Kue makanan malaikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kue makanan malaikat
Kue makanan malaikat dengan coklat
JenisBolu spons
Tempat asalAmerika Serikat
Bahan utamaGula, tepung, putih telur, krim tartar
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Kue makanan malaikat, atau kue malaikat, adalah sejenis bolu spons yang dibuat dengan putih telur, tepung, dan gula. Bahan pengocok seperti krim tartar, biasanya ditambahkan. Kue ini berbeda dengan kue lainnya karena tidak menggunakan mentega. Tekstur yang diangin-anginkan berasal dari putih telur kocok. Kue makanan malaikat berasal dari Amerika Serikat[1] dan pertama kali populer pada akhir abad ke-19.[2] Ia mendapatkan reputasi unik seiring dengan namanya karena teksturnya yang ringan dan halus serta warna putihnya.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Kue makanan malaikat membutuhkan putih telur yang dikocok sampai kaku. Krim tartar ditambahkan ke dalam adonan untuk menstabilkan putih telur.[1] Bahan-bahan yang tersisa dilipat perlahan ke dalam campuran putih telur.

Agar metode pengeringan ini dapat bekerja dengan baik, sebaiknya gunakan tepung yang terbuat dari gandum yang lebih lembut”. Tepung kue umumnya digunakan karena teksturnya yang ringan. Gandum yang lebih lembut dan sedikit lemak menyebabkan kue makanan malaikat memiliki tekstur dan rasa yang sangat ringan.

Kue makanan malaikat harus dipotong dengan pisau bergerigi, karena pisau yang bermata lurus cenderung menekan kue daripada mengirisnya. Garpu, pisau bergerigi listrik, pemotong timah khusus, atau benang kuat sebaiknya digunakan sebagai gantinya.

Kue makanan malaikat biasanya dipanggang dalam loyang tabung, yaitu loyang bulat tinggi dengan tabung di tengahnya yang menyisakan lubang di tengah kuenya.[1] Bundt pan juga dapat digunakan, namun sisi yang bergalur dapat mempersulit pelepasan kue. Tabung tengah memungkinkan adonan kue naik lebih tinggi dengan 'menempel' ke semua sisi loyang. Loyang kue makanan malaikat tidak boleh diminyaki, tidak seperti loyang yang digunakan untuk menyiapkan kue lainnya. Hal ini memungkinkan kue memiliki permukaan untuk merangkak ke atas, membantunya untuk naik. Setelah dipanggang, loyang kue dibalik sambil didinginkan agar kue tidak jatuh sendiri. Kue makanan malaikat kadang-kadang beku tetapi lebih sering memiliki semacam saus, seperti saus buah manis, yang disiramkan di atasnya. Penyalutan sederhana juga populer. Baru-baru ini, banyak koki (Alton Brown khususnya) mempopulerkan gagasan untuk menambahkan rempah-rempah aromatik seperti bunga pala dan cengkeh ke dalam kue.[butuh rujukan]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kue makanan malaikat adalah kue bolu putih yang dibuat hanya dengan putih telur yang dikocok kaku (kuning telur akan membuatnya menguning dan menghambat pengerasan putih telur) dan tanpa mentega. Resep pertama dalam buku masak kue bolu putih ada di Lettice Bryan's The Kentucky Housewife tahun 1839. Karena tidak ada mentega di dalam kuenya, kue makanan malaikat tidak ada hubungannya dengan kue bolu putih. kue mentega: kue salju, kue perak atau lady cake.[3]

The Home Messenger Book of Tested Recipes, edisi ke-2, 1878, oleh Isabella Stewart berisi resep pertama Kue makanan malaikat.[4] Resep rinci Stewart memerlukan sebelas putih telur, gula, tepung, ekstrak vanila, dan krim tartar.<ref name=:"Angel"\>

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Berbagai kue coklat yang dikenal sebagai kue makanan Setan, yang dianggap sebagai "saudara" makanan Malaikat, adalah kue Amerika populer lainnya yang dikembangkan kemudian.[5] Namun, tidak seperti kue makanan malaikat, kue makanan setan adalah sejenis kue mentega.
  • Kue sifon

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Davidson, Alan, and Tom Jaine. The Oxford companion to food. Oxford University Press, AS, 2006. 805. Print. Diakses tanggal 9 Agustus 2010. Google Books
  2. ^ Judith (25 Oktober 2003). All-American Desserts. ISBN 1-55832-191-8.  Parameter |url-access=registrasi tidak valid (bantuan)
  3. ^ .com/2015/04/angel-food-cake.html Researching Food History: Angle food cake
  4. ^ Stewart, Isabella Graham Duffield; Sill, Sally B.; Duffield, Mary B. (1878). Home Messenger Book of Tested Receipts. Home messenger receipt book. Detroit: E.B. Smith & Company, Detroit. hlm. 169. 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama All-American desserts

Pranala luar[sunting | sunting sumber]