Utas percakapan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Contoh sebuah utas.

Utas percakapan atau ulir percakapan, benang percakapan adalah fitur yang digunakan oleh banyak klien surel, papan buletin, grup berita, dan forum internet di mana perangkat lunak membantu pengguna dengan mengelompokkan pesan secara visual dengan balasan mereka. Grup-grup ini disebut percakapan, utas topik, atau sekadar utas saja. Forum diskusi, klien surel atau klien berita dikatakan memiliki "tampilan percakapan", "topik berutas" atau "mode berutas" jika pesan dapat dikelompokkan dengan cara tertentu.[1]

Utas dapat ditampilkan dalam berbagai cara. Sistem pesan awal (dan sebagian besar klien surel modern) secara otomatis akan menyertakan teks pesan asli dalam balasan, membuat setiap satu surel memiliki seluruh salinan utas dari pesan-pesan sebelumnya. Perangkat lunak juga dapat mengatur utas pesan dalam daftar, seperti kotak masuk surel. Pengaturan ini bisa hierarkis atau bersarang, mengatur pesan mendekati balasan mereka dalam bentuk pohon, atau bisa juga dalam bentuk linear atau datar, menampilkan semua pesan dalam urutan kronologis terlepas dari hubungan balasan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ support, Elise Hines Has over ten years of experience in technical; Communication, Technical; IT, customer service in the; Industries, Wireless. "How to Manage and Control Email Threads". Lifewire (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-01-13.