ZAFT

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Logo Zodiac Alliance of Freedom Treaty, "ZAFT"

Zodiac Alliance of Freedom Treaty (Bahasa Jepang : 自由条約黄道同盟 ; dibaca : Jiyuu Jouyaku Koudou Doumei ; disingkat menjadi : "ZAFT" atau "ザフト") adalah salah satu organisasi fiksi dalam dunia fiksi pada era kalender "Cosmic Era" dengan anime Mobile Suit Gundam SEED dan Mobile Suit Gundam SEED Destiny.

ZAFT adalah nama sebuah angkatan bersenjata dari Negara PLANT, sebuah negara koloni angkasa di area Titik Lagrangian "L5".

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, ZAFT merupakan sebuah organisasi politik yang diberi nama Zodiac Alliance yang didirikan oleh Siegel Clyne dan Patrick Zala pada Cosmic Era tahun 50 untuk memperjuangkan hak dan kemerdekaan para Coordinator. Pada Cosmic Era tahun 65, Zodiac Alliance pun diubah namanya menjadi "ZAFT", tetapi menjadi murni organisasi militer tiga tahun kemudian.

ZAFT bertempur melawan Earth Alliance pada perang Valentine Berdarah Pertama pada Cosmic Era tahun 70-71. Pada pertengahan tahun 71, Patrick Zala, yang menyalahkan semua Natural atas kematian istrinya, Lenore Zala, pada saat Tragedi Valentine Berdarah, menjadi pemimpin Negara PLANT dan ketua ZAFT yang baru selepas pembunuhan Siegel Clyne dan kemudian menghapus semua orang "Faksi Clyne" di dalam Dewan Supremasi PLANT.

Patrick Zala berencana untuk mengakhiri perang dengan membunuh semua kehidupan manusia di Bumi, karena menurutnya Natural merupakan penyebab semua peperangan. Selain itu, Patrick juga mengukuhkan Coordinator sebagai ras manusia yang lebih superior dibandingkan dengan Natural.

Setelah bencana Junius Seven dijatuhkan ke Bumi, Earth Alliance meminta kepada ZAFT untuk melakukan demiliterisasi dan membubarkan pemerintahannya. Tentu saja hal itu ditolak oleh Dewan Supremasi PLANT, dan kemudian kembali menjadikan perang Valentine Berdarah Kedua dimulai antara Bumi dan ZAFT.

Dukungan dari Bumi terhadap ZAFT meningkat setelah Pemimpin PLANT baru, Gilbert Durandal, berpidato mengenai masalah Blue Cosmos dan Logos yang disiarkan ke seluruh dunia, baik itu ke PLANT maupun ke Bumi. Meskipun ZAFT dan ORB (Aliansi Tiga Kapal, Terminal, Faksi Clyne) sama-sama memerangi pasukan Earth Alliance, keduanya tetaplah merupakan musuh hingga perang jilid kedua berakhir.

Kekuatan[sunting | sunting sumber]

ZAFT memiliki banyak sekali kapal perang luar angkasa, dengan menggunakan kapal perang kelas Nazca dan Laurasia. Untuk urusan perang di darat, bisa menggunakan kelas Lesseps dan Petrie, dan urusan perang bawah laut bisa menggunakan Vosgulov.

ZAFT juga memiliki keahlian untuk memproduksi teknologi nuklir yang canggih, dengan membuat Neutron Jammer, Neutron Jammer Canceler, Neutron Stampeder, dan meriam GENESIS. Selain itu, mereka juga mengembangkan Deuterion Beam Energy Transfer System, yang mengizinkan sebuah kapal perang untuk mengisi ulang baterai mobile suit tanpa harus kembali ke kapal perang tersebut.

Pangkat dalam ZAFT[sunting | sunting sumber]

ZAFT diorganisasikan sebagai milisi, ketimbang seperti OMNI Enforcer yang merupakan bagian dari Earth Alliance, dengan menggunakan titel posisi sebagai pangkat. Beberapa pangkat yang umum digunakan di dalam ZAFT adalah sebagai berikut:

  • Kancho: Kapten, pemimpin yang bertugas dalam sebuah kapal perang militer tertentu, seperti kapal perang luar angkasa, kapal induk darat, atau kapal selam.
  • Taicho: Komandan, pemimpin yang bertugas dalam sebuah tim dalam ZAFT yang sering dibuat, diatur-atur ulang, lalu dibubarkan. Tim tersebut pun diidentifikasikan dengan nama pemimpinnya, seperti Tim Le Klueze, Tim Zala, Tim Joule, dan tim-tim lainnya. Seorang komandan juga memiliki kontrol pada salah satu kapal perang, baik itu di luar angkasa, darat, laut dan juga mobile suit. Komandan juga bertanggungjawab untuk membuat strategi yang jitu untuk menggunakan sumber-sumber daya tersebut, kepada Gicho atau pemimpin.

