ZGMF-X13A Providence Gundam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

ZGMF-X13A adalah salah satu karakter robot/mobile suit dalam cerita anime fiksi Mobile Suit Gundam SEED. Mobile suit ini merupakan salah satu prototipe buatan ZAFT yang dibuat dengan arahan langsung dari Patrick Zala (ayah Athrun Zala). Mobile suit ini dipiloti oleh Raww Le Kluezze. Disebut juga dengan "Providence Gundam", atau berarti "Dewa".

Selayang pandang[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti mobile suit yang sebelumnya dibuat, mobile suit yang baru ini menerapkan teknologi yang sangat berbahaya, yakni Neutron Jammer Canceler (atau sering disebut sebagai N-Jammer Canceler). ZAFT awalnya mengembangkan N-Jammer Canceler untuk mencegah pasikan Earth Alliance menggunakan senjata berhulu ledak nuklir, setelah Junius Seven hancur luluh lantak diterjang senjata nuklir, meski hal tersebut menyebabkan krisis energi di Bumi. Tetapi, hal ini juga menyebabkan mobile suit pun tidak dapat menggunakan bahan bakar nuklir, dan akhirnya hanya menggunakan baterai yang dapat habis dalam beberapa menit pertarungan saja. Dengan menggunakan N-Jammer Canceler, mobile suit pun dapat menggunakan reaktor fisi nuklir dan bekerja dengan daya seolah-olah tidak terbatas, meskipun ketika armor Phase Shift diaktifkan. ZMGF-X13A Providence Gundam merupakan salah satu Gundam yang didesain oleh ZAFT dengan menggunakan teknologi tersebut.

Setelah berhasil mencuri empat buah prototipe mobile suit Gundam buatan Earth Alliance (GAT-X102 Duel Gundam, GAT-X103 Buster Gundam, GAT-X207 Blitz Gundam, dan GAT-X303 Aegis Gundam), ZAFT melakukan reverse engineering terhadapnya dan mengambil teknologi yang terdapat di dalamnya ke dalam mobile suit buatan ZAFT sendiri, seperti halnya armor Phase Shift dan beam saber. Dengan teknologi baru ini, ZAFT membuat beberapa jenis Gundam di bawah arahan pemimpin mereka, Patrick Zala.

Debut[sunting | sunting sumber]

Providence Gundam memasuki pertempuran pada akhir perang pada tanggal 26 September Cosmic Era 71, dan diberikan secara langsung oleh Patrick Zala kepada Raww Le Kluezze, yang memiliki agenda tersendiri (dan merupakan nemesis/musuh terkuat). Sebagai kloning yang tidak sempurna dari Al Da Fllaga, Raww pun merasa berhak menghakimi semua manusia dan hendak menghancurkan Natural dan Coordinator. Dengan menggunakan mobile suit baru ini, Raww pun mengalahkan Mwu La Fllaga, musuh bebuyutannya yang juga merupakan anaknya (anak dari Al Da Fllaga). Dengan menggunakan DRAGOON System, Providence Gundam jelas bukan tandingan GAT-X105 Strike Gundam yang dinaiki oleh Mwu La Fllaga, yang pada saat itu menjadi barang yang "kuno" (karena semua kemampuannya telah diketahui dan diambil oleh pihak ZAFT). Selain itu, ia juga menyerang mantan anggotanya, Dearka Elthman yang menaiki GAT-X103 Buster Gundam.

Pada detik-detik akhir perang (Episode 50), Raww merusak ZGMF-X10A Freedom Gundam milik Kira Yamato dengan kerusakan yang sangat parah, dan juga merusak METEOR yang dibawanya. Tetapi Raww pun terluka parah dengan beam saber milik Freedom Gundam dan terkena sapuan meriam GENESIS menjadi debu di angkasa.

Dalam Gundam SEED Destiny, dua tahun setelah perang pertama berakhir, desain ZGMF-X13A Providence Gundam pun digunakan oleh salah satu cloningnya (lagi), yakni Rey Za Burrel, yang menaiki ZGMF-X666S Legend Gundam.