Murrue Ramius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Murrue Ramius
Tokoh Cosmic Era
Murrue Ramius Gundam Seed Destiny Phase 08.JPG
Murrue Ramius sebagai “Maria Bernes"
dalam "Mobile Suit Gundam SEED Destiny"
Penampilan
perdana
Mobile Suit Gundam SEED
機動戦士ガンダムシード
Permainan
perdana
Never Ending Tomorrow
終わらない明日へ
Penampilan
terakhir
Mobile Suit Gundam SEED Destiny
機動戦士ガンダムシードデスティニー
Pencipta両澤千晶 Morosawa Chiaki [1]
Didesain
oleh
平井久司 Hirai Hisashi [1]
Pengisi suaraBahasa Jepang :

Bahasa Inggris :

Profil
Nama lengkapMurrue Ramius
マリュー・ラミアス
AliasMaria Bernes マリア・ベルネス[6][7]
JulukanKapten Ramius[8]
SpesiesManusia
Jenis kelaminBetina
GelarEarth Alliance

Orb Union

PekerjaanEarth Alliance

Orb Union

Afiliasi
SenjataPistol
KeluargaAyah (mati) [2][3]
Pihak lainMu La Flaga [4]
AsalEarth Atlantic Federation (Omni)
Kewarganegaraan

(Mobile Suit Gundam SEED)

(Mobile Suit Gundam SEED Destiny)
Hari Kelahiran12 Oktober 45 Cosmic Era
Umur26 Tahun [2][3][4][8]
(Mobile Suit Gundam SEED)
GenetikNatural [2][3][4][8]
Warna RambutCokelat
Warna MataCokelat
Karier
Sebagai MiliterPilot
Senjata BergerakGAT-X105 Strike Gundam
Sebagai PerwiraKapten, Kru
Kapal TempurLCAM-01XA Archangel
Sebagai
Sipil Teknisi
Morgenroete Incorporated

Divisi Pembuatan Kapal

モルゲンレーテ社の造船課

Murrue Ramius (Katakana : マリュー・ラミアス ; Lahir : 12 Oktober 45 Cosmic Era) adalah salah satu karakter fiksi dalam dunia fiksi pada era kalender "Cosmic Era" dengan anime Mobile Suit Gundam SEED dan Mobile Suit Gundam SEED Destiny.

Pengisi suara dalam bahasa Jepang adalah Mitsuishi Kotono dan dalam bahasa Inggris oleh Lisa Ann Beley.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Murrue Ramius adalah seorang wanita perwira militer dengan pangkat "Lieutenant" dari Negara Earth Atlantic Federation, Earth Alliance yang bertugas di koloni angkasa Negara Orb Union, Koloni Angkasa Heliopolis.

Dia datang ke Heliopolis sebagai perwira militer untuk bertugas di Kapal Tempur LCAM-01XA Archangel yang baru dibangun.

Dia dipercaya sebagai kapten "Kapal Tempur LCAM-01XA Archangel", setelah kapten yang sebenarnya tewas terbunuh oleh pasukan ZAFT dari Negara PLANT. ZAFT menyerang "Koloni Angkasa Heliopolis" untuk mencuri unit Senjata Bergerak yang sedang dalam pengembangan di sana.

Murrue di kisahkan sebagai kapten yang tegas dalam mengambil keputusan dan selalu mempedulikan bawahannya. Ia memiliki relasi khusus dengan Mu La Flaga dan juga wakil kapten Natarle Badgiruel. Saat kru Archangel tiba di pangkalan Aliansi Bumi di Alaska, Mu dan Natarle di pindah tugaskan dan Murrue terlihat sangat berat melepaskan kedua orang tersebut. Walaupun akhirnya Mu kembali ke Archangel karena dia menemukan senjata penghancur masal Cyclops, hal ini tidak terjadi pada Natarle yang malahan menjadi musuh dari Murrue dengan mengepalai kapal perang kembar dari Archangel yaitu LCAM-01XB Dominion.

Setelah perang, ia berpindah ke Negara Orb Union, dan menggunakan alias "Maria Bernes." Dia bekerja di Divisi Pembuatan Kapal, Morgenroete Incorporated.

