Pengocok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pengocok Perancis (atas) dan pengocok gembung. Pengocok gembung berbentuk bulat; Pengocok Perancis lebih panjang dan sempit.

Pengocok adalah alat memasak yang dapat digunakan untuk melumat bahan hingga halus atau untuk memasukkan udara ke dalam campuran, dalam proses yang disebut dengan mengocok atau mengarau . Kebanyakan pengocok terdiri dari pegangan yang panjang dan sempit dengan serangkaian simpul kawat yang disambung di ujungnya. Bentuk simpulnya bisa berbeda-beda, bergantung pada fungsi pengocok yang diinginkan. Kabelnya biasanya terbuat dari logam, namun ada juga yang terbuat dari plastik untuk digunakan dengan peralatan masak antilengket . Pengocok juga ada yang terbuat dari bambu .

Pengocok biasanya digunakan untuk mengocok putih telur menjadi busa yang kuat untuk membuat kue busa, atau untuk mengocok krim menjadi krim kocok .

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembuatan wiski tradisional menggunakan seikat ranting di Swedia, 1922

Kumpulan ranting, biasanya ranting pohon apel, telah lama digunakan sebagai pengocok; sering kali kayu yang digunakan akan memberikan aroma tertentu pada masakan. Resep Shaker abad ke-18 menyerukan "Potong segenggam ranting pohon persik yang berisi getah pada musim ini. Potong ujungnya dan remas, lalu kocok adonan kue dengannya. Ini akan memberikan rasa persik yang lembut pada ranting tersebut. kue." [1] [2]

Pengocok bambu atau chasen ditemukan pada akhir abad ke-15 oleh Murata Jukō, yang menugaskan produksinya oleh Takayama Minbunojo Nyudo Sosetsu. Chasen dipersembahkan kepada Kaisar Go-Tsuchimikado . [3] [4] Proses pembuatan chasen dirahasiakan dan diwariskan secara patrilineal oleh keluarga pengrajin selama ratusan tahun. [5]

Pengocok kawat ditemukan sekitar sebelum tahun 1841. [6]

Di Amerika Serikat, pengarih telur engkol-putar menjadi lebih populer daripada pengocok pada abad ke-20. Julia Child dikreditkan dengan memperkenalkan kembali pengocok kawat dalam penampilan pertamanya di televisi, pada tahun 1963. [7] [8] [9]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Jenis Keterangan Foto
Pengocok gembung (Ballon whisk) Bentuk yang paling umum adalah tetesan air mata yang lebar. Pengocok gembung paling cocok untuk dicampur dalam mangkuk, karena tepinya yang melengkung menyesuaikan dengan sisi cekung mangkuk.
Pengocok Perancis Dengan lilitan kawat yang lebih panjang dan sempit dibandingkan pengocok balon, pengocok Perancis memiliki profil yang lebih silindris, sehingga cocok untuk panci yang dalam dan bersisi lurus.
Pengocok datar / pengocok sus Pengocok datar memiliki simpul yang disusun dalam pola datar yang berurutan. Ini berguna untuk bekerja di wadah dangkal seperti wajan (yang biasanya digunakan untuk menyiapkan roux ).
Pengocok kuah / pengocok spiral Pengocok kuah biasanya memiliki satu lingkaran utama dengan kawat lain melingkarinya. Sudut kepala pengocok ideal untuk mencampurkan kuah, jello, adonan, dan saus.
Pengocok kumpar (Twirl whisk) Pengocok kumpar memiliki satu kawat yang dipilin menjadi bentuk balon. Didesain agar tetap diam di dalam mangkuk saat pengguna memompa pegangannya ke atas dan ke bawah, alat ini mengalirkan cairan dengan mudah ke seluruh mangkuk. Ini tidak cocok untuk mengocok dalam pengertian tradisional, karena menyeret pengocok ke dalam cairan atau adonan hanya akan meregangkan gulungannya, tetapi ideal untuk mengocok telur.
Pengocok bola Pengocok bola tidak memiliki loop apa pun. Sebaliknya, sekelompok kabel keluar dari pegangannya, masing-masing berujung dengan bola logam. Bola-bola yang berat mampu menjangkau sudut-sudut panci yang bersisi lurus. Karena tidak ada kabel yang bersilangan, pengocok bola lebih mudah dibersihkan dibandingkan jenis kabel melingkar tradisional. Produsen pengocok bola juga menyatakan bahwa bentuknya memungkinkan aerasi yang lebih baik.
Chasen / Pengocok bambu chasen adalah bagian integral dari upacara minum teh Jepang, digunakan untuk mengaduk atau mengocok matcha hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.
Pengocok sangkar Pengocok sangkar, terkadang juga disebut sebagai pengocok bola, adalah pengocok gembung dengan sangkar berbentuk bola kecil yang terperangkap di dalamnya, yang pada gilirannya menampung bola logam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Morse, Flo (1987). The Shakers and the World's People. UPNE. hlm. 51. ISBN 0874514266. Diakses tanggal 15 August 2012. 
  2. ^ Miller, Amy Bess Williams; Persis Wellington Fuller (1970). The best of Shaker cooking. Macmillan. ISBN 0020098103. 
  3. ^ "Kogei Japan". 
  4. ^ "The story of Japanese tea ceremony and Chasen (Tea whisk) has started in Nara I Voicecream Nara". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-10. Diakses tanggal 2021-04-10. 
  5. ^ "The Way of Whisks | July 2016 | Highlighting Japan". 
  6. ^ See for example P. Masters, The Young Cook's Assistant and Housekeeper's Guide, London, 1841, pp. 222-3, 265
  7. ^ Kennedy, Pagan (11 October 2012). "Who Made That Whisk?". The New York Times. Diakses tanggal 20 September 2016. 
  8. ^ "A Julia Child lesson: The whisk". Associated Press. Diakses tanggal 15 August 2012. 
  9. ^ "Whisk". The Reluctant Gourmet. Diakses tanggal 15 August 2012.