Kue pon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kue pon
Kue pon yang telah dipanggang dalam loyang roti.
Bahan utamaTepung, mentega, gula, dan telur
VariasiPenambahan perasa atau buah-buahan kering
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Kue pon adalah jenis kue yang secara tradisional dibuat dengan pon dari masing-masing empat bahan: tepung, mentega, telur, dan gula. Kue pon umumnya dipanggang dalam loyang roti atau cetakan Bundt. Kadang-kadang disajikan dengan taburan gula halus, diberi lapisan tipis, atau dengan lapisan gula.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kue pon diyakini berasal dari Eropa utara dan berasal dari awal abad ke-18. Resep kue pon muncul di The Art of Cookery oleh Hannah Glasse, diterbitkan pada tahun 1747.[1] Buku masak AS pertama, American Cookery, yang diterbitkan pada tahun 1796, berisi resep kue pon.[2]

Seiring berjalannya waktu, bahan untuk membuat kue pon berubah. Eliza Leslie, yang menulis Direction for Cookery edisi tahun 1851, menggunakan 10 butir telur, kocok sepelan mungkin, campur dengan satu pon tepung, lalu tambahkan perasan dua buah lemon atau tiga butir besar. jeruk. Ini mengubah rasa dan tekstur kue. Dalam Saveur edisi 2008, James Villas menulis bahwa tepung kue tidak bisa menggantikan tepung serbaguna karena tidak memiliki kekuatan untuk menopang adonan yang berat.

Variasi awal pada kue ini menggantikan sebagian tepung dengan tepung jagung yang terbuat dari jagung kering (jagung), yang kemudian disebut makanan India.[2] Resep Kue pon India pertama kali diterbitkan pada tahun 1828 oleh Eliza Leslie dan kemudian dimasukkan dalam The Indian Meal Book,[3][Verifikasi gagal] yang diterbitkan di London pada tahun 1846, ketika orang-orang di Irlandia sedang mencari alternatif selain tepung terigu yang mahal.[2]

Kue ceri[sunting | sunting sumber]

kue ceri
Sepotong kue ceri tradisional Inggris
JenisKue
SajianMakanan penutup
Suhu penyajianDingin atau hangat
Bahan utamaGlacé ceri dan kue adonan
Hidangan serupaKue buah
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Kue ceri adalah kue tradisional Inggris. Kue tersebut terdiri dari glacé ceri yang tersuspensi secara merata di dalam Bolu spons Madeira; ini juga dapat dianggap sebagai variasi dasar atau sepele dari kue pon.[4] Ceri glacé digunakan karena kelembapan di dalam ceri segar menyebabkannya tenggelam ke bagian bawah kue apa pun, sehingga merusak bentuk kue.

Kue dengan ceri di dalamnya ditemukan di banyak masakan lainnya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Glasse, Hannah (1747). The Art of Cookery, Made Plain and Easy. hlm. 272. 
  2. ^ a b c Byrn, Anne (2016). "Kue Amerika: Dari Roti Jahe Kolonial hingga Lapisan Klasik, Kisah dan Resep di Balik lebih dari 125 Kue yang Paling Disukai". Rodale. ISBN 9781623365431. OCLC 934884678. 
  3. ^ "The Indian meal book : comprising the best American receipts for the various preparations of that excellent article". archive.org. 1846. 
  4. ^ Alan Davidson (2006). The Oxford Companion to Food (edisi ke-2nd). Oxford University Press Oxford. hlm. 649. ISBN 978-0192806819. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]