ZGMF-X20A Strike Freedom Gundam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
ZGMF-X20A Strike Freedom, salah satu mobile suit yang dinaiki oleh Kira Yamato
Karier Three Ships Alliance
Mulai dibuat -
Diluncurkan 74 CE
Status Masih bertugas
Karakteristik umum
Berat benaman 80.09 metrik ton
Panjang 18.3 m
Lebar -
Draught-
Tenaga penggerakHyper Deuterion Nuclear Reactor
Kecepatan -
Awak kapal -
Persenjataan elektronikHigh-Mobility Aerial Tactics (HiMAT) Mode
Neutron Jammer Canceller
Multi Lock-On System
Super DRAGOON System
Full Burst Mode
Persenjataan8 x EQFU-3X Super DRAGOON Mobile Weapon Wing
2 x MA-M02G "Super Lacerta" Beam Saber
2 x MMI-GAU27D 31mm CIWS
2 x MA-M21KF High-energy Beam Rifle
METEOR unit
2 x MX2200 Beam Shield
2 x MMI-M15E "Xiphias" Rail Cannon



ZGMF-X20A adalah sebuah prototipe (purwarupa) mobile suit buatan Terminal yang tampil dalam anime Mobile Suit Gundam SEED Destiny. Pertama kali muncul pada episode 39 dan dipiloti oleh Kira Yamato, setelah Lacus Clyne memberikannya sebagai pengganti ZGMF-X10A Freedom Gundam yang hancur oleh keganasan Shinn Asuka dengan ZGMF-X56S Force Impulse Gundam-nya. Dengan menggunakan mobile suit ini, Kira Yamato pun dapat mengakhiri perang Valentine Berdarah kedua setelah berlangsung selama lebih dari satu tahun, sebagai bagian dari pasukan Aliansi Tiga Kapal (Archangel, Eternal, dan Kusanagi). Disebut juga sebagai Strike Freedom Gundam, atau hanya Freedom Gundam saja, perbedaan dengan Freedom terdahulu nya adalah, Strike Freedom memiliki frame emas dengan desain sayap yang berbeda. Strike Freedom di animenya tidak pernah lecet sama sekali ataupun terkena serangan, maka tidak heran gundam ini sangat kuat.

Selayang pandang[sunting | sunting sumber]

Strike Freedom adalah sebuah mobile suit yang memiliki kekuatan, kecepatan, dan akurasi yang sangat tinggi. Selain itu, mobile suit ini juga memiliki kemampuan pertahanan yang bagus juga. Bahkan banyak penggemar Gundam menyatakan bahwa Strike Freedom sebagai Super Robot.

Tidak seperti Freedom Gundam yang merupakan mobile suit untuk jarak jauh, Strike Freedom merupakan mobile suit jarak menengah. Meskipun demikian, Kira Yamato sering menggunakannya untuk bertarung dalam jarak pendek, dengan menggunakan kecepatannya yang sangat tinggi.

Untuk pertarungan jarak pendek, selain dengan menggunakan CIWS dan dua buah beam saber yang dapat digabungkan, dada mobile suit ini juga dapat digunakan untuk menembak musuh (seperti yang dilakukan oleh Kira ketika bertempur melawan Destiny milik Shin Asuka[1]). Sedangkan, untuk jarak menengah, dua buah beam rifle dan beberapa buah meriam dapat digunakan, dengan menggunakan penguncian sasaran secara otomatis. Selain untuk jarak pendek dan jarak menengah, Strike Freedom juga dapat digunakan sebagai senjata jarak jauh, dengan menggunakan beam rifle dan meriam yang ada di dadanya. Selain dengan menggunakan senjata-senjata tersebut, Strike Freedom juga dilengkapi dengan DRAGOON System (seperti yang dimiliki oleh ZGMF-X13A Providence Gundam), yang dapat digunakan untuk jarak pendek, menengah, atau jarak jauh.

Untuk urusan pertahanan, Strike Freedom memiliki dua buah beam shield yang terdapat pada lengan depannya. Hal ini sangat jauh berbeda dengan saudara dekatnya, ZGMF-X19A Infinite Justice Gundam, yang dipersenjatai oleh banyak senjata jarak pendek. Sama seperti halnya Freedom, Strike Freedom juga dapat mengunci banyak sasaran sekali tembak. Selain itu, Strike Freedom dan Infinite Justice juga dapat menggunakan METEOR unit.

Strike Freedom juga memiliki "Voiture Lumière" booster engine yang diletakkan di sayapnya, dapat menyemburkan partikel-partikel gas Mirage Colloid dan dapat mengeluarkan efek cahaya visualisasi yang mirip dengan "Wings of Light" milik ZGMF-X42S Destiny Gundam ketika memakai seluruh DRAGGON System miliknya dan mengembangkan sayapnya. Fitur ini berguna saat pertarungan dog-fight. Di bagian kepala Strike Freedom,tepatnya di tengah antenna komunikasi terdapat kata VENTI,berarti "dua puluh" dalam bahasa Italia, mensimbolkan kode Strike Freedom,yaitu X20a.

