Hamburg U-Bahn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hamburg U-Bahn
U-Bahn.svg
U-Bahnhof HafenCity Universität Bahnsteig 2.jpg
Stasiun Universitas Hafencity
Info
Pemilik Hamburger Hochbahn AG,
Verkehrsgesellschaft Norderstedt: (Norderstedt Mitte – Garstedt)
Wilayah Hamburg, Norderstedt, Ahrensburg, Großhansdorf
Jenis Angkutan cepat
Jumlah jalur 4[1]
Jumlah stasiun 91[1]
Penumpang harian 546,020 (2011)[2]
Operasi
Dimulai 15 Februari 1912
Operator Hamburger Hochbahn AG
Jumlah gerbong 749[1](Note 1)
Panjang kereta ~120 m (390 kaki)
Headway 5 menit (jam sibuk 3 menit)
Teknis
Panjang sistem 1.047 km (650.6 mil)
Sepur rel 1,435 mm (4 ft 8+12 in)
(standard gauge)
Listrik Rel ketiga
Kecepatan tertinggi 80 km/j (50 mph)
Stasiun Überseequartier
Stasiun Klosterstern
Stasiun Hauptbahnhof Nord
Stasiun Steinstrasse
Jaringan Hamburg U-Bahn dengan bagian terowongan

Hamburg U-Bahn adalah sebuah sistem angkutan cepat yang melayani kota Hamburg, Norderstedt dan Ahrensburg di Jerman. Meskipun secara teknis berada di bawah tanah, sebagian besar dari jalur kereta berada di permukaan tanah. Jaringan ini saling berkaitan dengan sistem S-Bahn di kota, yang juga memiliki bagian di bawah tanah. Sistem ini dioperasikan oleh Hamburger Hochbahn di bawah Hamburger Verkehrsverbund (HVV). Sistem ini beroperasi pada February 1912 dan terdiri dari empat jalur dengan panjang total 105 km (65 mil) pada tahun 2012.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1906 Senat Hamburg memberikan kontrak untuk pembangunan Jalur Kereta Permukaan dan Bawah Tanah kepada Siemens & Halske dan AEG dari Berlin. Jalur pertama diselesaikan pada 7 Oktober 1906. Hal ini dilanjutkan pada tahun 1911 dengan pendirian dari Hamburger Hochbahn Aktiengesellschaft (HHA). Hal ini membuat Hamburg menjadi kota ketiga Jerman (setelah Berlin, 1902 dan Schöneberg, 1910) yang memiliki jalur kereta bawah tanah (kemudian dikenal sebagai Jalur Kereta Tinggi dan Bawah Tanah (Hoch- und Untergrundbahn) dan umumnya berada di atas tanah maupun di terowongan – tidak banyak yang sejajar dengan tanah).

Pembangunan jalur kereta seperti ini telah lama dibicarakan, namun sebuah kereta di atas permukaan juga dipertimbangkan. Pada tahun 1906 sebuah rute lenigkar dimulai, menghubungkan Hamburg Hauptbahnhof – Berliner Tor – Barmbek (pengucapan awal: Barmbeck) – Kellinghusenstraße – Schlump – Landungsbrücken (nama awal: Hafentor) – Rathaus – Hauptbahnhof dengan percabangan menuju permukiman Eimsbüttel, Ohlsdorf dan Rothenburgsort. Pada 15 Februari 1912 jalur pertama dari Ringbahn (Jalur rel lingkar) masa depan antara stasiun Rathaus dan Barmbek diresmikan. Jalur ini meliputi juga bagian permukaan tanah dan bawah tanah.

Pengembangan jaringan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1915, Ringbahn dan tiga percabangannya, dari Kellinghusenstraße menuju Ohlsdorf, dari Schlump menuju Hellkamp (sekarang: stasiun tak terpakai antara Oster- dan Lutterothstraße) dan dari stasiun pusat menuju Rothenburgsort diselesaikan. Pada tahun 1934 perpanjangan dari Ohlsdorf menuju Ochsenzoll (Langenhorner Bahn), dari Kellinghusenstraße menuju Jungfernstieg (jalur KellJung), dan Walddörferbahn (jalur Forestvillages) dari Barmbek menuju Großhansdorf dan Ohlstedt telah selesai.

