Need for Speed: Underground 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Need for Speed: Underground 2
Nfsu2-win-cover.jpg
Sampul versi Microsoft Windows menampilkan Nissan 350Z
PengembangEA Black Box
PenerbitEA Games
Komposer musikTom Salta
SerialNeed for Speed
PlatformMicrosoft Windows, Game Boy Advance, GameCube, PlayStation 2, Xbox, PlayStation Portable, Nintendo DS
Tanggal rilisMicrosoft Windows
  • AS: 9 November 2004
Game Boy Advance, GameCube, PlayStation 2 & Xbox
  • AS: 15 November 2004
PlayStation Portable
  • AS: 14 Maret 2005
Nintendo DS
  • AS: 10 Mei 2005
GenreBalapan
ModePemain tunggal, Multipemain

Need for Speed: Underground 2 adalah permainan video balapan lintas-platform kedelapan dalam serial permainan video Need for Speed yang dikembangkan oleh EA Black Box dan dipublikasikan oleh Electronic Arts pada tahun 2004. Permainan ini adalah sekuel langsung dari Need for Speed: Underground. Seperti pendahulunya, Need for Speed: Underground 2 juga sukses secara komersial, memecahkan rekor penjualan di Inggris.[1]

Melanjutkan cerita Need for Speed: Underground, pemain diharuskan memodifikasi mobilnya untuk mengikuti balapan jalanan. Need for Speed: Underground 2 menghadirkan beberapa fitur baru, seperti pilihan modifikasi yang lebih ekstensif, metode baru pemilihan balapan, mode "jelajah" (mirip seperti Midnight Club), di kota besar yang dikenal sebagai "Bayview". City Core didasarkan pada Philadelphia, Beacon Hill didasarkan pada Beverly Hills, dan Coal Harbor didasarkan pada Camden, New Jersey. Bayview secara keseluruhan adalah ukuran kecil dari pantai barat Amerika Serikat.

Permainan ini telah dibuat ke versi PlayStation Portable dengan judul Need for Speed: Underground Rivals. Versi Nintendo DS memperkenalkan fitur baru di mana pemain dapat merancang decal khusus untuk menghiasi kendaraan apa pun di dalam permainan.

Cerita Permainan[sunting | sunting sumber]

Pemain berlomba menggunakan Nissan Skyline GT-R (R34)-nya di Olympic City, latar tempat Need for Speed: Underground. Dia kemudian menerima panggilan tentang tantangan balapan dari seseorang yang memberinya tempat pada geng-nya, tetapi "tidak akan mengambil 'tidak' untuk sebuah jawaban". Pemain mematikan panggilan itu dan pergi - Samantha memanggil pemain untuk memberi tahu dia tentang pesta - hanya untuk disergap oleh seseorang di dalam Hummer H2 hitam, yang membutakan pemain dengan lampu depannya, kemudian menghancurkan Skyline pemain dengan menabrakkannya, dan kilas balik memudar.

Waktu pun berlalu, pemain tiba di Bayview dengan surat kecil dari Samantha dan kunci Nissan 350Z milik Rachel, yang menunggunya di luar bandara. Pemain dapat memasuki tiga balapan (salah satunya tersembunyi) dan tiga balapan outrun dengan mobil tersebut sebelum mengembalikannya ke Rachel. Setelah tiba di gudang parkir di City Center, pemain mengambil salah satu mobil secara gratis, dibayarkan oleh asuransi dari Skyline pemain yang telah rusak.

Pemain memulai pencarian untuk menjadi pembalap papan atas di Bayview dan akhirnya mengalahkan orang yang menyabotase kendaraannya beberapa bulan yang lalu. Setelah memenangkan banyak balapan dan mendapatkan banyak sponsor, pemain berkenalan dengan kru balap jalanan bernama The Wraiths. Pemain terus berkembang sampai dia mendengar lebih banyak tentang The Wraiths, yang telah memanipulasi penawaran sponsor untuk menguntungkan mereka (dan melawan pemain dan Rachel), sebelum perlombaan URL (Underground Racing League). Pemain menantang mereka dalam serangkaian balapan URL dan akhirnya sampai ke Caleb, orang yang bertanggung jawab atas rusaknya Skyline pemain. Setelah pemain mengalahkan kru The Wraiths dalam sebuah lomba URL, Caleb yang marah dengan Pontiac GTO-nya menantang pemain untuk satu balapan terakhir. Setelah Caleb dikalahkan, pemain mendapatkan perannya kembali sebagai pembalap terbaik di Bayview.