Debut[sunting | sunting sumber]

Pada perang Valentine Berdarah pertama, ZGMF-X10A Freedom Gundam buatan ZAFT yang dipiloti oleh Kira Yamato merupakan salah satu mobile suit paling kuat yang pernah dibuat. Tiga tahun kemudian, dengan menggunakan kemampuan bongkar-pasang dari ZGMF-X56 Impulse Gundam, dan Kira-nya sendiri yang tidak mau menyerang kokpit, mobile suit itu pun dihancurkan oleh Shinn Asuka. Setelah itu, Kira pun terpaksa menggunakan MBF-02 Strike Rouge milik Cagalli yang sudah tua untuk menyelamatkan Lacus Clyne dan Eternal yang sedang diserang oleh tiga skuadron pasukan ZAFT.

Strike Freedom pertama kali memasuki perang Valentine Berdarah Kedua pada tahun 74 Cosmic Era ketika Kira Yamato terbang ke orbit Bumi dengan menggunakan MBF-02 Strike Rouge untuk menolong Eternal yang sedang diserang oleh pasukan ZAFT. Setelah masuk ke dalam orbit bumi, Kira dan Strike Rouge menyelamatkan Andrew Waltfeld yang sedang bertarung dengan beberapa Zaku dan Gouf dengan menggunakan ZGMF-X88S Gaia Gundam. Dengan mesin tua itu, Kira kewalahan menghadapi Zaku dan Gouf yang berjumlah banyak. Waltfeld pun menyuruh Kira untuk kembali ke Eternal dan mengambil unit mobile suit barunya. Sebelum masuk ke dalam tubuh Eternal, kaki dan tangan Strike Rouge putus oleh tembakan beam dari Zaku dan Gouf yang menyerang.

Di dalam Eternal, Kira bertemu dengan Lacus Clyne dan menanyakan di mana unit tempur barunya. Dan mereka pun ke hangar tempat unit tersebut disimpan. Setelah menaiki unit ini, Kira, dengan mobile suit barunya itu mampu mengalahkan 25 Gouf dan Zaku dalam kurun waktu kurang dari 2 menit saja. Setelah itu, Gundam ini juga merusak tiga buah mesin kapal perang Nazca.

Setelah itu, Kira dengan ditemani oleh Lacus Clyne turun ke bumi membawa ZGMF-X19A Infinite Justice Gundam dan bertemu kembali dengan Archangel, ketika serangan ZAFT ke Orb (melalui operasi Fury) untuk mencari Lord Jibrill, pemimpin LOGOS. Kira, yang waktu itu merupakan salah seorang pasukan Orb, membantu pasukan Orb dan menonaktifkan beberapa mobile suit musuh, dan berhadapan lagi dengan Destiny Gundam milik Shinn Asuka, setelah Akatsuki milik Cagalli rusak (tapi tidak mencederai pilotnya).

Ketika Aliansi Tiga Kapal ke luar angkasa untuk menghadapi pasukan ZAFT, Kira dan Strike Freedom Gundam pun berpartisipasi di dalam pertarungan di pangkalan Bulan. Selama pertarungan itu, Kira berhasil merusak ZGMF-X666S Legend Gundam yang dikendarai oleh Rey Za Burrel (kloning-nya Raww Le Kluezze). Dengan menggunakan METEOR, Strike Freedom juga dapat merusak Messiah. Setelah itu, dengan kematian pemimpin utama ZAFT, Gilbert Durandal dan kehancuran Messiah, pun menjadi tanda akhir perang Valentine Berdarah kedua.

Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

  • Nomor model: ZGMF-X20A
  • Alias: Strike Freedom Gundam
  • Pilot: Kira Yamato
  • Jenis unit: prototipe mobile suit untuk penyerangan (assault)
  • Pembuat: Terminal/Aliansi Tiga Kapal (berdasarkan desain ZGMF-X10A Freedom Gundam dari ZAFT)
  • Pengguna: Aliansi Tiga Kapal; Orb
  • Pertama kali digunakan: Cosmic Era 74
  • Akomodasi: hanya pilot, dalam kokpit yang terletak pada bagian dada.
  • Tinggi: 18.88 meter
  • Berat: 80.09 metrik ton
  • Sumber daya: reaktor nuklir hyper deuterion ultrakompak
  • Fitur:
  • Senjata:
    • 2 x MMI-GAU27D 31mm CIWS, fire-linked, diletakkan di kepala
    • MGX-2235 "Callidus" multi-phase beam cannon, diletakkan di dada
    • 2 x MA-M02G "Super Lacerta" beam saber, diletakkan di paha, dibawa dengan tangan ketika digunakan, dapat digabungkan
    • 2 x MMI-M15E "Xiphias 3" rail cannon, dilipat di bawah paha, dilebarkan saat hendak digunakan
    • 2 x MX2200 beam shield generator, diletakkan pada lengan atas
    • 2 x MA-M21KF high-energy beam rifle, diletakkan pada pinggul, dibawa dengan tangan saat digunakan
  • Senjata opsional (terdapat dalam METEOR):
    • 2 x 120cm high-energy beam cannon
    • 2 x 93.7cm high-energy beam cannon
    • 2 x MA-X200 beam sword
    • 77 x 60cm "Erinaceus" anti-ship missile launchers (22 per pod, 12 per arm unit, 9 on tail fin)
  • Senjata tangan osional:Tidak ada
  • Senjata jarak jauh: EQFU-3X Super DRAGOON mobile weapon wings (8 x MA-80V beam assault cannon)

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]