Earth Alliance

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Earth Alliance (atau Alliansi negara negara algomerisasi Bumi) adalah salah satu fraksi yang terdapat pada Mobile Suit Gundam SEED Gundam yang bersetting di dalam kurun waktu Cosmic Era. Alliansi ini merupakan gabungan dari beberapa Etinitas Politik, yaitu Federasi Atlantik, Federasi Eurasia, Republik Asia Timur dan Uni Afrika Selatan. Setelah kemerdekaan United states of South America yang dahulu bergabung,Aliansi Bumi secara resmi didirikan sebagai hasil dari Deklarasi Alaska pada 7 Februari CE 70. Pasukan militer gabungan dari Earth Alliance secara resmi ditujukan sebagai OMNI Enforcer(Oppose Militancy and Neutralize Invasion), yaitu pasukan yang membela Earth alliance. Tetapi lebih sering hanya sering disebut Militer Bumi (Chikyuu Gun), tidak seperti PLANT yang juga disebut dengan ZAFT . Meskipun secara formal Aliansi dipimpin oleh seorang Sekretaris Jenderal, kursi kekuasaan yang sesungguhnya terletak organisasi Blue Cosmos dan perusahaan saham yang bernama LOGOS.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Berawal dari penemuan ilmu genetika oleh George Glenn, merupakan awal baru bagi Cosmic Era. Penemuan manusia yang dilahirkan dengan modifikasi genetika, yang disebut dengan Coordinator membuat beberapa kekacauan politik. Mereka, manusia yang tanpa rekombinasi genetika, rekombinasi sentriol mitochondrial(yang disebut juga natural) Merasa iri pada Coordinator. Sehingga munculah partai besar yang bernama Blue cosmos. Pada 5 Februari Cosmic era70, PBB dihancurkan oleh teroris, Sehingga dibentuklah "Deklarasi Alaska" yang sepakat untuk membentuk Earth Alliance. Tanggal 11 February Cosmic Era 70, Earth Alliance mendeklarasikan perang dengan PLANT/ZAFT dengan moto mereka"untuk mewujudkan dunia biru dan bersih dari Coordinator". Perang dimulai dengan"Bloody Valentine War", yaitu pengeboman nuklir oleh pasukan Bumi ke salah satu PLANT di sistem kota Junius, yaitu Junius Seven. 243,721 Jiwa tewas dalam perisitiwa tersebut. Itu membuat ZAFT/PLANT tidak tinggal. Zaft mengembangkan mobile suit

Federasi Anggota[sunting | sunting sumber]

Berikut ini merupakan anggota anggota dari Earth Alliance:

  • Federasi Atlantik
Federasi superpower yang ada di Earth Alliance yang berpusat di Washington DC. Negara adidaya ini adalah anggota yang paling kuat dari Earth Alliance. Federasi Atlantik adalah federasi yang paling sering mengambil bagian dalam peperangan perang melawan ZAFTPLANT . Mereka memiliki pangkalan yang disebut JOSH-A yang berada di alaska, yang kemudian dipindahkan ke Heaven Base, yang berlokasi di Rekyavik, Islandia. Meskipun bersekutu untuk melawan ZAFT, Atlantik dan Eurasia Federasi telah lama bersaingan, dan arus bawah yang kuat ketidakpercayaan tetap antara mereka karena Atlantic Federation merupakan leburan dari Amerika Serikat, Sedangkan Eurasia merupakan leburan dari Uni Sovyet.
Federasi Atlantik selalu diboncengi oleh oleh anggota Blue Cosmos / Logos dari negara Aliansi. Setidaknya presiden Federasi ini secara langsung menerima perintah dari pemimpin Blue Cosmos, Lord Djibril untuk memulai Perang Valentine Berdarah Kedua .
  • Federasi Eurasia
Seperti namanya, Federasi Eurasia merupakan perpaduan dari Uni Eropa (tidak termasuk Britania Raya dan Irlandia) dengan anggotanya dari Pakta Warsawa. Federasi ini diatur oleh sebuah dewan federal yang didominasi oleh negara-negara di kawasan Eropa. Bangsa ini adalah anggota kuat dari Earth Alliance kedua setelah Federasi Atlantik dalam kekuasaan dan pengaruh. Akibatnya, baik federasi telah lama saingan sejak Perang dingin, ada unsur ketidakpercayaan antara kedua federasi tersebut.
Militer Federasi Eurasia merupakan bagian dari OMNI Enforcer dan menggunakan mobile suit, dan telah menciptakan serangkaian sendiri mobile suit dalam bentuk seri Gundam CAT1-X Hyperion. Federasi Eurasia yang pertama kali yang menemukan balok perisai yang bernama dalam bentuk Barrier Lightwave untuk melindungi markas Eurasia,asteroid Artemis yang terletak di kordinat garis Lagrange 3.
  • Republik Asia Timur
Sebuah federasi yang sekarang terdiri dari bangsa Cina, Jepang, Korea (Utara dan Selatan), India dan adalah kekuatan terbesar ketiga dari Aliansi Bumi di timeline Cosmic Era. Pelabuhan antariksa (spaceport) Earth Alliance ada di federasi ini, yaitu di Kaohsiung, Taiwan namun dikuasai oleh pasukan ZAFT selama Perang Valentine Berdarah. Selama perang ini, Federasi ini bergabung dengan Federasi Atlantik dan Eurasia Federasi dalam Aliansi Bumi, melawan kekuatan ZAFT. Pada akhir perang pertama, Kaoshiung dikembalikan ke Asia Timur.
  • Uni Afrika Selatan
Federasi keempat. Termasuk Federasi yang lemah. Memiliki markas militer di Victoria, Afrika
  • Setelah Ketua Dewan Tertinggi PLANT, Gilbert Dullindal, mengungkapkan adanya penyelewengan Blue Cosmos dan LOGOS, di bagian akhir dari perang PLANT / Bumi kedua, armada angkatan laut besar Asia Timur terpisah dari Bangsa mereka dan bersekutu dengan ZAFT.

Lalu sebagian besar armada hancur kemudian dalam gelombang pertama melawan Basis Logos di base Heaven di Islandia. Chairman Gilbert melakukan operasi "Ragnarok" untuk melumpuhkan kekuatan pasukan bumi di Heaven Base, Islandia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

http://gundam.wikia.com/wiki/Earth_Alliance