Metro Barcelona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Metro Barcelona
L2 9000.PNG
Info
Wilayah Barcelona, Catalonia
Jenis Angkutan cepat
Jumlah jalur 11
Jumlah stasiun 166 (Daftar)[rujukan?]
Operasi
Dimulai 1924
Operator Transports Metropolitans de Barcelona dan Ferrocarrils de la Generalitat de Catalunya
Teknis
Panjang sistem 125 km (77.7 mil)[1][2]
Can Peixauet.
Plaça de Catalunya station (L1)
Universitat station (L1)
Stasiun Gavarra (L5)
Mesin jual tiket, sistem Sants Estació.

Metro Barcelona (Bahasa Catalan dan Bahasa Spanyol: Metro de Barcelona, Katalan: [ˈmɛtɾu ðə βərsəˈɫonə], bahasa Spanyol: [ˈmetɾo ðe βarθeˈlona]), sebagian dari sistem angkutan umum di Barcelona, Catalonia, adalah suatu rangkaian luas kereta api elektrik yang berjalan bawah tanah di pusat Barcelona dan di atas tanah ke dalam pinggiran kota. Sejak September 20, 2011, sistem Metro Barcelona terdiri dari 11 rute dengan 166 stasiun dan 125 km dalam jumlah. Pada tahun 2002 ATM mengumumkan bahawa dua baris tambahan akan dibangun dalam waktu terdekat, L12 dan L13.[3] Telah ada 3 rute tidak berpemandu sejak 2009: rute 11, rute 9 dan rute 10, mengikuti susunan kronologi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Metro Barcelona didirikan pada 1924 dengan konstruksi Gran Metro antara Lesseps dan Plaça de Catalunya, sebagian dari Jalur 3 modern. Dua tahun kemudian Metro Transversal (kini sebagian dari sandi 1) telah dibangun antara Plaça de Catalunya dan la Bordeta untuk menautkan ke pusat kota dengan Plaça d'Espanya dan Montjuic, situs 1929 Universal Exhibition .

Hari ini jaringan ini terdiri dari sepuluh rute diurus oleh 2 operator yang berbeda: Transports Metropolitans de Barcelona (TMB), yang mengelola jaringan utama bawah tanah; dan Ferrocarrils de la Generalitat de Catalunya (FGC, atau kereta api pemerintah Katalan), yang mengelola 3 garis penumpang terpadu ke dalam lanjutan wilayah metropolitan. Tambang terintegrasi ke dalam Autoritat del Transportasi Metropolità, seluruh sistem kota yang juga termasuk bus lokal dan regional dan beberapa kereta regional layanan. 98% dari layanan ini adalah rel bawah tanah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "TMB: Basic information". TMB. Diakses 1 February 2010. length of TMB lines
  2. ^ "Barcelona Metro". UrbanRail.net. Diakses 17 July 2011. length of FCG lines
  3. ^ http://people.reed.edu/~reyn/metrobcn.pdf