Seragam[sunting | sunting sumber]

Seragam yang dikenakan oleh prajurit ZAFT juga memiliki kode-kode tersendiri, berdasarkan warnanya, yang ditentukan dengan kemampuan, posisi, prestasi, atau tanggung jawabnya. Sebagian besar pilot dan para perwira memiliki seragam yang lebih panjang dibandingkan dengan para prajurit biasa, selain tentunya warna seragam tersebut. Berikut adalah warna-warna seragamnya:

  • Hijau: digunakan oleh para prajurit umum, teknisi, atau pilot mobile suit. Umumnya menyatakan bahwa personel yang menggunakannya telah menyelesaikan latihan dengan baik, yang berlangsung selama setengah tahun.
  • Olive: digunakan oleh para prajurit untuk situasi perang darat.
  • Hijau terang: hanya digunakan oleh para mekanik.
  • Merah: digunakan oleh para alumni terbaik akademi militer ZAFT. Pasukan Jas Merah juga menggunakan seragam merah untuk menunjukkan status elit mereka. Meskipun mereka dihormati, dan dianggap sebagai ace pilot, para pengguna jas merah ini tidak selamanya memiliki posisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan rekan-rekannya yang berseragam hijau.
  • Hitam: digunakan oleh kapten kapal dan juga perwira eksekutif atau perwira yang memiliki tingkat tanggung jawab yang tinggi. Selain itu, warna hitam juga digunakan oleh para perwira ZAFT yang membantu para pejabat pemerintahan.
  • Kuning: variasi dari warna olive. Andrew Waltfeld, merupakan satu-satunya orang yang menggunakan warna kuning ini. Kemudian, ia pun digambarkan menggunakan seragam warna putih dengan variasi kuning di dalamnya.
  • Putih: digunakan oleh para komandan ZAFT atau para perwira tinggi ZAFT. Seragam putih standar digunakan oleh para kapten kapal senior yang bertugas pada kapal-kapal induk, meski mereka dianggap memiliki derajat yang sama dengan para kapten kapal lainnya. Penambahan dekorasi lainnya dapat meningkatkan senioritas serta tanggung jawab pemakainya.
  • Ungu: digunakan oleh para anggota Dewan Pertahanan PLANT dan para birokrat yang memiliki kaitan dengan ZAFT. Penambahan dekorasi lainnya dapat meningkatkan senioritas serta tanggung jawab pemakainya.

FAITH[sunting | sunting sumber]

Logo FAITH yang umumnya dilekatkan pada seragam masing-masing anggota FAITH

Fast Acting Integrate Tactical Headquarters (Bahasa Jepang : 戦術統合即応本部 ; dibaca : Senjutsu Tougou Sokuou Honbu ; disingkat menjadi : "FAITH" atau "フェイス") adalah salah satu organisasi fiksi dalam dunia fiksi pada era kalender "Cosmic Era" dengan anime Mobile Suit Gundam SEED dan Mobile Suit Gundam SEED Destiny.

FAITH adalah sebuah pasukan khusus Angkatan Tentara ZAFT, yang disiapkan untuk melakukan operasi tempur non konvensional, pertahanan dalam negeri, serangan langsung, kontra terorisme, dan operasi khusus lainnya.

Mereka merupakan bagian elit dari personel ZAFT yang memiliki pengalaman perang yang hebat. Setiap anggotanya menggunakan lencana dengan bentuk mirip elang.

Mereka ditunjuk secara langsung oleh Dewan PLANT atau Pemimpin PLANT, dan mereka pun harus bertanggung jawab terhadap segala tugasnya kepada Dewan PLANT atau pemimpin PLANT. Otoritas mereka berada di atas pemimpin skuadron, dan dapat memberikan perintah strategis di tempat atau mengganti semua perintah sebelumnya (kecuali dari Dewan PLANT) dengan perintah baru.

Para anggota FAITH yang diketahui adalah :