Advertising with Inquirer.net". Paul Agabin. Diakses tanggal 18 Mei 2014. 
  7. ^ "PBA, INQUIRER.net renew partnership | Inquirer Sports". Sports.inquirer.net. 6 Desember 2013. Diakses tanggal 18 Mei 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]