Madeleine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Madeleines
Nama lainPetite madeleine
JenisKue
DaerahCommercy dan Liverdun, Lorraine
Bahan utamaTepung, gula, telur, almond atau kacang lainnya
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Madeleine (pengucapan bahasa Prancis: [mad.lɛn], bahasa Inggris: /ˈmædln/ atau /ˌmædlˈn/[1]) atau petite madeleine ([pə.tit mad.lɛn]) adalah sebuah kue tradisional yang berbentuk kecil dan berasal dari Commercy serta Liverdun, dua komune di region Lorraine sebelah timur laut Prancis.

Madeleine adalah kue bolu yang sangat kecil dengan bentuk khas cangkang yang diperoleh dari pemanggangan dalam wajan dengan cekungan berbentuk cangkang. Kue ala Madeleine populer di sejumlah tradisi kuliner.

Adonan kue bolu génoise digunakan. Rasanya mirip, tapi agak lebih ringan dari kue bolu. Resep tradisional mencakup kacang yang digiling sangat halus, biasanya kacang almond. Variasi menggunakan kulit jeruk untuk rasa lemon yang nyata.[2]

Madeleine versi Inggris juga menggunakan adonan kue bolu génoise tapi dipanggang dalam cetakan dariole. Setelah dipanggang, kuenya dilapisi selai dan kelapa kering, serta biasanya diberi taburan glacé ceri.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Madeleine | Define Madeleine at Dictionary.com". Dictionary.reference.com. Diakses tanggal 2016-03-20. 
  2. ^ Sender, S.-G.; Derrien, Marcel (2003). La grande histoire de la patisserie-confiserie française. Minerva. hlm. 96, 272. ISBN 9782830707250. 
  3. ^ Merrett, Robert James (1999). "Eating à l'Anglaise in Provincial France, 1750–1789". Eighteenth-Century Life. 23 (2): 84–96.