Pada tahun 1943, pada saat Perang Dunia II jalur bawah tanah mengalami kerusakan parah karena 'Operasi Gomorah,' Pengeboman RAF terhadap Hamburg saat musim panas. Jalur dari Hauptbahnhof menuju Rothenburgsort tidak diperbaiki karena distrik yang dilalui oleh jalur tersebut sepenuhnya hancur. Lima tahun kemudian barulah seluruh jalur dapat tersambung kembali.

Penambahan jaringan mulai dilakukan, dimulai pada tahun 1960. Jalur KellJung diperpanjang melalui Meßberg menuju stasiun pusat (Hauptbahnhof). Kemudian pada tahun 1962 perpanjangan mencapai Wandsbek Markt dan pada tahun 1963 Wandsbek-Gartenstadt. Total panjang jaringan pada saat tersebut adalah 679 kilometer (422 mil).

Pembangunan sebuah Durchmesserstrecke (rute garis tengah (diameter)) dimulai pada tahun 1963. Rencananya adalah untuk menghubungkan Billstedt dengan Stellingen. Percabangan Eimsbüttel membentuk bagian barat dari jalur tersebut. Percabangan diperpanjang hingga Hagenbecks Tierpark pada tahun 1966. Terminus yang sudah ada di Hellkamp dihilangkan dari layanan dan sebuah stasiun baru dibangun di Lutterothstraße lebih jauh di barat laut.

Penghubung antara Berliner Tor dan Horner Rennbahn dibuka pada tahun 1967. Pada tahun yang sama percabangan timur ini diperpanjang hingga Legienstraße. Perpanjangan lebih lanjut dipakukan pada tahun 1969 menuju Billstedt dan pada tahun 1970 menuju Merkenstraße. Perpanjangan Ochsenzoll – Garstedt mulai aktif digunakan pada bulan Mei 1969. Dengan ini, total panjang jaringan menjadi 885 km (550 mil).

Sebuah jalur inti baru U2, antara Schlump dan Berliner Tor, menjadi sebuah penghubung langsung yang melewati pusat kota. Jalur berikutnya yang diaktifkan adalah bagian dari Hauptbahnhof Nord menuju Berliner Tor pada tahun 1968, dan dari Schlump (low) menuju Gänsemarkt pada tahun 1970, dan kemudian pada bagian terakhir, dengan dua platform baru di stasiun Jungfernstieg di bawah Binnenalster, pada tahun 1973. Stasiun ini, sama dengan Hauptbahnhof Nord, dikembangkan sebagai bagian dari jalur U4 yang telah direncanakan pada saat itu.

Pada tahun 1985 bagian menuju Hagenbecks Tierpark diperpanjang menuju Niendorf Markt dan kemudian pada tahun 1991 hingga sejauh Niendorf Nord. Pada tahun 1990 jalur perpanjangan Merkenstraße – Mümmelmannsberg dibuka. Perpanjangan jalur terbaru dibuka pada tahun 1996 antara Garstedt dan Norderstedt Mitte, yang menggantikan bagian selatan dari Alsternordbahn. Dengan hal tersebut, jaringan telah mencapai stastus saat ini.

Pada tahun 2005 Hamburg U-Bahn memiliki panjang 1.007 kilometer (626 mil), di mana sepanjang 40 km (25 mil) berada di bawah tanah. Jaringan ini memiliki 89 stasiun.

Pada tahun 2009, U3, yang dimulai di Barmbek, berjalan melengkapi jalur lingkar, dan mengambil alih jalur antara Berliner Tor dan Barmbek, yang sebelumnya dilayani oleh U2. Dalam usaha untuk merealisasikan layanan bebas masalah, sebuah perancangan ulang jalur terhadap tampilan jalur di menuju barat dari Berliner Tor dianggap penting. Sebuah rencana awal akan adanya jalur layang di antara dua jalur dapat direalisasikan, yang sebelumnya ditinggalkan karena biaya. Kereta yang datang dari pusat kota meninggalkan jalur lingkar di Barmbek dan berlanjut melalui jalur layang yang berada di akhir stasiun. Satu cabang akan membawa kereta melewati Walddörferbahn menuju Wandsbek-Gartenstadt, sebuah jalur yang sebelumnya melayani jalur U2.[3]

Pada tahun 2012, U4 memulai operasi antara Billstedt dan HafenCity Universität.

