ZGMF-X10A Freedom Gundam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
ZGMF-X10A Freedom Gundam
Karier Orb Union
ProduksiIntegrated Design Bureau
Mulai dibuat -
Diluncurkan 71 CE
Status Dihancurkan
Karakteristik umum
Berat benaman 71.5 metrik ton
Panjang 18.3 m
Lebar -
Draught-
Tenaga penggerakUltracompact Nuclear Fission Reactor
Kecepatan -
Awak kapal -
Persenjataan elektronikHigh-Mobility Aerial Tactics (HiMAT) Mode
Neutron Jammer Cancellerr
Multi Lock-On System
Full Burst Mode
Persenjataan2 x M100 "Balaena" Plasma Beam Cannon
2 x MA-M01 "Lacerta" Beam Saber
2x4 - 2 x MMI-GAU2 "Picus" 76mm CIWS
2 x MMI-M15 "Xiphias" Rail Cannon


ZGMF-X10A adalah sebuah prototipe (purwarupa) mobile suit buatan ZAFT yang tampil dalam acara anime Mobile Suit Gundam SEED dan sekuelnya Mobile Suit Gundam SEED Destiny. Pertama kali muncul pada episode 34 dan dipiloti oleh Kira Yamato, setelah Lacus Clyne memberikannya sebagai pengganti GAT-X105 Strike Gundam yang telah hancur akibat pertarungan mati-matian dengan GAT-X303 Aegis Gundam yang dikendarai oleh Athrun Zala. Dengan menggunakan mobile suit ini, Kira Yamato pun dapat mengakhiri Perang Valentine Berdarah Pertama setelah berlangsung selama lebih dari satu tahun, sebagai bagian dari pasukan aliansi tiga kapal (Archangel, Eternal, dan Kusanagi). Disebut juga sebagai Freedom Gundam, meski Kira sendiri sering menyebutnya "Gundam" atau "Freedom" saja.

Selayang pandang[sunting | sunting sumber]

Setelah berhasil mencuri empat buah prototipe mobile suit Gundam buatan Earth Alliance (GAT-X102 Duel Gundam, GAT-X103 Buster Gundam, GAT-X207 Blitz Gundam, dan GAT-X303 Aegis Gundam), ZAFT melakukan reverse engineering terhadapnya dan mengambil teknologi yang terdapat di dalamnya ke dalam mobile suit buatan ZAFT sendiri, seperti halnya armor Phase Shift dan beam saber. Dengan teknologi baru ini, ZAFT membuat beberapa jenis Gundam di bawah arahan pemimpin mereka, Patrick Zala (ayah Athrun Zala).

ZMGF-X10A Freedom Gundam, saat mengembangkan sayapnya

Tidak seperti mobile suit yang sebelumnya dibuat, mobile suit yang baru ini menerapkan teknologi yang sangat berbahaya, yakni Neutron Jammer Canceler (atau sering disebut sebagai N-Jammer Canceler). ZAFT awalnya mengembangkan N-Jammer Canceler untuk mencegah Earth Alliance menggunakan senjata berhulu ledak nuklir, setelah Junius Seven hancur luluh lantak diterjang senjata nuklir. Tetapi, hal ini juga menyebabkan mobile suit pun tidak dapat menggunakan bahan bakar nuklir, dan akhirnya hanya menggunakan baterai yang dapat habis dalam beberapa menit pertarungan saja. Dengan menggunakan N-Jammer Canceler, mobile suit pun dapat menggunakan reaktor fisi nuklir dan bekerja dengan daya seolah-olah tidak terbatas, meskipun ketika armor Phase Shift diaktifkan. ZMGF-X10A Freedom Gundam merupakan salah satu Gundam yang didesain oleh ZAFT dengan menggunakan teknologi tersebut, dan membuatnya menjadi mobile suit paling kuat. Bila sayap pada Freedom dikenbangkan, maka bisa menjadi penahan panas atmosfer ketika memasuki bumi ataupun rem udara. Pada kepala Freedom tepatnya di tengah antenna komunikasi terdapat tulisan DIECI,yang berarti sepuluh dalam bahasa Italia,mensimbolkan kode Freedom,yaitu X10a

Debut[sunting | sunting sumber]

