Natural (Gundam SEED)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Natural, dalam cerita fiksi Mobile Suit Gundam SEED dan Mobile Suit Gundam SEED Destiny merupakan sebutan bagi ras manusia yang tidak melakukan modifikasi genetika selama proses pembuahan berlangsung. Pada umumnya, Natural merasa inferior terhadap Coordinator karena memang Coordinator memiliki tubuh yang lebih kuat, otak yang lebih cerdas dan beberapa kelebihan lainnya. Sejak munculnya banyak Coordinator di dunia, muncullah organisasi anti-Coordinator, seperti halnya Blue Cosmos dan juga Logos, yang menyebutkan bahwa Coordinator adalah "monster luar angkasa" dan mendeklariskan bahwa semua Coordinator harus dihancurkan "untuk menciptakan dunia yang biru dan murni." Organisasi-organisasi tersebut mengusir Coordinator dari wilayah mereka sehingga para Coordinator pun pergi ke luar angkasa dan menciptakan koloni di sana, yang dinamakan dengan PLANT. Negara netral seperti Orb Union tidak memedulikan perbedaan antara Natural dan Coordinator, selama mereka mengikuti idealisme dari negara tersebut.

Extended[sunting | sunting sumber]

Extended adalah proyek rahasia yang dilakukan oleh Atlantic Federation yang bertujuan untuk membentuk pilot bagi mobile suit buatannya yang dapat bertarung dengan efisiensi yang sama seperti halnya Coordinator. Dengan menggunakan obat-obatan dan lain-lain, Blue Cosmos akhirnya berhasil menciptakan "senjata yang hidup". Bagi yang tidak meningkat perkembangannya akan diabaikan, bahkan cenderung "dimusnahkan." Para Extended dianggap hanya sebagai senjata saja, bukannya para prajurit oleh para pasukan Earth Alliance. Pada saat tidak bertarung, Extended sama saja seperti orang biasa, akan tetapi ketika turun dalam pertarungan, mereka akan lebih ganas. Pada tahap-tahap awal perkembangannya, proyek ini memiliki nama "Biological CPU Program."

Tahap pertama[sunting | sunting sumber]

Extended tahap pertama memiliki beberapa modifikasi secara bioteknologi dan dikondisikan secara mental untuk menghilangkan perasaan ketakutan mereka dan meningkatkan agresifitas dalam pertarungan. Extended tahap pertama pada umumnya merupakan pilot biasa yang diberi obat Gamma Glipheptin, yang mampu meningkatkan kinerja. Obat ini ternyata memiliki efek buruk terhadap stabilitas mental sang pilot dan membuat mereka bersikap yang tidak seharusnya ketika bertarung. Selain itu, efek obatnya juga hanya bertahan sebentar saja. Jika efek obatnya berakhir, maka para pilot pun akan mengalami kesakitan yang luar biasa karena sistem saraf mereka mengalami gangguan, jika tidak diberikan obat Gamma Glipheptin dengan dosis yang sama. Para Extended tahap pertama yang diketahui adalah Clotho Buer (pilot GAT-X370 Raider Gundam), Orga Sabnak (pilot GAT-X131 Calamity Gundam), dan Shani Andras (pilot GAT-X252 Forbidden Gundam), yang terbunuh pada akhir perang Valentine Berdarah Pertama.

Tahap kedua[sunting | sunting sumber]

Extended tahap kedua merupakan tahap pengembangan Extended tahap pertama. Memiliki fisik dan jiwa dengan mental yang kuat, peningkatan performa bertempur, dan training pertempuran yang sangat keras dan kejam (di-didik untuk membunuh). Lebih stabil daripada Extended tahap pertama, karena tidak membutuhkan "obat" tertentu, dan hanya membutuhkan "perawatan" secara teratur. "Perawatan" tersebut menghilangkan memori mereka dan mengisinya kembali dengan data mengenai bertempur. Pilot Extended tahap kedua adalah Auel Neider, Stella Loussier, dan Sting Oakley. Mereka bertiga terbunuh dalam pertempuran. Auel dan Sting dibunuh oleh Shinn Asuka dan Impulse Gundam dan Destiny Gundam miliknya; sementara Stella dibunuh oleh Kira Yamato dan Freedom Gundam-nya.

[[ja:コーディネイターとナチュラル#コーディネイター