Pengembangan masa depan[sunting | sunting sumber]

Proyek yang ditinggalkan[sunting | sunting sumber]

Percabangan timur dari "Walddörferbahn" pada awalnya direncanakan untuk berakhir di stasiun Beimoor, tepat di sebelah utara dari Großhansdorf, dalam usaha untuk menghubungkan sebuah rencana pengembangan perumahan dengan sistem transportasi umum. Pada saat pengerjaan dihentikan, platform stasiun telah selesai dan jalur talah diletakkan. Saat ini, sisa dari stasiun digunakan sebagai sarang musim dingin bagi kelelawar di tengan sebuah habitat rumput kering.

Rencana untuk sebuah jalur kedua telah didiskusikan sejak tahun 1970an. Pada waktu tersebut jalur direncanakan untuk berawal dari City Nord dan Uhlenhorst melalui pusat kota dan Altona menuju Lurup dan Osdorfer Born. Dalam usaha untuk menghubungkan pengambangan perumahan di Osdorfer Born menuju seluruh kota secepat mungkin, sebuah layanan terbatas menuju perpanjangan antara Altona dan Osdorfer Born direncanakan. Hingga penghubung dengan seluruh jaringan siap, jalur ini direncanakan untuk membawa kereta dengan gerbong datar untuk perawatan di depo perawatan di Barmbek. Platform dan landasan rel bagi jalur ini telah selesai di stasiun Hauptbahnhof Nord dan Jungfernstieg. Persiapan untuk pembangunan terowongan dilakukan di wilayah stasiun kereta api Hamburg-Altona dan di bawah jalan raya A 7 di Bahrenfeld. Sebagai persiapan untuk persimpangan dengan U1, sebuah platform tambahan dibangun di stasiun Sengelmannstraße. Semua bangunan tersebut tetap tidak terpakai hingga saat ini. Kelebihan wilayah platform di Hauptbahnhof Nord saat ini digunakan untuk isntalasi seni Sterne oleh Raimund Kummer dan Stefan Huber. DI sana terdapat beberapa bintang beton yang tersebur di seluruh platform seperti telah jatuh dari langit.


Proyek dalam pengembangan[sunting | sunting sumber]

Proyek yang lain dipresentasikan pada tahun 2002. Sebuah jalur baru bernama U4 antara Billstedt dan HafenCity Universität. Jalur ini dimulai pada bulan November 2012 dan menghubungkan HafenCity (2 stasiun) dengan pusat kota. Jalur ini bertemu dengan U2 di Jungfernstieg dan bersama mereka akan berlanjut melalui Hauptbahnhof dan Berliner Tor ke dalam jalur Billstedt, besama dengan U2 yang saat ini berjalan. Percabangan ini akan menuju sebuah jalur baru menuju Steilshoop dan Bramfeld (sekitar empat stasiun). Rencana lebih detail dimulai pada tahun 2003. Jalur ini diperluas ke selatan menuju Elbbrücken.

Ulasan jaringan[sunting | sunting sumber]

Hamburger Hochbahn plc memiliki empat jalur U-Bahn:

