Kue susu panas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kue susu panas
JenisKue bolu, Kue mentega
Tempat asalAmerika Serikat
Bahan utamaTepung, mentega, susu, bubuk pengembang, gula, telur
VariasiCoklat, kacang-kacangan, kelapa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Kue susu panas adalah kue bolu mentega dari hidangan Amerika.[1] Bisa dibuat sebagai bolu lembar atau bolu lapis, atau dipanggang dalam loyang tabung. Susu panas dan mentega memberikan tekstur butiran halus yang khas pada kue, mirip dengan kue pon.

Kue susu panas mendapatkan rasa khasnya dari susu panas yang merupakan komponen cair adonannya. Berbeda dengan kue bolu tradisional seperti kue makanan malaikat karena kue ini mengandung baking powder sebagai ragi, bukan hanya putih telur, sehingga dapat dibuat dengan mentega seperti bolu spons Victoria. Telurnya dikocok jadi satu utuh, bukan dikocok sebagai kuning dan putihnya terpisah.

Persiapan[sunting | sunting sumber]

Adonan kue susu panas sedang disiapkan

Telur dijadikan krim dengan gula, kemudian ditambahkan tepung. Susu dipanaskan dengan mentega hingga mentega meleleh. Campuran susu-mentega panas ini dituangkan ke dalam adonan sekaligus. Adonan diaduk hingga dingin. Bubuk pengembang dan perisa vanilla ditambahkan pada tahap terakhir sebelum kue dipanggang. Metode ini memberikan kue tekstur berbutir halus yang lebih mirip dengan kue pon dibandingkan kue bolu beragi tradisional.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Resep sederhana dari tahun 1911 dibuat dengan gula, telur, tepung, garam, baking powder dan susu panas, dengan bahan opsional coklat, kacang-kacangan atau kelapa. Resep dari Ruth Ellen Church, mantan editor makanan untuk Chicago Tribune yang terkadang menulis dengan nama pena Mary Meade diterbitkan pada tahun 1955.[1] Resep itu memiliki pembekuan rasa moka yang lembab dan lembut.[2]

Disajikan setiap tahun sejak tahun 1991 di Festival Strawberry tahunan Anne Arundel County Historical Society di Bandara Internasional Thurgood Marshall.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Daley, Bill. "Looking for hot milk cake". chicagotribune.com. Diakses tanggal 2019-12-24. 
  2. ^ Ray; Jonath, L.; Frankeny, F. (2011). Miette: Recipes from San Francisco's Most Charming Pastry Shop. Chronicle Books LLC. hlm. 24. ISBN 978-1-4521-0735-6. Diakses tanggal 26 Mei 2017. 
  3. ^ Tracy Newman. "Benson-Hammond House Opens its Doors for Annual Strawberry Festival". Press Releases. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-03-24. Diakses tanggal 24 Agustus 2005.