Pola Permainan[sunting | sunting sumber]

Selain mode balap yang termasuk dalam permainan Underground sebelumnya (Circuit, Sprint, Drag, dan Drift), empat variasi balapan baru ditambahkan di Underground 2. Satu mode balapan dihilangkan, yaitu balapan Knockout. Namun, pilihan Lap Knockout tersedia saat balapan sirkuit di menu balapan cepat.

Underground 2 terbilang unik di antara permainan-permainan dalam seri Need for Speed karena mengharuskan pemain untuk berkendara ke tempat tertentu di kota untuk memulai balapan (permainan lain memungkinkan pemain untuk memulai balapan dari menu). Sebagian besar balapan ditandai di radar dalam permainan, tetapi beberapa balapan disembunyikan dan pemain harus mencarinya, seandainya pemain ingin memasuki balapan tersebut.

Balapan Sirkuit adalah perlombaan standar yang melibatkan hingga empat mobil yang mengitari suatu lintasan dan kembali ke garis start itu sendiri. Balapan sirkuit biasanya maksimal empat lap.

Balapan Sprint sama seperti sirkuit, kecuali lintasan tidak berputar kembali ke garis start, tetapi dari satu titik ke titik lainnya.

Balapan Drag adalah balapan lintasan lurus di mana pemain harus menggunakan transmisi manual. Pengemudian dalam mode ini disederhanakan untuk memungkinkan perubahan lajur, sementara permainan menangani kemudi di sepanjang lajur. Pemain hanya berfokus pada mempertahankan kecepatan optimum mobil.

Balapan Drift adalah salah satu jenis balap yang tergantung tingkat kesulitannya di Underground 2. Perbedaan mode balapan drift dibandingkan dengan seri sebelumnya adalah pemain bersaing dengan maksimal tiga lawan pada saat yang bersamaan. Poin bertambah ketika pemain berhasil melakukan drift tanpa menabrak dinding pembatas atau lalu lintas. Penggunaan nitrous oxide (N2O) tidak diperbolehkan dalam balapan ini. Ada beberapa balapan drift di mana pemain harus meluncur menuruni puncak bukit dari satu titik ke titik lain. Dalam balapan ini, tidak ada pembalap lain namun ada lalu lintas kota. Pemain meningkatkan poin dengan meluncur melewati mobil-mobil kota.

Balapan Street X (street cross) mirip dengan balapan sirkuit, tetapi mengambil tempat di lapangan tertutup yang ketat mirip dengan lintasan drift. Sama seperti balapan drift, N2O tidak diperbolehkan dalam balapan ini.

Balapan Underground Racing League (URL) adalah serangkaian turnamen yang berlangsung di sebuah set tertentu di lintasan tertutup di luar jalanan kota - baik sirkuit balapan sebenarnya maupun landasan bandara. Turnamen URL terdiri dari satu hingga tiga balapan dengan lima lawan. Dalam turnamen dengan dua atau tiga balapan, sistem poin digunakan. Pada setiap akhir balapan, pemain menerima jumlah poin tertentu sesuai dengan posisi terakhir dalam balapan. Akumulasi skor di akhir perlombaan menentukan pemenang turnamen.

Event Khusus, mirip dengan sprint bebas hambatan, dengan tujuan untuk mencapai titik target di peta yang merupakan fotografer. Pencapaian ini akan memberikan imbalan kepada pemain dengan sampul majalah. Sepuluh dari event khusus ini adalah untuk sampul DVD, di mana mobil pemain harus mencapai peringkat visual tertentu sebelum melakukan event khusus ini.

Balapan Outrun, ketika sedang menjelajah kota, pemain dapat menantang mobil lawan dalam suatu "outrun", dimana tujuannya adalah pemain berkendara lebih cepat dan menjauhkan mobil pemain dari lawan dengan jarak 300 meter. Menyelesaikan beberapa outrun memungkinkan pemain untuk mendapatkan bagian tambahan modifikasi khusus, contohnya paket pelebaran bodi mobil. Mode outrun ini mirip dengan permainan video Tokyo Xtreme Racer dan Wangan Midnight, yang menggunakan bar kesehatan, bukan jarak untuk menentukan pemenang.