Jalur Rute Pertama
dibuka
Panjang
km
Stasiun
U1 Norderstedt Mitte – Hauptbahnhof Süd – Ohlstedt / Grosshansdorf 1914 55,8 km 46
U2 Niendorf Nord – Jungfernstieg – Mümmelmannsberg 1913 24,3 km 25
U3 Barmbek – Circle – Barmbek – Wandsbek-Gartenstadt 1912 20,6 km 25
U4 HafenCity Universität – Jungfernstieg – Billstedt 2012 12,2 km 11
Total 104,7 km 91
Jalur Rute dari
utara / Barat
ke Selatan / Timur
Perhentian
(Stasiun Terminal dicetak tebal)
U1 Langenhorner Bahn Norderstedt MitteRichtwegGarstedtOchsenzoll – Kiwittsmoor – Langenhorn Nord – Langenhorn Markt – Fuhlsbüttel Nord – Fuhlsbüttel – Klein Borstel – Ohlsdorf (S1, S11)
cabang Ohlsdorf Ohlsdorf – Sengelmannstraße – Alsterdorf – Lattenkamp – Hudtwalckerstraße – Kellinghusenstraße (U3)
KellJung-Linie Kellinghusenstraße – Klosterstern – Hallerstraße – StephansplatzJungfernstieg (U2, U4, S1, S2, S3, Feri Alster)
Meßberglinie JungfernstiegMeßberg – Steinstraße – Hauptbahnhof Süd (U2, U3, U4, S1, S11, S2, S21, S3, S31)
perpanjangan Wandsbek Hauptbahnhof SüdLohmühlenstraßeLübecker Straße (U3)Wartenau – Ritterstraße – Wandsbeker Chaussee (S1, S11)Wandsbek Markt – Straßburger Straße – Alter Teichweg – Wandsbek-Gartenstadt (U3)
Walddörferbahn Wandsbek-Gartenstadt – Trabrennbahn – Farmsen – Berne – Meiendorfer Weg – Volksdorf
Volksdorf – Buckhorn – Hoisbüttel – Ohlstedt
Volksdorf – Buchenkamp – Ahrensburg West – Ahrensburg Ost – Schmalenbeck – Kiekut – Großhansdorf
--- |
U2 Perpanjangan Niendorf Niendorf Nord – Schippelsweg – Joachim-Mähl-Straße – Niendorf Markt – Hagendeel – Hagenbecks Tierpark
cabang Eimsbüttel Hagenbecks Tierpark – Lutterothstraße – Osterstraße – Emilienstraße – Christuskirche – Schlump (U3)
rute Diameter Schlump – Messehallen – Gänsemarkt – Jungfernstieg (U1, U4, S1, S2, S3, Feri Alster)Hauptbahnhof Nord (U1, U3, U4, S1, S11, S2, S21, S3, S31)Berliner Tor (U3, U4, S1, S11, S2, S21)
Cabang Billstedt Berliner Tor – Burgstraße – Hammer Kirche – Rauhes Haus – Horner Rennbahn – Legienstraße – Billstedt – Merkenstraße – Steinfurther Allee – Mümmelmannsberg
--- |
U3 Ring
(Jalur lingkar)
Barmbek (U3, S1, S11)Saarlandstraße – Borgweg – Sierichstraße – Kellinghusenstraße (U1) – Eppendorfer Baum – Hoheluftbrücke – Schlump (U2)Sternschanze (S11, S21, S31) – Feldstraße – St. PauliLandungsbrücken (S1, S2, S3, Feri Elbe) – Baumwall – Rödingsmarkt – Rathaus (Jungfernstieg: U1, U2, U4, S1, S2, S3) – Mönckebergstraße – Hauptbahnhof Süd (U1, U2, U4, S1, S11, S2, S21, S3, S31)Berliner Tor (U2, U4, S1, S11, S2, S21)Lübecker Straße (U1) – Uhlandstraße – Mundsburg – Hamburger Straße – Dehnhaide – Barmbek (U3, S1, S11)
Walddörferbahn Barmbek – Habichtstraße – Wandsbek-Gartenstadt (U1)
Jalur Perhentian
(Stasiun terminal dicetak tebal)
U4 HafenCity UniversitätÜberseequartierJungfernstieg (U1, U2, S1, S2, S3)
JungfernstiegHauptbahnhof Nord (U1, U2, U3, S1, S11, S2, S21, S3, S31)
Hauptbahnhof NordBerliner Tor (U2, U3, S1, S11, S2, S21) – Burgstraße – Hammer Kirche – Rauhes Haus – Horner Rennbahn – Legienstraße – Billstedt

Jalur bernama U1 dan U2 diperkenalkan bersamaan dengan perubahan jadwal pada 22 Mei 1966, nama U3 mengikuti pada 2 Januari 1967. Hingga penyelesaian rute langsung menuju dalam kota, U2 masa depan, pada 3 Juni 1973, layanan sebagian dibuka pada bagian timur (Hauptbahnhof Nord − Berliner Tor (− Barmbek) sejak 29 September 1968) dan bagian barat (Schlump − Gänsemarkt sejak 31 Mei 1970) yang telah selesai yang dikenal dengan nama U21 dan U22.

