PLANT

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

PLANT (singkatan dari Productive Location Ally on Nexus Technology), dalam kisah fiksi anime Mobile Suit Gundam SEED dan Mobile Suit Gundam SEED Destiny yang bersetting di Cosmic Era, adalah koloni luar angkasa yang pada awalnya digunakan sebagai fasilitas manufaktur dan riset. PLANT didanai oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan sebagian besar dikendalikan oleh para Coordinator. Seiring dengan waktu, PLANT pun menjadi tempat tinggal para Coordinator, yang lari dari pengejaran para anti-Coordinator yang membenci mereka. Setelah perang dimulai, PLANT menjadi sebuah negara yang independen. PLANT dibagi ke dalam 12 kelompok yang disebut sebagai "city", yang setiap kotanya diberi nama dalam Kalender Romawi (contoh Januarius, Junius, Aprilius dan lain-lain). Pada tahun 73 Cosmic Era, PLANT diganti kepanjangannya menjadi People Liberation Acting Nation of Technology.

Pemerintahan kota-kota PLANT diletakkan pada bahu Dewan Supremasi PLANT (PLANT Supreme Council) yang terletak di Aprilius One, yang pada awalnya dibentuk untuk melawan negara-negara direktorat pendukung PLANT. Selain oleh Dewan Supremasi PLANT, PLANT juga dilindungi oleh kesatuan militer yang dinamakan dengan ZAFT (Zodiac Alliance of Freedom Treaty).

PLANT dapat digambarkan sebagai sebuah negara, tetapi pada dasarnya terbagi ke dalam beberapa negara independen yang bersatu di bawah kebutuhan mereka akan perlindungan dan juga keturunan (fakta bahwa mereka adalah Coordinator). Kata "PLANT" pun kadang digunakan untuk merujuk ke semua PLANT sebagai sebuah kesatuan, dan juga istilah "ZAFT" juga kadang digunakan untuk menggambarkan PLANT secara keseluruhan, meskipun ini tidak benar. Lacus Clyne merupakan salah satu orang yang bisa membedakan antara PLANT dan ZAFT, ketika ia berada di Archangel.

Setiap kota terdiri atas 10 buah PLANT, yang berbentuk seperti jam pasir, sehingga total terdapat 120 buah PLANT. Akan tetapi, pada tanggal 14 Februari CE 70, beberapa pasukan Earth Alliance yang mengendarai pesawat luar angkasa menembakkan senjata berhulu ledak nuklir pada PLANT Junius Seven, sehingga membunuh 243.721 warga sipil, termasuk di antaranya adalah Lenore Zala (ibu Athrun Zala dan istri Patrick Zala, pendiri ZAFT). Karena terjadi pada Hari Valentine (14 Februari), maka tragedi tersebut dikenang dengan sebutan Bloody Valentine Tragedy (Chi no Valentine), yang mengakibatkan perang berkepanjangan. Dari masa itu hingga CE 74 ada beberapa PLANT yang terdapat di L5. Pada akhir CE 73, paling tidak ada sebuah PLANT yang terletak di L4, yang merupakan markas militer ZAFT, Armory One.

Pada CE 74, saat perang Valentine Berdarah Kedua berkecamuk, pemimpin LOGOS, Lord Djibrill menyerang PLANT dengan senjata pemusnah massal Requiem untuk mencoba menghancurkan PLANT Aprilius One, yang di dalamnya terdapat kantor Dewan Supremasi PLANT. Akan tetapi, karena ada gangguan yang dilakukan oleh pasukan ZAFT yang dipimpin oleh Yzak Joule dan Dearka Elthman, Aprilius One pun selamat dari kehancuran, tetapi menghancurkan Januarius One, Januarius Two, Januarius Three, dan Januarius Four secara langsung dan mengakibatkan keruntuhan December Seven dan December Eight, sehingga mengakibatkan kematian jutaan Coordinator.

