GAT-X103 Buster Gundam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
GAT-X103 Buster Gundam, mobile suit buatan Earth Alliance yang dipiloti oleh Dearka Elthman
Karier Earth Alliance
ProduksiMorgenroete inc
Mulai dibuat -
Diluncurkan 71 CE
Status Masih bertugas
Karakteristik umum
Berat benaman 84.2 metrik ton
Panjang 18.86 m
Lebar -
Draught-
Tenaga penggerakUltracompact energy battery
Kecepatan -
Awak kapal -
Persenjataan350 mm gun launcher
94mm High-energy Rifle
2 x 220mm 6-barrel Missile Pod


GAT-X103 adalah salah satu karakter robot/mobile suit dalam cerita anime fiksi Mobile Suit Gundam SEED. Mobile suit ini merupakan salah satu prototipe buatan Earth Alliance yang dilakukan oleh Morganraete, Inc. di koloni luar angkasa Heliopolis, bersama-sama dengan empat buah mobile suit lainnya, yakni GAT-X103, GAT-X105, GAT-X207, dan GAT-X303. Mobile suit ini dicuri dari pihak Earth Alliance oleh ZAFT dan kemudian dipiloti oleh Dearka Elthman yang memodifikasi sistem operasi mesin ini sehingga dapat digunakan secara maksimal. Disebut juga dengan "Buster Gundam".

Selayang pandang[sunting | sunting sumber]

Ketika perang Valentine Berdarah pertama berkecamuk, Atlantic Federation (salah satu bagian dari Earth Alliance) memulai proyek rahasia untuk mengembangkan mobile suit yang dapat digunakan untuk menandingi kinerja dan kekuatan mobile suit milik ZAFT, yang telah diproduksi secara massal, yakni ZMGF-1017 GINN, dan tentunya dapat beroperasi tanpa adanya gangguan dari Neutron Jammer Canceler. GAT-X103, dan empat mobile suit lainnya merupakan hasil dari proyek tersebut yang dikembangkan oleh Morgenraete Inc. milik negara Orb. Gundam jenis ini adalah Gundam yang didesain untuk pertarungan jarak jauh, karena memang ia tidak dilengkapi dengan shield serta dilengkapi dengan senjata meriam/artileri berjarak jauh.

Seperti halnya empat buah prototipe Gundam lainnya, GAT-X103 ini dilengkapi dengan teknologi armor Phase Shift. Ketika armor tersebut aktif, GAT-X103 ini hampir tidak terpengaruh dengan serangan yang didapatnya dari artileri, peluru biasa, atau serangan hand-to-hand (pedang atau pisau). Meskipun demikian, penggunaan Phase Shift dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan baterai cepat habis.

Sebagai sebuah mobile suit artileri, persenjataan utama dari GAT-X103 Buster Gundam adalah senjata artileri kelas berat, yakni gun launcher 350mm dan high-energy rifle 94mm. Dua jenis senjata utama itu dapat digunakan secara independen atau dapat digabungkan menjadi satu buah senjata jarak jauh. Buster juga dilengkapi dengan dua buah missile pod launcher 6-barrel yang diletakkan di pundaknya.

Selanjutnya, Earth Alliance membuat sebuah versi GAT-X103 Buster Gundam yang lebih sederhana yang diproduksi secara massal, yang disebut sebagai GAT/A-01E2 Buster Dagger. Selain itu, ada juga sebuah versi Buster Gundam yang ditingkatkan performanya, yang dikemudikan oleh Shams Couza, dalam Gundam SEED Stargazer. Versi yang ditingkatkan ini dinamakan dengan GAT-X103AP Verde Buster.

Debut[sunting | sunting sumber]

Buster Gundam turun ke medan pertempuran setelah pada tanggal 25 Januari Cosmic Era 71, dicuri oleh salah seorang prajurit elit ZAFT, Dearka Elthman, bersamaan dengan tiga buah Gundam lainnya (Duel, Blitz, dan Aegis), dari pabrik Morgenraete Inc. di Heliopolis. Tetapi, salah satu tugas mereka, yakni menghancurkan kapal induk yang baru, Archangel, gagal.

Akibat kegagalan tersebut, Dearka dan kawan-kawannya terus menerus menekan Archangel dalam banyak pertempuran. Pada sebuah pertempuran di dekat negara Orb, Buster Gundam mengalami kerusakan yang serius, dan sempat diincar dengan Gotfleet milik Archangel. Akhirnya, Dearka pun menyerahkan dirinya dan menjadi tawanan perang.

Kru Archangel pun menangkapnya, dan dibawa ke pangkalan militer Earth Alliance JOSH-A di Alaska untuk diadili. Tetapi, Archangel dan Dearka tidak digubris oleh para perwira tinggi JOSH-A. Setelah serangan operasi "Spit Break" yang menjadikan Archangel keluar dari Earth Alliance menuju ke Orb, Dearka pun dilepaskan, dan Buster Gundam pun diambil alih oleh Orb.

Saat Earth Alliance pimpinan Multa Azrael menyerang Orb, dan menghancurkan salah satu pintu pabrik senjata Orb, Dearka pun mengambil kembali Buster Gundam dan akhirnya bertarung dengan Earth Alliance bersama-sama dengan ZMGF-X10A Freedom Gundam milik Kira Yamato, ZMGF-X09A Justice Gundam milik Athrun Zala, Archangel dan tentunya pasukan Orb, yang menggunakan MBF-M1 M1 Astray. Dearka memiliki tujuan melindungi Archangel karena di sana terdapat seseorang yang mengubah hatinya, Miriallia Haww.

Pada akhir perang Valentine Berdarah pertama (26 Desember CE 71), Buster mengalami kerusakan yang parah ketika bertarung dengan ZMGF-X13A Providence Gundam milik Rau Le Creuset. Beruntung, pilotnya tidak mengalami cedera yang fatal, dan dapat diselamatkan oleh temannya, Yzak Joule yang menaiki GAT-X102 Duel Gundam untuk diserahkan kepada Archangel.