Proyek U4[sunting | sunting sumber]

Hamburger Hochbahn membuka jalur baru U4 pada November 2012. Saat ini masih terjadi pembicaraan mengenai biaya dan keuntungan dari jalur ini, namun pemerintah Hamburg segera memutuskan untuk membangun jalur tersebut. Jalur bawah tanah dibangun dengan menggunakan mesin yang sama yang digunakan untuk membangun teroongan baru yang dinamai Terowongan Elbe.[4]

Stasiun[sunting | sunting sumber]

Stasiun U-Bahn di Hamburg Hauptbahnhof[sunting | sunting sumber]

Hamburg Hauptbahnhof adalah persimpangan pusat dengan jalur kereta utama, dan, karena hubungannya dengan semua jalur U-Bahn dan S-Bahn, sebuah tempat pertukaran kendaraan untuk transportasi umum ke wilayah pinggiran.

Terowongan untuk kereta bawah tanah pertama dibangun pada saat yang sama dengan Hauptbahnhof sendiri. Terowongan berjalan di bawah jalur utama, yang keduanya berada di bawah jalan raya. Perhentian U3 saat ini di stasiun, untuk lebih bisa dibedakan, sekarang diberi nama Hauptbahnhof Süd. Terdapat juga terowongan bawah tanah pertama bagi pejalan kaki yang paralel dengan terowongan jalur lingkar, dimana, hingga penutupannya pada tahun 1991, memungkinkan sebuah hubungan singkat dengan platform jalur utama.

Lebar yang tidak umum pada rongga terowongan stasiun karena sebelumnya direncanakan untuk ditempati oleh empat jalur; Percabangan Rothenburgsort, yang hancur akibat Perang Dunia II dan tidak pernah dibangun kembali, direncanakan untuk dibangun di sana. Terowongan untuk U1 berjalan di bagian bawah kereta api utama tepat di sebelah terowongan U3 pada tahun 1959. Platform bagi U1 berada di sebelah selatan dari U3 dan dapat diakses dari pintu masuk stasiun yang sama.

Pembukaan dari jalur U2 (U21 pada tahun 1969) membuat harus dibangun stasiun bawah tanah yang lain Hauptbahnhof Nord untuk melayaninya. Stasiun ini berada di kedalaman 30 m (98 kaki) di bawah tanah; mengarah menuju Jungfernstieg, terowongan melewati bagian bawah dari Aussenalster, sebuah danau buatan. Dua platform terluar masih belum terpakai sejak pembangunannya dan awalnya direncanakan untuk digunakan jalur U-Bahn yang direncanakan antara Altona/Lurup dan Winterhude/City Nord.

Perusahaan operator[sunting | sunting sumber]

Sistem ini dimiliki dan dioperasikan oleh Hamburger Hochbahn (HHA), kecuali bagian Garstedt – Norderstedt Mitte, yang dimiliki oleh Verkehrsgesellschaft Norderstedt (VGN) namun juga dioperasikan oleh Hamburger Hochbahn.

Informasi layanan[sunting | sunting sumber]

Layanan beroperasi dengan frekuensi 5 atau 10 menit dengan pengecualian percabangan timur laut dari U1 yang memiliki frekuensi 10 atau 20 menit. Sejak perubahan jadwal pada Desember 2004 U-Bahn mengoperasikan perjalanan sepanjang malam, dengan interval 20-menit pada Jumat dan Sabtu malam. Pada hari minggu hingga Kamis U-Bahn beroperasi sejak pukul 4 pagi hingga 1 dini hari.

Kereta penggerak[sunting | sunting sumber]

Saat ini[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. Jumlah kendaraan tanpa kereta perawatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Die HOCHBAHN auf einen Blick" (dalam bahasa German). Hamburger Hochbahn. As of 2012. 
  2. ^ http://www.hochbahn.de/wps/wcm/connect/35dd5f804c8cda6cb7c9bf523e094489/HOCHBAHN_UB_2011-E.pdf?MOD=AJPERES
  3. ^ "Wegen Linientausch: U-Bahnen fahren nicht" (dalam bahasa German). Hamburger Abendblatt. 2009-06-23. Diakses 2009-08-18. 
  4. ^ Website U4 project, see external links

Pranala luar[sunting | sunting sumber]