Dewan Supremasi PLANT[sunting | sunting sumber]

Dewan Supremasi PLANT (PLANT Supreme Council) adalah sebuah komite eksekutif yang terdiri atas 12 anggota terpilih yang setiap orangnya mewakili sebuah kota dalam sekumpulan PLANT. Setiap anggota juga diberi tugas masing-masing yang terdiri atas Judicial, Administrative (Administratif), Legislative (Legislatif), Diplomatic (Diplomatik), dan National Defense (Pertahanan Nasional). Komite ini secara umum dipimpin oleh Pemimpin Dewan PLANT (PLANT Supreme Council Chairman).

Pembuatan Dewan Supremasi PLANT pertama kali dilakukan pada permulaan Perang Valentine Berdarah Pertama pada tahun 71 Cosmic Era, dengan pemimpin seperti yang tertera di dalam tabel berikut. Dewan Supremasi PLANT terbagi ke dalam dua faksi, yakni Faksi Moderat (dipimpin oleh Siegel Clyne dan Eileen Canaver) dan Faksi Radikal (dipimpin oleh Patrick Zala dan Ezalia Joule). Siegel Clyne pada awalnya ditunjuk menjadi Pemimpin Dewan PLANT, akan tetapi digantikan oleh Patrick Zala.

Anggota Dewan Mewakili Tugas Faksi Politik Spesialisasi Akademis
Ali Kasim Januarius City Legislative Committee Chair Moderat Microengineering
Tad Elsman Februarius City Administrative Committee Member Netral/Moderat Biochemistry
Ezalia Joule Martius City National Defense Committee Member Radikal Aerospace engineering
Siegel Clyne Aprilius City Supreme Council Chair Moderat Space Life Sciences
Yuri Amalfi Maius City National Defense Committee Member Moderat Mechanical Engineering
Louise Leitner Junius City Judicial Committee Chair Radikal Agricultural Engineering
Jeremy Maxwell Quintilis City Legislative Committee Member Radikal Chemistry
Orson White Sextilis City Administrative Committee Chair Netral/Radikal Microengineering
Eileen Canaver September City Diplomatic Committee Chair Moderat Information Science
Herman Gould October City National Defense Committee Member Radikal Political Science
Parnel Jesek November City Judicial Committee Member Netral/Moderat Industrial Engineering
Patrick Zala December City National Defense Committee Chair Radikal Historical Structures

Ketika Patrick Zala menjabat sebagai Pemimpin Dewan Supremasi PLANT, Siegel Clyne frustrasi dengan apa yang dilakukan oleh Patrick Zala, sehingga mengizinkan Lacus Clyne, anak perempuannya untuk memberikan ZGMF-X10A Freedom Gundam kepada Kira Yamato secara diam-diam. Keluarga Clyne selanjutnya terpaksa bersembunyi karena melakukan tindakan makar terhadap PLANT; Eileen Canaver pun diserahi tanggung jawab sebagai pemimpin Faksi Moderat dan Patrick Zala pun menyuruh kepada seluruh pasukan ZAFT untuk menangkap semua anggota Faksi Moderat dan setiap pihak yang terkait dengan Siegel Clyne, sehingga menjadikan perang sipil bawah tanah antara Faksi Radikal dan Faksi Moderat di PLANT. Siegel Clyne pun tewas tertembak serbuan pasukan ZAFT.

Setelah Perang Valentine Berdarah Pertama berakhir, Eileen Canaver pun menangkap Ezalia Joule dan para anggota Faksi Radikal lainnya, untuk kemudian menjadi kepala PLANT Provisionary Council, yang terdiri atas anggota Faksi Moderat.

Banyak anggota Dewan Supremasi PLANT juga merupakan orang tua dari pilot elit ZAFT yang mempiloti mobile suit, seperti Tad Elthman (ayah Dearka Elthman), Ezalia Joule (ibu Yzak Joule), Yuri Amalfi (ayah Nicol Amalfi), dan juga Patrick Zala (ayah Athrun Zala).

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]