Setelah setiap tahapan diselesaikan, satu set lokasi balapan baru ditempatkan di peta untuk tahap berikutnya. Saat berada di garasi, fitur "World Map" menyertakan menu balapan untuk semua tahapan sebelumnya, dengan menu yang menyatakan bahwa balapan telah selesai atau belum selesai, dan pemain dapat memilih balapan dari tahapan sebelumnya melalui menu tersebut.

Mobil dan SUV[sunting | sunting sumber]

Seperti dalam Need for Speed: Underground, Underground 2 tetap menawarkan kendaraan serupa untuk pembelian dan modifikasi, yang sebagian besar terdiri dari model Jepang, dengan beberapa model Eropa dan Amerika. Selain itu, Underground 2 adalah permainan pertama dalam seri Need for Speed ​​yang menawarkan SUV sebagai kendaraan balap. Juga, ini adalah permainan kedua dalam seri Need for Speed ​​setelah Underground yang menawarkan mobil buatan Korea (Hyundai Tiburon) sebagai kendaraan balap.

SUV adalah tipe kendaraan baru yang ditambahkan ke Underground 2. SUV dapat dimodifikasi dan ditingkatkan dengan cara yang sama seperti mobil lainnya. Dalam mode karier, ada balapan khusus SUV dan hanya muncul ketika pemain mengendarai sebuah SUV. Dalam mode karier atau offline, jika pemain mengendarai SUV, lawan komputer juga mengendarai SUV. Namun, setelah menyelesaikan seluruh cerita permainan, World Map memungkinkan pemain untuk memasuki balapan apa pun dari tahapan sebelumnya baik di mobil atau SUV.

Kustomisasi[sunting | sunting sumber]

Kustomisasi dalam Underground 2 diperluas secara signifikan dibandingkan dengan seri sebelumnya. Visualisasi khusus telah berkembang dengan kemampuan untuk menyesuaikan bumper depan/belakang/samping, spoiler, kap mesin, knalpot, pintu, masukan udara, pelek (termasuk memasang spinners), lampu depan dan belakang, spion, dan cat . Vinyl dan decal juga dapat ditambahkan, serta stereo mobil, hidrolik, botol N2O dan neon cahaya. Sebagian besar modifikasi visual tidak berefek pada performa kendaraan. Stereo mobil, misalnya, dapat dipasang ke bagian bagasi mobil, tetapi tidak berpengaruh terhadap apa pun selain syarat rating visual. Hidrolik dapat digunakan dalam kombinasi dengan N2O pada awal balapan yang dapat menyebabkan mobil melakukan wheelie, dan di beberapa mobil mendapatkan peluncuran yang lebih baik. Kinerja dan performa mobil dipengaruhi oleh modifikasi eksterior seperti spoiler dan kap mesin, yang mempengaruhi downforce mobil - spoiler yang lebih baik memungkinkan pengaturan yang lebih baik dari manajemen downforce baik di depan dan di belakang kendaraan. Peningkatan visual menaikkan peringkat visual mobil hingga peringkat 10,0.

Performa mobil dapat ditingkatkan dengan peningkatan mesin mobil, unit kontrol mesin (ECU), transmisi, suspensi, ban, rem, pengurangan berat mobil, dan menambahkan turbo dan atau nitrous oxide. Pemain dapat meningkatkan kinerja mobil melalui paket peningkatan atau dengan membeli bagian-bagian tertentu dari setiap kategori kinerja. Underground 2 juga memperkenalkan sistem dyno-tuning yang memungkinkan pemain untuk secara khusus mengatur aspek-aspek tertentu dari mobil.

Multipemain[sunting | sunting sumber]

Underground 2 memiliki kemampuan multipemain daring di PC, PS2, dan Xbox, namun pada tahun 2010, EA Games telah mematikan server permainan ini, sehingga fitur tersebut tidak dapat beroperasi.[2][3]. Versi PC memiliki mode LAN multiplayer, dan balapan multipemain melalui internet masih dapat dijalankan menggunakan mode LAN game dan LAN virtual (virtual private network).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "UK Charts: NFSU2 enters the record books". Eurogamer. Diakses tanggal 1 September 2017. 
  2. ^ "Online Service Updates". Electronic Arts. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 1, 2010. Diakses tanggal August 11, 2015. 
  3. ^ Hinkle, David (February 17, 2010). "Next wave of EA game server shutdowns detailed". Engadget (Joystiq). Diakses tanggal August 11, 2015.