Freedom Gundam pertama kali digunakan pada akhir tahun 71 Cosmic Era, saat Lacus Clyne memberikannya kepada Kira. Kira pun menggunakan mobile suit ini untuk turun ke Bumi dan turut bergabung dalam peperangan antara ZAFT dan Earth Alliance di pangkalan militer JOSH-A, Alaska, untuk menyelamatkan Archangel dari kehancuran. Setelah itu, Kira pun kembali bergabung dengan rekan-rekannya di Archangel dan kemudian bergabung dengan Orb setelah Murrue Ramius memutuskan untuk meninggalkan Earth Alliance dan membelot ke Orb Union. Di sana, Kira pun bertarung dengan Earth Alliance untuk melindung Orb saat Earth Alliance menyerang Orb, dan kemudian dibantu oleh sahabatnya, Athrun Zala dengan menggunakan ZGMF-X09A Justice Gundam.

Setelah Orb dihancurkan oleh Uzumi Nala Attha, Kira pun kembali ke luar angkasa dan bergabung kembali dengan Lacus yang membawa pesawat tempur curiannya yang baru, Eternal yang didesain untuk membawa Freedom dan Justice dan memang mendukung penuh kedua jenis mobile suit tersebut (dengan adanya METEOR). Bersama-sama dengan Athrun Zala, Kira pun menggunakan METEOR miliknya untuk menyelamatkan koloni luar angkasa (PLANT) dari serangan nuklir yang diluncurkan oleh Earth Alliance. Pada akhir perang, Freedom Gundam pun rusak parah setelah bertarung dengan ZGMF-X13A Providence Gundam yang dikendarai oleh Raww Le Kluezze.

Setelah perang berakhir, Freedom Gundam pun diperbaiki secara diam-diam dan disembunyikan di Orb. Pada tahun 73 Cosmic Era, Freedom Gundam pun diaktifkan kembali oleh Kira akibat serangan yang dilancarkan oleh para pasukan khusus ZAFT yang disuruh oleh Gilbert Durandal untuk membunuh Lacus Clyne, mengingat Durandal telah memiliki "Lacus Clyne" yang lain. Mereka menggunakan mobile suit UMF/SSO-3 ASH. Setelah itu, Archangel dan Freedom pun beberapa kali "mengganggu" perang antara ZAFT dan Earth Alliance dalam Perang Valentine Berdarah Kedua.

Akhirnya, Dewan PLANT pun mendeklarasikan Archangel dan Freedom sebagai ancaman terhadap PLANT dan harus dihancurkan, dengan meluncukan operasi "Angel Down". Ketika operasi tersebut dilaksanakan, Freedom Gundam pun dihancurkan oleh ZGMF-X56S Force Impulse Gundam milik Shinn Asuka. Berdasarkan data Freedom Gundam dibuatlah versi upgradenya oleh Terminal secara rahasia, yaitu ZGMF-X20A Strike Freedom Gundam.


Trivia[sunting | sunting sumber]

Freedom Gundam pertama kali muncul pada PHASE 34 serial Gundam Seed, dan Freedom Gundam hancur oleh Impulse Gundam pada PHASE 34 serial Gundam Seed Destiny.

Spesifikasi dan informasi lainnya[sunting | sunting sumber]

Freedom Gundam memiliki spesifikasi berikut:

  • Sistem operasi: Generation Unsubdued Nuclear Drive Assault Module complex.
  • Tinggi: 18.03 meter
  • Berat: 71,5 metrik ton
  • Sumber catu daya: Ultracompact nuclear fission reactor, daya yang dikeluarkan diberi rating 8826 kW.
  • Persenjataan:
    •  MMI-GAU2 "Picus" 76mm CIWS x2, fire-linked, head-mounted
    •  M00 "Balaena" plasma beam cannon x2, diletakkan pada sayapnya, dan saat digunakan akan diletakkan di atas bahunya
    •  MA-M01 "Lacerta" beam saber x2, disimpan pada paha, dibawa dengan menggunakan tangan ketika digunakan
    •  MMI-M15 "Xiphias" railgun x2, dilipat di bawah paha, dilebarkan saat digunakan
    •  MA-M20 "Lupus" high-energy beam rifle x1, disimpan pada punggung, dibawa dan ditenteng