GAT-X370 Raider Gundam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

GAT-X370 Raider Gundam adalah salah satu karakter robot/mobile suit dalam cerita anime fiksi Mobile Suit Gundam SEED. Mobile suit ini merupakan salah satu prototipe buatan Earth Alliance yang dilakukan oleh Atlantic Federation, bersama-sama dengan dua buah mobile suit lainnya, yakni GAT-X252 Forbidden Gundam dan GAT-X131 Calamity Gundam. Mobile suit dipiloti oleh Clotho Buer. Disebut juga dengan "Raider Gundam".

Ketika, Atlantic Federation memulai proyek rahasia untuk mengembangkan mobile suit yang dapat digunakan untuk menandingi kinerja dan kekuatan mobile suit milik ZAFT, yang telah diproduksi secara massal, yakni ZGMF-1017 GINN, dan tentunya dapat beroperasi tanpa adanya gangguan dari Neutron Jammer Canceler. Akan tetapi, prototipe-prototipe dari mobile suit tersebut dicuri oleh pihak ZAFT yang menjadi musuhnya. Meskipun dicuri, ternyata Atlantic Federation masih melanjutkan penelitian untuk membangun mobile suit, yang bahkan memiliki teknologi yang lebih canggih dibandingkan yang pernah dicuri oleh ZAFT. Salah satu unitnya adalah GAT-X370 Raider Gundam, yang didesain sebagai sebuah mobile suit yang mampu berubah menjadi mobile armor seperti halnya GAT-X303 Aegis Gundam yang dikendarai Athrun Zala.

Salah satu teknologi yang diterapkan di dalam Raider Gundam adalah Trans-Phase armor, yang merupakan versi Phase Shift armor yang telah ditingkatkan. Jika Phase Shift armor menggunakan warna sebagai tanda menyalanya (jika menyala, mobile suit akan memiliki warna, sementara jika tidak mobile suit akan memiliki warna abu-abu), Trans-Phase armor didesain agar hanya diaktivasikan pada saat tabrakan saja, sehingga mampu menghemat energi. Energi ini lalu dapat diubah menjadi senjata yang sangat menghabiskan energi, seperti halnya beam cannon. Selain itu, agar dapat bertanding dengan Coordinator, Alliance menyuruh Clotho Buer yang merupakan Biological CPU, dibandingkan dengan pilot biasa, yang diberi beberapa tetes obat penawar racun

Seperti halnya Aegis Gundam, Raider juga dilengkapi dengan senjata-senjata yang dapat dioperasikan dalam beberapa konfigurasi berbeda. Ketika menjadi mobile suit, Raider Gundam memiliki senapan mesin kembar yang ditaruh di lengan kanannya. Mobile suit ini juga memiliki meriam energi "Zorn" yang diletakkan di mulut, yang dapat digunakan dalam kedua mode tersebut. Untuk pertarungan jarak dekat, Raider Gundam memiliki "Mjolnir", sebuah palu yang diberi rantai. Ketika menjadi mobile armor, Raider Gundam dapat menggunakan meriam "Ahura Mazda" yang diletakkan di dekat cakar, dan juga beberapa senapan mesin yang diletakkan di hidung dan bahu.

Raider Gundam pertama kali diturunkan ke kancah medan pertempuran pada saat Earth Alliance menyerang Orb Union. Ketika di Bumi, Raider Gundam juga sering dinaiki oleh GAT-X131 Calamity Gundam. Setelah Orb dihancurkan oleh Uzumi Nala Athha, Raider Gundam pun dibawa ke luar angkasa dan dimasukkan ke dalam Dominion, sebuah kapal perang dibuat dengan spesifikasi yang sama persis dengan Archangel, dengan pengawasan dari Multa Azrael, pemimpin Blue Cosmos. Raider Gundam dihancurkan oleh Yzak Joule dengan menggunakan GAT-X102 Duel Gundam.