Dalam anime Mobile Suit Gundam SEED, Murrue sering disebut sebagai "Kapten" ("kanchou" dalam bahasa Jepang), meskipun pangkat dirinya sebenarnya hanyalah "Lieutenant" dan "Lieutenant Commander" ("Tai-i" dan "Shousa" dalam bahasa Jepang). Istilah "Kapten" digunakan di sini sebagai julukan bagi orang yang bertanggung jawab terhadap sebuah kapal.

Pada anime Mobile Suit Gundam SEED Destiny, pangkatnya menjadi "Kapten" sesungguhya ("Kanchou" dalam Bahasa Jepang) oleh Tentara Negara Orb Union.

Mobile Suit Gundam SEED[sunting | sunting sumber]

Murrue Ramius adalah seorang perwira militer dari negara Earth Atlantic Federation, Earth Alliance yang bertugas di Koloni Angkasa Heliopolis, Orb Union, di mana Senjata Bergerak terbaru milik Earth Alliance Forces sedang dibangun.

Saat Tentara ZAFT mengetahui operasi ini dan berhasil mengambil alih empat dari lima unik tersebut, Ramius mencegah unit terakhir GAT-X105 Strike Gundam dari pengambilalihan oleh tangan ZAFT, bersamaan dengan Kira Yamato, seorang Coordinator yang terjebak di dalam peperangan ini. Meskipun ia menaiki Strike Gundam, Murrue tidak dapat menggunakan mobile suit baru tersebut, bahkan ia tidak mampu melawan ZGMF-1017 GINN yang dipiloti oleh Miguel Aiman.

Kira pun langsung mengambilalih kendali Strike Gundam dan menulis ulang sistem operasi Strike Gundam untuk meningkatkan efisiensi pertarungan mobile suit tersebut. Setelah mengalahkan Miguel, Murrue yang saat itu pingsan dikeluarkan dari kokpit Strike Gundam oleh Kira dan kawan-kawannya, Kuzzey Buskirk, Miriallia Haw, Sai Argyle dan Tolle Koenig.

Akan tetapi saat bangun, ia langsung menodongkan pistol kepada Kira dan kawan-kawannya karena mereka telah mengetahui dan melihat rahasia militer, dan menahan mereka. Ia juga menyuruh mereka untuk melengkapi Strike Gundam dengan Striker Pack yang akan digunakan olehnya untuk menahan gempuran dari Angkatan Tentara ZAFT.

Mobile Suit Gundam SEED Destiny[sunting | sunting sumber]

Murrue Ramius kembali dalam "Mobile Suit Gundam SEED Destiny", ia imigrasi ke Negara Orb Union, dan menggunakan alias "Maria Bernes." Dia bekerja di Divisi Pembuatan Kapal, Morgenroete Incorporated. Dan tinggal bersama dengan Kira Yamato, Lacus Clyne, Andrew Waltfield, Reverend Malchio, dan anak-anak yang kehilangan orang tuanya karena perang.

Suatu ketika kediaman mereka di serang oleh pasukan Coordinator yang di kirim untuk membunuh Lacus, Murrue dan Andrew melindungi semua orang yang ada di sana sampai mereka masuk ke bunker yang menyimpan Freedom Gundam.

Mengetahui yang mengincar Lacus adalah pasukan elite Coordinator, Murrue, Andy, Kira, dan Lacus berkumpul di Archangel untuk menyusun rencana untuk menguak rencana sebenarnya dari Chariman Plant Gilber Durandall. Mulai dari menculik Cagalli saat pernikahannya dengan Jona Roma Seiran sampai mengintervensi peperangan antara pasukan Earth Alliance, Orb Union dan ZAFT.

Setelah kekacauan di Berlin yang di akibatkan oleh pasukan Phantom Pain berakhir dan mengalahkan kapten Neo Roanoke, Sting Oakley, dan Stellar Lousier, kru LHM-BB01 Minerva menyusun rencana untuk mengalahkan Archangel. Sesuatu yang tak terduga terjadi saat Murrue dan beberapa kru Archangel mencoba menyelamatkan kapten Neo Roanoke. Terungkap dia adalah Mu La Flaga yang selamat setelah dikira tewas melindungi Murrue dan Archangel 2 tahun silam, walapun dengan kondisi lupa ingatan dan di tanamkan ingatan buatan. Hal ini cukup membuat Murrue terpukul melihat kekasihnya tidak mengingat dirinya.

