GAT-X102 Duel Gundam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
GAT-X102 Duel Gundam yang dipiloti oleh Yzak Jule
Karier PLANT
ProduksiMorgenroete
Mulai dibuat -
Diluncurkan 71 CE
Status Masih bertugas
Karakteristik umum
Berat benaman 69.01 metrik ton
Panjang 17.50 m
Lebar -
Draught-
Tenaga penggerakUltracompact Energy Battery
Kecepatan -
Awak kapal -
Persenjataan2 x "Igelstellung'"75mm Multi-barrel CIWS
2 x Beam Saber
"Shiva" 115mm Railgun
220mm 5-barrel Missile Pod
57mm High-energy Beam Rifle
175mm Grenade Launcher
350mm "Gáe Bulg" Rail bazooka
Shield


GAT-X102 adalah salah satu karakter robot/mobile suit dalam cerita anime fiksi Mobile Suit Gundam SEED. Mobile suit ini merupakan salah satu prototipe buatan Earth Alliance yang dilakukan oleh Morganraete, Inc. di koloni luar angkasa Heliopolis, bersama-sama dengan empat buah mobile suit lainnya, yakni GAT-X103, GAT-X105, GAT-X207, dan GAT-X303. Mobile suit ini dicuri dari pihak Earth Alliance oleh ZAFT dan kemudian dipiloti oleh Yzak Jule yang memodifikasi sistem operasi mesin ini sehingga dapat digunakan secara maksimal. Disebut juga dengan "Duel Gundam".

Selayang pandang[sunting | sunting sumber]

Ketika perang Valentine Berdarah pertama berkecamuk, Atlantic Federation (salah satu bagian dari Earth Alliance) memulai proyek rahasia untuk mengembangkan mobile suit yang dapat digunakan untuk menandingi kinerja dan kekuatan mobile suit milik ZAFT, yang telah diproduksi secara massal, yakni ZMGF-1017 GINN, dan tentunya dapat beroperasi tanpa adanya gangguan dari Neutron Jammer Canceler. GAT-X102, dan empat mobile suit lainnya merupakan hasil dari proyek tersebut yang dikembangkan oleh Morgenraete Inc. milik negara Orb. Gundam jenis ini adalah Gundam yang didesain untuk pertarungan jarak dekat.

GAT-X102 Duel Gundam dengan Assault Shroud

Seperti halnya empat buah prototipe Gundam lainnya, GAT-X102 ini dilengkapi dengan teknologi armor Phase Shift. Ketika armor tersebut aktif, GAT-X102 ini hampir tidak terpengaruh dengan serangan yang didapatnya dari artileri, peluru biasa, atau serangan hand-to-hand (pedang atau pisau). Meskipun demikian, penggunaan Phase Shift dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan baterai cepat habis.

Duel Gundam pertama kali turun ke medan perang saat dicuri oleh ZAFT dari pihak Earth Alliance di Heliopolis. Pilotnya adalah pemuda bernama Yzak Jule. Karena ada sebuah mobile suit (Strike) dan kapal induknya (Archangel) yang tidak berhasil diambil/dihancurkan, Yzak dan teman-temannya (Athrun Zala/Aegis, Dearka Elthman/Buster, serta Nicol Amalfi/Blitz) pun disuruh untuk mengejarnya atau menghancurkannya. Beberapa kali mereka hampir dapat menembak jatuh Archangel dan Strike, tetapi masih gagal. Bahkan Kira Yamato dengan Strike-nya merusak Duel hingga menyebabkan luka di wajah pilotnya. Yzak sangat dendam dengan Kira.

Setelah itu, ZAFT meningkatkan kinerja Duel Gundam dengan menambahkan Assault Shroud. Dengan fitur ini, Duel Gundam memiliki tambahan armor, selain tentunya Phase Shift dan beberapa tambahan senjata baru. Kira pun kerepotan menghadapi Duel Gundam dengan Assault Shroud-nya itu. Bahkan satu skuadron pasukan Earth Alliance, pimpinan Jenderal Haliburton pun hancur lebur. Sebuah pesawat ulang alik pun juga gagal diselamatkan oleh Kira, dan menyebabkan banyak orang sipil yang tewas (salah satunya adalah seorang gadis kecil yang memberikan Origami berbentuk bunga kepada Kira Yamato), yang kemudian menyebabkan luka di hati Kira. Meskipun demikian, Yzak masih gagal membunuh Kira dan menghancurkan Strike, bahkan hingga Nicol Amalfi tewas tertebas sabetan Sword Strike. Setelah Strike dihancurkan oleh Aegis, ia pun sedikit lebih lega.

Pada akhir perang pertama, pada 26 September 71, Yzak pun membantu Faksi Clyne dalam melindungi Eternal dan PLANT dari serangan nuklir para pasukan Earth Alliance. Ia juga membantu Dearka Elthman ketika berduel dengan GAT-X252 Forbidden Gundam dan GAT-X370 Raider Gundam.