Dan saat Shinn Asuka pilot elit di Minerva ingin membalas dendam kepada Kira Yamato karena di nilai telah membunuh keluarga dan kekasihnya Stellar Lousier. Hal ini memaksa kru Archangel untuk kembali bersembunyi di dalam laut.

Saat menunggu perbaikan Archangel selesai. Mereka menyelamatkan Athrun Zala yang melakukan coup'de tat dari pasukan Minerva. Teman kecil dari Kira Yamato itu di rawat sekamar dengan Mu. Kru Archangel juga mendapati kabar bahwa kapal tempur FFMH-Y101 Eternal di temukan dan diserang oleh pasukan ZAFT. Kira yang khawatir akan keselamatan Lacus akhirnya meminjam booster dan MBF-02 Strike Rouge milik Cagalli untuk menyusul Eternal.

Saat tiba di Eternal, Strike Rouge Kira sudah rusak parah dan masuk ke hangar Eternal. Lacus kemudian memberikan Kira Gundam seri terbaru ZGMF-X20A Strike Freedom Gundam. Kira menggunakan Strike Freedom hanya butuh waktu 2 menit untuk menghancurkan 25 unit Gouf Ignited dan Zaku Warrior serta 3 unit kapal perang kelas Nazca.

Sementara itu di Bumi pasukan ZAFT menyerang Orb. Cagalli yang saat itu ada di Archangel meminta Murrue untuk meminjamkan pesawat tempur Sky Grasper. Tapi pengawal pribadi Cagalli, Ledonir Kisaka memberitahukan Cagalli tentang wasiat dari ayahnya dan "hadiah" sebelum ia meninggal. Cagalli mendapatkan MS baru ORB-01 Akatsuki Gundam. Murrue pun juga ikut mempertahankan Orb dan seluruh MS dari Archangel ikut berperang. Murrue juga melepaskan Mu yang masih menganggap dirinya adalah Neo Roanoke.

Perang berlangsung sengit dan Mu yang diberikan Sky Grasper menolonh Murrue dengan menghancurkan missile yang mengincar Archangel. Naas Mu terkena tembakan dan terpaksa mendarat darurat di Archangel. Murrue dengan sigap memperingati kru hangar supaya menghindar dan membuka pintu palka Archangel sebelah kanan. Di saat inilah Mu mengalami flashback ingatannya.

Sementara itu Kira dan Lacus juga turun ke bumi dengan MS terbaru. Lacus mengendarai ZGMF-X19A Infinite Justice Gundam yang akan dipakai oleh Athrun. Tidak hanya itu mereka juga membawa pasukan elite yang loyal kepada Lacus. 3 pilot khusus yaitu Hilda Harken, Herbert Von Reinhard, dan Mars Simeon. Mereka menggunakan ZGMF-XX09T DOM Trooper. Karena para pilot elite Archangel telah berkumpul dan berhasil membalikan kedudukan akhirnya pasukan ZAFT mundur karen kehancuran kapal induk mereka ST. Helen's.

Merasa yakin akan kejanggalan akan pemimpin PLANT Gilbert Dullandal, Archangel pun terbang menuju luar angkasa. Akatsuki Gundam diberikan kepada Mu karena Cagalli menjaga Orb di bumi. Archangel bertemu dengan pasukan disebut Terminal di luar angkasa dan mencoba menghancurkan senjata mutakhir ZAFT. Perang terus berlanjut di markas besar ZAFT benteng angkariksa Messiah. Archangel dengan kapten Murrue serta Eternal dengan Andrew dan Kusanagi dengan Amagi terus menggempur Messiah. Usaha ini berbuah hasil kemenangan untuk Terminal dan menghancurkan rencana Gilbert Dullandal.

Setelah perang PLANT vs Aliansi kedua berakhir. Murrue kembali ke Orb. Kini dengan Mu yang telah pulih ingatannya. Mereka berjanji akan hidup bersama-sama dengan bahagia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]